Hot Article

Ajaran Islam Di Dalam Anime Fate Series Tentang Cawan Suci dan Bahaya Syirik

 

Ajaran Islam Di Dalam Anime Fate Series Tentang Cawan Suci dan Bahaya Syirik

Ajaran Islam Di Dalam Anime Fate Series Tentang Cawan Suci dan Bahaya Syirik - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul
Ajaran Islam di dalam anime Fate Zero tentang Penelitian Universe 25, serta satu lagi topik yang berjudul sejarah Islam di dalam anime Arslan Senki tentang Pembebasan Yerusalem dan runtuhnya Kekhalifahan Fatimiyah. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul Ajaran Islam di dalam Anime Fate Series tentang Holy Grail dan bahayanya syirik. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.

Anime Islam Terbaru

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan, sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology.Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo-weeaboo barokah di seluruh dunia.

Ya, sesuai judul di atas hari ini kita masih akan membahas tema yang sama, yaitu tentang Anime Fate series. Ya, bagi kalian yang sudah menonton semua judul dari serial ini, pastinya kalian sangat familiar dengan istilah Holy Grail atau yang bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Cawan Suci,
Ya, cawan suci atau Holy Grail di dalam anime Fate series selalu identik dengan Holy Grail War alias perang cawan suci. Dimana perang tersebut merupakan plot utama yang membentuk pondasi cerita dari serial serial Fate series ini.
Ya, seperti namanya, perang cawan suci sendiri bisa dikatakan sebagai sebuah perang untuk memperebutkan sebuah benda yang bernama Holy Grail alias Cawan suci.
Perang ini sendiri melibatkan 7 penyihir yang masing-masing dari mereka diwajibkan memanggil Servant-Servant mereka sendiri. Servant-Servant tersebut terbagi menjadi beberapa kelas yang berbeda, yaitu kelas Caster, Archer, Saber, Lancer, Rider, Berserker, dan Assassin.
Ya, para Servant dan Master alias penyihir-penyihir tingkat atas ini di haruskan berjuang dan saling membunuh satu sama lain, demi memperebutkan dan mendapatkan sebuah benda yang katanya dikatakan sebagai benda maha kuasa dan dapat mengabulkan segala permintaan siapapun yang berhasil memanggilnya dan mendapatkannya. Ya benda tersebutlah yang dinamakan Holy Grail alias Cawan Suci.
Namun, tahukah kamu bahwa benda yang dinamakan Cawan suci yang ada di dalam serial ini sebenarnya adalah terinspirasi langsung dari kisah yang ada di dalam mitologi agama Kristen. Ya, walaupun menurut beberapa cendekiawan benda ini dianggap sebagai mitos. Namun, faktanya hingga saat ini masih bisa kita temukan beberapa orang dari kalangan Non Muslim, dan juga khususnya para penganut agama Kristen yang benar benar mempercayai dan bahkan sangat meyakini adanya keberadaan cawan suci beserta kekuatan ajaibnya yang juga dianggap sebagai benda keramat itu.
Ya, mitologi Cawan Suci memang tak bisa dilepaskan dari kisah perjamuan terakhir Yesus sebelum disalib yang bersumber dari salah satu kisah di dalam Kitab Bible.
Dimana dikatakan bahwa, Yesus bersama dengan para murid muridnya mengadakan acara makan malam bersama. Dan disana pun ia menasehati serta menceritakan nubuat kepada para murid muridnya.
Dan diceritakan pula bahwa, Yesus menggunakan cawan yang digunakannya untuk minum sebagai sebuah analogi nasihatnya,

Keraguan terhadap kisah penyaliban Yesus

Ya,walaupun kisah ini sangatlah diyakini dan diimani oleh para penganut agama Kristen. Namun sebenarnya kisah kematian Yesus di tiang salib pun masih menjadi perdebatan berkelanjutan hingga saat ini. Ya, keraguan terhadap kisah ini menjadi semakin besar karena menurut penemuan terbaru dari para sarjana-sarjana Kristen seperti Graham Stanton dan Profesor Ehrman, baru diketahui bahwa para penulis dari kitab kitab yang kita kenal sebagai Bible alias Gospel saat ini. tidak diketahui identitasnya alias para penulis-penulis tersebut bisa dikatakan anonim. Nama nama dari Bible tersebut juga, seperti Markus, Matius, Lukas, Yohanes dan lain lain itu pun hanyalah dikatakan sebagai merek, sebagai media promosi untuk menggaet para penganut agama Kristen. Kaarena baru di tambahkan para abad ke 2 M oleh orang tak di kenal. Karena itulah, kisah-kisah di dalam Bible saat ini seringkali diragukan kebenarannya, baik dari kalangan Non Kristen atau dari kalangan orang-orang Kristen sendiri.
Selain itu, di dalam kisah penyaliban Yesus dan nasib kematian dari sang penghianat, murid Yesus yang mengirimkan Yesus ke tiang salib, yaitu yang bernama Yudas Iskariot pun bertentangan antara satu kitab Bible dengan Bible lainnya,
Misalnya di dalam kisah kematian Yudas..
Di Dalam Kitab MATIUS 27:5-8 dikatakan

(5) Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam bait suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri.


Sedangkan di kitab lainnya n
KISAH PARA RASUL 1:18 dikatakan
(18) Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.


Dari 2 kitab itu kita dapat menemukan 2 versi dari kematian Yudas Iskariot. Dimana di dalam kitab Matius dikatakan bahwa ia tewas karena bunuh diri, sedangkan di dalam kitab lainnya disebutkan bahwa ia tewas setelah membeli sebidang tanah dan tiba-tiba ia jatuh dengan perut tertelungkup dan luka robek di bagian perut. Dan, kita pun tidak bisa memastikan yang mana yang benar dan yang mana yang salah.
Selain itu di dalam kisah penyaliban Yesus pun juga memiliki kontradiksi dan versi-versi tersendiri. Misalnya seperti beberapa kitab yang membahas tentang waktu pasti terjadinya penyaliban Yesus. Di mana di sebutkan di dalam kitab Yohanes 19:14-15 dikatakan bahwa
Hari itu ialah hari persiapan Paskah, kira-kira jam dua belas. Kata Pilatus kepada orang-orang Yahudi Itu: "Inilah rajamu!"
Maka berteriaklah mereka: "Enyahkan Dia! Enyahkan Dia! Salibkan Dia!" Kata Pilatus kepada mereka: "Haruskah aku menyalibkan rajamu?" Jawab imam-imam kepala: "Kami tidak mempunyai raja selain dari pada Kaisar!"


Namun di dalam Markus 25:15 justru dikatakan
Hari jam sembilan ketika Ia disalibkan.

Jadi ada perbedaan mencolok antara kitab Markus dan juga kitab Yohanes tentang waktu pasti terjadinya penyaliban Yesus. Yaitu antara jam 9 vs jam 12.
Ya, walaupun banyak di dipertanyakan dan di perdebatkan. Kisah penyaliban dan juga mitos cawan suci seolah sudah terlanjur melekat dan menjadi kisah yang wajib untuk diyakini serta diimani oleh para penganut agama Kristen. Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya Yesus dan para murid muridnya sendiri, mereka semua tidak pernah mengatakan istilah cawan suci. Istilah cawan suci sendiri baru dikenal berabad-abad kemudian setelah kepergian Yesus dan kematian para murid muridnya. Istilah ini pertama kali diperkenalkan lewat sastra yang diciptakan pada tahun 1191 ciptaan seorang pengarang sastra bernama Robert de Boron . Ia mengarang sastra tentang kisah Joseph of Arimathea yang merupakan salah satu pengikut dari Yesus yang diceritakan menggunakan cawan tersebut untuk menampung darah dari Yesus. Dan dari sinilah kisah mitologi cawan suci berasal.
Selain itu, menurut para cendekiawan kisah cawan suci sebenarnya adalah penggabungan kisah Yesus dengan kisah dari mitologi-mitologi Eropa. Kebanyakan para peneliti mengatakan bahwa kisah cawan suci berasal dari mitologi Celtic Irlandia, namun ada juga yang berpendapat bahwa kisah ini berasal dari mitologi Skit kuno. Yang telah muncul berabad-abad sebelum Yesus hadir di dunia.

Mitologi Raja Arthur dan Cawan Suci

Cawan suci juga memunculkan berbagai kisah-kisah mitologi populer lainnya di tanah Eropa, misalnya seperti kisah Raja Arthur sang penemu sekaligus penjaga cawan suci.
Karena kepopulerannya tersebut, di dalam anime Fate series, karakter satu ini juga dimunculkan ke dalam anime ini sebagai karakter utama, dalam wujud Saber.
Dan yang lucunya adalah Raja Arthur justru diparodikan sebagai seorang karakter wanita bernama,Artoria Pendragon.
Ya, seperti yang saya katakan di atas. Karena mitos dan kisah-kisah ini sangat populer dan melekat erat di dalam kehidupan orang-orang Eropa dan penganut agama Kristen para khususnya. Membuat mereka sangat meyakini dan bahkan percaya bahwa benda yang dinamakan cawan suci tersebut benar-benar ada di dunia. Dalam sejarah, Hitler pun pernah dikisahkan mengutus salah seorang peneliti Nazi bernama Heinrich Himmler untuk mencari cawan suci. Hal ini dikarenakan, mereka percaya bahwa cawan suci dan kekuatan magisnya dapat menjadikan mereka menjadi pasukan yang tidak bisa dikalahkan.
Dan di dalam alur cerita Fate series sendiri, di akhir cerita cawan suci selalu diceritakan sebagai awal dari malapetaka dan bencana besar yang merenggut orang-orang tak berdosa di dunia anime Fate series.

Bahayanya perbuatan syirik

Ya, ini seolah sesuai dengan ajaran Islam tentang bahayanya perbuatan syirik dan para orang-orang yang melakukan kemusyrikan.
Ya, syirik dan Musyrik adalah perbuatan mempercayai, meyakini dan berharap kepada kekuatan benda benda lain atau sesuatu apapun selain hanya kepada Allah SWT. Perbuatan ini bahkan di kategorikan sebagai salah satu dosa terbesar urutan nomor satu di dalam ajaran Islam.
Seperti yang tercatat di dalam Al Qur’an surat An Nisa ayat 48 yang berbunyi

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS. An Nisa: 48)

Ya,itulah yang dinamakan dosa syirik. Yang membuat saya miris justru adalah, masih banyak juga beberapa Muslim yang masih saja melakukan perbuatan yang dikategorikan sebagai dosa syirik. Misalnya seperti mempercayai ramalan-ramalan zodiak, kartu, dan sebagainya. Lalu ada juga yang melakukan ritual-ritual budaya yang tidak sesuai ajaran Islam, menyimpan jimat keberuntungan dan lain lain.
Ya, semoga kita semua tidak termasuk kedalam orang orang yang melakukan perbuatan tersebut, mengingat betapa besarnya dosa yang harus ditanggung hanya karena bermain main dengan perbuatan Syirik.

Oke, mungkin sekian dulu pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat. Dan akhir kata, assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology

Ajaran Islam Di Dalam Anime Fate Series Tentang Cawan Suci dan Bahaya Syirik


Tidak ada komentar