Hot Article

Anime Attack On Titan Dan Sejarah Kekhalifahan Turki Utsmani Ottoman Islam - egagology


Anime Attack On Titan shingeki no kyojin season 4 final season Dan Sejarah Kekhalifahan Turki Utsmani Ottoman Islam

Anime Attack On Titan shingeki no kyojin season 4 final season Dan Sejarah Kekhalifahan Turki Utsmani Ottoman Islam - Hari ini kita akan membahas tentang video yang berjudul "anime Attack on Titan dan sejarah kekhalifahan Islam". Namun sebelum kita melanjutkan lebih jauh pembahasan kita  pada video kali ini. Alangkah lebih baiknya jika kalian bisa  menyempatkan diri lebih dahulu untuk menonton video kami sebelumnya yang berjudul "anime steins gate membuktikan mukjizat secara ilmiah" dan satu lagi video yang berjudul  "Naruto dan pesan Islam yang terkandung di dalamnya".
 jika kalian telah menonton kedua video tersebut,  maka tanpa berlama-lama lagi Mari kita langsung saja  ke pembahasan kita kali ini. yaitu "anime Attack on Titan dan sejarah kekhalifahan Islam".


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Bagaimana kabar kalian? Semoga masih diberi kesehata, kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology. Dan jangan juga lupa untuk selalu support channel ini dengan cara like,subscribe dan share video video kami ke grup chatting komunitas kalian.  supaya channel ini bisa menjadi wadah bagi para wibu wibu Barokah Di Seluruh Dunia.


Baca Juga : 

Ajaran Islam yang tersembunyi dalam anime Attack On Titan | egagology


 anime Attack on Titan season 4 baru saja di rilis pada tanggal 7 Desember kemarin.  dan   hanya dengan satu episode saja, telah membuat anime Attack on Titan season keempat  alias final season ini langsung  melejit ratingnya  hingga mencapai rating 9, 6, di situs MyAnimeList  
.Menyaingi beberapa anime-anime yang telah mapan dan telah lama dirilis sebelumnya.

 episode anime attack on titan

Episode ke-1 ini kita langsung disuguhi dengan adegan Peperangan antara negara Marley dengan aliansi Timur Tengah.  hal yang menarik perhatian saya justru adalah tentang aliansi Timur Tengah ini. So, itu sudah pasti,.karena saya adalah pengamat pesan-pesan Barokah dari setiap anime yang saya tonton.
 Yang menarik dari aliansi Timur Tengah ini adalah merekamenggunakan seragam  tentara yang digunakan selayaknya orang Turki pada zaman perang dunia ke-1. Lengkap pula  dengan peci yang digunakan oleh mereka.

aliansi timur tengah attack on titan

 setelah saya membaca di Fandom Attack on Titan, ternyata tebakan  saya benar. Disana dituliskan bahwa negara aliansi Timur Tengah ini adalah terinspirasi dari kekhalifahan Turki Utsmani. dan sepertinya sang kreator dari anime Attack on Titan ini alias Hajime isayama, sepertinya memiliki referensi sejarah yang cukup dalam. karena ia bisa mengetahui bahwa negara khalifah itu adalah seperti layaknya sebuah aliansi  semua negara di dunia yang dipimpin oleh satu pemimpin tunggal yaitu seorang Khalifah.Mengenai, Dan  fakta bahwa Hajime Ishayama adalah seseorang yang sangat mengagumi Negara Turki, sudah pernah saya bahas pada Video yang berjudul Anime Attack aon Titan dan pesan Islam di dalamnya.

peperangan Marley vs Aliansi Timur tengah di Anime Attack On Titan

Sejarah Anime Attack On Titan

Hal ini membuat saya menjadi penasaran dan ingin mengulik sekali lagi   sejarah tentang peperangan yang diikuti oleh Turki Usmani pada perang dunia ke-1 melawan aliansi  sekutu tersebut. Karena peperangan Marley vs Aliansi Timur tengah bisa jadi terinspirasi dari sejarah dari peperangan  ini,,karena  ditampilkan dalam adegan peperangan di dalam anime Attack on Titan season 4 episode ini, kekhalifahan Turki Utsmani atau dalam anime ini juga disebut aliansi Timur  tengah, mengalami kekalahan total di Perang tersebut.  sehingga mereka terpaksa menandatangani perjanjian yang  sama sekali tidak menguntungkan aliansi Timur tengah.

 tetapi berbicara tentang terlibatnya Turki Usmani ke dalam perang dunia ke-1.   membuat saya sedikit tergelitik   untuk  mengulik dan membaca ulang serta menggali lebih dalam referensi tentang  Apa  yang  menyebabkan kekhalifahan Turki Utsmani,  mau untuk terlibat pada perang dunia ke-1 yang secara matematis dan secara teologis serta secara logika tidak memiliki keuntungan apa-apa dalam bidang keagamaan ataupun pemerintahan mereka. karena pada saat itu khalifah dengan tegas menginstruksikan tentang perintah jihad pada perang dunia ke-1.  hal ini sedikit bertentangan dengan konsep jihad yang diajarkan dalam agama Islam. karena agama Islam memperbolehkan jihad jika,  negara lain menyerang Negara Islam terlebih dahulu atau tidak adanya kesepakatan damai bagi kedua belah  pihak yang   berseteru.Dan pada saat itu,Turki Usmani masih berdamai dengan musuh-musuh mereka di masa lalu yaitu Rusia Inggris dan Perancis.

Anime Attack On Titan shingeki no kyojin season 4 final season Dan Sejarah Kekhalifahan Turki Utsmani Ottoman Islam - Semua Berawal dari 2 buah kapal perang

fakta tentang anime attack on titan

 ya, fakta masuknya Turki Usmani ke dalam perang dunia ke-1  ke dalam pihak Sentral.  dan  runtuhnya kekuasaan dan dihapuskannya sistem pemerintahan kekhalifahan Turki Utsmani,  secara tidak langsung disebabkan oleh Satu alasan yang cukup sepele dan konyol.
 Karena semua itu disebabkan hanya karena persengketaan dua kapal perang  antara Turki Usmani dan Inggris.
Menurut laman zenius.net, Jadi kisahnya dimulai pada tahun 1912  dimana situasi politik kekhalifahan Turki Utsmani sedang carut-marut alias telah berada di ambang batas. pada saat itu satu persatu daerah kekuasaan dari kekhalifahan Turki Utsmani menyatakan kemerdekaannya dari kekhalifahan, diantaranya seperti    hijaz, Bulgaria, Yunani, dan Serbia. selebihnya kekuasaan Mereka banyak dicaplok oleh negara-negara Eropa seperti Rusia, Inggris, Prancis, Italia, dan austria-hongaria.  bahkan negara-negara tersebut mengeroyok Turki Usmani di perang Balkan ke-1 yang berakhir juga dengan kekalahan Turki Usmani. hal ini membuat  rakyat Turki Usmani merasa geram dan  menuntut adanya reformasi  di berbagai bidang termasuk bidang militer dan Angkatan Bersenjata termasuk angkatan laut yang dimiliki oleh kekhalifahan Turki Utsmani .maka dari itu untuk menjawab kritik dan kekecewaan rakyat Turki Usmani pada saat itu, pemerintah Turki memesan 2 buah kapal  tempur pada pabrik pembuat kapal yang dimiliki oleh negara Inggris.
Bahkan, kapal itu pun  langsung dibayar lunas oleh pemerintah kekhalifahan Turki Utsmani kepada perusahaan asal Inggris tersebut. karena kapal itu diharapkan menjadi tulang punggung bagi Armada kemaritiman dari kekhalifahan Turki Utsmani.

 Namun sial bagi mereka, karena pada tanggal 28 Juli 1914 meletuslah perang dunia ke-1 yang melibatkan antara Inggris, Perancis, dan Rusia melawan aliansi Sentral yaitu yang berpusat pada negara Jerman, austria-hongaria, dan Italia. Sehingga dua kapal yang dipesan oleh  kekhalifahan Turki Utsmani  itu pun  disita oleh pemerintah Inggris.
karena  mereka menganggap bahwa kapal tersebut terlalu dibutuhkan oleh pasukan kemaritiman dari negara Inggris pada  saat itu.

 Sontak saja hal ini membuat  Turki Usmani berang dan murka dengan sikap pemerintahan Inggris tersebut. sehingga membuat hubungan kedua negara tersebut menjadi panas, terlebih  lagi karena biaya pemesanan dari kapal tersebut telah dibayar lunas oleh  pemerintah Turki.

 Tentu saja kasus ini menjadi lumbung berita bagi media media Turki, walaupun akhirnya biaya pemesanan itu pun dikembalikan sepenuhnya nya pada pemerintahan Turki Usmani.  Namun pemerintahan Turki Terlanjur kecewa dengan sikap dari Pemerintahan Inggris tersebut, terlebih lagi karena kekhalifahan Turki Usmani pada saat itu sangat membutuhkan dua kapal perang tersebut.
 hal ini membuat  situasi diplomasi politik di dalam kekhalifahan Turki menjadi   panas.

tak disangka tak diduga pada tanggal 20 Agustus 1914, tiba-tiba Pelabuhan kekhalifahan tepatnya di kota   dardanelles  kedatangan 2 buah kapal paling canggih pada zamannya yang diproduksi oleh negara Jerman. Kedua kapal itu  bernama SMS goeben dan breslau.

Jerman  sangat cerdik memanfaatkan situasi politik yang terjadi di negara kekhalifahan Turki Utsmani. Mereka memanfaatkan panasnya hubungan diplomatik antara Inggris dan Turki.  Karena tujuan kedua kapal tersebut datang ke pelabuhan Turki adalah untuk dijual  dengan diskon besar-besaran kepada pemerintahan Turki. d
Dengan syarat,   Turki bersedia untuk membantu Jerman  dan aliansi sentralnya memerangi aliansi sekutu yang  melibatkan Inggris, Rusia dan Perancis. Tentu saya permintaan itu sangat sulit untuk ditolak begitu saja. Namun tetap saja mereka harus mempertimbangkan baik   dan buruknya keputusan mereka membantu Jerman dalam Perang Dunia yang tidak memiliki keuntungan sama sekali bagi pemerintahan Turki pada saat itu.

Sehingga, akhirnya terkirim bermain cantik dengan cara menyetujui persyaratan itu kepada Jerman.  Tetapi pada tanggal 14 Agustus 1914 mereka mengumumkan sikap mereka pada dunia internasional,yaitu
tetap menyatakan netral  dan tidak ingin ikut campur  dalam perang dunia ke-1.

Namun pada datang 15 Agustus  1914,  pemerintahan Turki mengusir semua instruktur angkatan laut dari Inggris di wilayah kekhalifahan. Di  hari yang sama, bendera Kekhalifahan Turki Ustmani dikibarkan di 2 kapal tempur Jerman  tersebut menggantikan  bendera Jerman.  Dua minggu kemudian para instruktur instruktur dari Jerman tiba di Turki Usmani menggantikan para instruktur dari Inggris.

Walaupun sikap kekhalifahan telah lebih condong ke arah Jerman, Tapi sebenarnya publik dari Turki Usmani  masih terpecah menjadi dua golongan.  ada yang pro dengan Jerman dan ada juga, menginginkan Turki tetap netral dan tidak terlibat dengan perang dunia ke-1. Melihat sikap publik yang masih apatis dan ragu-ragu dengan Jerman,   Souhon yang merupakan Admiral komandan dari dua kapal Jerman tersebut, dengan cerdik meminta banyak uang kepada pemerintah Jerman. Guna untuk menyogok para media-media koran , radio dan majalah, serta para pejabat yang pro Netral dan Inggris di Turki Usmani.  agar bersedia untuk membuatkan headline tentang kesalahan-kesalahan Inggris terhadap Turki Usmani dan menunjukkan kebaikan-kebaikan dari Jerman.

Setelah Berapa lama opini dari publik dan pejabat akhirnya menjadi kompak dan bersatu  untuk ikut dalam perang dunia ke-1 serta berusaha menunjukkan keperkasaan kekhalifahan Turki pada dunia yang telah lama  hilang.
Pada tanggal 27 dan 28 Oktober, Pemerintah Jerman memerintahkan Turki untuk  menyerang pelabuhan-pelabuhan Rusia  tanpa peringatan sedikitpun. serangan itu membuat Rusia menderita kerugian yang sangat besar, sekaligus terkejut dan tidak menyangka karena di beberapa waktu sebelumnya mereka menyatakan netral dan tidak ingin terlibat dalam perang dunia ke-1.

kekhalifahan Turki Usmani akhirnya secara resmi masuk ke dalam  perang dunia ke-1 pada tanggal 5 November 1914. keputusan ini akhirnya menjadi penyebab dari kematian ribuan prajurit khalifah Turki Utsmani, terjadinya  genosida terhadap rakyat Armenia, pencaplokan hampir 80% dari wilayah kekuasaan Turki Usmani, dan akhir dari semua itu adalah penghapusan kekhalifahan di muka bumi.

Menurut laman republika.co.id dan sebagian dari laman tirto.id,  dikatakan bahwa tulisan penyebab kekalahan Turki Usmani adalah disebabkan karena keengganan para tentara tentara untuk melawan para saudara-saudara muslim mereka sendiri di hijaz alias arab saudi yang membela sekutu dan mereka  juga enggan menanggapi perintah jihad  khalifah karena perintah jihad itu berasal dari propaganda yang dilakukan oleh negara-negara Eropa.  Selain itu ketidak siapan pasukan Turki menghadapi serangan udara  juga menjadi faktor yang sangat mempengaruhi dan menjadi penentu kekalahan dari kekhalifahan Turki Utsmani, serta faktor cuaca di Rusia yang pada saat itu masuk pada musim dingin menjadi faktor lainnya.

attack on titan season 4

 Ya seperti yang di ditampilkan dalam anime Attack on Titan final season episode 1, akhirnya Turki  kalah dalam peperangan itu dan menyerah kepada aliansi sekutu. pada tanggal 10 Agustus 1920 ditandatangani lah perjanjian sevres oleh pihak pemenang perang yaitu sekutu dan pihak yang kalah dalam  perang dunia ke-1 yaitu aliansi sentral di ,Paris Prancis.

  Da berakhir lah   perang  dunia 1 Dan Berakhir Pula lah  kekhalifahan Turki Utsmani.

Ya mungkin Sekian dulu video kita tentang anime Attack on Titan dan sejarah kekhalifahan Turki Utsmani Islam Semoga bisa bermanfaat untuk kalian dan mencerahkan serta menambah wawasan tentang sejarah Islam dari sudut pandang wibu Barokah. Dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video ini ke grup chatting komunitas kalian. semoga channel ini bisa menjadi wadah bagi para wibu-wibu  Barokah di seluruh dunia. Akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam hangat



Anime Attack On Titan shingeki no kyojin season 4 final season Dan Sejarah Kekhalifahan Turki Utsmani Ottoman Islam

1 komentar:

  1. wah,banyak juga ya sejarah dari anime Attack on Titan ini

    BalasHapus

Translate