Hot Article

Anime Vinland Saga dan ajaran Islam di dalamnya

 

Anime Vinland Saga dan ajaran Islam di dalamnya

Anime Vinland Saga dan ajaran Islam di dalamnya - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang video yang berjudul Anime Promise Neverland Jihad dalam agama Islam dan satu lagi video yang berjudul Anime Attack on Titan dan apakah Islam membenci Yahudi? Nah pada kesempatan kali ini saya  akan membahas tentang anime Yang berjudul Vinland saga.Karena itulah judul video kali ini adalah berjudul anime Vinland Saga dan ajaran Islam didalamnya, Oke tanpa berlama-lama lagi. Mari kita langsung saja kupas pembahasannya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology.dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para wibu wibu Barokaih Di Seluruh Dunia.

Anime bajak laut selain One Piece

Vinland Saga adalah salah satu serial yang mengambil tema bajak laut sebagai inti dari ceritanya. Tak mengherankan jika Serial Vinland Saga, seringkali dibanding-bandingkan dengan salah satu Franchise paling populer di dunia,yaitu One Piece.

Secara penceritaan vinland Saga memang lebih menyajikan cerita yang sedikit sesuai dengan realita kisah-kisah bajak laut di dunia nyata dibandingkan dengan penceritaan yang digunakan pada serial One Piece yang lebih terlihat seperti kartuni yang kaya akan sebuah petualangan berwarna ala-ala Fantasi dari genre shounen petualangan.

ya mungkin ini juga disebabkan karena vinland Saga merupakan serial bergenre seinen alias konsep ceritanya lebih ditujukan untuk kalangan dewasa.


Bagi  kalian yang belum mengetahui apa itu vinland saga.Vinland Saga sendiri adalah sebuah serial manga yang ditulis dan  diilustrasikan oleh Makoto Yukimura. manga ini sendiri pertama kali diterbitkan di di majalah weekly shonen magazine terbitan kodansha pada tahun 2005.Dan hingga tahun 2019,telah terkumpul sebanyak 23 volume manga.

Anime Vinland Saga

Sedangkan animenya sendiri telah ditayangkan sejak tahun 2019 yang ditayangkan sebanyak 24 Episode.
ceritanya sendiri mengikuti dari seorang bajak laut Viking asal Denmark yang bernama thorfinn.
thorfinn menjadi bajak laut sendiridisebabkan karena ayahnya yang merupakan mantan pasukan elit dari Kerajaan Denmark secara mengenaskan dibunuh oleh seorang pemimpin kelompok bajak laut yang bernama Allucard.
karena ia ingin membalaskan dendam atas terbunuhnya sang ayah,Ia pun memutuskan untuk mengajak duel 1  lawan 1 melawan Allucard.Namun karena pada saat itu thorfinn masih kecil dan masih sangat lugu serta belum mengetahui akan bahayanya dunia luar,Ia pun dengan cepat dikalahkan oleh Allucard.tetapi Allucard memberi kesempatan kepada thorfinn untuk berlatih hingga Ia menjadi kuat dan dapat mengalahkan Allucard suatu saat nanti.dengan syarat Ia mau menjadi anak buahnya sebagai bajak laut Viking yang melintasi Inggris dan berusaha untuk menginvasi Inggris Di bawah kerajaan Denmark.

Animenya ini sendiri ternyata cukup populer di kalangan penggemar anime yang berasal dari barat karena di situs imdb.com vinland Saga mendapatkan rating sebesar 8,8.

Sedangkan di situs myanimelist.net anime vinland Saga mendapatkan skor 8,7.membuktikan bahwa anime ini memiliki fanbase penggemarnya tersendiri di seluruh dunia.

Ya,selain karena faktor jalan cerita yang menarik dan menggugah rasa penasaran kita terhadap alur ceritanya serta pesan-pesan ilmu pengetahuan sejarah yang terkandung di dalamnya nya,
alasan mengapa anime ini sangat populer dan mendapatkan antusiasme dari para penggemar di seluruh dunia adalah karena musik yang yang dipilih dalam anime ini sangat sangatlah tepat serta pengambilan gambar dan an sudut pandang yang ditampilkan dalam anime ini sangat cocok untuk sebuah anime action yang dramatis.bisa terlihat dari bagian openingnya yang menampilkan lagu dengan tema yang sangat keras dan bisa dikatakan sebagai genre metal,visual yang ditampilkan dalam opening tersebut sangat menyatu dan sangat sesuai dengan tema lagunya yaitu sebuah peperangan yang berdarah-darah dan dramatis.

Selain Animenya yang sangat bagus dan berkelas,
ternyata Anime ini juga menyisipkan beberapa ajaran Islam yang terkandung di dalamnya

Menurut pengalaman saya dalam menggali pesan pesan Islam di dalam Anime. anime ini adalah salah satu anime yang cukup mudah untuk mendapatkan pesan-pesan Islam yang terkandung di dalamnya.Ya,karena hanya dengan menonton episode 1 saja,saya telah menemukan pesan pesan tersebut yaitu membebaskan budak dengan cara membelinya.

Ya sepertinya  saya telah pernah mengatakan hal ini di video saya sebelumnya yang berjudul pesan Islam yang terkandung di anime Demon Slayer alias kimetsu no Yaiba.Disana saya mengatakan bahwa jika ada anime yang membahas tentang seseorang yang ingin membebaskan budak dengan cara membelinya dari orang lain.Sudah bisa dipastikan itu adalah salah satu ajaran Islam yang terkandung di dalam anime.

Karena aturan dan ajaran untuk membebaskan budak serta aturan perbudakan bisa dikatakan tidak ada di dalam ajaran agama-agama lain. Dalam ajaran agama-agama lain pun tidak pernah ada disebutkan pembahasan serta hukum yang menganjurkan umat umatnya untuk membeli budak dengan harga yang sesuai dan membebaskannya begitu saja.

Dan mungkin Jika kalian telah menonton beberapa video saya yang lainnya,sudah banyak sekali anime yang saya bahas yang menyisipkan pesan pembebasan budak di dalamnya.entah,saya juga tidak terlalu mengetahui darimana mereka mendapatkan ide untuk memasukkan pesan tersebut.ya mungkin jika kita bisa berandai-andai, mungkin saja banyak dari kreator kreator manga dan anime di Jepang yang secara tidak sengaja mendengarkan ceramah di masjid masjid besar di Jepang. sehingga mereka mendapatkan inspirasi untuk memasukkan isi ceramah tersebut di dalam anime dan manga.

Ya seperti yang kita ketahui di Jepang banyak sekali dibangun beberapa masjid masjid besar yang juga digunakan sebagai pusat kajian Islam dan tempat berkumpulnya para muslim muslim di Jepang.serta disana kulturnya sangat open minded sehingga banyak sekali orang-orang Jepang di luar agama Islam Belajar tentang sejarah dan ajaran Islam.

Alur cerita Anime Vinland Saga Episode 1

Iya seperti yang telah saya katakan diatas,di episode kesatu ini Diceritakan bahwa ayahnya thorfinn dan anak perempuannya  menemukan seorang budak hitam terkubur dalam salju.dan di sana pun masih diperlihatkan bahwa leher dari budak tersebut masih di rantai oleh tuannya.Sepertinya budak tersebut kabur dari tuannya sehingga ia tersesat di pegunungan salju.
ayahnya thorfinn pun berusaha menyelamatkan budak,yang tengah pingsan dan sekarat tersebut.

lalu di adegan selanjutnya dijelaskan bahwa tuannya bernama Hafdlan.
Dan akhirnya Hafdlan pun  menemukan tempat persembunyian dari benda tersebut yaitu di kediaman thor's ayahnya thorfinn.Pada Pertemuan tersebut,Thors  langsung menanyakan harga dari budak tersebut.dan akhirnya budak tersebut dibeli dengan harga dua kali lipatnya dari harga biasanya yaitu biasanya hanyalah berharga 2 ekor kambing betina menjadi seharga 8 ekor kambing betina berumur kurang dari 3 tahun.padahal Sang Budak itu pun akhirnya meninggal dunia.

Bilal ibn Rabah

Ya, sebenarnya kisah diatas sangat sesuai dengan kisah Bilal sang budak hitam legam yang dibebaskan dari perbudakan setelah dibeli dari tuan sebelumnya yaitu Umayyah dengan harga setara 2 kali lipat dari harga yang sebenarnya.

Hal ini ia lakukan karena melaksanakan anjuran dari Nabi Muhammad  SAW,seperti tercatat dalam Hadist yang berbunyi

Siapa saja seorang muslim yang membebaskan seorang budak yang muslim, maka perbuatannya itu akan menjadi pembebas dirinya dari api neraka.” [HR. Tirmidzi, Imam al-Mundziri berkata, “Hadits ini diriwayatkan oleh Tirmidzi dan beliau mengatakan hadits ini hasan shahih (no.1547)]

Ada kemungkinan sang kreator dari manga tersebut, terinspirasi dari kisah nyata tersebut

Oke,Sebenarnya ada satu lagi pesan Islam yang terkandung dalam anime vinland Saga.yaitu tentang penaklukan Konstantinopel yang dilakukan oleh pasukan Islam dari Kesultanan Turki Utsmani,tetapi pembahasan itu tidak akan saya bahas di video ini karena jika pembahasan itu saya gabung di video ini maka durasinya mungkin akan menjadi sangat panjang sekali. Jadi insya Allah pembahasan itu akan saya bahas di video selanjutnya.

Oke mungkin sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul anime Anime Vinland Saga dan pesan Islam di dalamnya. Semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para wibu-wibu Barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam hangat egagology

 

Anime Vinland Saga dan ajaran Islam di dalamnya

1 komentar:

  1. Anonim1/08/2023

    Aku juga mkir kek gitu pas liat episode pertama... Kok kyk kisah sejarah Islam. Keren deh.. pas liat episode selanjutnya mereka naik kapal untuk pindah ke pulau lain jd ingat kisah nabi Nuh... Bru nonton episode 3. Kren bgt...

    BalasHapus