Hot Article

Doraemon Stand By Me sesuai dengan ajaran Islam?


 

Doraemon Stand By Me sesuai dengan ajaran Islam

Doraemon Stand By Me sesuai dengan ajaran Islam? - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang video yang berjudul anime Vinland Saga dan satu lagi video yang berjudul anime Hataraku saibou Black,Nah pada kesempatan kali ini saya  akan membahas Serial Doraemon Stand by me.karena itu judul video kali ini adalah Doraemon Stand By Me sesuai dengan ajaran Islam?.Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology.Dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para wibu wibu Barokah Di Seluruh Dunia.

Doraemon adalah

Doraemon adalah salah satu serial franchise anime paling populer di dunia.siapapun pasti mengetahui judul serial satu ini,karena serial yang diciptakan oleh salah satu dari duet mangaka paling populer di dunia yaitu Fujiko F fujio ini telah terbit sebagai manga sejak tahun 1969 .sedangkan animenya  sendiri pertama kali mengudara pada Tahun 1979 dan diproduksi oleh perusahaan bernama Shin Ei animation yang ditayangkan di TV asahi Jepang.

Walaupun serial manga Doraemon ini bergenre Kodomo atau ditujukan untuk pembaca  dari kalangan anak-anak. Namun sejatinya serial ini banyak mengambil rumus alias pola yang sama dengan serial serial bergenre shonen sebagai inti dari ceritanya.Itulah salah satu rahasia mengapa serial ini begitu populer di dunia

Doraemon stand by me review

Ya kalau kita amati baik-baik serial-serial bergenre shonen biasanya selalu memiliki tiga komponen yaitu protagonis yang lemah,namun memiliki kemampuan atau skill yang spesial dan memiliki tujuan jelas.
Dan pada film The Movie Doraemon yang berjudul Stand By Me yang sebenarnya merupakan ringkasan premis dari alur cerita serial Doraemon. Kita bisa melihat dengan jelas semua pola itu. Secara ringkas Doraemon diceritakan sebagai robot dengan kemampuan spesial dan memiliki alat-alat ajaib di dengan kantongnya demi membantu si anak yang tidak bisa apa-apa bernama Nobita untuk mendapatkan tujuannya yaitu menikah dengan Shizuka.

Jik kita amati baik-baik dalam serial Doraemon,baik di dalam anime manga maupun di dalam the movie-nya.mana sekali mengandung pesan-pesan tersembunyi yang dapat kita ambil sebagai pesan moral untuk menjalani kehidupan.
dan banyak sekali pesan-pesan tersebut sebenarnya sesuai dengan apa yang disampaikan dalam ajaran Islam.
setidaknya dari the movie Doraemon Stand By Me ini saja saya telah mendapatkan 3 pesan tersembunyi yang bener saya sesuai dengan apa yang diajarkan dalam agama Islam.

Beberapa pesan ini mungkin sangat sulit untuk kita sadari karena pesan-pesan tersebut tidak tersampaikan secara frontal dan justru disampaikan dengan cara yang sedikit soft dan tidak terlalu nampak di permukaan.
Kelebihan dan kekurangan film Doraemon Stand By Me

 

Kelebihan dan kekurangan film Doraemon Stand By Me

Yang pertama kita ambil dari kehidupan keluarga yang ditampilkan dalam serial ini.
Diceritakan bahwa seorang ayah bekerja lalu anak-anaknya bersekolah di sekolah ya mungkin satu-satunya sekolah di serial tersebut.lalu sang istri bertugas sebagai pengurus rumah tangga yang baik,tanpa mengeluh dan berusaha menjadi seorang istri yang bisa melayani suaminya dengan baik.dan ketika suaminya pulang dari kerja maka ia pun menyambut sang suaminya dengan senyuman,lalu menyiapkan makan malam dan begitulah seterusnya.
ya di sini kita diperlihatkan bahwa tugas seorang istri sangatlah ditampakkan sebagaimana kodratnya sebagai istri yang baik.Jika, keluarga tersebut memiliki anak perempuan remaja, seperti layaknya keluarga Shizuka.Maka sang anak akan dididik agar bisa mengurusi rumah tangga dan membantu sang ibu mengurusi rumah.

lalu di serial ini juga tidak ditampakkan adanya pembantu rumah tangga ataupun asisten rumah tangga yang membantu sang istri untuk mengurusi rumah tangga,Padahal kalau kita lihat tugas seorang istri di serial ini sangatlah berat dan super sibuk.
Ya seperti yang pernah saya bahas di video sebelumnya yang berjudul Ternyata wanita Jepang lebih sholehah dari yang kita kira.di sana saya telah membahas bahwa apa yang ditampilkan dalam anime Doraemon ini ternyata benar-benar fakta yang ditampilkan dalam kehidupan nyata.
Iya seorang istri di negara Jepang Selalu identik sebagai seorang yang mengurusi rumah tangga mengurusi anak dan sebagainya.sedangkan tugas seorang suami hanyalah mencari nafkah membanting tulang hanya untuk mendapatkan sedikit uang yang dapat menutupi biaya hidup yang mahal di sana. sehingga tak mengherankan bila di sana sangat jarang ada sebuah keluarga yang memiliki pembantu rumah tangga atau asisten rumah tangga di dalamnya.

Saya jadi teringat dengan kisah salah satu anak kesayangan dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yaitu Fatimah.
Kisah tersebut tercantum dalam Hadits Shahih, Dari Ali r.a., ia berkata, Fathimah telah mengadu kepadaku tentang kedua tangannya yang capek membuat adonan dari tepung gandum. Lalu aku berkata, “Jika kamu datang ke bapakmu, maka mintalah pembantu kepadanya.” Lalu Rasulullah SAW bersabda, “Maukah kalian berdua aku tunjukkan sesuatu yang lebih baik untuk kalian dari pada seorang pembantu?, jika kalian hendak mendatangi kasur kalian, maka ucapkanlah 33 kali tahmid, 33 kali tasbih, dan 33 kali takbir.” (HR. At-Tirmidzi).

Kesimpulannya apa?Rasulullah Shalallahu Was salam dalam kisah tersebut berusaha untuk tidak memanjakan anaknya sendiri dengan cara memberinya seorang pembantu yang membantunya mengurusi rumah tangga.sehingga ia melupakan tugasnya sebagai seorang istri yang mengurusi rumah tangga dan anak-anaknya.seperti yang terjadi pada zaman sekarang di mana Banyak sekali Para ibu-ibu muda yang tidak bisa mengurusi anaknya bahkan tidak bisa melayani suaminya sendiri dengan baik.

Ok selanjutnya, di dalam serial Doraemon kita seringkali melihat bahwa Nobita selalu diganggu oleh Giant dan Suneo.
Dan seringkali juga kita melihat bahwa Nobita selalu ingin membalas dendam kepada mereka dengan menggunakan alat-alat ajaib Doraemon.
Namun diceritakan pula di setiap akhir dari cerita tersebut selalu ditampilkan bahwa Nobita selalu mendapatkan batunya sendiri karena ingin balas dendam kepada mereka.
Namun anehnya di beberapa serial serial Doraemon baik yang serial filler maupun serial petualangannya,selalu di perlihatkan bahwa akhirnya Nobita selalu berteman dengan kedua musuh ber buyutan nya tersebut.Bahkan mereka berdua selalu diajak oleh Nobita untuk berpetualang di dalam serial Doraemon Petualangan.

Ini membuktikan bahwa walaupun Nobita selalu sakit hati dengan perbuatan mereka berdua dan selalu ingin membalas dendam kepada mereka berdua.namun sejatinya Nobita selalu menganggap mereka berdua sebagai teman-temannya.

Ini sedikit sesuai dengan apa yang dikatakan dalam hadis rasulullah yang berbunyi.

Seorang mukmin yang bergaul di tengah masyarakat dan bersabar terhadap gangguan mereka, itu lebih baik dari pada seorang mukmin yang tidak bergaul di tengah masyarakat dan tidak bersabar terhadap gangguan mereka” (HR. At Tirmidzi 2507, Al Bukhari dalam Adabul Mufrad 388, Ahmad 5/365, syaikh Musthafa Al ‘Adawi mengatakan hadits ini shahih dalam Mafatihul Fiqh 44).


Oke kita masuk ke poin terakhir dari pesan pesan tersembunyi di dalam serial Doraemon yang sesuai dengan ajaran Islam.
point kali ini kita ambil darijudul cerita yang berjudul Stand By Me namun yang kita ambil adalah pada bagian adegan yang berjudul Romansa di Gunung bersalju.

Namun poin ini saya ambil dari versi komiknya karena menurut saya versi dari layar lebarnya terlalu dibuat-buat dan terlalu memaksakan diri di mana disitu Diceritakan bahwa Nobita menyelamatkan Shizuka dari gunung bersalju dan akhirnya dia Diceritakan bahwa Shizuka diantar ke rumah sakit karena penyakit yang dideritanya.dan yang membuat saya heran banyak orang yang mengatakan bahwa adegan inilah adegan romantis,bikin Meleleh air mata dan sebagainya

Sedangkan  dalam versi komik,menurut saya adegan tersebut justru lebih romantis dan lebih lucu dibandingkan dengan versi the movie-nya.
di mana diperlihatkan Nobita malah menjadi beban bagi Shizuka,karena Iya Malah terpeleset di gunung salju kacamatanya hilang, kakinya terkilir dan beberapa kesialan-kesialan lain yang menimpa Nobita.
sehingga didalam adegan ini justru Nobita lah yang diselamatkan oleh Shizuka.
karena alasan itulah akhirnya Shizuka ingin menikahi Nobita,karena ia merasa khawatir dengan masa depan Nobita yang menyedihkan tersebut.sehingga Ia memutuskan untuk mendampingi Nobita menghadapi masa depan dengan berstatuskan sebagai istri sah-nya.


Dan juga di adegan lain diperlihatkan bahwa  ayahnya Shizuka memberikan wejangan dan mengatakan bahwa Shizuka memilih Nobita sebagai suaminya adalah sebuah pilihan yang tepat karena Nobita memiliki hati yang baik dan selalu mengharapkan kasih sayang dari orang lain.

Dan jika kita lihat dari adegan tersebut,sepertinya Nobita dan Shizuka juga tidak pernah berpacaran.melihat penampilan Nobita yang tidak memiliki daya tarik sama sekali.

Iya dalam Islam pun terdapat sebuah pesan tentang kriteria apa yang paling penting ketika kita memilih jodoh yang terbaik. Hal itu terdapat dalam sebuah hadis Rasulullah Shallallahu Wa Sallam yang berbunyi

Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridhai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah dan kerusakan di muka bumi” (HR. Tirmidzi no.1085. Al Albani berkata dalam Shahih At Tirmidzi bahwa hadits ini hasan lighairihi).

Fujiko F fujio

Memang bisa dikatakan Fujiko F fujio adalah salah satu legenda seorang creator jenius. karena setiap cerita-cerita yang dibuatnya dalam serial Doraemon banyak sekali mengandung pesan moral dan pesan pesan tersembunyi yang menggugah rasa emosi.selain itu juga banyak sekali ilmu ilmu pengetahuan yang kita dapat dari serial tersebut.
Karena itulah mengapa ketika saya film the movie Doraemon yang rilis dalam perilisan rilisan terbaru saat ini terlihat sedikit hambar bandingkan dengan cerita original dari Fujiko F fujio dalam serial the movie Doraemon terdahulu.tidak ada emosi ataupun pesan yang nampak di dalamnya.

oke,Sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul Doraemon Stand By Me sesuai dengan ajaran Islam? Semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah
berkumpulnya bagi para wibu-wibu Barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam hangat egagology

 

Doraemon Stand By Me sesuai dengan ajaran Islam?

Tidak ada komentar

Translate