Hot Article

Dr Stone Review Cerita Anime Islam moderat

 


Dr Stone Review Cerita Anime - Islam moderat

Dr Stone Review Cerita Anime - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang video yang berjudul bahas agama kok dicampur anime?ft Serial experiments lain tentang filsafat agama dan anime serta satu lagi video yang berjudul  anime fire Force menghina agama Kristen?  nah pada pembahasan kali ini kali ini saya akan membahas tentang anime yang berjudul Dr Stone,Islam dan relevansinya. oke,tanpa berlama-lama lagi Mari langsung saja kita kupas pembahasannya

assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Bagaimana kabar kalian?semoga masih diberi kesehatan kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel artikel berkualitas ada channel egagology.

dr stone season 2

anime Dr Stone season kedua baru saja dirilis beberapa hari yang lalu dan saya juga telah menonton episode awalnya. di season kedua ini kita diperlihatkan tentang persiapan senku sebagai main character alias karakter utama dengan kerajaan sains nya menghadapi kekaisaran yang dibentuk oleh Tsukasa sebagai sang Villain utama dari serial anime ini.
namun pada video kali ini. yang kita bahas bukanlah review tentang anime Dr Stone season kedua tersebut, Kita akan mundur sedikit ke Season ke-1 dimana awal mula Peperangan antara sekutu dengan kerajaan sainsnya melawan kekaisaran Tsukasa dengan kekuatan tradisionalnya.

dr stone adalah

bagi kalian yang belum tahu,anime Dr Stone sendiri adalah anime yang diangkat dari manga berjudul sama yang diciptakan oleh Riichiro Inagaki dan diilustrasikan oleh Boichi.manga ini sendiri pertama kali diterbitkan di majalah weekly shonen jump pada bulan Maret tahun 2017.sedangkan anime adaptasi pertama kali ditayangkan pada tahun 2019 kemarin. Jujur saja saya sangat terkesan dan terkesima dengan penceritaan dari anime ini,karena memuat berbagai macam ilmu-ilmu science yang terkandung dalam setiap adegannya.
 

dr stone cerita tentang

ceritanya sendiri bermula  dari sebuah tragedi yang memaksa  seluruh manusia di seluruh dunia untuk menjadi batu.hanya tumbuh-tumbuhan dan hewan saja yang tidak mengalami pembatuan yang dialami oleh para manusia di dunia.karena itu akhirnya dunia kembali ke zaman batu yang primitif dan tidak berperadaban.
ceritanya sendiri akhirnya berfokus pada main character kita yang bernama senku ishizami.  Ia diceritakan  secara kebetulan akhirnya bisa keluar dari proses pembatuan karena ia terus disirami oleh sebuah cairan asam nitrat dari kotoran kelelawar yang membuat batu yang melapisi tubuhnya nya,menjadi terkikis sedikit demi sedikit.
setelah keluar dari proses pembatuan.
la dengan kemampuan tingkat intelektual nya yang sangat hebat dan pengetahuan sains yang sangat bisa diandalkan,Dia pun akhirnya bertekad untuk bisa Survive di dunia baru tersebut.setelah mencoba mengeluarkan teman sekelasnya yang juga mengalami pembatuan yaitu Taiju,mereka berdua pun akhirnya mencoba untuk membuat sendiri larutan tersebut dengan kemampuan mereka,dan setelah mereka berhasil membuat larutan tersebut,senku berusaha dan bertekad akan mengembalikan kembali peradaban manusia dan akhirnya ia membuat beberapa penemuan-penemuan penting yang berguna untuk mempercepat mengembalikan peradaban dunia.

singkat cerita akhirnya dengan larutan asam nitrat yang telah dibuat oleh senku dan taiju,Mereka pun membebaskan seorang bernama Tsukasa. Namun berbeda dengan mereka,ternyata Tsukasa memiliki ideologi yang berbeda dengan senku,ia menganggap bahwa dunia yang tidak memiliki peradaban dan teknologi canggih adalah sebuah dunia yang indah dan bagaikan surga.sehingga ia berusaha menghentikan semua rencana yang dilakukan oleh senku untuk mengembalikan keadaan dunia seperti sedia kala.dari perbedaan ideologi itulah akhirnya perseteruan dua orang tersebut dimulai.dan setelah senku mendapatkan pasukan dengan kekuatan kerajaan sains nya,dan Tsukasa pun mendapatkan kekuatan dari kekaisaran Tsukasa yang dipimpinnya.peperangan pun tak bisa terelakkan.

hubungan dr stone dengan Islam saat ini

so ini memang sedikit relevan dengan kondisi umat Islam zaman sekarang.ya umat Islam sekarang terbagi menjadi beberapa kelompok kelompok kecil yang mengklaim diri mereka sebagai Islam yang paling lurus dan paling benar dibandingkan kelompok yang lain.
dalam kelompok yang lebih besar Islam dibagi dalam dua kelompok yaitu Islam Sunni dan Syiah.sedangkan dalam kelompok kecil Islam dibagi menjadi Islam yang mengikuti orang-orang terdahulu dan Islam yang berprinsip lebih moderat.

Ya seperti kelompok yang dipimpin oleh Tsukasa dalam anime Dr stone,kelompok Islam yang mengikuti orang-orang terdahulu berpendapat bahwa semua yang dilakukan oleh umat Islam harus sesuai dengan apa yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu. Baik itu cara berpakaian, keseharian,perilaku dan sebagainya.sebaliknya justru orang-orang Islam yang lebih moderat berpendapat bahwa Islam harus berkembang mengikuti zaman walaupun berbeda dengan kebiasaan serta Apa yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu.

Jika dilihat dari sudut pandang anime,sebenarnya jika antara Senku dan Tsukasa dapat membicarakan hal ini dengan lebih bijak dan lebih mengutamakan kemaslahatan bersama.Saya rasa konflik antara modern dan tradisional bisa diselesaikan melalui jalan tengah yang tidak saling bertolak belakang satu sama lainnya.Namun karena ini adalah sebuah serial anime yang mengharuskan ceritanya memiliki seorang  Villain dan Musuh Abadi Dari sang karakter utama,maka cerita permusuhan antara senku dan  Tsukasa pun memiliki poin yang harus dilakukan sebagai dasar dari jalan cerita anime ini.

Dari sudut pandang Islam pun sebenarnya juga seperti itu, kaum tradisional maupun kaum  moderat sebenarnya bisa duduk bersama untuk menyelesaikan permasalahan ini sebaik mungkin dan mencari jalan tengah terbaik.

karena sebenarnya Islam adalah agama yang sangat mendukung adanya sebuah modernisasi peradaban.terbukti dengan sejarah panjang kekhalifahan Islam yang telah berdiri dari zaman Khulafaur Rasyidin dan berakhir pada zaman kekhalifahan Ustmani atau Ottoman.kemajuan peradaban adalah topik penting yang ditonjolkan dalam setiap peradaban yang bersentuhan dengan Islam.Dan sebaliknya Islam sangat mengatur adanya batas-batas antara modernitas dan hukum-hukum Islam.selama tidak bertentangan dengan hukum Islam,maka sesuatu yang modern itu sangat dianjurkan dalam Islam.

Ya seperti yang saya katakan di video saya  sebelumnya  yang berjudul anime steins gate membuktikan mukjizat secara ilmiah.disana saya mengatakan bahwa
akal adalah poin yang paling ditekankan dalam ajaran Islam. Tercatat ada  750 ayat dalam Alquran yang menunjukkan agar manusia diminta untuk  menggunakan akal  pikiran dan logikanya.
dengan kata lain Allah sangat menganjurkan kita untuk mempergunakan akal dan pikiran semaksimal mungkin dalam mencerna setiap ajaran dan sumber-sumber dalil yang merupakan dasar dari agama Islam.

 kalau kita menilik lebih jauh tentang kaum muslim yang mengambil pedoman pada orang-orang terdahulu.sebenarnya jalan yang mereka pilih itu juga berdasarkan hasil pemikiran dan tafsir logis tentang pemaknaan dari sumber asli hukum Islam yaitu Alquran dan as-sunnah.untuk poin terakhir adalah yang menjadi poin paling ditekankan,karena inilah yang menjadi polemik dan perdebatan tersendiri antara Sunnah dan bid'ah yang tengah menjadi tren tersendiri di tengah-tengah masyarakat Islam.kalau kita menafsirkan terlebih dahulu Apa pengertian sunnah?maka,saya yakin pertentangan antara kaum moderat dan kaum pengikut orang-orang terdahulu tidak akan terjadi hingga terjadi perdebatan seperti ini.Itulah kenapa di setiap video saya saya selalu menekankan tentang definisi dan pengertian dari suatu permasalahan yang ingin dibahas.karena jika pada dasarnya saja tidak ada kesepakatan makan di pembahasan selanjutnya tidak akan menemui kecocokan sama sekali.dalam definisinya sendiri sunnah adalah kebiasaan peraturan dan ketetapan.jika kita mengacu pada kata sunnatullah,maka definisi yang diambil adalah ketetapan Allah atau peraturan Allah.dengan kata lain jika kita mengambil makna definisi yang sama pada kata Sunnah Rasul,sunnah Rasul berarti adalah ketetapan Rasul atau peraturan yang berisikan perintah dan larangan yang diberikan oleh Rasul.

dari definisi ini bisa disimpulkan bahwa segala sesuatu yang bukan bersifat perintah dan larangan.bukanlah sebuah Sunnah Rasul,melainkan hanya sekedar kebiasaan atau budaya dari masyarakat yang semasa Rasulullah hidup.
Dari definisi ini, bisa disimpulkan bahwa Islam tidak mengatur seseorang harus memakai gamis ataupun sorban,Tetapi islam hanya mengatur  untuk menutup aurat sesuai dengan ketentuan yang telah disyariatkan dalam Islam.begitupun dengan kasus-kasus lainnya yang dianggap sebagai sunnah oleh beberapa kalangan.

lalu tentang logika,banyak orang yang menuding bahwa Islam tidak boleh mengutamakan logika di dalam syariat.dan mereka banyak mengutip dari beberapa Dalil Hadis yang mengatakan bahwa Rasul banyak sekali melakukan sesuatu yang diluar kewajaran yang tidak sesuai dengan logika.sebagai contoh adalah pada hadis di bawah ini yang berbunyi

Dari ‘Ali radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Seandainya agama dengan logika, maka tentu bagian bawah khuf (sepatu) lebih pantas untuk diusap daripada atasnya. Sungguh aku pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengusap bagian atas khufnya (sepatunya).” (HR. Abu Daud no. 162. Ibnu Hajar mengatakan dalam Bulughul Marom bahwa sanad hadits ini hasan. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini).

dari pernyataan Ali Bin Abi Thalib  Ra itu,beberapa kalangan menilai bahwa agama Islam tidak boleh dicampur dengan logika.

ya mungkin bagi orang-orang yang di zaman dahulu menganggap bahwa agama Islam itu di logis karena mengandung cerita-cerita ajaib seperti halnya mukjizat dan sebagainya.Namun di video saya sebelumnya yang membahas tentang mukjizat itu juga,Saya telah membuktikan bahwa mukjizat di zaman sekarang ini telah bisa dibuktikan secara ilmiah dan bisa diterima secara akal sehat  serta logika.

dan menjawab pernyataan dari Ali Bin Abi Thalib  ra di atas.bisa kita lihat dari penjelasan rasul dalam hadis di bawah ini

Dari seorang ibu putra Ibrahim bin Abdurrahman bin ‘Auf bahwa ia pernah bertanya kepada Ummu Salamah istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Sesungguhnya aku adalah seorang perempuan yang biasa memanjangkan (ukuran) pakaianku dan (kadang-kadang) aku berjalan di tempat kotor?’ maka Jawab Ummu Salamah, bahwa Nabi pernah bersabda, “Tanah selanjutnya menjadi pembersihnya.” (HR. Ibnu Majah, Imam Malik dan Tirmidzi. Hadits shahih)

kesimpulan apa yang didapat?jadi hadis di atas menjawab pertanyaan mengapa Rasul membersihkan bagian atas khup nya.alih-alih membersihkan bagian bawah Khufnya ,yang secara logika lebih kotor dengan tanah.
dalam kasus berwudhu sembari menggunakan Khuf atau sepatu,mengusap sepatu adalah  hanya bagian dari syaratberwudhu.dengan kata lain Kenapa bagian atasnya diusap karena bagian atasnya lah Yang terlihat lebih kotor,sedangkan bagian bawahnya telah bersih dengan tanah tanah suci di jalanan.

dengan kata lain semua dalil-dalil dan hukum-hukum dalam Islam tidaklah kaku dan tidak juga statis.semua bisa disimpulkan secara logis dan dan dapat diterima oleh akal sehat.sekalipun di dalam riwayat tersebut  ada sesuatu yang menurut kita tidak masuk akal,namun begitu bukan berarti sebuah riwayat atau ayat tersebut tidak relevan dengan logika dan akal sehat.tetapi kita lah yang justru Salah mengartikan dan menafsirkan serta menerjemahkan sesuatu yang menurut kita tidak masuk akal tersebut.dan  itulah tugas seorang muslim sebagai umat yang dituntut untuk berpikir,banyak sekali ayat-ayat atau hadits-hadits yang membutuhkan pemikiran dan tafsiran tingkat tinggi dalam memahaminya.dan bukan malah memperdebatkannya,seharusnya kita justru lebih memperdalam serta menganalisis setiap riwayat dan hukum-hukum tersebut agar bisa diterima oleh semua orang.

dan Selama saya mem pelajari beberapa agama yang populer di dunia.saya bersaksi bahwa agama Islam adalah satu-satunya agama yang bisa diterima oleh akal sehat dan sesuai dengan logika serta fakta-fakta ilmiah.jadi tidak ada salahnya juga jika saya mengatakan bahwa Islam adalah agamalogika.karena hanya Islam satu-satunya agama yang mengizinkan bahkan memupuk para pengikutnya untuk menggiatkan prinsip berpikir logis dan mewajibkan menuntut ilmu pengetahuan.

So,mungkin Sekian dulu pembahasan kita tentang Dr Stone Islam dan relevansinya semoga bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian.agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para wibu wibu Barokah Di Seluruh Dunia.Akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam hangat egagology

 

Dr Stone Review Cerita Anime Islam moderat

 

Tidak ada komentar

Translate