Hot Article

Anime Hellsing Menghina Agama Kristen


 

Anime Hellsing Menghina Agama Kristen

Anime Hellsing dan sejarah Kristen Katholiik Protestan - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang "anime Steins;Gate yang membuktikan mukjizat secara ilmiah" . Kali ini kita akan membahas tentang anime yang berjudul  hellsing, Pembahasan kali ini akan sedikit spesial karena  judul anime ini sendiri  adalah  merupakan request dari salah seorang komentator yang bernama LG z04.

Dia  berkomentar,tepatnya  pada video yang berjudul  "Menurut Anime Jepang
,agama Kristen adalah agama yang buruk
" , yang isinya adalah tantangan kepada saya agar mau untuk mereview anime berjudul  hellsing ini.
Ya karena ini merupakan permintaan dari penonton setia  channel ini . Dengan segala hormat pastinya  akan saya terima tantangan tersebut.
Maka dari  itu tanpa berlama-lama   lagi, Mari kita kupas "Apakah benar Anime Hellsing ternyata menghina agama Kristen?"

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian semoga masih diberi kesehatan,kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa menikmati suguhan artikel artikel berkualitas dari channel  egagology dan mari kita support channel ini agar bisa berkembang dan  di bisa menjadi wadah   berkumpulnya  bagi para wibu Wibu Barokah Di Seluruh Dunia.

 sebenarnya nya sudah lama saya ingin membuatkan Video review tentang anime hellsing ini.Namun karena keterbatasan waktu dan ditambah lagi saya harus mereview beberapa anime yang juga banyak di request oleh beberapa orang. Maka, saya baru sempat untuk membuat Videonya hari ini.Btw,jika kalian ingin merequest atau merekomendasikan anime mana lagi yang harus saya review untuk episode-episode video selanjutnya, bisa kalian tuliskan saja rekomendasi atau request kalian di kolom komentar video ini.

Anime hellsing ….Anime ini sendiri memiliki jumlah episode sekitar 10 episode. Menariknya, satu episode anime ini  berdurasi  sekitar 1 jam-an. Ya,Hal itu  membuat Saya sedikit lelah menontonnya.
Walaupun begitu Sepertinya saya harus berterima kasih kepada LG z04
 Yang telah memberikan rekomendasi untuk menonton anime ini, karena anime ini benar-benar kaya akan materi-materi tentang Agama Kristen dan Agama Islam. Dan bahkan saya merencanakan akan membuat video ini hingga  3 part. Karena jika hanya dijadikan satu Video saja, durasinya mungkin akan sangatlah panjang.

For your info yang saya tonton adalah anime hellsing versi  Remake Alias Versi Ovanya,yaitu  yang   berjudul,Hellsing Ultimate. Karena saya lumayan kesulitan menemukan anime Hellsing versi aslinya yang sepertinya termasuk anime jadul karena  dirilis  pada tahun 2001. Karena itu, saya memilih menonton Hellsing Ultimate, di samping karena alasan itu,tapi juga  karena ratingnya juga lumayan tinggi  dibandingkan  hellsing yang versi aslinya.

Anime Hellsing

Bagi kalian yang belum tahu cerita dari anime ini. Hellsing Ultimate menceritakan tentang para vampir vampir,  drakula dan  ghoul  yang menyerang Eropa. Dan tidak diketahui dari mana asalnya para vampir, drakula dan sebagainya itu berasal. Akhirnya  organisasi ordo pembasmi vampir bernama Helsing mulai bergerak untuk membasmi mereka semua. Tokoh utama   dari anime ini adalah seorang Drakula pembela kebenaran bernama Alucard. Dia diceritakan sebagai Drakula terkuat di dunia.    Namun ia dikalahkan oleh leluhur dari pimpinan organisasi Hellsing ini dan akhirnya dijadikan senjata  utama dari organisasi tersebut.

Baca juga

Ajaran Islam dalam anime Demon Slayer/kimetsu no yaiba


 Disini diceritakan juga bahwa Hellsing yang merupakan organisasi ordo dari agama Protestan,bersaing ketat dengan organisasi pembasmi vampir dari Vatikan Katolik.
 Tugas utama mereka adalah  membasmi para vampir vampir ini yang ternyata baru diketahui bahwa mereka semua dikirim oleh seorang Veteran Nazi Yang dipanggil  dengan sebutan mayor.
 Jika kalian ingin menonton anime ini, saya sarankan untuk persiapkan mental kalian terlebih dahulu,karena anime ini penuh dengan adegan adegan gore , pemenggalan kepala, mencabik tubuh manusia dan adegan-adegan sadis lainnya.

 Oke langsung saja kita bahas poin-poin yang bisa dianggap sebagai sebuah penghinaan terhadap agama Kristen  yang terkandung dalam anim ini

 Yang pertama adalah pada episode ke-1 dari anime Hellsing ini, yaitu perkataan dari Integra Kepada Seras sebagai seorang Polwan   yang baru saja dibuat menjadi  Drakulina oleh Alucard .Di sini dia mengatakan kepada Seras bahwa ia telah menjadi Drakulina dan diperintahkan untuk membasmi para Drakula Drakula dan Vampir Vampir yang meresahkan kehidupan manusia di luar sana. Namun yang menjadi menarik adalah  dengan sebuah dialog sederhana, dia mengatakan bahwa
"kami mengusir monster,kami sendiri adalah monster".

Mengapa ini  bisa disimpulkan sebagai sebuah pengakuan sekaligus penghinaan, karena  Integra sebagai pimpinan dari ordo Hellsing ini adalah kepanjangan tangan dari agama Protestan, Dan ia juga diketahui selalu memakai kalung salib yang merupakan simbol dari agama Kristen.
menariknya lagi adalah para musuh-musuhnya ini alias para Vampir dan Drakula ini juga sangat jelas sekali menonjolkan bahwa mereka menggunakan kalung salib, sama seperti para anggota anggota dan pimpinan dari pengusir Vampir tersebut.
Dengan kata lain,seolah-olah sang kreator ingin mengatakan bahwa  sang antagonis dan protagonis adalah sama.  Yaitu sama-sama monster dan pembunuh  yang kejam. Yang    membedakan antara keduanya hanyalah, peran antagonis dan protagonis,  Tapi jika kita ingin menilai dan melihat dari sisi baik dan buruk, kita hanya bisa menemukan hal itu dari sisi sudut pandang subjektif belaka.

Anime Hellsing Menghina Agama Kristen Protestan Dan Katholik


Lalu, yang kedua. Di Episode 1 ini pula diperkenalkan  seorang karakter yang merupakan saingan utama dari karakter utama kita yaitu Alucard. Ia bernama Anderson pengikut dari Yudas iskariot.

dan dia menjabat sebagai Pastor dari agama Katolik. Diceritakan bahwa Katolik dan Protestan itu saling membenci satu sama lainnya.

Ya ini memang sesuai dengan fakta yang terjadi di dunia nyata,karena setelah saya berdiskusi dengan beberapa orang Kristen di internet.  Ternyata orang Kristen Katolik dan Protestan itu saling membenci ajaran mereka satu sama lainnya.
Dan yang menarik adalah di beberapa dialog yang dikatakan Henderson di awal awal perkenalan,ketika ia   sedang mengasuh anak-anak Katolik  Dia Mengatakan bahwa " kalian jangan membunuh teman kalian sendiri . Jika kalian melakukan itu kalian tidak akan masuk ke dalam surga, tapi yang boleh dibunuh adalah Vampir dan orang Kafir"

Dalam adegan-adegan berikutnya, bahkan di tunjukkan secara jelas dan akurat bahwa  Pastor Anderson selalu mengucapkan doa-doa terlebih dahulu sebelum membunuh seseorang ataupun membunuh para Vampir dan diakhiri dengan kata-kata amin.
Dengan kata lain Pastor Anderson, adalah seseorang yang sangat fanatik dengan agamanya.

 Dalam beberapa dialog juga,diceritakan bahwa Vatikan mengklaim diri mereka sebagai senjata Tuhan yang mutlak di bumi. Tugas mereka adalah menghukum para kaum  bid'ah, yang dikatakan Bid'ah di sini adalah para pengikut atau penganut dari agama Protestan, menurut mereka.

Baca Juga

Jika kita berbicara tentang permusuhan antara agama Katolik dan Protestan, kita tidak bisa memisahkan hal ini dengan nama seorang profesor yang lahir pada tanggal 10 November 1483 yaitu Martin Luther. Menurut  laman Wikipedia. Martin Luther adalah seorang Profesor, teolog, komponis
,imam dan rahib berkebangsaan Jerman. Orang inilah yang menjadi alasan terbentuknya reformasi Protestan. Dalam sejarah, Ia dikenal sebagai seorang yang sangat menentang pandangan Katolik mengenai  indulgensi. Indulgensi sendiri adalah sebuah ajaran Gereja Katolik  tentang penghapusan hukuman atau siksa dosa yang bersifat sementara.indulgensi berkaitan erat dengan yang namanya   sakramen tobat alias pengakuan dosa kepada para pendeta ataupun rahib dari gereja. Sakramen tobat juga biasanya tidak selalu berbentuk pengakuan dosa,, Namun juga bisa berbentuk sebagai penukaran setara misalnya seperti harta dan  mengikuti peperangan untuk menebus dosa.

 Hal inilah yang dibantah oleh Martin Luther, karena menurutnya  pengampunan dosa dan keselamatan hanya diperoleh karena iman dan diberikan langsung oleh Tuhan, tidak melalui perantara siapapun. Meskipun itu seorang pendeta Suci sekalipun. Karena baginya,  penebusan dosa tidak bisa dibeli dengan uang.

Untuk itulah Ia pada tahun 1517 menerbitkan 95 tesis yang berisi penolakan nya tentang ajaran-ajaran indulgensi tersebut. Hal yang tentu saja menjadi kontroversi di tengah-tengah masyarakat yang pada saat itu mayoritas  menganut agama Katolik.

 Bukan hanya  itu,dalam teologinya dan ajarannya.Ia  mengatakan bahwa keselamatan dan  kehidupan kekal di surga  tidak hanya diperoleh dengan perbuatan-perbuatan baik,namun semua itu bisa didapatkan dengan cara mengimani rahmat Allah dan mempercayai Yesus Kristus. Dan ia juga mengatakan bahwa, ia menolak adanya jabatan dan otoritas dari seorang Paus. Karena dia menganggap bahwa Alkitab hanya satu-satunya sumber pengetahuan yang diberikan oleh Allah.

Ajarannya banyak ditentang dari kalangan Gereja,namun dalam waktu singkat ia berhasil mendapatkan para pendukung pendukung pemikirannya dari kalangan terpelajar,dan  menyebarkan ajaran ini dari hanya sebatas wilayah Jerman menyebar hingga ke seluruh Eropa.  Hal ini tak terlepas dari  gencarnya gerakan penerjemahan dan distribusi  95 tesis.

Awal dari perpecahan antara Katolik dan Protestan justru terjadi di Paris setelah seorang pengikut Protestan bernama Yohanes Calvin menerbitkan buku berjudul agama Kristen institutio.  Buku ini segera menyebar ke seluruh penjuru Paris. Pemikiran in segera terdengar di kalangan penguasa. Dan dengan cepat pemikiran ini pun dimusnahkan oleh pemerintahan Katolik pada saat itu dengan cara membakar buku-buku terbitan Calvin. dan Calvin pun menjadi buronan pemerintah. Namun bukannya jera dan tobat,Calvin justru semakin bersemangat untuk menyebarkan  ajaran Protestan ini. Lalu  ia pergi ke Jenewa dan kembali menulis buku di sana ,lalu memperluas ajarannya
. Dan karena ajarannya ini,dalam waktu singkat lahirlah banyak gereja gereja protestan di luar  Jenewa seperti Perancis,Belanda,Skotlandia,Jerman dan Hungaria. Situasi yang membuat Gereja Katolik Roma merasa tersaingi.  Mengakibatkan timbullah gagasan untuk menyerang gereja-gereja Protestan tersebut dengan dibentuknya ordo Serikat Jesuit yang bertujuan untuk mempersatukan gereja-gereja tersebut dibawah satu komando yaitu Katolik. Namun upaya penyatuan itu gagal dan berakhir menjadi sebuah bentrokan .
Hal ini menjadi perhatian besar dari Vatikan kepausan Katolik sehingga membentuk beberapa konsili-konsili atau diskusi diskusi tentang permasalahan ini.Namun berbagai Konsili tersebut tidak bisa menghasilkan suatu pemecahan masalah yang benar-benar menyelesaikan permasalahan tersebut.
Puncaknya adalah pada tanggal 26 Januari 1564 paus Gereja Katolik Roma pada saat itu  mengumumkan bahwa mereka tidak mengakui sama sekali reformasi Protestan dan menganggap ajaran-ajaran mereka adalah ajaran sesat atau bid'ah.

 Perpecahan ini mengakibatkan adanya aksi-aksi radikalisme dan intoleran diantara kedua Penganut Agama Kristen tersebut.  Benua Eropa terbelah menjadi dua .  kebanyakan penganut minoritas protestan di Eropa ditindas oleh Penganut Agama Katolik yang menjadi mayoritas . Begitupun juga sebaliknya .
 Hal ini berlangsung hingga setengah abad lamanya.
Bahkan ini memicu adanya sebuah perang besar antara berbagai negara di Eropa yang dinamakan perang 30 tahun antara negara-negara Protestan dan negara-negara Katolik,diantaranya adalah negara Protestan seperti Inggris dan Belanda sedangkan negara Katolik bisa disebutkan seperti Spanyol dan Portugis.

Hal ini secara jelas dan diceritakan secara detail dalam anime  Hellsing, dimana Vatikan sangat membenci Inggris yang merupakan negara Protestan.


Lalu dimana masalahnya?dan dimana letak penghinaannya?Menurut saya,hal ini sungguh merupakan sebuah penghinaan karena di episode 8 ketika sang Uskup  mengumumkan perang salib ke-9.
Yang  diperangi oleh Katolik, justru para penganut Protestan dibandingkan membantu mereka memerangi Villain utama dari anime ini sendiri yaitu Neo Nazi.  Hal ini membuat saya sungguh sedikit miris karena, padahal kedua agama ini sama-sama penganut Kristen, dan mengakui Yesus sebagai anak Tuhan Tetapi hanya karena perbedaan pandangan mereka sampai bisa saling bunuh membunuh dan saling memerangi satu sama  lainnya,

Ya, mungkin Sekian dulu pembahasan kita tentang "anime Hellsing  menghina agama Kristen? "
semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk kalian dan bisa menambah wawasan serta pengetahuan kalian tentang agama Islam,sejarah Islam, serta sejarah  agama-agama lainnya dari sudut pandang seorang wibu barokah. Dan Mari kita support channel ini dengan cara like, subscribe dan share ke grup chatting komunitas kalian. Sehingga kita berharap  channel ini bisa menjadi wadah bagi para Wibu-Wibu Barokah di Seluruh Dunia. Mungkin Insyaallah pembahasan kita tentang anime Hellsing ini masih akan kita lanjutkan di video selanjutnya
Akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam hangat egagology

Anime Hellsing Menghina Agama Kristen

Tidak ada komentar

Translate