Hot Article

Anime Vinland Saga dan Sejarah Islam menaklukkan Konstantinopel

 

Anime Vinland Saga dan Sejarah Islam menaklukkan Konstantinopel

Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang video yang berjudul Anime Hataraku saibou Black dan alasan Islam mengharamkan miras dan satu lagi video yang berjudul  anime The Journey anime Barokah buatan Arab Saudi dan Jepang. Nah pada kesempatan kali ini saya  akan membahas tentang anime Yang berjudul vinland Saga, Karena itulah judul video kali ini adalah berjudul anime Vinland Saga terinspirasi dari sejarah Islam, Oke tanpa berlama-lama lagi. Mari kita langsung saja kupas pembahasannya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan kesempatan dan keceriaan,sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology.

Dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian,agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para wibu wibu Barokah Di Seluruh Dunia.

Anime Vinland Saga

Kalian pastinya sudah mengetahui bahwa Vinland Saga adalah salah satu serial yang mengambil tema bajak laut sebagai inti dari ceritanya. sehingga serial  ini seringkali dibanding-bandingkan dengan salah satu Franchise paling populer di dunia,yaitu One Piece.
Walaupun secara penceritaan, vinland Saga lebih menyajikan cerita yang sedikit sesuai dengan realita kisah-kisah bajak laut di dunia nyata dibandingkan dengan penceritaan yang digunakan pada serial One Piece.

Karena anime ini lebih menyajikan fakta-fakta tentang kisah bajak laut secara lebih realistis dibandingkan serial serial anime bajak laut lainnya.

Tak mengherankan jika banyak sekali pesan-pesan tersembunyi yang terkandung dalam anime ini.
jika di video Sebelumnya saya telah membahas ajaran Islam yang terkandung dalam anime vinland Saga tentang pembebasan budak dengan cara penebusan yang sesuai dengan harga pasar.
nah Pada kesempatan kali ini saya akan lebih fokus membahas tentang fakta-fakta sejarah dunia  dan pastinya sebagian sejarah Islam yang terkandung dalam anime ini

 Sejarah nyata

Ya seperti yang telah saya katakan di atas.
di anime sendiri ternyata banyak sekali mengambil aspek-aspek dan adegan-adegan sejarah yang benar-benar ada di dalam kehidupan nyata.
Sebagai contoh adalah adegan di mana kerajaan Denmark dan pasukan Viking nya akhirnya berhasil menguasai wilayah Kerajaan Inggris yang merupakan latar waktu dari serial Ini,merupakan sebuah fakta sejarah yang benar-benar ada di kehidupan nyata.

hal itu terjadi pada abad ke-8-9, .dimana pada saat itu bangsa Viking Berbondong-bondong menyebrangi lautan dari daratan Skandinavia menuju ke daratan Inggris untuk mendirikan pemukiman.

lalu di sini juga disebutkan bahwa pangeran dari Denmark yang bernama Pangeran Canut atau Knut merupakan tokoh yang benar-benar ada di kehidupan nyata.Iya diperkenalkan pada episode ke-9

Pangeran Canute
lahir pada tahun 954 Masehi dan meninggal pada tahun 1035 Masehi.


Bahkan di kehidupan nyata yang memiliki sebuah gelar, Canute the great.karena tercatat pernah menguasai daratan Inggris Norwegia dan Denmark serta sebagian Swedia sekaligus.

Selain itu ada juga Raja bernama  Harald I dari Norwegia yang hidup pada tahun 850 hingga tahun 933 Masehi.jadi Tampilkan sebagai sebuah flashback dari salah satu karakter bernama Leif pada episode 1

selain fakta-fakta sejarah di atas,ternyata anime ini juga menyisipkan salah satu adegan yang menurut saya terinspirasi dari sejarah Islam.

ya adegan dan pesan itu tu terjadi di episode ke-7 dari anime vinland Saga.
di mana Diceritakan bahwa di episode kali para pasukan bajak laut pimpinan Askeladd yang disewa oleh kerajaan Denmark untuk menyerang Inggris.diperintahkan untuk mundur dari tanah Inggris karena faktor cuaca dan musim yang terjadi di Eropa pada saat itu memasuki musim dingin.sehingga sangat beresiko,jika memaksakan diri untuk bertarung di musim dingin.

oleh karena pasukan para bajak laut tersebut belum mendapatkan hasil jarahan yang sesuai dengan harapan,sebagai pasukan bayaran dari kerajaan Denmark.Mereka pun akhirnya menyalahkan diri untuk mencari pekerjaan lain selain merompak dan menjadi pasukan bayaran.insting askeladd akhirnya membawanya dan pasukannya ke sebuah daerah di mana terdapat 2 kerajaan France yang sedang berperang saudara.

dan di sini askeladd menawarkan diri untuk menjadi pasukan bantuan bagi kubu kerajaan yang sedang mengepung benteng.

dan thorfinnpun dikirimkan sebagai jaminan kejujuran askeladd dan sebagai penghubung antara pasukan askeladd dengan pasukan kerajaan penyerang.

singkat cerita Akhirnya pasukan askeladd menyerang benteng kerajaan musuh.namun benteng tersebut di sekelilingnya dikelilingi oleh sungai yang cukup lebar dan pintu banteng itupun dikelilingi oleh jembatan sempit yang digunakan untuk mengacaukan Barisan Infanteri musuh.

tidak kehabisan akal askeladd dan pasukannya pun akhirnya mengambil strategi yang cukup nekat itu.menggotong kapal-kapalnya dari lautan lepas menyeberangi pulau yang merupakan wilayah dari kerajaan yang di bantunya, menuju ke sungai yang mengelilingi benteng musuh sehingga ia bisa menyeberangi Sungai menuju ke pulau di seberang sungai yang merupakan daerah dari kerajaan musuh.

Anime Vinland Saga dan Sejarah Islam menaklukkan Konstantinopel 1453 M

ya adegan tersebut mengingatkan saya dengan sejarah penaklukan konstantinopel yang dilakukan oleh Kesultanan Turki Usmani di bawah pimpinan Sultan Muhammad Al Fatih pada tahun 1453 M.

dimana pada saat itu para pasukan dari Kesultanan Turki Usmani mulai berputus asa dan kehilangan arah karena semua Serangan yang dilancarkan oleh Kesultanan tidak menghasil kan apa-apa,dan justru sebaliknya, banyak sekali para pasukan dari Kesultanan yang gugur di medan perang.lalu tercetuslah sebuah ide dari Muhammad al-fatih untuk mengangkat kapal kapalnya yang berada di lautan lepas melewati pulau perbukitan menuju sebuah celah kecil Seperti Sungai bernama tanduk emas.sungai-sungai tersebutlah yang melindungi benteng benteng konstatinopel.

Latarbelakang perang

perang ini sendiri dilatarbelakangi karena kita ketidaksopanan dari Kaisar Bizantium yang pada saat itu meminta Sultan Turki Usmani yang baru saja dilantik yaitu Muhammad Al Fatih untuk memberikan upeti bukti perjanjian damai kedua kerajaan,dua kali lipat lebih besar dari yang biasanya.
ini dikarenakan pada saat itu umur Muhammad Al fatih masih terbilang sangat mudah untuk diangkat menjadi Sultan dari kerajaan besar pertama Turki Usmani.sehingga banyak sekali yang melakukan kapasitas dari Sultan baru tersebut,tak terkecuali juga para penguasa penguasa kekaisaran Bizantium.

jika menilik sejarahnya sendiri sebenarnya kekaisaran Bizantium Sudah beberapa kali yang menghianati kesepakatan damai dan dan menginjak-injak harga diri pemerintahan Islam pada saat itu.
misalnya pada zaman Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam masih hidup saja.kekhalifahan Islam yang pada saat itu masih berusaha berkembang dan menstabilkan pemerintahannya terpaksa harus melakukan peperangan melawan Byzantium dalam perang Mu'tah,dikarenakan beberapa utusan yang Rencananya akan dikirim pada kekaisaran Bizantium dibunuh di tengah jalan.

lalu di zaman Dinasti Abbasiyah juga,khalifah Harun ar-rasyid Jika beberapa kali memerangi Byzantium karena alasan yang sama yaitu mengkhianati perjanjian damai dan tidak mau membayarkan upeti kepada kekhalifahan.

Nah,dalam perjalanannya pun bagai saran Byzantium beberapa kali memerangi Islam dalam peperangan salib bersama kekuatan kerajaan-kerajaan Eropa lainnya.

contohnya pada tahun 11 November 1444 Kekaisaran Bizantium dan kawan-kawan menyerang Turki Utsmani yang pada saat itu masih dikuasai oleh ayahnya Muhammad Al Fatih yaitu Murad 2.
dan puncaknya pada tahun 1453 ketika Muhammad Al Fatih naik tahta.

pada tanggal 6 April 1453 serangan dimulai.
pasukan Turki Usmani mengerahkan 140 buah kapal perang dan 320 buah perahu dengan tentara berjumlah 150 ribu orang, termasuk 12 ribu pasukan khusus Janissari.serta sebuah teknologi persenjataan revolusioner paling mutakhir di zamannya,yaitu meriam orban.

Seperti yang saya katakan di atas,semua persiapan,dan penyerangan menggunakan senjata dan pasukan pasukan tersebut pun gagal total.
setelah dua Minggu serangan dilancarkan, kota itu masih mampu bertahan.

Oleh karena itu, pada 21 April hingga 22 April, Muhammad al-fatih pun memerintahkan para pasukannya untuk menangkap kapal perangnya dan diseret melalui Bukit Galata menuju wilayah Tanduk Emas. Dengan menggunakan bantuan kayu bulat yang dihaluskan menggunakan lemak sapi, sebagai landasan untuk memudahkan kapal diseret menaiki bukit.


Oke mungkin sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul anime promised vinland Saga dan sejarah Islam di dalamnya. semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para wibu-wibu Barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam hangat egagology


Anime Vinland Saga dan Sejarah Islam menaklukkan Konstantinopel

Tidak ada komentar

Translate