Hot Article

Jujutsu Kaisen Eps 5 Karma Dan Sunnatullah


 

Jujutsu Kaisen Eps 5 Karma Dan Sunnatullah Review Alur Cerita Anime Islam

Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang video yang berjudul review anime Dr Stone tentang Islam dan relevansinya dan satu lagi video yang berjudul bahasan agama kok dicampur anime?.nah Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk mereview salah satu anime yang sedang populer saat ini yaitu anime berjudul jujutsu  no kaisen .Maka judul video yang kami pilih kali ini adalah jujutsu kaisen episode 5 dan ajaran Islam sunnatullah.Oke tanpa berlama-lama lagi mereka Langsung saja kita kupas pembahasannya.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Bagaimana kabar kalian?semoga masih diberi kesehatan kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel artikel berkualitas dari channel egagology.

seperti yang telah saya katakan pada pembukaan di atas,anime jujutsu kaisen Tengah digandrungi oleh para penikmat anime di seluruh dunia.anime ini sedikit melengkapi tahun 2021 ini sebagai tahun surganya anime-anime bagus.karena pada tahun ini sangat banyak sekali anime-anime berkualitas yang dirilis.
setelah di akhir tahun 2020 kemarin,kita telah dibuat senang dengan perilisan sekuel dari Attack on Titan season 4.Lalu awal tahun ini juga ada beberapa anime yang rilis seperti yakusoku no Neverland Season 2,lalu ada juga Dr Stone season kedua,belum lagi dengan rilisnya Hataraku saibou season ke-2 dan Hataraku saibou Black,yang menjadi sekuel anime paling ditunggu tahun ini.

Iya jujutsu kaisen sendiri telah dirilis pada pertengahan tahun 2020 kemarin,dan hingga saat ini telah rilis sebanyak 14 episode di minggu terakhir tahun 2021 ini.

Jujutsu Kaisen adalah

jika kalian belum tahu tentang anime ini.jujutsu kaisen sendiri adalah sebuah anime yang diadaptasi dari manga berjudul sama yang ditulis dan diilustrasikan oleh seorang mangaka bernama  Gege Akutami,yang pertama kali diterbitkan pada tahun 2018 di majalah weekly shonen jump terbitan shueisha.

ceritanya sendiri mengikuti dari kisah seorang anak SMA bernama
Yūji Itadori yang memiliki keahlian dalam bidang olahraga tetapi dia malah masuk ke dalam klub supranatural di sekolahnya.semua itu dilakukan karena tidak ingin terbebani oleh kegiatan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.suatu hari karena kecerobohan teman satu klub ekskul supranatural.Mereka pun diserang oleh monster yang sedang mengincar jari sukuna,yaitu sebuah kekuatan kutukan terkuat di dunia.karena Itadori Terjebak oleh serangan monster sebut akhirnya ia memakan jari Sukuna, tersebut dan akibatnya kekuatan monster misterius bersemayam di tubuhnya.Selain itu akhirnya itadori diplot sebagai wadah sukuna,sehingga ia diminta oleh sekolah sihir jujutsu untuk membantu mereka menangani jari-jari sukuna yang tersebar di seluruh Jepang.dan ia diminta untuk memakan semuanya,

sebagai sebuah anime supernatural shounen,serial ini bisa menjadi sebuah contoh Bagaimana anime shounen bisa dibuat semenarik dan sebagus ini,Ya seperti yang telah saya katakan di video-video sebelumnya bahwa saya adalah orang yang kurang terlalu suka dengan anime bergenre shonen dan supranatural.tetapi ada yang beda dengan anime ini adalah pembawaannya yang bisa dikatakan sebagai anime yang cukup gelap,dan jauh dari karakter-karakter tidak berguna seperti karakter Loli dan heroin heroin lemah yang hanya bisa diselamatkan oleh sang karakter utama.

gaya penggambaran karakter karakternya pun mengingatkan saya kepada salah satu manga jadul berjudul Harlem Beat.

dan sang kreator dari mana ini pun dalam,dalam beberapa upacara telah mengatakan dengan jujur bahwa ia terinspirasi dari serial neon Genesis Evangelion.yang merupakan salah satu Pelopor dari genre anime bertemakan psikologikal gelap.

namun walaupun anime bergenre shounen gelap.tidak banyak pesan-pesan yang bisa saya dapatkan dari anime ini,ya mungkin hal ini cukup terlalu dini untuk mengatakan demikian karena anime ini sendiri masih berjalan hingga sekarang.

Pesan tersembunyi anime jujutsu kaisen

Salah satu pesan tersembunyi yang bisa saya dapatkan dari anime ini adalah di episode 5, dimana pada saat itu  sang karakter utama tengah dikuasai penuh oleh sukuna, sehingga Iya tidak bisa mengontrol dirinya sendiri dan akhirnya sang sukuna itu menantang salah satu teman dari itadori yang bernama Megumi Fushiguro.dan ketika Megumi terpojok  kan oleh Sukuna, disaat itu Sukuna  menanyakan kepada Megumi "Mengapa Iya mau menyelamatkan itadori dari kematiannya?".Iya pun bergumam pada dirinya sendiri dan membuka  flashback kelam dari Megumi dan alasan mengapa Iya secara Naif menyelamatkan orang-orang terdekatnya tanpa pandang bulu.dalam flashbacknya tersebut dia mengatakan bahwa ia ingin menjadi penghukum bagi orang-orang yang yang jahat di luar sana.

Dialog Sunnatullah

Namun kata-kata yang paling menarik menurut saya adalah dialog monolog nya yang mengatakan bahwa "karma tidak seluruhnya terjadi secara otomatis,harus ada orang yang menghukum orang yang membuat kesalahan,dan orang jahat hanya bisa diadili oleh hukum ".

 jika kalian paham dengan kata-kata ini,ini sangat jelas adalah ajaran Islam.karena Islam,tidak pernah mengenal yang namanya Karma.Islam hanya mengenal yang namanya hukum sebab akibat dan sunnatullah.

Karma adalah ajaran hindu budha

jika kalian masih kebingungan apa ya itu pengertian Karma.menurut laman Wikipedia Karma adalah berasal dari ajaran Hindu dan Budha.pada prinsipnya Karma adalah segala sesuatu balasan yang terjadi dari perbuatan di masa lalu akan berakibat buruk pada masa yang akan datang,dan ini berhubungan dengan konsep reinkarnasi dalam sistem ajaran Hindu Budha.reinkarnasi sendiri adalah sebuah konsep bahwa setelah kematian manusia akan terlahir kembali ke dunia.Jika ia selalu berbuat buruk di kehidupan sebelumnya,maka ia akan terlahir sebagai seekor hewan.sebaliknya jika ia sangat taat dan Alim di kehidupan sebelumnya.maka ia akan terlahir sebagai Dewa.

dan dalam kasus Karma sendiri bisa dibilang adalah sebuah konsep yang hanya berdasarkan pada keberuntungan dan kebetulan.
sebagai contoh adalah Jika kamu terperosok ke dalam parit,itu karena kamu sebelumnya pernah memukul orang tua di jalan,inilah konsep Karma yang sebenarnya. sebuah perilaku yang buruk akan menghasilkan sebuah kesialan di dunia.

namun ini bukan ajaran Islam,Ya seperti yang dikatakan megumi di dalam anime jujutsu kaisen tersebut.sebuah karma tidak terjadi secara otomatis begitu saja.
dengan kata lain Jika kamu terperosok di sebuah parit,ya hal itu karena mata kalian tidak melihat Parit tersebut,bukan karena kalian sebelumnya Memukul orang tua.

dalam ajaran islam Memukul orang tua akan berdampak pada sebuah dosa,dan dosa akan dihitung Di Hari pembalasan sebagai sebuah pertanggungjawaban dari semua perilaku yang kalian lakukan di dunia.

Sunnatullah adalah

Iya Karma, bukanlah ajaran Islam,dalam ajaran Islam kita lebih mengenal yang namanya sebab-akibat atau sunnatullah.
sunnatullah sendiri bisa berarti sebagai ketetapan Allah atau takdir yang telah digariskan oleh kekuasaan Allah.takdir Allah atau sunnatullah sendiri telah digariskan sebelum dunia ini terbentuk dalam sebuah catatan kalam di Lauhul Mahfudz.

karma menurut Jujutsu Kaisen

Ya lagi-lagi seperti kata megumi di atas.
 penyihir jujutsu diceritakan sebagai pengadil bagi orang-orang jahat dan para iblis.dalam konsep Islam seorang pengadil atau menghukum orang-orang jahat adalah merupakan bagian dari hukum sunnatullah yang telah di gariskan oleh kekuasaan Allah.seorang pembunuh yang dengan kejam membunuh banyak orang,dapat dihukum dengan berat atas segala kesalahan dan kekejaman yang di diperbuatnya dengan sebuah hukum yang di laksanakan oleh para penegak hukum atas izin Allah.

begitupun dengan rezeki,rezeki sudah di garis kan oleh kekuasaan Allah dalam sebuah takdir sunnatullah.dan para perantara perantara rezeki yang diberikan Allah seperti para Bos,para pembeli,para  pemberi upah dan sebagainya hanyalah sebagai jalan dan perantara dari Rizki yang telah Tentukan dalam hukum sunnatullah Allah.

Ya mungkin  sekian  dulu pembahasan kita tentang anime jujutsu kaisen dan hukum sebab-akibat sunnatullah.semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian.agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para wibu wibu Barokah Di Seluruh Dunia.Akhir kata assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.Salam hangat egagology

Jujutsu Kaisen Eps 5 Karma Dan Sunnatullah

1 komentar:

  1. Anonim1/30/2021

    Jujutsu Kaisen Eps 5 Karma Dan Sunnatullah

    BalasHapus

Translate