Hot Article

Ajaran Islam di dalam anime Steins;Gate | egagology

Ajaran Islam di dalam anime Steins;Gate

Ajaran Islam di dalam anime Steins;Gate - Sebelumnya kita telah membahas tentang ajaran Islam dalam anime Demon Slayer dan   juga kita telah membahas ajaran Islam dalam anime Jepang yang berjudul Shingeki no Kyojin.   masih dalam tema yang sama kita akan membahas tentang ajaran Islam yang terkandung dalam anime namun kali ini Judul anime yang akan kita bahas adalah anime berjudul steins Gate.  sebelum kita melanjutkan pembahasan , alangkah baiknya untuk kita mempersiapkan diri terlebih dahulu  dengan cara  mendinginkan kepala, meredam emosi dan persiapkan diri untuk memberikan komentar terbaik kalian di kolom komentar tentang pembahasan kita kali ini.


Assalamualaikum warahmatullah barakatuh Bagaimana kabar kalian semoga masih diberi kesehatan kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa  menyimak dan menikmati artikel-artikel berkualitas dari channel egagology dan seperti biasa,Kembali saya mengingatkan agar Jangan lupa  untuk like subscribe dan share Video-video dari kami, ke grup chatting komunitas kalian.Agar kami bisa lebih semangat membuat konten konten menarik yang bertemakan Wibu Barokah. Dan Mari kita kembangkan sama-sama channel ini agar bisa menjadi   tempat berkumpulnya para wibu-wibu Barokah Di Seluruh Dunia .

Seperti yang telah saya katakan pada pembukaan diatas. hari ini kita akan membahas tentang ajaran Islam yang terkandung dalam anime steins gate. jika kalian pernah mengunjungi situs   MyAnimeList, alias  MAL  Mungkin kalian sudah sangat familiar dengan salah satu judul anime Satu ini.   Mengapa?  karena anime ini Selama bertahun-tahun telah bercokol di posisi kedua dalam top list anime paling terbaik di situs tersebut.

Namun bagi  kalian belum tahu, Anime ini  merupakan sebuah anime yang diadaptasi dari visual novel berjudul sama yang diproduksi atas  kerja sama  2 perusahaan pembuat game visual novel bernama 5pb  dan nitroplus  pada tahun 2009.  Visual novel Steins gate, sendiri adalah salah satu seri visual novel dari waralaba bernama science Adventure, waralaba ini sendiri banyak menghasilkan  serial visual novel yang terkenal karena kualitasnya seperti   Chaos head, robotic Notes occultic nine dan masih banyak yang lainnya.
 dan   science Adventure sendiri adalah sebuah waralaba yang diciptakan oleh seorang creator bernama  Chiyomaru Shikura.
  sekilas info, dia menjadi satu    creator favorit saya,karena banyak sekali serial-serial buatannya   yang memuat ajaran-ajaran Islam di dalamnya,salah satunya adalah  ya steins gate ini

Kembali ke topik,  pada tahun 2011 serial visual novel steins gate  ini pun diadaptasi menjadi serial anime yang diproduksi oleh studio animasi white Fox.

Ceritanya sendiri berpusat pada main character Kita yang Berumur 19 tahun bernama okabe rintarou.Iya mengklaim dirinya sendiri sebagai seorang mad saintis atau dalam bahasa Indonesianya juga bisa diartikan sebagai ilmuwan gila, Bernama samaran   haouin kyoma
.Dan karakternya  sendiri pun terbilang cukup unik karena ia adalah seorang yang paranoid Arogan dan delusional dimana ia seringkali berkata  bahwa ada sebuah  organisasi konspirasi gelap yang sedang menguntitnya.

selain itu,ia juga adalah seorang pendiri dari grub yang dia namai sebagai laboratorium masa depan, yang terletak di  sebuah rumah kontrakan kecil berlantai 2 . bersama dengan Daru dan mayuri teman masa kecilnya. mereka berdua bekerja dengan Tujuan   menciptakan barang-barang aneh yang mungkin bisa berguna untuk masa depan. salah satunya adalah alat pemanggang otomatis yang bisa dikendalikan menggunakan SMS. Tetapi tanpa sengaja okabe rintarou dan Daru ternyata menciptakan yang namanya prototipe mesin waktu.Dan karena ketidaktahuan mereka jugalah,akhirnya okabe rintarou terlempar ke Dimensi Lain tepatnya di garis waktu  Alpha.Dan dari sinilah petualangan okabe  dimulai dalam mencari cara untuk keluar dari   dimensi tersebut

Seperti yang telah saya katakan dan sebutkan dalam judul video kali ini, ternyata di dalam anime steins gate Ini mengandung ajaran Islam di dalamnya.   ajaran apakah itu?
Ajaran yang dimaksud adalah tentang Ajaran qada dan qadar dalam agama Islam.

Menurut laman wikipedia
qada dan qadar atau dalam bahasa lainnya disebut juga takdir  bisa di artikan sebagai ketentuan yang ada pada makhluk,dan makhluk itu tidak dapat mengubahnya sama sekali. dan dalam hal ini Qada tidak dapat dipertanyakan serta dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah di di padang mahsyar kelak. sedangkan Qadar adalah sebaliknya,qodar bisa dimaknai sebagai sebuah takdir yang Ya tidak 100% mutlak kedudukannya dan bisa diubah oleh makhluk Makhluk Allah dengan sebuah ikhtiar dan usaha.

 pemaknaan qada dan qadar ini Memang selalu membingungkan  dan bahkan dapat menjadikan seseorang menjadi sesat karena gagal memahami dengan baik Ajaran ini.
 karena tidak ada ilustrasi sama sekali yang bisa membuat dan memperkuat serta Menjelaskan bagaimana sebenarnya  sistem dari qada dan qadar tersebut.
  satu hal yang pasti adalah Qada selalu diidentikkan dengan sesuatu yang tidak bisa diubah ketentuannya Seperti contohnya adalah kematian jodoh dan rezeki.Selain dari ketiga hal tersebut,ya bisa dikatakan masuk dalam kategori  Qadar.


Baca juga

ANIME ISEKAI ADALAH AJARAN ISLAM


 Dan di anime steins gate ini ternyata menjelaskan bagaimana sebenarnya sistem qada dan Qadar berjalan. Tercatat dimulai dari episode 13 hingga  episode terakhir dari anime ini,   kalau kita lihat sekilas sebenarnya adalah mengambil konsep dari salah satu Rukun Iman dari agama Islam tersebut. ini dibuktikan dengan adanya adegan kematian Mayuri yang ber ulang ulang, walaupun okabe rintarou sudah sangat mati-matian bahkan berusaha keras Berulang kali kembali ke masa lalu untuk menyelamatkan Mayuri dari  takdir  kematiannya. Dan di anime ini diilustrasikan secara rinci bahwa walaupun mayuri selalu dibawa okabe rintarou untuk diselamatkan dan bahkan menjauhi dari  yang namanya sumber-sumber yang membahayakan nyawanya. tetapi tetap saja pada akhirnya mayuri tetap  menemui ajalnya, walaupun dengan cara-cara yang berbeda-beda misalnya seperti ditabrak kereta, ditembak pistol oleh organisasi sern  pimpinan moeka, ditabrak mobil, dan masih banyak yang lainnya.

Di sini di gambarkan dengan jelas, ajaran Islam tentang qada dan qadar itu ialah seperti ini. jika takdir kematian telah menghampiri manusia, maka ke manapun Ia berlari dan menyelamat kan diri, jika  takdir kematian telah menemuinya maka kematian akan  selalu menjemputnya.

 bahkan di episode 14 ada satu quotes menarik yang membuat saya sedikit merasa kan Apa yang dirasakan oleh okabe.  dalam pembukaan episode ke-14 , ia mengatakan" sejak saat itu aku selalu melompati garis waktu Demi menyelamatkan mayuri dari kematian Tetapi  Bagaimanapun aku bertindak hasilnya tetap sama, Mayuri tetap mati.Walaupun Moeka dan kelompoknya tidak muncul ,takdir tetap membunuhnya dan dan sepertinya dunia berkonspirasi untuk membunuh mayuri.

Dan diakhir episode ke-14 ini pula akhirnya,dijelaskan oleh  salah satu karakter pendukung dari anime ini yaitu John Titor alias Suzuha  Amane yang merupakan Orang yang datang dari masa depan.ia menjelaskan tentang adanya qada dan qadar di di dunia ini.
 qada dan qadar atau yang dalam Anime ini disebut juga garis waktu adalah  sebuah garis takdir yang prinsipnya hanya bergerak pada satu tujuan .
 di sana juga di ilustrasikan bahwa garis waktu itu seperti halnya tali tambang atau  kali kepang rambut perempuan. garis-garis Qadar atau takdir yang bisa diubah dengan cara berikhtiar dan berusaha adalah garis yang meliuk-liuk saling tidak bertemu satu sama lainnya. Tetapi walaupun garis-garis itu tidak saling bertemu satu sama lainnya. tujuan mereka tetap sama yaitu menuju  satu tujuan.

Baca Juga

Ajaran Islam yang tersembunyi dalam anime Attack On Titan | egagology


Misalnya  dalam hal rezeki, jika kalian mendapatkan 5000 perak. dari Hasil mencuri. maka jika kalian tidak mencuri dan memilih untuk mencari rezeki dari jalan lainnya, seperti misalnya berjualan. maka kalian tetap akan mendapatkan nominal yang sama yaitu Rp5.000.  Dengan kata lain  jalan mana yang  kamu pilih adalah pilihanmu sendiri , tetapi Hasilnya tetaplah sama.Namun, soal kualitas,cara, bentuk,serta pahala dan dosanya pun jelas berbeda.

 lalu Bagaimana jika kalian tidak bekerja, atau berjualan, atau mencuri?.hasilnya pun tetap sama tetapi diganti dengan bentuk yang berbeda misalnya jika kalian bekerja atau mencuri, maka kalian tidak akan mendapatkan waktu luang lebih.tetapi jika kalian tidak bekerja atau tidak mencuri maka kalian akan mendapatkan waktu luang lebih.Dan waktu luang itupun sama saja nominalnya  dengan nominal Rp5.000 rupiah

 begitupun juga dengan yang lainnya seperti misalnya jodoh dan kematian. Tujuan mereka adalah sama, namun kalian diberi kebebasan untuk memilih jalan terbaik yang bisa kalian pilih.

maka kesimpulan dalam hal ini adalah,ikhtiar kalian sebenarnya adalah  sebuah jalan untuk memilih Qadar atau takdir yang bisa diubah, untuk mendapatkan jalan terbaik kalian.Dan semua itu guna untuk  mencapai yang namanya Qadha atau takdir yang tidak bisa diubah sama sekali, dengan jalan paling ideal, terbaik dan barokah menurut pilihan kalian.Namun jika kalian memilih jalan yang salah sekalipun, Hasilnya tetep sama...Namun dalam hal kualitas,cara dan bentuknya pun pastinya berbeda.

Ya Sekian dulu pembahasan kita tentang ajaran Islam yang terkandung di dalam anime berjudul steins Gate Semoga video ini bisa dipahami, bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan kalian tentang ilmu agama  Islam. pastinyai dari sudut pandang seorang wibu barokah dan penggiat  logika .  dan jangan lupa juga like  subscribe dan share video ini. karena like dan share karena Sangatbermanfaat untuk perkembangan channel ini dan kita berharap channel ini bisa menjadi sebuah wadah  berkumpulnya bagi para wibu-wibu Barokah Di Seluruh Dunia.
 Akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam hangat egagology

Ajaran Islam di dalam anime Steins;Gate

Tidak ada komentar

Translate