Hot Article

Kenapa Para Karakter Anime Attack On Titan Berhijab?

 

Kenapa Para Karakter Anime Attack On Titan Berhijab kerudung shingeki no kyojin?

Kenapa Para Karakter Anime Berhijab kerudung Attack On Titan shingeki no kyojin? -Setelah kemarin kita telah membahas tentang video yang berjudul anime Attack on Titan mengakui kemajuan negara Islam dan satu lagi video yang berjudul anime Attack on Titan dan sejarah peci yang dikenakan oleh negara aliansi Timur Tengah.

Kali ini kita masih juga akan membahas tentang anime berjudul  Attack on Titan ,namun yang akan  kita bahas kali ini yaitu tentang  beberapa karakter anime Attack on Titan yang mengenakan hijab. maka dari itu judul video kali ini adalah Kenapa para karakter Anime attack on Titan menggunakan hijab?

Anime Attack on Titan season 4 alias final season

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian?semoga masih diberi kesehatan kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa menikmati video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology. dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian,agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para  Wibu-Wibu Barokah Di Seluruh Dunia.

Oke,  seperti  telah saya katakan pada pembukaan  di atas.
Kali ini kita akan membahas topik tentang,Mengapa  beberapa karakter dari  anime dan manga  Attack on Titan ini,semuanya menggunakan  hijab?

Yap,hal ini diperlihatkan pada episode ke-2 dari anime Attack on Titan season 4 alias final season tersebut. Dimana para pejuang pejuang negara Marley dari  golongan kaum Eldia, akhirnya diperbolehkan untuk pulang ke kampung halaman mereka yaitu   distrik  liberio setelah mereka sukses memenangkan perang dan menjalankan tugas mereka sebagai prajurit tentara Negara Marley dalam peperangan melawan negara Aliansi Timur Tengah.  
Di sini diceritakan setelah mereka  pergi dari ibukota menuju liberio menggunakan kereta api malam dan diawasi oleh  beberapa Pimpinan senior dari pasukan Marley   dan Eldia.  Hingga pada pagi harinya mereka akhirnya sampai ke distrik kampung halaman mereka yaitu liberio.

Liberio attack on titan adalah

Dan,boom...Kita melihat bahwa para penduduk dari distrik liberio ini, khususnya para kaum kaum wanita alias perempuan Semuanya menggunakan hijab di atas kepala mereka. melihat adegan itu, saya mulai bertanya-tanya dan penasaran. Mengapa mereka semuanya menggunakan hijab yang menutupi kepala mereka? dan jika Alasannya karena mereka kedinginan,  Kenapa hanya kaum wanitanya saja yang menggunakan hijab, sedangkan para kaum pria tidak menggunakan itu?

 Seperti biasa, Karena saya penasaran dengan hal itu,maka saya mencoba untuk mencari berbagai referensi di dunia maya,guna menjawab pertanyaan pertanyaan yang membuat saya kebingungan itu.
 So,  setelah saya   bolak-balik mencari kata kunci yang tepat di  laman google.com dan mencari fakta-fakta tersembunyi dan juga fakta inspirasi sejarah dari anime Attack on Titan.   alhamdulillah saya mendapatkan beberapa referensi yang Insyaallah valid dan dapat dipertanggungjawabkan tentang   pertanyaan-pertanyaan yang telah saya ajukan di atas.

sebelum  saya langsung menjawab pertanyaan yang saya ajukan sendiri di atas, ada beberapa fakta yang harus saya makan di video kali ini yaitu diantaranya adalah.

Yang pertama,dikutip dar laman Wikipedia,Hijab adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti "penghalang atau penutup".Dalam hal ini adalah penutup kepala.

Lalu, yang kedua adalah  seperti yang kita ketahui Dan telah saya jelaskan juga di video saya sebelumnya yang berjudul anime Attack on Titan dan pesan Islam di dalamnya bahwa distrik liberio ini terinspirasi langsung dari distrik  ghetto Yahudi  atau dengan kata lain juga distrik pengisolasian para kaum Yahudi di Eropa pada  sekitar abad ke-16 dan 17.

Marley and Eldian

Dalam laman  Fandom Attack on Titan yang membahas tentang kaum eldian, dalam  trivia-nya dikatakan bahwa hubungan antara Marley dan eldia menampilkan banyak referensi dunia nyata dari Nazi Jerman dan Yahudi pada  zaman perang dunia ke-2, orang-orang Yahudi yang tinggal  di distrik ghetto alias sebuah distrik khusus untuk para kaum Yahudi yang tinggal di Eropa, dipaksa untuk memakai ban lengan   bergambar Bintang David,guna untuk membedakan antara mereka dengan orang-orang non-yahudi dan  mereka sering  mendapatkan perlakuan diskriminasi  oleh orang-orang Eropa sering juga disebut sebagai kaum iblis yang mesti dimusnahkan.

Apa itu Ghetto?

menurut laman Wikipedia, ghetto adalah istilah untuk tempat tinggal warga Yahudi dan sering dikaitkan dengan perlambangan diskriminasi terhadap kaum Yahudi. disini juga dikatakan bahwa itu merupakan tempat tertutup yang terpisah dari kota kondisinya cenderung kumuh   dan padat. ternyata ghetto juga  ada terbagi tiga macam  yaitu ghetto tertutup  terbuka dan ghetto penghancuran. dan juga dikatakan disini bahwa ghetto hanya memiliki satu pintu masuk dan pintu keluar ,ghetto paling besar berada di Polandia bernama ghetto Warsawa dan pada saat  perang dunia ke-2 Ghetto banyak dibangun oleh Jerman di wilayah jajahan mereka untuk menampung para kaum kaum Yahudi yang akhirnya digunakan sebagai tempat penyiksaan dan pembantaian pada para kaum Yahudi.

Ghetto adalah distrik liberio


Jadi sudah Jelaslah bahwa Ghetto adalah referensi langsung dari distrik liberio yang ada di dalam serial anime Attack on Titan ini.Dan, kaum Eldia adalah mengambil referensi dari  kaum Yahudi di Eropa pada masa perang dunia ke 2.

Dan setelah saya  mencari beberapa referensi tentang tradisi hijab di seluruh dunia,  hijab yang seringkali diidentikkan dengan budaya Muslimah ,ternyata dalam sejarahnya,bukan hanya budaya milik para kaum muslim dan muslimah yang beragama Islam saja.

Hijab yahudi nasrani Kristen

Dikutip dari laman suratkabar.id,dijelaskan bahwa di dalam agama Yahudi dan Nasrani alias Kristen
,ternyata juga diajarkan agar para wanita-wanita yang telah dewasa diwajibkan untuk menggunakan hijab alias kerudung yang menutupi kepala mereka.

 Ini dibuktikan dengan foto-foto  para penghuni ghetto di zaman perang dunia ke-2 dan lukisan lukisan wanita yang beragama Kristen pada abad kegelapan. Di mana diperlihatkan bahwa para wanita-wanita dewasa di sana kebanyakan menggunakan hijab sama seperti apa yang digambarkan dalam anime Attack on Titan. Mereka menggunakan hijab menutupi kepala hingga dagu.

Cara berpakaian wanita yahudi

Ya seperti yang telah saya katakan di atas bahwasanya tradisi memakai hijab alias kerudung ini bukan hanya dilakukan oleh para wanita-wanita muslimah yang beragama Islam saja, ternyata di agama Kristen dan Yahudi juga ada yang namanya tradisi berhijab.Dalam buku berjudul hijab gaya hidup wanita muslimah Karya murtadha muthahhari, pemakaian hijab untuk memberikan kenyamanan diri sudah dipraktekkan juga sejak zaman India Persia, Jepang dan Yunani kuno,

Budaya wanita yahudi

Di dalam Tradisi Yahudi sendiri, berhijab bagi wanita yang telah dewasa  adalah dikatakan sebagai sebuah kewajiban.

Seorang pemuka agama Yahudi, Rabbi Dr. Menachem M. Brayer, Professor Literatur Injil pada Universitas Yeshiva dalam bukunya, The Jewish woman in Rabbinic Literature, menulis bahwa baju bagi wanita Yahudi saat bepergian keluar rumah adalah mengenakan penutup kepala yang terkadang bahkan harus menutup hampir seluruh muka dan hanya meninggalkan sebelah mata saja.

Dalam bukunya tersebut ia mengutip pernyataan beberapa Rabbi (pendeta Yahudi) kuno yang terkenal: “Bukanlah layaknya anak-anak perempuan Israel yang berjalan keluar tanpa penutup kepala” dan “Terkutuk lah laki-laki yang membiarkan rambut istrinya terlihat,” dan “Wanita yang membiarkan rambutnya terbuka untuk berdandan membawa kemelaratan.” ,

Buku S.W.Schneider yang terbit pada tahun 1984 mengatakan bahwa di masa lalu para orang-orang Yahudi yang  berprofesi sebagai PSK atau   para pelayan pria hidung belang,tidak diperbolehkan menutup kepalanya dengan hijab atau kerudung, hal itu di lakukan  supaya membedakan kelas antara wanita baik-baik dan wanita yang tidak baik.

Dalam Hukum Rabi Yahudi, wanita Yahudi yang sudah bersuami dan tidak berjilbab dipandang  sebagai wanita yang tidak terhormat. Hukum Rabi Yahudi juga melarang pembacaan dan doa di depan wanita yang sudah menikah tanpa menutup kepala dengan kerudung karena wanita yang membuka rambutnya itu dianggap sebagai wanita telanjang. Wanita ini bahkan dianggap sebagai wanita yang merusak kerendahan hatinya dan didenda dengan empat ratus zuzim karena pelanggarannya

Diketahui bahwa Wanita-wanita Yahudi di Eropa menggunakan kerudung hingga abad ke-19.Setelah itu  mereka mulai bercampur dan beradaptasi dengan budaya sekuler yang liar dan bebas.
Di zaman yang modern saat ini,para wanita-wanita Yahudi biasanya hanya menggunakan kerudung jika mereka mengunjungi sinagog atau gerejanya para orang Yahudi.

Peci yahudi

Kalo,wanita Yahudi memakai hijab. Lain halnya dengan para pria Yahudi. Pria Yahudi di ketauhi sering memakai peci di atas kepala mereka. Peci tersebut bernama Kippah. Menurut Wikipedia, Kippah adalah topi setengah bola atau berbentuk piring, biasanya terbuat dari kain, sering dipakai oleh pria Yahudi Ortodoks untuk memenuhi persyaratan adat yang diselenggarakan oleh beberapa pihak berwenang

jilbab menurut kristen dan Katolik

 Sedangkan dalam tradisi agama Kristen terdapat beberapa ayat yang mengatakan bahwa para wanita-wanita yang beragama harus menutup kepala mereka dengan kain tepatnya pada ayat


 Korintus 11 5-15 dikatakan bahwa Pertimbangkanlah sendiri: Patutkah perempuan berdoa kepada Allah dengan kepala yang tidak bertudung? Bukankah alam sendiri menyatakan kepadamu, bahwa adalah kehinaan bagi laki-laki, jika ia berambut panjang, tetapi bahwa adalah kehormatan bagi perempuan, jika ia berambut panjang? Sebab rambut diberikan kepada perempuan untuk menjadi penudung…

Ayat alkitab untuk perempuan

Dan menurut Rasul Paulus Kitab I Korintus, 11: 7-9
Menutup kepala bagi wanita itu sebagai simbol otoritas laki-laki yang  merupakan bayangan dan keagungan Tuhan, karena wanita diciptakan dari laki-laki dan untuk  kepentingan laki-laki pula.

Menurut laman inilah.com
dalam kitab Injil yang merupakan kitab suci agama Nasrani (Kristen dan Katolik) juga ditemukan istilah semakna. Misalnya istilah zammah, realah, zaif dan mitpahat. Lagi lagi membuktikan bahwa menutup aurat adalah sesuatu yang diwajibkan pada Masa Nabi Isa. Sayangnya, penggunaan Jilbab dan segala bentuk penutup kepala hanya dilanjutkan para wanita Islam, dan tidak lagi dikenakan oleh para wanita Yahudi dan Kristen.

Hingga saat ini para Biarawati Katolik menutup kepalanya secara keseluruhan (termasuk Bunda Theresa, panutan biarawati Modern). Di Indonesia sebelum tahun 80-an pakaian biarawati adalah jilbab, pakaian panjang longgar dari leher hingga menutup kaki serta berkerudung yang menutup leher dan dada.

Jilbab bukan milik islam?

Sayangnya kebanyakan Penganut Agama Kristen dan Yahudi saat ini tidak taat kepada agamanya. mereka masih mengaku sebagai agama Yahudi ataupun Kristen  namun dalam survei yang dikutip dari laman  bbc.com, Gereja Katolik Roma melakukan survei terhadap  penganut Kristen di negara-negara Eropa . Dalam survey tersebut dikatakan bahwa  di Republik Ceko 70% anak-anak mudanya mengatakan tidak pernah ke gereja atau tempat ibadah lain dan 80% mengatakan tidak pernah beribadah Sedangkan dib negara Eropa lainnya seperti Inggris Perancis Belgia Spanyol dan Belanda,antara 56% hingga 60% mengatakan tidak pernah ke gereja antara 63% hingga 66% tidak pernah beribadah.
  dengan kata lain menurut survei terbaru memang agama Kristen masih menjadi agama  mayoritas di dunia, namun angka ketaatan dan keyakinan mereka terhadap agama mereka semakin menipis dan hampir tidak ada sama sekali. dengan kata lain juga bisa dikatakan mereka menganut agama kristen KTP.

 SO Sekian dulu pembahasan kita tentang Kenapa para karakter dari anime Attack on Titan menggunakan hijab? semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk kalian dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kalian tentang agama-agama dunia dari sudut pandang wibu Barokah. dan jangan lupa juga untuk like dan subscribe serta  share video-video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar   channel ini bisa menjadi wadah  berkumpulnya para wibu-wibu Barokah di seluruh dunia berkat assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam hangat egagology

Kenapa Para Karakter Anime Attack On Titan shingeki no kyojin Berhijab kerudung?

3 komentar:

  1. Anonim1/08/2021

    Para Karakter Anime Attack On Titan Berhijab jd karena mereka yahudi?

    BalasHapus
  2. Anonim1/30/2021

    Kenapa Para Karakter Anime Berhijab?

    BalasHapus
  3. Anonim1/30/2021

    Anime Berhijab

    BalasHapus

Translate