Hot Article

Agama Naruto adalah Islam,Kristen,atau Budha?

Agama Naruto adalah Islam,Kristen,atau Budha?
Agama Naruto adalah Islam,Kristen,atau Budha?kan teks


Agama-Agama yang di singgung dalam serial Naruto

 

 

 Agama Naruto adalah Islam,Kristen atau Budha ?- Naruto , Sang Ninja yang berasal dari Desa Konoha yang berada di negara api ini adalah salah satu karakter utama dari serial paling terkenal di dunia. Masashi Kishimoto sebagai sang kreator telah sukses menelurkan karya hebat yang pernah tercipta dari Era 90-an. Dan karya ini pun hingga saat ini masih dikenang sebagai salah satu serial paling Epic dalam sejarah anime dan manga. Tapi Tahukah kamu, apa sebenarnya agama Naruto itu? Apakah Naruto beragama? kalau kita melihat sekilas mungkin serial Naruto ini banyak terinspirasi dari kisah-kisah agama Shinto dan cerita rakyat Jepang. Banyak sekali nama-nama yang di mention dalam serial Ini, contohnya adalah nama seperti Jiraiya,Orochimaru, dan Tsunade. 

Lalu ada lagi kisah dari Kaguya, yang merupakan kisah terkenal dari cerita rakyat Jepang.  Ada juga juga Jurus Tapak 1000 Buddha yang dimiliki oleh Hashirama Senju , yang pastinya telah bisa kita tebak bahwa itu merupakan adaptasi dari kisah-kisah agama Buddha.

 

Menghindari aspek-aspek Sara

Namun sebenarnya di dalam anime Naruto sendiri selalu menghindari akan adanya penyebutan atau menjelaskan agama dan ajaran tertentu . Mungkin Jika kalian amati dengan seksama, kisah-kisah dalam Naruto ini tidak terlalu menyinggung hal yang menyangkut agama. Hal ini sangat lumrah dijumpai dalam beberapa fiksi manga dan anime, yang selalu menghindari aspek-aspek Sara dalam karya-karya mereka. Meskipun anime atau manga itu secara jelas terinspirasi dari konflik agama, sebagai contoh adalah anime dan manga shoukoku no altair, dan arslan Senki yang jelas-jelas merupakan Anime yang terinspirasi dari kisah-kisah heroik islam melawan Kristen.. Namun Islam maupun Kristen tidak pernah disebutkan dalam anime ini, simbol-simbolnya pun disensor sedemikian rupa sehingga terlihat samar dan dan tidak menyinggung siapapun dan pihak manapun.

Hidan dan ajaran Jashin

Begitupun dengan anime Naruto, di dalam anime ini sama sekali tidak diperlihatkan bahwa tokoh-tokoh utamanya adalah Penganut Agama tertentu ataupun kepercayaan tertentu ketika suatu hal yang itu pasti. Mungkin jika kalian sangat mengikuti serial ini, satu-satunya karakter yang mempunyai agama adalah salah satu antagonis sampingan dari serial ini, yaitu Hidan. Dia mengakui dirinya sendiri adalah Penganut Agama fiktif yang bernama Jashin. Jashin sendiri adalah agama Barbar yang menyebarkan agamanya melalui perang dan pembunuhan. mereka juga dianggap kepercayaan sesat karena melakukan ritual Keabadian sehingga Hidan dan para pengikut pengikut jashin ini tak bisa dibunuh walaupun kepala mereka dipotong sekalipun.

 

Ryūki dan Boruto The Next Generation

Setelah kekalahan Hidan dalam pertarungan melawan Shikamaru, ternyata ada lagi 1 penganut agama jashin yang masih eksis hingga serial terbarunya di 2020 yaitu Boruto The Next Generation. Dia menyebut dirinya nya Ryūki. Menurut Wiki Fandom Naruto dan boruto, Ryuki diketahui tidak menyukai adanya perdamaian di dunia setelah berakhirnya perang dunia ninja ke-4. Ia pun menghadirkan dan melahirkan kembali aliran jashin yang sempat mati setelah berakhirnya Era Hidan sebagai satu-satunya pengikut jashin yang diketahui. Dan dalam anime boruto pula dan tambahan dari sumber tertulis berjudul Konoha shinden, diketahui bahwa aliran Jashin ini memiliki desanya sendiri. dan setelah berakhirnya Perang. Ryuki merasa bahwa itu tidak menguntungkan desanya karena dengan tidak adanya perang, desanya menjadi miskin in karena tidak adanya negara yang mau menyewa mereka menjadi pembunuh bayaran dan agama Jashn pun tidak menyebar ke desa-desa lainnya. lalu ia dan pengikutnya jashin lainnya pun memulai menculik wanita-wanita muda untuk dijadikan korban untuk penyembahan pada Dewa mereka, sehingga Ryuki dan pengikutnya pun bisa mencapai Keabadian mereka. hal itu dimaksudkan agar mereka bisa menyebarkan agama mereka menjadi lebih luas lagi ke negara-negara lain,, dan tentu saja cara mereka menyebarkan agama adalah dengan cara pembunuhan dan perang. Dalam cerita Boruto sendiri, mereka hampir saja mencapai keabadian mereka. Namun saat mereka ingin menumbalkan dua korban mereka yang merupakan syarat terakhir dari proses jalan menuju keabadian , mereka digagalkan oleh dua tokoh utama dalam serial Naruto yaitu Hatake Kakashi dan Guy.

 

Usia Naruto di Boruto The Next Generation

Naruto yang dilanjutkan dalam serial Boruto, banyak sekali memunculkan fakta-fakta baru dari apa yang tidak diketahui dalam serial Naruto. Seperti yang diketahui ,Naruto di serial Boruto ini telah berusia 32 tahun dan telah menjadi Hokage ke-7 . Dan ia pun telah mempunyai dua orang anak, mengalahkan para teman-teman seangkatannya yang kebanyakan masih memiliki 1 orang anak saja. Namun kenyataannya Boruto adalah sebuah serial membosankan. Serial ini tidak ubahnya seperti episode-episode filler dalam serial Naruto. Tidak ada satupun cerita yang nyambung dengan visi utama dari serial ini . Seolah-olah serial ini hanyalah sebagai milking dari serial pendahulunya yaitu Naruto. Kebanyakan para penggemar penggemar dari Boruto ini adalah orang yang ingin melihat kelanjutan dari serial Naruto dan sudah pasti mereka lebih ingin melihat dan hanya ingin membaca kelanjutan dari kisah Naruto saja. Namun pada kenyataannya tokoh utama dari serial ini bukanlah Naruto tapi Boruto yang merupakan anak dari Naruto. Namun walaupun begitu, serial ini masih menerapkan kan SOP yang sama dengan serial pendahulunya, itu tidak menyertakan atau memention satu agama pun dalam serial nya.

 

Agama Naruto adalah Islam,Kristen,atau Budha?

Suara adzan dalam BGM Anime

 

Agama memang selalu menjadi di kontroversi jika diangkat dalam fiksi atau serial-serial lainnya. dalam anime saja ada beberapa kontroversi yang melibatkan agama dalam kasusnya, salah satunya bisa kita sebutkan adalah anime Demon Slayer yang diketahui menggunakan suara Adzan sebagai salah satu BGM atau musik background dan pengiring dalam beberapa adegan anime tersebut. Anime itu pun mendapat kecaman di beberapa negara, khususnya negara-negara Muslim. selain Demonslayer , sebenarnya kasus tentang masuknya suara adzan sebagai nada BGM dalam anime ini telah terjadi beberapa kali. Jika kita hitung ,telah ada 2 anime termasuk Demon Slayer yang menggunakan Adzan sebagai BGM. Anime lainnya yang menggunakan adzan sebagai BGM nya adalah, anime Noragami Aragoto. Di dalam anime Noragami Aragoto ini, justru lebih parah lagi musiknya. Sang komposer dari musik dalam anime ini menggunakan suara Adzan yang diremix sedemikian rupa sehingga  menciptakan lagu musik seperti layaknya nightcore yang menggunakan tempo cepat. 

Karena itulah mungkin ada beberapa anime yang yang tidak memasukkan unsur agama dalam karyanya adalah untuk menghindari adanya Kontroversi dan kesalahpahaman dari para penggemar penggemarnya.Namun tidak semua anime atau Manga Juga yang menggunakan prinsip ini .

Manga dan Anime bertemakan Agama

Dewasa kini, makin banyak juga manga dan anime yang menggunakan agama sebagai ide utama dalam cerita atau kisah yang ingin disampaikan. contohnya adalah seperti buatan Jepang yang berjudul Sekai ga owaru hi Atau au dalam bahasa Indonesianya berarti " Hari itu dunia berakhir " secara tegas menggambarkan tentang ajaran Islam yang meyakini adanya hari kiamat. karakter utama dari manga Inipun adalah seorang wanita berhijab yang berasal dari Indonesia. Selain itu ada juga manga-manga yang mengambil latar waktu sejarah Islam seperti halnya pada Manga yang berjudul Otoyomegatari.Mana ini sendiri menceritakan tentang seorang wanita Berusia 20 tahun bernama Amir Halgal Yang menikahi seorang pria yang lebih muda darinya beberapa tahun yaitu, Karluk Eihon yang merupakan seorang anak berusia 12 tahun. mana ini sendiri berlatarkan Timur Tengah pada zaman abad ke-19, atau lebih tepatnya menceritakan tentang Suku Mongol yang sudah memeluk Islam. Konflik internal dari mana ini sendiri lebih berfokus pada bagaimana keseharian dan kehidupan dari pasangan muda berbeda umur ini.Banyak hal yang di dimension di anime ini yang bertemakan Islam, seperti Budayanya dan beberapa keseharian masyarakatnya.
Lihat postingan ini di Instagram

Ini siapa sih, pagi-pagi dah nelpon😒😅 ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ Terima kasih telah mengunjungi instagram kami. Tolong kesediannya untuk mem follow akun kami, juga jangan lupa untuk share ke grub chatting keluarga kamu. Dan jangan lupa juga untuk men SUBSCRIBE channel Youtube kami, EGAGOLOGY ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ Partnership : @laguanime_ @ikbalnurpadilah @deviluke._ @wpnime_ @dimastoretto_277 @kyotonime.id @nekomorry_daily @dakwahlawu.id @nimestuff Jangan lupa di follow dan comment ya.. Terima kasih ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ #follow4followback #follow4follow #animescene #animequotes #animebarokah #animeindo #anime #otaku #wibu #wibubarokah #animeliveaction #ustadzfelixsiauw #dailyjapanese #anime #budayajepang #animecerdas #wibubermartabat #jepang #katunjepang #animejepang #ustadzadihidayat #animewaifu #virtualyoutuber #ajaranislam #animrscene #wibubaubawang #wibulokal #wibuworld #otakus #otakulife #otakubarokah

Sebuah kiriman dibagikan oleh egagology (@egagology) pada

Selain Islam, ada juga beberapa agama lain yang menjadi tema utama dalam beberapa anime. contohnya adalah agama Kristen yang dijadikan Tema utama dalam anime berjudul Vatican Kiseki Chousakan.Anime ini sendiri menceritakan tentang dua orang pria yang tergabung dalam organisasi pencari bukti-bukti mukjizat, ceritanya sendiri lebih mengedepankan tentang usaha-usaha dua orang ini dalam memecahkan teka-teki dan keanehan-keanehan dari beberapa kasus yang dianggap sebagai mukjizat . Pada kenyataannya anime ini lebih mengedepankan tentang sisi rasional dan analisis ala detektif. setelah menonton ini mungkin kita akan teringat dengan salah satu serial kartun yang sangat terkenal pada zaman dulu, yaitu scooby-doo.

 

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa diambil adalah, semakin banyak para kreator kreator anime dan manga yang mulai berani mengambil resiko dari adanya kontroversi dan penolakan dari berbagai kalangan. sehingga tak jarang dari para kreator kreator yang kreatif ini mulai berani memasukkan unsur-unsur agama dan suku serta ras dalam karya-karyanya. terutama yang sangat terlihat sudah pasti adalah agama Shinto dan Budha. So Sekian dulu pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan tetap kunjungi kami untuk info info dunia perwibuan dalam sudut pandang Barokah. terima kasih atas perhatiannya salam Egagology

1 komentar:

  1. Anonim9/06/2020

    Agama Naruto adalah Islam,Kristen,atau Budha? jadi yang mana donk gan?

    BalasHapus

Translate