Translate

Ajaran Islam yang tersembunyi di dalam serial Naruto

Seperti yang pernah gue bahas sebelumnya,bahwa cerita cerita dari serial serial dalam anime dan manga saat ini banyak sekali yang secara langsung maupun tak langsung memuat unsur unsur Islam di dalamnya.Sebagai contoh,komik one shot Sonohi sekai wa owaru - seichi junrei,yang terang terangan menyebutkan ritual agama Islam sebagai tema manga.Selain itu,banyak yang secara tak langsung memuat unsur ini.Namun bila Loe jeli,Loe bakal nemuin hal itu.Kenapa mereka memasukkan unsur Islam secara tak langsung,bisa jadi karena ingin mencegah adanya kontroversi unsur sara di di dalamnya.Beberapa tahun yang lalu,gue pernah membahas Shoukoku no altair di salah satu forum besar di Indonesia,Anime ini sendiri diakui terinspirasi dari kemegahan kekhalifahan Turki Ustmani yang diceritakan sedang melawan musuh abadinya yaitu Kerajaan Byzantium.

Nah,mungkin itu adalah salah satu contoh anime anime yang memasukkan unsur unsur Islami ke dalam serialnya secara terang terangan.Nah,yang mau gue bahas kali ini adalah anime yang memasukkan unsur unsur Islami bukan secara langsung.Melainkan lewat isi dan pesan yang ingin disampaikan dalam cerita tersebut.Salah satunya adalah Naruto.Iyaaaa...Naruto..Loe gak percaya? makanya simak penjelasan gue baek baek...Wokey? Sebenarnya bukan satu atau dua komponen yang bisa di anggap sebagai unsur Islami dalam serial naruto ini.Bisa dikatakan,yaaaa...Lumayan banyak lah...Tapi,mungkin Loe masih gak percaya kan,anime Naruto yang bersetting ninja ninjaan.syarat dengan ajaran budaya dan dongeng lokal,dan bahkan pernah ane denger,ada yang sampe melarang untuk nonton naruto karena mengajarkan sihir...WTH.Balik ke pembahasan,salah satu yang paling mencolok dalam anime Naruto,pasti Loe semuanya sudah pada tau tentang jurus andalan Naruto yang sangat ampuh sekali melumpuh musuh musuhnya ini.

Ya,apalagi kalo bukan ceramah.Sampe terkenalnya jurus satu ini,sampe banyak sekali meme bertebaran di dunia maya tentang ceramahnya Naruto.Ceramah emang sudah sangat lekat dengan para ustadz.Karena para Ustadz sering berdakwah dengan cara ceramah.Ya,walopun hal ini gak bisa gue katakan sebagai unsur Islam juga sih,karena menceramahin orang juga sebenarnya tidak di monopoli oleh Islam saja,para pemuka agama agama lain juga dan para misionaris juga pada berceramah kok.jadi,ya kita anggap komponen pendukung saja. Lalu,yang kedua adalah Musyawarah dalam pemilihan pemimpin.Dalam hal ini adalah hokage.Dalam sejarah Islam sendiri,pemiihan pengganti Rosulullah sebagai pemimpin negara adalah dengan cara musyawarah mufakat.

Dan,setau ane itu adalah pertama kali alias pionir,dimana pemimpin dipilih lewat jalur musyawarah mufakat.Dimana saat itu kebanyakan pemimpin negara di pilih lewat jalur keturunan ataupun penunjukkan...CMIIW.Lalu,sebuah pertanyaan besar.Mengapa Masashi Kishimoto menggunakan metode musyawarah mufakat sebagai cara untuk memilih hokage.Kenapa tidak dengan cara pemilu,atau voting,ataupun lewat jalur keturunan?who know,hanya Khisimoto dan Tuhanlah yang tau.Lalu apa lagi,masih ada kah?tentu saja masih ada.Inget gak scene pembentukan aliansi shinobi di episode 261.Itu ailiansi shinobi bener bener mirip kekhalifahan Islam coeg.Kalo Loe belum tau apa itu kekhilafahan,Khekhilfahan adalah sistem negara dimana dia akan menyatukan semua negara Islam di dunia menjadi satu kepemimpinan yang di sebut Khalifah.Namun,penyatuannya bukan lewat penaklukan lho ya.Jangan salah kaprah,penyatuan yang dilakukan adalah dengan cara kesepakatan dan musyawarah.Lalu,kenapa di zaman Rosul dilakukan dengan cara memerangi.Lah,emang di zaman Rosul di seluruh dunia dah ada negara Islam?.
View this post on Instagram

Ntah ada apa dengan kultur di Jepang saat ini?para mangaka dan creator anime berlomba lomba memasukkan unsur unsur keislaman dalam fiksi yang di buatnya.Ntah itu melalui inspirasi,based on sejarah,bahkan sampai ajaran nya pun di masukkan sebagai pesan tersembunyi.Ketertarikan orang Jepang terhadap Islam pun meningkat.Salah satu anime yang sangat populer dan mengambil beberapa ajaran Islam adalah Naruto https://www.egagology.web.id/2019/04/Ajaran-Islam-yang-tersembunyi-di-dalam-serial-Naruto.html #sejarah#dakwahpelangi #pelangidakwah#dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu#islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas#dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam#cintasunnah #cintagamis #islammoderat#islammodern #islammilenial #ustadabdulsomad#ustadadihidayat #ustadhananattaki #ustad#ustadfirandaandirja #ustadbasalamah #ustadzfelixsiauw #yukngaji

A post shared by egagology (@egagology) on

Lagipula,peperangan dalam Islam "PASTI"karena ada sebab.Biasanya karena tak ada kesepakatan damai,atopun di perangi duluan.Kembali ke topik,kenapa coba di scene itu semua negara shinobi di satukan cobak?dan yang paling mengejutkan adalah seluruh shinobi di wajibkan memakai ikat kepala bertuliskan"aliansi shinobi".Cobak Loe ganti dengan kata kata itu dengan kata "khilafah"...Walla,jadilah negara kekhalifahan.Karena prinsip Kekhalifahan adalah menyatukan perbedaan dan mendegradasikan nasionalisme di bawah semangat persatuan Islam.Persis bro...persis..Cuma bedanya,kalo di cerita Naruto,diubah jadi semangat persaudaraan Shinobi.Dan,musuh Khilafah di akhir zaman sudah pasti adalah dajjal,dan dajjal bermata satu.Kita lihat di Naruto,Tobi...Loh kok,Loe bermata satu juga sih Tob?

dan diceritakan disini bahwa tobi adalah dalang dari semua kekacauan di dunia Naruto.Lalu,ada lagi zetsu hitam yang bentuknya hanya sebelah tubuh saja.Dan sudah pasti bermata satu.Zetsu hitam ternyata adalah mahkluk yang memanipulasi dan mengadu domba 2 clan paling berpengaruh di dunia Naruto.Apakah ini sebuah kebetulan.Hanya Khisimoto dan Tuhanlah yang tau. Namun dalam sebuah wawancara majalah terkemuka di Jepang,kenapa Khisimoto lebih mengutamakan ceramah Naruto sebagai senjata yang paling ampuh dalam mengalahkan musuh musuhnya?Apa jawab Kishimoto?"Adegan kekerasan sepertinya sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari manga ‘cowok. Tapi aku ingin memberitahu mereka kalau musuh yang harus mengambil jalan kekerasan mengambil jalan tersebut karena terpaksa dan tak bisa dihindari,” ujar Kishimoto. “Dan, jika mereka dikalahkan tanpa mengerti motivasi sang protagonis, hal itu akan menuntun musuhnya kepada pengulangan hal yang sama.".Yang ingin dia sampaikan adalah,kekerasan adalah hal terakhir yang harusnya dilakukan oleh setiap manusia.



Prinsip ini sama seperti apa yang diajarkan Islam bahwa,Perang dan kekuatan adalah pilihan terakhir dalam kehidupan dan di lakukan hanya bila terpaksa saja.Perang dalam Islam selalu ada sebab dan alasan.Islam lebih mengandalkan musyawarah dan dakwah,bahkan dalam dakwahpun kita di larang memaksa orang lain,Bahkan ada kasus dalam sejarah,pada saat penaklukan Samarkhan oleh Islam.Karena mereka tak mau berdamai dengan Islam.Serangan yang dilakukan pada malam hari secara diam diam dan berhasil..Akhirnya harus di lepaskan kembali dan pasukan Islam harus kembali keluar perbatasan,karena hakim Islam mendakwakan panglima Islam telah melakukan kesalahan.Karena tidak meneriakkan 3 pertanyaan dasar pada musuh sebelum menyerang.Yah,mungkin cukup sekian artikel kali ini.Moga bermanfaat.Wallahu'alam bisshowab.



Referensi:
https://m.kaskus.co.id/post/59ac83e21cbfaa343f8b456a/1
0 Viewers

0 Response to "Ajaran Islam yang tersembunyi di dalam serial Naruto "

Posting Komentar