Hot Article

Anime Islam Record of Ragnarok Shuumatsu no Valkyrie

 

 

Anime Islam Record of Ragnarok Shuumatsu no Valkyrie 

Ajaran Islam di dalam Anime

Anime Islam Record of Ragnarok Shuumatsu no Valkyrie - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul ajaran Islam di dalam anime Kaitou Joker dan Magic Kaito dan satu lagi topik yang berjudul review Record of Ragnarok menghina agama Kristen dan Hindu? Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul ajaran Islam di dalam anime Record of Ragnarok. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan, sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology. Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo-weeaboo barokah di seluruh dunia.
Seperti yang telah saya janjikan di video sebelumnya, hari ini kita akan membahas tentang ajaran Islam yang terkandung di dalam anime berjudul Record of Ragnarok atau yang dalam bahasa Jepangnya juga disebut Shuumatsu no Valkyrie.

Record of ragnarok melecehkan agama Hindu

Yap, jika sebelumnya kita telah membahas dan mengulas tuntas tentang beberapa isu yang mengatakan bahwa alur cerita dan konsep cerita dari judul anime satu ini, menghina beberapa ajaran dan kisah dalam beberapa agama dan kepercayaan yang populer di dunia. Misalnya seperti adegan kisah pengusiran Adam dan Eve di dalam ajaran agama Kristen. Dimana, kisah tersebut diparodikan sedemikian rupa di dalam alur cerita anime ini. Sehingga kisah tersebut berubah menjadi kisah yang sedikit berbeda dari kisah aslinya. Dan selain itu juga, anime ini juga dianggap menghina salah satu dewa di dalam agama Hindu, yaitu Siwa. Dimana, Siwa di parodikan dan diceritakan, ketakutan dengan gertakan yang dilakukan oleh seorang Dewa lainnya dari kepercayaan Yunani kuno, Yaitu Zeus.
Ya, beberapa contoh di atas memang menjadikan anime ini cukup kontroversial. Karena menganggap kisah-kisah dan para sesembahan tersebut sebagai bahan lelucon dan parodi.
Namun, semua parodi dan pelecehan agama terserbut, tidak berlaku bagi agama Islam. Alih alih turut menghina ajaran teologis dan kepercayaan agama Tauhid ini. Serial ini justru seolah mendukung apa hampir semua ideologi dan teologis yang menjadi dasar utama dari ajaran agama Islam.

Anime Jepang menghina agama

Ya, jika dirunut ke belakang, serial-serial manga dan anime Jepang saat ini. Seringkali memasukkan unsur unsur agama di dalam serialnya. Contohnya, seperti dalam serial Vinland Saga dan Serial Experiment Lain, yang seolah mengajak kita untuk lebih kritis dalam menilai sebuah kepercayaan teologis di dalam agama yang kita anut. Entah untuk tujuan apa, bisa jadi ini dikarenakan isu agama dan kepercayaan adalah sesuatu yang sexy dan mudah untuk dijadikan sebagai sebuah daya tarik penggemar. Sehingga dengan komponen-komponen tersebut, diharapkan akan bertambahlah fans fans garis keras dari serial tersebut.
Dan, khusus untuk serial berjudul Record of Ragnarok ini. Melihat dari konsep awal alias plot awal dari saja, yang menceritakan tentang pertarungan antara manusia melawan para dewa-dewa dan sesembahan-sesembahan yang diambil dari berbagai kepercayaan dan agama populer di dunia. Mengindikasikan bahwa para kreator dari anime ini berusaha menyisipkan sebuah pesan yang seolah mengajak kita juga untuk turut menjernihkan pemikiran dan mengkritisi kebenaran kisah-kisah dan eksistensi para dewa-dewa alias sesembahan-sesembahan palsu yang selama ini dikenal di dalam kepercayaan dan agama agama populer di seluruh dunia.

Anime Islam Record of Ragnarok Shuumatsu no Valkyrie episode 1


Hal ini dipertegas di dalam salah satu episode dari anime ini tepatnya di episode 1, dimana diceritakan bahwa pertandingan pertama antara kaum manusia yang di wakilkan oleh Lu Bu melawan Kaum dewa yang diwakilkan oleh Thor akan segera dimulai.
Lalu, di sana terlihat sebuah adegan di mana seorang biksu, dengan khusuknya berdoa kepada Sang Buddha dan memohon sebuah perlindungan. Lalu, Brunhilde yang merupakan inisiator terselenggaranya pertarungan antara kaum manusia melawan dewa tersebut, melihat sang biksu itu berdoa kepada dewa yang akan mereka perangi. Memerintahkan sang biksu untuk menghentikan doanya dan mengatakan bahwa “musuh yang harus kita kalahkan adalah dewa yang ada di dalam doamu itu”

Episode 7 anime Record of Ragnarok

Namun anehnya adalah, seperti juga telah saya singgung di video saya sebelumnya yang berjudul anime record of ragnarok menghina agama Kristen dan Hindu. Di adegan selanjutnya, tepatnya di episode 7 diperlihatkan bahwa para umat manusia kompak menyatukan hati dan berdoa mengharapkan kemenangan buat Adam atas Zeus.Yang menjadi aneh adalah justru adegan tersebut tidak disanggah ataupun ditegur, baik oleh Brunhilde maupun para pembela kaum manusia lainnya. Yang menjadi aneh justru adegan ini diilustrasikan sebagai moment yang menghangatkan hati yang bermakna persatuan, alias Nakama. Seperti  yang biasa kita temui di dalam anime- anime bergenre Shounen.
Namun, jika kita sedikit lebih jauh kedua adegan yang saling bertolak belakang tersebut. Mungkinkah ini adalah sebuah pesan pesan yang  coba ingin disampaikan oleh sang kreator.Karena dari kedua adegan tersebut, mungkin sang kreator ingin mengatakan bahwa “Ketika seorang Biksu berdoa kepada Buddha, itu adalah sebuah kebodohan. Karena Buddha hanyalah sesembahan palsu, dan merupakan musuh yang mesti mereka perangi. Sedangkan ketika semua umat manusia berdoa untuk kemenangan bapak moyang mereka, manusia pertama di alam semesta yaitu Adam. Mereka semua alias para manusia tersebut sebenarnya sedang  berdoa kepada Tuhan yang sebenar benarnya Tuhan. Bukan kepada Tuhan-Tuhan dan sesembahan palsu seperti halnya sang Buddha, Zeus, Siwa dan lain lain.” Sehingga adegan tersebut semakin menguatkan pesan yang telah disampaikan di dalam plot awal dari anime ini, yaitu memerangi tuhan, sesembahan dan dewa dewa palsu yang disembah oleh manusia dalam berbagai kisah dan kepercayaan agama.Dan sebaliknya, di episode 7 tersebut, telah jelaslah bahwa Tuhan yang asli yang benar benar layak dianggap Tuhan adalah Allah yang maha Esa. Tidak ada satupun yang bisa menyamai dan menandingi kekuasaannya.

Dalil ajaran Islam

Yap, jika kita kembali menghubungkannya dengan ajaran Islam. Sudah bisa dipastikan bahwa pesan tersebut adalah ajaran Islam. Dan, bahkan bisa dikatakan hal tersebut adalah inti dari ajaran Islam yang sebenarnya, yaitu mengesakan Allah dan tidak menyekutukannya dengan segala sesuatu berbentuk apapun.
Seperti apa yang dikatakan dalam salah satu dalil yang mungkin sudah sangat familiar kita dengar, yaitu surat Al Ikhlas ayat 1-5 yang berbunyi

Katakanlah (Muhammad), "Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia."  (Al Ikhlas ayat 1-5)

dan dalam dalil lainnya juga dikatakan
“Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga", padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.”(Al-Maidah Ayat 73)

Selain itu,di dalam dalil salah satu hadis juga disebutkan

Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman,’Aku tidaklah butuh adanya tandingan-tandingan. Barangsiapa yang mengerjakan suatu amal dalam keadaan menyekutukan Aku dengan selain Aku, maka Aku akan meninggalkan dia dan perbuatan syiriknya itu.’” (HR. Muslim no. 7666)


So, kesimpulannya, apa yang ingin disampaikan oleh sang kreator dari serial anime ini adalah sesuai dengan ajaran Islam tentang ketauhidan dan kemurnian agama.
Ya, selain pesan ketauhidan yang sangat jelas digaungkan oleh anime ini. Ternyata ada juga beberapa adegan-adegan sekilas atau dalam bahasa kerennya adalah easter egg di dalam serial ini yang, bisa jadi mengambil dari ajaran Islam.

Misalnya, di episode 1 terdapat salah satu adegan, dimana ditampilkan seorang Dajjal bermata satu dan juga Iblis yang ternyata juga ikut asik menonton pertarungan antara manusia melawan dewa. Mereka duduk di sisi tribun yang berisikan para dewa-dewa lain dari berbagai kepercayaan. Lalu selain itu, ada juga adegan dimana diperlihatkan seseorang sedang sholat bangku penonton.Ya, walaupun adegan tersebut hanya bisa kita temui dalam manganya saja. Karena di dalam anime, adegan tersebut tidak di tampakkan.

Lalu, wasit yang memimpin pertarungan ini juga mengingatkan saya dengan salah satu malaikat dalam ajaran Islam yang bertugas meniup sangkakala, yaitu malaikat Israfil.
Dalam kepercayaan Nordik disebut Heimdall. Kenapa, bisa ada kesamaan tokoh antara cerita rakyat Nordik dengan ajaran Islam? Karena sebenarnya, semua mitologi dan ajaran agama di dunia ini terbentuk berdasarkan satu pohon besar yang sama dan lurus, yaitu ketauhidan. Hanya saja, karena pembangkangan manusia kepada perintah Allah, maka timbullah sebuah kemusyrikan yang ditandai dengan adanya pemujaan dan penciptaan kisah kisah dewa perdewaan yang mereka anggap, dapat menandingi kekuasaan Allah yang maha kuasa.

Oke, sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul ajaran Islam di dalam anime Record of Ragnarok.    Semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology

Anime Islam Record of Ragnarok Shuumatsu no Valkyrie

 

1 komentar:

  1. Entah kenapah gw ga suka ada plot yang dijelaskan di eps 5 tentang adam

    BalasHapus

Translate