Hot Article

Belajar Dari Anime Komi San Wa Komyushou Desu


Belajar Dari Anime Komi San Wa Komyushou Desu

Belajar dari anime komi san wa komyushou desu - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul belajar dari anime tentang kisah Sakura Matou serta satu lagi topik yang berjudul belajar dari anime Fate tentang kisah Dark Sakura.  Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul belajar dari anime Komi-san wa, Comyushou desu dan ajaran Islam di dalamnya. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.

Anime Islam Terbaru

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan, sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas tentang anime Islam dari channel egagology.Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo-weeaboo barokah di seluruh dunia.
Ya seperti judul di atas, hari ini kita akan membahas tentang anime yang berjudul Komi-san wa, Comyushou desu atau yang dalam bahasa Indonesianya bisa diartikan sebagai Komi-san tidak bisa berkomunikasi.
Ya, anime ini adalah anime baru yang bisa dibilang cukup populer di kalangan para otaku dan wibu diseluruh dunia. Serial yang diadaptasi dari manga berjudul sama ciptaan  Oda Tomohito ini bahkan mendapatkan rating yang cukup tinggi di situs-situs penggemar anime.
Seri animenya sendiri di produksi studio OLM
sebanyak 12 episode dan telah ditayangkan dari tanggal 7 Oktober 2021 hingga berakhir pada tanggal 23 Desember 2021.
Ya, seperti judulnya, anime ini memang menceritakan tentang seorang wanita bernama Komi san yang diceritakan sebagai siswi paling paling populer atau bisa dikatakan sebagai primadona di kelasnya. Namun, meski begitu ternyata Komi-san merupakan seorang yang tidak mampu berbicara dan berkomunikasi dengan teman-teman sebayanya. Bukan karena ia bisu ataupun menderita tunawicara. Hal itu tidak lebih karena ia terlalu malu untuk berbicara dan mengungkapkan perasaanya. Namun di dalam lubuk hatinya, sebenarnya Komi menginginkan figur seorang teman dan juga memiliki jalinan pertemanan seperti kebanyakan remaja seusianya.

Plot cerita anime komi san wa komyushou desu

Kisah anime ini sendiri dimulai, ketika Komi bertemu dengan Tadano Hirohito yang duduk bersebelahan dengannya di kelas. Tadano sendiri merupakan salah satu karakter utama yang berjenis kelamin laki-laki di dalam anime ini. Yang memiliki kepribadian sok asik, tidak populer dan terbully.
Singkat cerita akhirnya Tadano berteman baik dengan Komi, setelah secara tidak sengaja ia mendengar Komi berbicara sendiri tentang perasaannya. Yang selalu gagal bergaul dan berbicara dengan teman-temannya. Karena itulah Tadano bisa menyimpulkan bahwa Komi memiliki masalah dalam hal berkomunikasi dengan orang lain. Dan ia akhirnya berusaha untuk mencarikan teman teman yang dapat memahami Komi seperti halnya ia memahami Komi sepenuhnya. Dan target yang ingin dicapai Tadano dalam usahanya mencarikan teman untuk Komi adalah berjumlah 100 orang teman. Dari sinilah plot utama dari anime ini berlangsung.
Ya, secara plot dan cerita memang anime ini termasuk anime ringan. Karena dari tema dan genrenya sendiri adalah tentang kehidupan sekolah, Slice of life dan juga Comedy.
Meski begitu, ternyata di dalam anime ini kita masih bisa mendapatkan beberapa pesan pesan berharga yang dapat kita petik dari anime ini. Dan pastinya sesuai dengan ajaran Islam.
Ya, salah satu hikmah ajaran Islam yang bisa kita dapatkan dari anime ini adalah tentang sikap Komi yang sangat takut berbicara dengan orang lain dan memilih untuk berdiam diri.
Di awal setiap episode dari anime ini selalu dijelaskan bahwa Komi sebenarnya bukan anti sosial, tetapi ia berdiam diri lebih karena takut mengeluarkan kata kata di depan orang lain. Bisa jadi hal itu disebabkan karena takut menyinggung orang lain atau karena alasan lainnya.
Dalam Islam sendiri kita mengenal yang namanya istilah “berkatalah yang baik, jika tidak mampu maka lebih baik diam”. Ya istilah ini sendiri berasal dari salah satu hadist yang berbunyi

Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaknya dia berkata baik atau diam” (HR Muslim no 222)


Namun, bukan berarti kita harus selalu diam tanpa berkata apapun kepada orang lain, seperti apa yang ditunjukkan oleh Komi di dalam animenya tersebut.
Karena sudah jelas, seperti apa yang dikatakan di dalam hadits diatas. Kita diperintahkan diam jika kita tidak bisa berkata-kata hal yang baik.
Ya, di dalam anime ini. Pembawaan karakter Komi sendiri yang tidak mampu berkata kata kepada orang lain sama sekali, sebenarnya tidak lain dan tidak bukan karena tuntutan penciptaan karakter serial anime. Ya, seperti yang kita ketahui, salah satu dasar penceritaan anime dan manga adalah pembawaan watak setiap karakternya haruslah kuat,  dan cenderung lebay alias berlebihan           .
Namun, plot yang ditekankan di dalam anime ini seperti misalnya Komi bukanlah anti sosial, dan juga Komi diceritakan sebagai primadona yang dikagumi semua orang di kelasnya karena ia dikenal sebagai seorang yang pendiam, cool, tenang, imut dan cantik.
Ini menunjukkan bahwa menjadi seseorang yang pendiam, tidak banyak bicara, dan hanya bicara jika hal itu dirasa penting adalah cara termudah untuk menjadi pribadi yang dikagumi alias populer di Masyarakat. Karena dengan semua kepribadian tersebut, yaitu tidak banyak bicara. Maka kita terhindar dari kesalahpahaman dan juga ucapan yang mungkin dirasa bisa menyinggung orang lain di sekitar kita.
 Dan hal itulah sebenarnya tujuan akhir dari Hadits diatas yang merupakan bagian dari ajaran Islam tersebut.

Ajaran Islam lainnya

Selain, ajaran tentang hanya berbicara jika dirasa hal itu baik. Ternyata anime ini juga mengajarkan kita tentang salah satu pembelajaran yang juga sesuai dengan ajaran Islam lainnya, yaitu Hablumminannas.  Di dalam ajaran Islam, kita mengenal 2 poin paling penting dalam ajaran Islam yaitu Hablumminallah dan Hablumminannas. Habluminallah bermakna menjalin hubungan dengan Allah, sedangkan Hablumminannas sendiri bisa diartikan sebagai menjalin hubungan antara sesama manusia.
Yap, selain kita diwajibkan untuk terhubung dan dekat dengan Allah. Kita juga diwajibkan agar tetap menjalin silaturahim dengan sesama manusia. baik itu yang beragama Islam, Non Muslim. berwatak baik, ataupun buruk. Karena,  dengan terjalinnya hubungan tersebut, kita bisa saling nasehat menasehati dalam kebaikan dan juga kebenaran. Karena menurut Al Qur’an, yang merupakan sumber utama dari semua ajaran Islam. Setiap manusia itu mengalami kerugian kecuali orang orang yang selalu saling menasehati kebaikan antar sesamanya. Seperti apa yang dikatakan di dalam Al Qur’an surat al Ashr ayat 1-3 yang berbunyi

Demi masa, sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.


Dan di dalam anime Komi san Comyushou desu ini, walaupun Komi tidak mampu berkomunikasi ataupun bergaul. Namun dengan dibantu juga oleh Tadano, ia terus berusaha agar dapat bersosialisasi dan bergaul dengan teman teman sekelasnya.
Hal ini menandakan pula bahwa Komi tidak berpasrah diri dan berputus asa dengan keadaan. Ia terus berusaha untuk menjalankan salah satu poin penting dalam ajaran tersebut.
Yap, seperti yang saya katakan di atas. Islam memang selalu menyarankan kita untuk tetap berbuat baik dan bergaul pada siapapun serta bermasyarakat.
 seperti apa yang dikatakan di dalam salah satu hadist yang berbunyi

“Seorang mukmin yang bergaul di tengah masyarakat dan bersabar terhadap gangguan mereka, itu lebih baik dari pada seorang mukmin yang tidak bergaul di tengah masyarakat dan tidak bersabar terhadap gangguan mereka” (HR. At Tirmidzi 2507, Al Bukhari dalam Adabul Mufrad 388, Ahmad 5/365,)

Ajaran Islam agar jangan menyerah

Dan dengan pembawaan karakter Komi yang selalu ingin memiliki teman, dan tidak menyerah dengan keadaan. Menjadikan Komi secara tidak langsung juga menjalankan perintah Allah, yaitu jangan berputus asa dari rahmat Allah.
Ya didalam Islam kita memang diajarkan untuk selalu tidak berputus asa dan selalu berprasangka baik kepada takdir Allah.
Ini seperti yang dicontohkan di dalam kisah Hajar ibunya Ismail yang terus berusaha mencari air di tengah gurun pasir di kota Mekkah, dengan cara berlari lari bolak-balik dari Gunung Safa ke Gunung Marwah selama 7 kali berturut-turut. Hanya untuk mencari air. untuk anaknya yang kehausan. Walaupun ia sendiri mengetahui bahwa di kedua gunung tersebut, ia sama sekali tidak menemukan air. Namun meski begitu, ia terus berusaha sekuat tenaga untuk berikhtiar tanpa mengenal kata menyerah.
Ya, itulah poin-poin yang bisa kita dapatkan dari anime Komi san Comyushou desu ini, yang sesuai dengan ajaran Islam.


Oke, mungkin sekian dulu pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat.  Dan akhir kata, assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology

Tidak ada komentar