Hot Article

Anime Magi dan Hukum Islam Tentang Riba #animeislam

 


Anime Magi The Labyrinth of Magic dan Hukum Islam Tentang Riba

Anime Magi The Labyrinth of Magic dan Hukum Islam Tentang Riba - Beberapa hari yang lalu kita telah membahas tentang video berjudul pengarang anime Attack on Titan anti Yahudi?  dan di video sebelumnya  juga kita telah membahas tentang Kenapa  negara di aliansi Timur Tengah menyerang negara Marley?.  Nah pada video kali ini kita tidak akan membahas tentang anime Attack on Titan. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah anime berjudul Magi The Labyrinth of Magic. Maka dari itu  judul video kali ini adalah anime Magi dan  hukum Islam tentang riba. Oke,daripada berlama-lama lagi Mari kita langsung saja kupas pembahasannya.

 Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Bagaimana kabar kalian ?semoga masih diberi kesehatan ,kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa menikmati suguhan Video Artikel-artikel berkualitas dari Channel egagology. dan tentunya Saya selalu mengingatkan agar jangan lupa untuk
 like ,subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para wibu-wibu barokah di seluruh dunia.

Anime magi terinspirasi dari kisah 1001 Malam arabian night

Seperti yang telah saya katakan di pembukaan dia atas.Hari ini  kita akan membahas tentang   anime Magi dan ajaran Islam di dalamnya.   ya video kali ini mungkin bisa disebut juga sebagai pembukaan dari pembahasan kita tentang anime Magi dan Islam  karena banyak sekali pesan-pesan Islam yang bisa kita kulik dari anime satu ini. Karena seperti yang kita ketahui,anime Magi ini mengambil setting background dari budaya Timur Tengah dan   dalam Trivia umumnya juga sudah diketahui  bahwa serial ini terinspirasi langsung dari kisah cerita rakyat 1001 Malam  yang  merupakan salah satu buah karya zaman keemasan Islam yang masih terpelihara  . tempatnya kisah itu  berasal dari zaman pemerintahan kekhalifahan Abbasiyah yang berpusat di Baghdad.

Jika kalian belum tahu apa itu anime Magi The Labyrinth of Magic, serial Ini adalah sebuah serial  manga dan anime yang yang diciptakan oleh pengarang manga bernama Shinobu ohtaka . By the way mangaka satu ini adalah seorang wanita  alias cewek. Entah kenapa serial-serial yang melatarbelakangi budaya Timur Tengah, kebanyakan  dikarang dan ditulis oleh mangaka  wanita. Contohnya seperti Magi ini dan satu lagi serial manga dan anime yang berjudul shoukoku no altair juga dikarang oleh  mangaka  wanita walaupun genre-nya sendiri adalah  bisa dikategorikan sebagai genre shounen. Iya mungkin  karena imej budaya Timur Tengah identik dengan dongeng dan kisah-kisah ajaib  serta romantisme yang sangat lekat dengan Koum wanita alias cewek mungkin ya.

Sinopsis Anime Magi

  Oke kembali ke topik, anime ini sendiri menceritakan tentang sang karakter utama kita bernama Aladin yang bertemu  dengan seorang pedagang lepas bernama Alibaba. Aladin sendiri adalah seorang  Magi,  Magi adalah bisa dikatakan sebagai seorang utusan yang terlahir untuk menjalankan tugasnya yaitu memilih raja dari sebuah kerajaan.

Dungeon adalah

Selain sebagai seorang yang ditugaskan untuk memilih Raja. Seorang Magi juga memiliki keistimewaannya tersendiri yaitu bisa mengendalikan   roh-roh yang ada di sekitarnya Yang dapat diubah menjadi bentuk   sihir apapun.Dan disamping itu juga seorang Magi bisa menciptakan sebuah dungeon atau labirin raksasa yang berisikan berbagai barang ajaib dan barang berharga. seseorang yang bisa menyelesaikan dungeon alias labirin yang diciptakan oleh Magi ini biasanya telah memenuhi  standar untuk menjadi  kandidat kuat  sebagai raja di sebuah negeri.

 Dan Diceritakan bahwa Alibaba akhirnya berhasil menyelesaikan dungeon yang bernama amoy. Dia berhasil menyelesaikannya  karena mendapat  bantuan dari salah satu magi yaitu Aladin. sebenarnya Tujuan dari Alibaba ingin menyelesaikan  dungeon tersebut adalah agar ia menjadi  kaya mendadak dan hidup dengan bergelimangan harta. karena didalam  dungeon tersebut  biasanya terdapat banyak sekali harta benda yang berlimpah.

Berbeda dengan Alibaba, tujuan orang-orang ingin menaklukkan duneon biasanya adalah untuk mendapatkan pusaka jin yang bisa  memberikan sang majikan berbagai kekuatan  sihir khusus yang sangat kuat.

Singkat cerita akhirnya Alibaba menjadi kandidat kuat sebagai seorang raja Karena ia berhasil menaklukkan dungeon.
Dan,di beberapa episode- episode selanjutnya baru  dijelaskan bahwa ternyata alibaba  adalah seorang keturunan raja  dari kerajaan Balbadd alias  pangeran Balldadd ke 3.

Pesan Islam di Episode 11 Anime Magi

Oke,lalu di mana letak pesan Islamnya?
Yap,seperti yang telah  saya katakan di awal pembukaan bahwa banyak sekali pesan-pesan Islam yang terkandung dalam anime ini, Namun mungkin kali ini saya  hanya akan menyebutkan dan menjelaskan salah satu contoh spesifik saja ya.

Riba adalah

Salah satunya-pesan Islam yang terkandung dalam anime tersebut  adalah di episode ke 11 pada anime Magi The Labyrinth of Magic Di mana di episode sini,sang kreator dari anime ini sepertinya ingin menyisipkan sebuah pesan dan penjelasan tentang Kenapa Islam sangat melarang dan mengharamkan yang namanya riba?.  by the way jika kalian belum tahu Apa itu riba, menurut laman Wikipedia riba adalah penetapan bunga atau melebihkan jumlah pinjaman saat mengembalikan berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok yang dibebankan kepada peminjam.  singkatnya  riba adalah segala sesuatu  yang bersifat bunga atau keuntungan   yang didapatkan oleh sang peminjam dalam transaksi peminjaman uang.

 Di dalam episode ke-11 dari anime Magi ini,Diceritakan  ini bahwa kerajaan Ballbadd yang merupakan kerajaan tempat kelahiran salah satu  karakter utama kita yaitu Alibaba, sedang diliputi  yang namanya  krisis ekonomi dan   kemiskinan dimana-mana.  Dan baru terungkap bahwa kemiskinan dan kehancuran ekonomi negara Balbadd tersebut  bermula dari kebijakan dari raja   kerajaan Balbadd sendiri,yang bernama Ahmad saluja.  Dimana Diceritakan bahwa ketika Raja sebelumnya yaitu ayah dari   Ahmad saluja    mulai sakit-sakitan dan tidak bisa menjalankan pemerintahan sebagaimana mestinya.    Perdagangan dan perekonomian di kerajaan Balbadd mulai menunjukkan penurunan dan kerugian.
Lalu tiba tiba datanglah seorang yang mengaku sebagai bankir alias penasihat keuangan.Dan ia  mengaku bahwa ia telah berpengalaman menyelesaikan permasalahan perekonomian di berbagai kerajaan.   Ia lalu  menawarkan sebuah alat pertukaran baru yang bernama uang kepada kerajaan Balbadd. Sebagai info, kerajaan Balbadd,  sama seperti kesultanan kesulatanan Arab  pada zaman dahulu, Mereka   bertransaksi , baik itu dalam perdagangan maupun pertukaran barang menggunakan alat pertukaran yang disebut dirham dan Dinar atau kalau zaman sekarang juga bisa disebut sebagai emas dan perak.

Lalu sang Bangkir mengatakan  kepada Ahmad  saluja bahwa, dengan uang tersebut ia  dapat menukarkannya dengan barang apapun yang ia mau. Dan benar saja,uang itu dapat dibelanjakan dengan barang apapun di seluruh dunia, Hal itu membuat Ahmad  saluja menjadi gila  uang. dan  setelah uang yang di diberikan oleh sang  bankir habis,  Sang bankir itupun akhirnya menawarkan sebuah perjanjian peminjaman uang  melalui dirinya kepada kekaisaran Kou.

bahaya Riba menurut anime Magi

Tentu saja peminjaman itu tidaklah gratis karena peminjaman uang itu dikenai bunga yang sangat besar. Ya,karena Ahmad saluja telah terhipnotis dengan uang dan telah menjadi gila terhadap barang bernama uang. Dia pun akhirnya berani meminjam banyak sekali uang dengan jaminan beberapa barang yang ada di istananya, Lalu setelah Uang itu kembali habis. Ia pun semakin rajin  meminjam uang kepada sang bankir dengan jaminan perjanjian   jalur perdagangan  strategis yang dimiliki oleh kerajaan  Balbadd. Dan setelah semua hak-hak strategis dari kerajaan ballbadd dirampas oleh kerajaan Kou dengan perjanjian jaminan perutangan dan peminjaman uang yang diatur oleh bankir.Akhirnya Ahmad  saluja  pun memiliki ide yang sangat gila. yaitu ia ingin meminjam uang dengan jaminan para rakyatnya, alias  Ia rela menjual para rakyatnya menjadi budak,  hanya untuk mendapatkan  kepentingan pribadi dan  kemewahan yang akan dinikmatinya di dalam istana kerajaannya. Walaupun akhirnya  kebijakan dan Ide gila itu  bisa dihentikan oleh  Alibaba dan teman-temannya. Namun hutang-hutang kerajaan Balbadd telah terlanjur menumpuk dalam catatan hutang kerajaan Kou, akhirnya dengan sebuah diplomasi dan  diskusi yang panjang. Kerajaan Balbadd pun harus rela tunduk pada kekaisaran  Kou dan menjadi bagian dari  pemerintahan kekaisaran tersebut.

Di episode ke-11 ini  sepertinya  sang kreator serial Magi The Labyrinth of Magic ini  seolah-olah ingin mengatakan dan menjelaskan kan tentang, kenapa  dan apa alasannya Islam sangat melarang yang namanya riba dan segala macam yang berhubungan dengan riba?

Dalil keharaman Riba

Ya,Islam memang sangat melarang transaksi apa saja yang berhubungan dengan riba. bahkan riba pun dihukumi sebagai transaksi yang haram. Banyak sekali dalil-dalil yang mendukung pernyataan ini diantaranya adalah.
 Di dalam  Alquran surat Ali Imron ayat 130 yang  artinya
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir." (Qs. Ali Imron [3]: 130).

 dan juga di dalam hadis yang berbunyi
Dari Abu Hurairah Radhiyallahuanhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau bersabda, “Jauhilah tujuh (dosa) yang membinasakan!” Mereka (para sahabat) bertanya, “Wahai Rasûlullâh! Apakah itu?” Beliau n menjawab, “Syirik kepada Allâh, sihir, membunuh jiwa yang Allâh haramkan kecuali dengan haq, memakan riba, memakan harta anak yatim, berpaling dari perang yang berkecamuk, menuduh zina terhadap wanita-wanita merdeka yang menjaga kehormatan, yang beriman, dan yang bersih dari zina”. [HR. al-Bukhâri, no. 3456; Muslim, no. 2669]

Dan beberapa pendapat ulama pun, sebenarnya menganjurkan bagi umat Islam untuk menggunakan dirham dan Dinar atau dalam bahasa Indonesia yang juga disebut sebagai emas dan perak sebagai alat transaksi atau alat  penukaran barang.  pendapat itu itu muncul karena ada anggapan bahwa alat tukar emas dan perak lebih memiliki banyak keunggulan dibandingkan uang

Sejarah Uang dan Bank

 dalam sejarahnya sendiri ,fungsi uang   sebenarnya adalah sebagai surat  surat bukti kepemilikan emas yang disimpan dan dikelola oleh negara. Penggunaan uang kertas sendiri pertama kali digunakan oleh para pedagang pedagang dari Cina. sebagai bahan pengganti emas yang mana yang terlalu banyak memakan  tempat dari barang-barang  bawaan yang  akan mereka bawa untuk perdagangan mereka. ini sesuai dengan deskripsi  yang diceritakan oleh anime Magi tersebut karena, dalam Fandom anime Magi dan bagian trivialnya dikatakan bahwa kekaisaran Kou sebenarnya adalah  referensi dari kekaisaran Cina kuno.
Sedangkan bank sendiri pertama kali  didirikan oleh kerajaan Inggris pada tahun 1690. disebut bank karena pada saat itu transaksi penukaran uang dan emas dilakukan di atas bangku atau meja.

  ya mungkin Sekian dulu pembahasan kita tentang anime Magi dan  hukum Islam tentang riba. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian dan menambah wawasan serta pengetahuan kalian tentang sejarah Islam hukum Islam  yang terkandung dalam anime dari sudut pandang  wibu Barokah. Jangan lupa untuk like subscribe dan share video ini  ke grup  chatting komunitas kalian. Akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam hangat. egagology

Anime Magi The Labyrinth of Magic dan Hukum Islam Tentang Riba

Tidak ada komentar

Translate