Hot Article

Ajaran Islam Anime Dragon Ball Z : Lailatul Qadar

 

Ajaran Islam Anime Dragon Ball Z

Ajaran Islam Anime Dragon Ball Z : Lailatul Qadar - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul Ajaran Islam di dalam anime One Punch Man dan satu lagi topik yang berjudul kenapa puasa Ramadhan wajib menurut anime Hataraku Saibou Black? nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul Dragon Ball Z terinspirasi dari ajaran Islam?. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology. Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia.

Dragon Ball adalah salah satu serial anime dan manga bergenre shounen paling populer di dunia.
bahkan serial satu ini terbukti banyak menginspirasi para kreator creator manga populer lainnya seperti Eiichiro Oda yang menciptakan manga berjudul One Piece dan juga Masashi Kishimoto yang menciptakan manga Naruto.
Ya, manga Dragon Ball sendiri adalah termasuk manga jadul yang yang dikarang oleh seorang kreator manga bernama Akira Toriyama dan pertama kali terbit pada tahun 1984 di majalah Shonen Jump terbitan Shueisha.

animenya sendiri pertama kali mengudara pada tahun 1986 dan diproduksi oleh studio Toei Animation.

ya serial ini sendiri terbagi menjadi tiga bagian dengan judul yang berbeda-beda yaitu serial anime berjudul Dragon Ball Dragon Ball Z, Dragon Ball Kai dan yang terakhir adalah Dragon Ball Super, yang baru saja dirilis beberapa tahun yang lalu.

Ya seperti yang kita ketahui anime ini mengikuti kisah dari sang karakter utama dari anime ini yaitu yang bernama Son Goku atau kakarot,Dan diceritakan pula bahwa asal-usul dari Son Goku adalah makhluk yang berasal dari planet lain bernama planet Vegeta,dan ia juga merupakan seorang keturunan dari salah satu suku terkuat di dunia yaitu suku Saiyan.
Diceritakan pula bahwa Son Goku alias kakarot berusaha mencari 7 bola naga yang dapat mengabulkan semua permintaan dari orang yang mengumpulkannya.dan dari plot yang sederhana tersebut, dimulai petualangan Son Goku dan kawan-kawannya dalam mengumpulkan bola naga.Dan ia juga ia akhirnya menjadi pahlawan di alam semesta dari ancaman-ancaman pada makhluk-makhluk kuat dari semesta lain.

namun dari beberapa judul-judul dari manga dan anime yang telah saya sebutkan diatas.Menurut saya, Dragon Ball Z lah satu-satunya judul manga dan Anime Dragon Ball yang ceritanya bisa dikatakan cukup menarik.

Dragon Ball Z terbagi menjadi beberapa Saga plot cerita tersendiri, diantaranya adalah plot Tenkaichi Budokai, Saiyan Saga, Frieza Saga, Android Saga, Cell Saga dan Buu Saga.

ya diantara Saga Saga diatas, Cell Saga menurut saya adalah Saga yang bisa membuat penonton antusias. Karena di kisah ini yang main character dari serial ini yaitu Son Goku diceritakan telah menguasai salah satu teknik terkuat di dunia dari serial ini yaitu teknik bernama Super Saiyan.

dan Villain yang ditampilkan di Saga ini yaitu yang bernama Cell, terbilang sangatlah kuat dan overpower sehingga membuat alur cerita dari saga ini sangat menarik untuk diikuti.

Selain itu di saga ini juga kita pertama kali diperkenalkan dengan sebuah tempat yang bernama Hyperbolic Time Chamber,atau yang dalam bahasa Indonesia juga bisa diartikan sebagai ruang waktu dan jiwa.

Tepatnya di Anime Dragon Ball Z episode 153 atau chapter 32 dari manga Dragon Ball.
Diceritakan bahwa Cell sebagai villain utama dari anime ini telah mencapai mode perfect Cell, sehingga ia makin tidak dapat dikalahkan oleh siapapun.Akhirnyaa Goku dan Gohan diminta untuk memasuki sebuah tempat yang bernama Hyperbolic Time Chamber yang berada di langit ke-7.
Kenapa tempat ini menjadi istimewa?karena tempat ini sendiri adalah sebuah tempat latihan khusus yang berlokasi di Pulau Dewa.dijelaskan pula dalam serial ini bahwa 1 tahun di dalam tempat tersebut sama dengan 1 hari di bumi.dengan kata lain ada time skip waktu yang terjadi di tempat ini.

Selain itu tempat ini juga memiliki gaya gravitasi 10 kali lipat dibandingkan gaya gravitasi bumi, dan udaranya juga sangat padat serta suhunya berfluktuasi di dalam area ini semuanya terasa sangat berat.
jadi bisa dibayangkan Berapa banyak pahala yang dapat dikumpulkan jika kita beribadah di malam Lailatul Qadar
tak mengherankan jika akhirnya Goku dan kawan-kawan menggunakan area tempat ini sebagai tempat latihan mereka untuk meningkatkan kekuatan mereka berkali-kali lipat.
bisa dikatakan tempat ini adalah seperti halnya bonus stage yang ada di dalam sebuah permainan game.

namun jika kita berbicara tentang hubungannya antara bonus stage dan Hyperbolic Time Chamber ini dengan ajaran Islam, sepertinya sedikit sesuai dengan deskripsi ajaran Islam tentang Lailatul Qadar.
perbedaannya adalah jika hyperbolic time Chamber adalah tempatnya seseorang untuk mendapatkan kekuatan yang sangat besar dalam waktu singkat.
sedangkan Lailatul Qadar adalah tempatnya jika seseorang ingin mendapatkan pahala ibadah berkali-kali lipat dalam waktu singkat.

karena seperti yang kita sering dengar dalam ceramah ceramah maupun tausiah bahwa Lailatul Qadar dideskripsikan sebagai satu hari di mana jika seseorang beribadah di hari tersebut maka ia akan diganjar dengan pahala seperti halnya ia melakukan ibadah selama 1000 Bulan.

Seperti apa yang dikatakan dalam dalil AlQuran surat Al-Qadar ayat 1-5 yang berbunyi :

“Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur’an pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu ? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah melaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala urusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar” [Al-Qadar/97 : 1-5]


Yap, dari dalil di atas telah jelaslah bahwa beribadah di malam Laylaltul Qadar dikatakan lebih baik daripada beribadah selama seribu bulan.
 Ya, Jika di serial Dragon Ball Z dikatakan bahwa jika seseorang masuk ke dalam area hyperbolic time Chamber,dikatakan bahwa 1 tahun di area tersebut seperti satu hari di dunia nyata. maka Lailatul Qadar lebih hebat lagi, 1000 Bulan di hari itu, setara dengan 1 hari Lailatul Qadar di dunia nyata.

Ditambah lagi dengan bonus-bonus lainnya dari keberkahan bulan Ramadhan. Ya seperti yang diketahui, Lailatul Qadr salah satu hari di dalam bulan yang penuh berkah yaitu bulan Ramadhan.
Ya, bulan Ramadhan pada dasarnya adalah bulan yang penuh bonus pahala ibadah. Dan semua ibadah ibadah yang dilakukan di Bulan Ramadhan ini, akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah.
tak mengherankan jika banyak sekali orang-orang beriman yang memburu satu hari dalam bulan Ramadhan ini.
karena 1 hari Lailatul Qadar adalah tempat yang tepat untuk melatih seseorang untuk menjadi individu yang lebih baik lagi di masa depan.

Ya, walaupun begitu. Malam Lailatul Qadar tidak pernah disebutkan secara pasti waktu tepatnya. Rasulullah hanya memberikan clue-clue alias kisi kisi dan tanda tanda turunnya malam tersebut.
Salah satunya adalah terdapat dalam hadist di bawah ini

“Carilah di sepuluh hari terakhir, jika tidak mampu maka jangan sampai terluput tujuh hari sisanya” Hadits Riwayat Bukhari 4/221 dan Muslim 1165

Kesimpulannya, malam Lailatul Qadar turun pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Sebenarnya, banyak juga ciri ciri khusus yang terjadi di malam tersebut.
misalnya dalam beberapa hadis dikatakan bahwa, jika Lailatul Qadar turun, maka hari tersebut akan cerah namun sejuk dan masih banyak yang lainnya.
Namun, sebenarnya tanda tanda tersebut tetap saja masih bisa kita katakan samar. Karena, hari cerah dan sejuk bisa terjadi kapanpun.

Maka dari itu, kita tak perlu terlalu memperhatikan tanda tanda spesifik tersebut sebagai acuan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar.
Hal yang paling penting justru adalah,kesimpulannya.

Kesimpulannya, kita harus semakin giat beribadah di 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Bahkan jika ada waktu dan kondisi memungkinkan, kita bisa juga mengikuti i'tikaf di masjid selama 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Karena beri'tikaf alias berdiam diri di masjid adalah salah satu sunnah yang sangat dianjurkan Rasulullah SAW.dan dengan beri'tikaf kita menjadi lebih mudah mendapatkan hari tersebut.
Terakhir, semoga kita semua dapat mendapatkan malam Lailatul Qadar tersebut di bulan Ramadhan tahun ini, amiin.

Oke, sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul Dragon Ball Z terinspirasi dari ajaran Islam? semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah
berkumpulnya bagi para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology



Tidak ada komentar

Translate