Hot Article

Light novel Indonesia barokah Si Mansyur

Light novel  Indonesia barokah Kisah Si Mansyur Islam

Light novel  Indonesia barokah Kisah Si Mansyur Islam

Light novel  Indonesia barokah Kisah Si Mansyur Islam - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang artikel yang berjudul Nusa  serial animasi dengan konsep terburuk dan satu lagi artikel yang berjudul Fungsi fiksi sebagai media pendidikan anak.

 Nah  pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sebuah judul  light novel yang mungkin bisa dikatakan sebagai light novel Barokah pertama di Indonesia. Light novel tersebut berjudul kisah Si Mansyur. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang fakta-fakta mencengangkan tentang  light novel Barokah berjudul kisah Si Mansyur tersebut

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian?Semoga masih diberi kesehatan,kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa menikmati suguhan artikel-artikel berkualitas dari web blog egagology.

 Seperti yang telah saya katakan di atas, kita akan membahas tentang fakta-fakta menarik dari Light novel barokah berjudul kisah si Mansyur

 Light novel ini sendiri pertama kali diterbitkan di halaman forum internet bernama  kaskus.co.id pada  akhir tahun  2018 oleh seorang pengguna anonim di situs tersebut

Light Novel adalah

 

Light novel  Indonesia barokah Kisah Si Mansyur Islam

Bagi kalian yang belum tahu apa itu  light novel.Menurut laman Wikipedia, light novel atau dalam bahasa Indonesia juga disebut novel ringan adalah sebuah novel yang sering disertai dengan ilustrasi Anime atau  manga. Khas Jepang. Dan biasanya novel  jenis ini ditujukan untuk kalangan umur remaja  seusia SMP ataupun SMA. Novel jenis ini biasanya memuat tulisan  berkisar 40.000 sampai 50.000 kata dalam satu buku. Dan sangat jarang melebihi 200 halaman. 

 Novel jenis ini biasanya menggunakan bahasa yang tidak terlalu baku dan biasanya  lebih banyak memuat dialog-dialog antar karakter, daripada memperbanyak kalimat narasi dari seorang narator yang  panjang.

 Genrenya pun bermacam-macam dan biasanya lebih banyak menceritakan tentang genre genre fantasi dan genre pertarungan serta shounen, yang biasanya memuat seorang karakter protagonis heroin, dan Villain.

Banyak diantara jenis-jenis Light Novel juga yang memuat cerita-cerita tentang petualangan adventure dan misteri serta dunia lain atau dalam kata kerennya juga disebut sebagai dunia isekai.

Sinopsis Light Novel Barokah Kisah Si Mansyur 

Oke,kita kembali pada pembahasan kita yaitu Light Novel Barokah berjudul Kisah Si Mansyur.

Kisah Si Mansyur  sendiri bercerita tentang seorang  pangeran dari kerajaan Sribuza Yang bernama Mansyur.  Mansyur adalah satu-satunya pewaris Tahta dari kerajaan ini, Mansyur dikenal sebagai seorang anak yang manja  dan tidak terlalu menguasai kemampuan fisik yang mumpuni yang dianggap sebagai seorang raja di masa depan. 

Karena hal itulah, akhirnya  ayah dari Mansyur yaitu  sang Raja Sribuza,memerintahkan Mansyur untuk berpetualang ke luar dari kerajaan  guna mencari pengalaman dan kebijaksanaan  agar ia bisa menjadi seorang raja yang tangguh dan bijaksana di masa depan.Ditemani seorang pengawal pribadinya yaitu Selim, Ia pun melakukan petualangan keluar dari daerah Kerajaan. 

Tujuan pertama  yang  Ia singgahi adalah kerajaan Bulk,salah satu  Negara tetangga dari kerajaan yang dipimpin oleh ayahnya. 

Sial bagi Mansyur dan  Selim, karena sifat  ego  dan idealisme naif Mansyur sebagai seorang pangeran yang terbiasa dihormati  oleh para rakyat rakyat nya. Sehingga ia  dengan berani menantang algojo  hukuman mati di sebuah lapangan tempat berlangsungnya eksekusi hukuman mati bagi para kriminal di wilayah Kerajaan Bulk.


Karena perilakunya yang   meresahkan itu,ia pun dipenjara di sebuah penjara  bagi para tahanan pelanggar hukum di kerajaan Bulk.  Namun akhirnya ia pun dibebaskan, setelah utusan dari kerajaan Bulk  menebus denda kesalahannya dan akhirnya mengeluarkannya dari penjara serta menyambutnya sebagai seorang tamu kerajaan.


Namun,setelah ia di ajak berkeliling kota kerajaan. Ia pun  melihat sendiri di hadapan matanya bahwa  keadaan internal kerajaan Bulk sedang melalui fase yang  panas dan memprihatinkan. Karena baru diketahui bahwa Raja dari kerajaan Bulk tersebut melakukan sebuah kebijakan yang cukup otoriter dan diktator,yaitu melakukan kebijakan-kebijakan diskriminasi terhadap para kaum minoritas di dalam kerajaannya. Diketahui bahwa Raja   dari kerajaan Bulk  memerintahkan untuk menghancurkan  salah satu tempat ibadah dari kaum minoritas yang direncanakan akan dibangun sebagai rumah ibadah dari agama mayoritas di kerajaan tersebut.

Light novel  Indonesia barokah Kisah Si Mansyur Islam


Situasi dan kondisi yang memprihatinkan dari keadaan kerajaan tersebut membuat sifat idealisme dari seorang  Mansyur pun kembali bergejolak. 

Setelah mendengar kenyataan tersebut.Tidak kapok, ia pun dengan emosi yang meluap-luap menerobos  istana kerajaan dan meminta sang Raja dari kerajaan  Bulk itu untuk menghentikan kebijakan kontroversialnya dan meminta ia untuk mengalihkan pembangunan rumah ibadah dari kaum mayoritas tersebut di lahan  lain yang  tidak mengganggu  hak-hak dari para kaum minoritas yang tinggal di dalam kerajaannya. 


Karena kelancangan  itulah akhirnya ia kembali dijebloskan ke penjara politik. Namun pada saat bersamaan,para kaum oposisi dari kerajaan Bulk yang menganggap Mansyur sebagai seorang pahlawan. akhirnya secara diam-diam menawarkan kepada dirinya sebuah amnesti pengeluarannya dari penjara tersebut dengan syarat Ia mau membantu organisasi oposisi dan reformasi  mengkudeta Raja dari    tahtanya. 

Setelah melalui perundingan yang serius dengan pengawal pribadinya yaitu Selim,akhirnya iapun menyetujui syarat itu. Akhirnya ia dan Selim pun dibebaskan dari penjara.

 Keesokan harinya,Mansyur dan Selim langsung terlibat dalam sebuah rencana pengkudetaan, namun tanpa melibatkan para militer. Ia pun membuat sebuah strategi kudeta dengan cara mengendap-endap dan gerilya sehingga tidak membuat kegaduhan di dalam   kerajaan  Bulk.


 Dan pada malam harinya, rencana itu pun dilaksanakan. Pada akhirnya mereka berhasil mengkudeta Raja dengan tanpa membuat kegaduhan sedikitpun di luar istana.

Light novel  Indonesia barokah Kisah Si Mansyur Islam


 Keesokan harinya,utusan dari   negara  Amir United yang  merupakan negara induk dari kerajaan Bulk dan kerajaan Sribuza  datang untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di dalam kerajaan Bulk. Namun semuanya telah terlamba,karena sebuah  pengkudetaan terhadap Raja telah di laksanakan. Dan  Raja Bulk  pun telah mati ditembus panah. 

 Namun tetap saja,menurut hukum dari negara Amir United, sebuah kudeta terhadap pemimpin yang sah  apalagi sampai membunuhnya adalah sebuah perbuatan yang ilegal. Oleh karena itu akhirnya kerajaan Bulk untuk sementara berada di bawah kontrol langsung dari negara Amir United,dan Mansyur dan Selim   sebagai orang dari luar dari kerajaan tersebut, dipaksa  untuk angkat kaki dari kerajaan.


 Setelah berbagai pertimbangan akhirnya ia pun melanjutkan petualangan ke  ibu kota yang menjadi pusat dari negara  Amir  United, yaitu kota bernama  Elbaghdudi.


Setelah beberapa hari Ia berlayar dari kerajaan Bulk menuju ibukota dari negara Amir United, nasib sial kembali menimpa Mansyur dan Selim karena di tengah perjalanan kapal mereka dicegat oleh gerombolan bajak laut sehingga mereka pun harus rela untuk disekap dan diikat dengan ancaman pembunuhan oleh para gerombolan bajak laut tersebut. Namun beruntung  karena akhirnya d tengah perjalanan,kapal bajak laut tersebut diberhentikan oleh para pasukan besar dari Angkatan Laut dinasti Gong. Laksamana Cheng Se  yang  menjadi pimpinan dari Angkatan Laut tersebut akhirnya berhasil menumpas para gerombolan bajak laut tersebut dan mereka pun mengawal kapal yang ditumpangi oleh Mansyur dan Selim ini ke sebuah pelabuhan terdekat yang  merupakan bagian dari wilayah kerajaan Dinasti  Gong.


Mansyur dan  Selim pun akhirnya memutuskan untuk transit terlebih dahulu di negara tersebut. Mereka pun secara tidak sengaja bertemu dengan Vulan,  yang akhirnya menjadi pemandu mereka di negara tersebut. 

 Setelah  sehari semalaman mereka beristirahat dan mengistirahatkan fisik serta mental mereka, setelah mendapat perlakuan fisik berupa penyekapan dan  penyanderaan dari para bajak laut di dalam perjalanan mereka yang cukup  menguras energi. Keesokan harinya mereka pun berencana untuk melanjutkan perjalanan mereka ke tempat tujuan  utama mereka yaitu negara Amir. Namun baru diketahui bahwa semua perbatasan laut maupun darat yang mengarah ke  timur menuju negara Amir telah diblokir oleh kerajaan Dinasti  Gong. Karena keterlibatan mereka dalam perang melawan para pasukan Mongol, yang diakhiri dengan pengepungan benteng Timur dari kerajaan Dinasti Gong Oleh para pasukan barbar  kekaisaran Mongol yang dipimpin oleh Hulagu Khan.

Kelebihan Light novel Si Mansyur

Yap,itulah sekilas cerita dari Light Novel berjudul Kisah Si Mansyur ini.

Jika saya diharuskan untuk menilai Light Novel ini. Cerita yang disajikan sangatlah bagus. Dan jika kalian merupakan penggemar dari  genre petualangan yang sedikit disisipi dengan konflik politik dan sedikit di sertakan bumbu-bumbu  misteri. Saya yakin, kalian akan sangat suka dengan LN ini. KArena di dalam serial ini, selain isu  politik sangat kental dalam penceritaannya, Kisah ini  juga sangat kental menyajikan trik-trik dan strategi-strategi yang biasanya  hanya bisa kita dapatkan dalam  serial bergenre misteri. Kita juga terkadang harus menebak yang mana seseorang yang dianggap  musuh dan mana, karakter karakter yang benar benar bisa di anggap sebagai teman.

Kekurangan Light novel Si Mansyur

Namun, dari semua kelebihan - kelebihan diatas, ada juga kekurangan yang nampak dari serial ini. Salah satunya adalah ilustrasi yang sederhana dan tidak terlalu mewah. Bahkan bisa dikatakan sangatlah sederhana. Namun pada chapter-chapter terbaru,permasalahan ini sudah sediki demi sedikit di perbaiki oleh sang penulis. 

Selain itu, bahasa yang di pakai oleh sang penulis dalam menceritakan kisah ini adalah menggunakan bahasa yang jauh dari kata baku. Kalian akan terbiasa dengan penyebutan kata kata "Loe" "Gue" "kampreet" dan bahasa gaul lainnya. Ntah, dengan tujuan apa dan apa sebenarnya motivasi sang penulis, sehingga ia menceritakan kisahnya dengan bahasa yang "gaul" begitu?


So, jika kalian tidak merasa terganggu dengan 2 point yang menjadi kelemahan dari serial ini. Saya sih, sangat merekomendasikan kalian untuk.mengikuti serial ini.

Dan, penilaian saya untuk serial ini,.mungkin 7,8...Cukup kali ya.

Jika kalian ingin mengikuti serialnya, kalian bisa membacanya di situs kaskus Kisah Si Mansyur, situs wattpad Light Novel Indonesia, situs Kwikku Kisah Si Mansyur, atau bisa juga kalian baca di situs egagology ini di laman Light Novel Indonesia Kisah Si Mansyur.




Tidak ada komentar

Translate