Hot Article

Anime Hellsing Dan Sejarah Janissary Sang Pasukan Islam Terbaik

 


Anime Hellsing Dan Sejarah Janissary Sang Pasukan Islam Terbaik

Anime Hellsing Dan Sejarah Janissary Sang Pasukan Islam Terbaik - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang video yang berjudul Apakah Anime hellsing menghina agama Kristen ? Seperti yang telah saya janjikan di video tersebut bahwa saya akan membuatkan pembahasan tentang anime ini dalam bentuk 3 part video. Dengan kata lain video kali ini adalah kelanjutan dari video sebelumnya tersebut.  Namun kali Ini,  yang akan kita bahas bukanlah tentang  hiina penghinaan terhadap agama tertentu.  yang akan kita bahas kali ini adalah tentang  sejarah. lebih tepatnya adalah tentang sejarah Islam. Maka dari itu judul video yang akan kita bahas kali ini adalah anime hellsing dan sejarah Islam yang terkandung di dalamnya.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa menikmati suguhan artikel-artikel berkualitas dari channel egagology.  Saya kembali mengingatkan agar selalu support channel ini dengan cara like subscribe dan share video video kami ke grup chatting komunitas kalian. dan kita berharap channel ini bisa menjadi wadah bagi para wibu-wibu Barokah Di Seluruh Dunia.

Anime Hellsing

Seperti yang telah saya Sebutkan pembukaan diatas,kita akan membahas tentang sejarah Islam yang terkandung dalam anime hellsing. Mungkin kalian akan bertanya-tanya,apakah benar anime Ini mengandung  sejarah Islam?karena seperti yang telah kita ketahui bahwa anime ini sangat kental sekali dengan elemen-elemen agama Kristen di dalamnya. Baik itu dari Kristen Protestan maupun Katolik. Namun dibalik identitas yang sangat kental dengan nuansa agama Kristen di dalamnya,. 

Anime Hellsing Alexander Anderson

Ternyata ada juga elemen-elemen sejarah Islam yang sedikit dimuat dalam beberapa dialog-dialog dalam anime ini. Salah satunya adalah di episode ke   delapan, dimana Anderson baru menyadari kenapa alucard bisa sangat abadi dan tidak bisa dibunuh oleh siapapun,bahkan jika kepalanya dipenggal sekalipun.
 dalam dialog yang sederhana itu, Dia mengatakan bahwa "Anggota Cauldron !!!!pasukan  Janissary!!!! kau telah  menyantap mereka? tidak heran jika kau tidak bisa mati”.

Seperti itulah ungkapan kekaguman sekaligus rasa terkejutnya anderson  yang baru mengetahui bahwa Alucard  ternyata  telah membunuh banyak sekali pasukan pasukan berbahaya termasuk pasukan  Janissary milik Turki  Utsmani.

 Pasukan janissary

Namun siapa sebenarnya pasukan Janissary ini sehingga benar-benar dikagumi oleh seorang Anderson yang  kita ketahui sangat menentang yang namanya para orang-orang kafir dan para penentang Tuhan dalam agama mereka?termasuk   pasukan Turki diantaranya.Dan bagaimana  bisa dia menyimpulkan bahwa penyebab alucard tidak bisa mati dan menjadi abadi karena menyantap pasukan   pasukan  Janissary tersebut?

Pasukan jenissari diciptakan oleh

 seperti biasanya Mari kita buka laman Wikipedia sebagai ensiklopedia terlengkap di dunia Internet. menurut laman Wikipedia Janissary dalam bahasa Turki berarti pasukan baru. karena pasukan ini baru dibentuk di masa pemerintahan khalifah kedua dari kekhalifahan Turki Utsmani,  atau  bisa kita sampai juga sebagai Kesultanan Turki Utsmani, Karena pada saat itu Turki Utsmani belum menjadi kekhalifahan.  

pasukan ini dibentuk oleh   orkhan bin Usman pada abad ke-14.
Namanya sendiri berikan oleh seorang ulama dari Turki Utsmani yaitu haji backstasi.Pasukan ini dibentuk khusus  berisikan para Mujahid Mujahid terpelajar  dan terlatih.   fungsinya sendiri sebagai pasukan multifungsi dari Kesultanan Turki Utsmani,  bahkan ada bagian-bagian divisi khusus yang  berfungsi sebagai pengawal Sultan, dan ada juga yang berfungsi sebagai pasukan Reguler dari tentara Militer Turki Utsmani.

pengganti jizyah

Awalnya  anggota dari pasukan Janissary ini adalah para remaja-remaja dari kaum Kristen yang  direkrut menjadi pasukan pelindung Kesultanan Utsmani. Hal ini dimaksudkan sebagai pengganti jizyah atau pajak bagi para kaum non-muslim di wilayah Kesultanan Turki Utsmani.

Dan kebanyakan dari mereka akhirnya memeluk agama Islam serta menjadi pelindung setia dari Kesultanan Turki Utsmani, Contohnya seperti Zaganos Pasha yang terlahir sebagai orang Kristen dan  akhirnya menjadi mualaf serta menjadi orang yang paling  terkenal sangat membenci agama Kristen,Dan orang-orang Kristen pun sangat membenci tokoh satu ini.


Janissaries adalah pasukan terbaik muhammad al fatih

Hal ini tercatat dalam sejarah
Ketika Turki Utsmani melakukan pembebasan terhadap Konstantinopel, orang nomor satu yang sangat mendukung dan   menjadi suporter garis keras dari keputusan  Sultan Muhammad Al Fatih,tak lain dan tak bukan adalah Zaganos pasha.

Alasan tentara janissary dibubarkan

Sistem perekrutan ini sendiri tetap dilakukan hingga masa kekhalifahan Mahmud 2 pada tahun 1826 karena akhirnya Pasukan ini  dibubarkan oleh Khalifah. disebabkan karena adanya pemberontakan yang dilakukan oleh beberapa pasukan  Janissary tersebut.

Kehebatan pasukan janissary

Janissary sangat ditakuti di daratan Eropa karena banyak sekali penaklukan-penaklukan yang dilakukan oleh pasukan ini. di zamannya pasukan ini sangat ditakuti dan  menjadi momok bagi para pasukan salib yang pada saat itu masih  mencoba merongrong kekhalifahan dan merebut Palestina dari genggaman kekhalifahan Islam.Lalu ada juga peperangan terhadap Vlad tepes alias drakula yang pada saat itu merupakan satu-satunya  tokoh pahlawan yang yang berani menantang pasukan Janissary tersebut. Namun Akhirnya pasukan Janissary yang dipimpin oleh adiknya drakula sendiri yaitu  Radu cel frumos akhirnya berhasil menaklukkan sang drakula yang menjadi legenda bagi cerita rakyat  di daratan Eropa ini..

Masa kejayaan turki usmani

 karena kegemilangan dan kesuksesan di berbagai peperangan tersebut,  menjadikan Turki Utsmani alias kekhalifahan Turki Utsmani berhasil menaklukkan 3 benua sekaligus yaitu benua Afrika benua Asia dan Benua Eropa dan semua itu  terhubung oleh 1 negara besar bernama Turki Utsmani.

 Penaklukan konstantinopel pada tahun 1453 menjadi bukti sahih kehebatan dari pasukan ini, karena dalam catatan sejarah, pasukan ini diketahui  mengangkat kapal-kapal mereka sendiri dari lautan lepas ke sebuah sungai kecil melewati sebuah daratan pulau kecil hanya untuk menerjang titik kelemahan terbesar pertahanan Konstantinopel.

Penaklukan konstantinopel oleh turki usmani

menurut  laman turkinesia.net
 penaklukan Konstantinopel menjadi  berita yang menggemparkan bagi seluruh Eropa pada saat itu.  karena penaklukan itu, menjadi akhir dari   kekaisaran Romawi suci yang telah berdiri mulai dari Tahun 330 hingga kejatuhannya pada tahun 1453 Masehi.

selain   Janissary, Turki Utsmani juga mempunyai kesatuan pasukan elit lainnya seperti tentara Ghulam pasukan unta dan Kavaleri  Sipahi.Namun tetap saja pasukan  yang paling terkenal dan paling populer di kalangan sejarawan dan para pengamat  adalah Janissary.,

Menariknya lagi adalah para pasukan-pasukan dari Janissary ini biasanya berisikan dari beragam etnis di seluruh Eropa dan dunia. Misalnya etnis Yunani,Serbia,Albania,Bulgaria dan masih banyak yang lainnya.Bahkan hingga etnis orang-orang Afrika dan orang-orang latin pun  banyak yang  ikut  dalam kesatuan pasukan Janissary ini. Hal ini pulalah yang menjadi  salah satu faktor kenapa para orang-orang Eropa terkagum-kagum dengan pasukan ini,karena para pemimpin-pemimpin dari Janissary ini berhasil menyatukan berbagai etnis dan suku menjadi satu kesatuan pasukan elit yang sangat setia kepada perintah Sultan. Berbeda dengan kebiasaan pasukan Khusus Eropa pada zaman itu.

 Senjata yang dipakai oleh pasukan Janissary ini biasanya memakai  rantai besi dan baju zirah bersenjatakan tombak panjang dan kapak bermata satu yang disebut halbert. Mereka tidak membawa tameng serta pelindung apapun.

Namun di masa  yang sedikit modern. Mereka sedikit memperbarui senjata mereka dengan dengan senjata api   berbahan mesiu.
Hal inilah  yang menjadi kunci  kemenangan mereka di beberapa penaklukan  dan peperangan peperangan besar, karena musuh-musuh mereka pada saat itu masih menggunakan senjata tradisional seperti panah dan pedang..

 Janissary games

 Tidak mengherankan bila banyak sekali franchise  dan waralaba waralaba  hiburan modern seperti novel,film,komik dan  game  virtual,yang banyak memasukkan elemen-elemen pasukan Janissary ini  di dalamnya. misalnya seperti pada  game Age of Empire yang memuat pasukan Janissary sebagai pasukan khusus dari Turki Utsmani, dalam mode  permainan  Campaign. film-film Hollywood, komik-komik Jepang seperti halnya Hellsing dan satu lagi adalah komik berjudul shoukoku no altair pun tak ketinggalan memasukkan Janissary dalam kisahnya.

So, itulah alasan Kenapa Anderson sangat terkejut dan sangat paham kenapa alucard bisa menjadi di abadi dan tidak bisa mati, karena dia menghisap atau memakan para pasukan Janissary tersebut  Sehingga ia menjadi kuat dan tidak bisa mati atau dengan kata lain Abadi.

mungkin Sekian dulu pembahasan kita tentang anime hellsing dan sejarah Islam yang terkandung di dalamnya.Semoga pembahasan kali ini bisa mencerahkan serta menambah wawasan kalian tentang sejarah Islam. Tentunya dari sudut pandang wibu Barokah.

 Dan jangan lupa  like subscribe dan share video ini ke grup chatting komunitas kalian. sehingga kami bisa lebih bersemangat untuk membuat video-video terbaru dan update-an terbaru  tentang segala hal yang berbau dunia perwibuan dari sudut pandang wibu Barokah.
Akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam hangat egagology

Anime-Hellsing-Dan-Sejarah-Janissary-Sang-Pasukan-Islam-Terbaik

1 komentar:

  1. Anime Hellsing Dan Sejarah Janissary Sang Pasukan Islam Terbaik....

    boleh juga:V

    BalasHapus

Translate