Hot Article

Cerita Serial Experiments Lain Review Filsafat Agama dan Anime


Cerita Serial Experiments Lain Neon Genesis Evangelion Review Tentang Filsafat Agama dan Anime Islam

Cerita Serial Experiments Lain Neon Genesis Evangelion Review Tentang Filsafat Agama dan Anime Islam - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang video yang berjudul Anime fire Force Menghina agama Kristen? dan satu lagi video yang berjudul anime Magi  dan hukum Islam tentang riba.

Nah, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang video yang berjudul kenapa pembahasan agama dicampur dengan anime? ya tanpa berlama-lama lagi  mari langsung saja kita  mulai pembahasannya,

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.Bagaimana kabar kalian ?semoga masih diberi kesehatan ,kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa menikmati suguhan Video Artikel-artikel berkualitas dari Channel egagology. dan tentunya Saya selalu mengingatkan agar jangan lupa untuk
 like ,subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian. Agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para wibu-wibu barokah di seluruh dunia.

agama dicampur anime?

Hari ini kita akan membahas  topik tentang hubungan antara agama dengan anime. ya karena seperti yang kita ketahui bahwa di beberapa video yang telah saya buat, seringkali dan bahkan hampir semuanya dari video saya itu,saya membuat video yang  mencampurkan  antara agama Islam dan anime.Hal ini sedikit membuat sebuah pro kontra di tengah-tengah Masyarakat ,khususnya para komunitas komunitas wibu di Indonesia.

Banyak yang mengatakan bahwa "kenapa  saya membahas anime dicampur-campur kan dengan agama?"
Ya begitulah Kebanyakan reaksi orang- orang yang kontra dengan judul video saya.

anime filsafat

 Pertanyaan-pertanyaan ini justru membuat saya kebingungan .kenapa?karena  menurut pengamatan saya, selama saya menonton anime dan membaca beberapa judul manga. Sebenarnya anime dan manga di zaman modern saat ini tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya filosofi agama di dalam penceritaannya. Banyak sekali pesan-pesan filosofis dan ideologi  yang  seolah menjadi hal wajib yang harus disisipkan dalam setiap serial serial anime  anime  terkenal.

 Iya mungkin pesan-pesan filosofis dan ideologi tersebut tidak akan pernah kita temukan di anime anime atau manga bergenre hentai Dan  Ecchi.  Namun jika kalian pernah menonton anime anime populer seperti Naruto, Death Note,  Attack on Titan dan bahkan Doraemon Pun .Pasti kalian akan menemukan sebuah sisipan dan pesan-pesan filosofis di dalam serial-serial manga dan anime tersebut.
 Lalu apa hubungannya dengan agama? perlu kalian ketahui bahwa agama adalah filosofi itu sendiri.  Semua agama di dunia ini pastilah memiliki hal mendasar yang wajib dimiliki oleh sebuah agama yaitu filosofi alias filsafat. Sebuah agama yang tidak memiliki filosofis apapun dalam ajarannya,  bisa dikatakan sebagai  sebuah sekte atau hanya perkumpulan  biasa.  Jadi dengan kata lain, sudah bukan hal yang tabu lagi jika seseorang membahas agama berdasarkan pesan-pesan yang ada dalam serial anime.

Neon Genesis Evangelion

Ya trend penyisipan filosofis dan pesan tersembunyi yang terkandung dalam anime ini, sebenarnya dipelopori oleh salah satu serial  franchise paling terkenal di dunia yaitu  neon Genesis Evangelion karya Hideaki Anno.
 Semua orang yang pernah  menonton anime ini pastilah sangat sepakat,bahwa anime ini banyak sekali menyisipkan pesan-pesan filosofis dan ideologi serta pelajaran  kehidupan di dalam serial nya. Setelah anime ini laris di pasaran banyak sekali anime dan manga yang meniru konsep dari anime tersebut.
dan dimulailah era berkembangnya anime yang mencampurkan antara fiksi dan pesan-pesan filosofis serta pesan agama di dalamnya.

Serial Experiments Lain

Namun Sebenarnya anime yang benar-benar terang-terangan mengambil filsafat dan agama sebagai tema serta menjadi pelopor dari genre anime seperti ini adalah anime berjudul serial experiments lain.Iya anime bergenre psikologikal gelap ini bisa dikatakan sebagai anime yang tidak bisa Lekang Oleh Waktu. Dan tetap menjadi legenda sebagai sebuah karya dari seorang seniman anime di tahun 90-an. walaupun tidak terlalu populer secara komersial,namun banyak kritikus kritikus dan para reviewer film sangat memuji anime ini.bahkan anime ini pun membuat gempar publik Jepang pada saat pertama kali perilisannya.ya, mungkin  kalian harus menonton sendiri bagaimana kerennya anime ini. Anime ini sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1998. diproduseri oleh Yusuyuki  Ueda  dan diproduksi oleh studio Triangle Staff. Walaupun anime ini telah lama dirilis sekitar 20 tahunan yang lalu, tapi  pesan-pesan yang disampaikan dalam anime ini sangat sangat lah relevan dengan kehidupan zaman sekarang.  Ceritanya sendiri mengikuti dari kisah seorang siswi SMP bernama Lain, yang hidup di sebuah dunia  di mana dunia internet dan dunia nyata  telah menyatu,sehingga orang-orang dalamnya tidak dapat membedakan lagi antara keduanya.  Di sinilah  timbul sebuah pertanyaan tentang keeksistensian manusia sebagai manusia yang hidup di kehidupan nyata, memiliki tubuh dan memiliki organ fisik. Dan di dalam anime ini juga kita dipaksa untuk membuat sebuah pertanyaan tentang konsep Ketuhanan  dan konsep kehidupan.

Konsep ketuhanan Serial Experiments Lain

Namun yang membuat saya tertarik dengan ini adalah setelah kita dibuat bertanya-tanya tentang konsep Ketuhanan. Di 2 episode terakhir ,anime ini justru memaksa  kita untukberpikir bahwa Tuhan itu pasti ada.
 Ya,di dalam anime ini  disampaikan dengan beberapa dialog yang intinya adalah dunia ini dikelilingi oleh yang namanya sistem kausalitas alias sebab-akibat. Jika dunia ini ada
,berarti ada sesuatu eksistensi yang menciptakan dunia. Di episode terakhir itu pula dikatakan oleh Lain yang merupakan sang karakter utama dari anime ini. Dia mengatakan bahwa" tidak penting Tuhan itu ada atau tidak ada pada intinya adalah dunia ini ada dengan kata lain ada sebuah eksistensi yang menciptakan dunia, entah eksistensi itu mau disebut dengan nama apapun. "
 Anime ini,cukup membuat kita harus berpikir keras untuk mencerna  setiap adegan-adegan yang ditampilkan dalam anime ini.

Ya seperti yang telah saya katakan di atas,tren pencampuran antara filosofi dan anime sudah menjadi trend yang sangat melekat dengan industri anime dan manga saat ini. Anime,saat ini sudah bisa dikatakan sebagai media propaganda paling efektif dalam mempromosikan sebuah ideologi ideologi baru maupun sebuah pemikiran paling radikal sekalipun dalam sebuah seni yang bernama anime dan manga . Yah ini mungkin tidak lepas dari kehidupan sosial di Jepang yang bisa dikatakan sebagai kehidupan yang sangat taat pada norma dan aturan yang ada di dalam masyarakat, sehingga para seniman seniman dan para pemberontak di Jepang hanya bisa menyalurkan ide dan perasaan mereka dalam sebuah media seni yang bernama manga anime dan light novel.
Di media media luar negeri dan para wibu wibu dari barat pun sebenarnya sangat lumrah dengan
 pembahasan antara filosofi agama dan pesan-pesan tersembunyi yang terdapat dalam anime . Ya karena sejatinya, meledaknya anime dan manga sampai ke dunia internasional karena penceritaan yang aneh dan sangat filosofis sehingga membuat para penggemar penggemar di dunia barat tertarik dengannya. Dan sebenarnya  saat ini  sangat lumrah ditemukan  channel-channel YouTube luar negeri yang membahas hubungan antara filsafat dan agama yang ada di dalam anime. contohnya seperti dalam channel bernama Geek Archaeology yang membahas tentang anime serial experiments lain dan hubungannya dengan agama-agama di dunia. selain itu juga saya banyak menemukan tentang channel-channel  spesialis di bidangnya masing-masing yang mereview anime dari sudut pandang keahlian mereka.misalnya seperti channel bernama doc official  yang membahas anime Dr Stone dari sudut pandang seorang dokter.
sedangkan saya  sendiri adalah seorang pengagum sejarah Islam dan ajaran Islam,so bukanlah sesuatu yang wajar jika saya membahas anime dari sudut pandang ajaran Islam yang terkandung di dalamnya.
Iya  kehadiran  pesan pesan tersembunyi dalam anime justru adalah sebuah daya tarik tersendiri dan menjadi sebuah kunci yang membuat anime menjadi populer bukan hanya di kalangan anak-anak tetapi juga di kalangan para orang-orang dewasa dan bahkan orang-orang tua sekalipun.karena sejatinya film animasi seperti anime dan manga saat ini sudah keluar dari jalur sebagai tontonan anak-anak.animasi dan mangga sejatinya adalah sebuah karya seni tingkat tinggi yang pembuatannya pun sangat memakan waktu dan tenaga serta membutuhkan Daya juang yang tinggi serta pemikiran yang dalam.

Ya inilah yang membedakan antara anime dengan jenis Fiksi fiksi lainnya.karena anime tidak hanya berfungsi sebagai sebuah fiksi hiburan Semata, banyak sekali pesan-pesan Ideologi dan filsafat serta pelajaran hidup yang bisa kita dapatkan di dalam fiksi bernama anime dan manga .hal ini jugalah yang menjadi alasan mengapa banyak sekali,wibu wibu yang tidak menyukai drama Korea.karena drama Korea biasanya identik dengan hal-hal yang romantis serta bergenre slice of life atau kehidupan sehari-hari sehingga drama Korea hanya bisa dikatakan sebagai hiburan semata tidak ada pelajaran apapun serta pesan pesan tersembunyi apapun yang tersemat di dalamnya.
 Iya mungkin Sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul Kenapa bahasan agama dicampur dengan anime? semoga pembahasan kali ini bisa mencerahkan kehidupan kalian dan menambah wawasan kalian tentang filosofi filosofi agama di dalam anime,dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para wibu wibu Barokah di seluruh dunia. Akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam hangat egagology

Cerita Serial Experiments Lain Neon Genesis Evangelion Review Tentang Filsafat Agama dan Anime Islam

Tidak ada komentar

Translate