Hot Article

Fullmetal Alchemist adalah Perang Agama Seluruh Dunia | Review Alur Cerita Anime

 

Fullmetal Alchemist adalah Perang Agama Seluruh Dunia

Fullmetal Alchemist adalah Perang Agama Seluruh Dunia -  Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang video yang berjudul Kenapa Dajjal selalu menjadi Villain di dalam anime dan satu lagi video yang berjudul Kenapa mempercayai ramalan diharamkan dalam Islam menurut anime occultic nine.  nah Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang anime berjudul Fullmetal Alchemist Brotherhood.maka dari itu judul video kali ini adalah berjudul anime Fullmetal Alchemist dan perang agama di seluruh dunia
 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology.dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para wibu wibu Barokah Di Seluruh Dunia.

Fullmetal Alchemist Brotherhood MyAnimeList

Fullmetal Alchemist Brotherhood bisa dibilang sebagai salah satu karya paling Epic dalam dunia per anime an.ini dibuktikan dengan ratingnya yang yang sangat tinggi di situs MyAnimeList dan menempati urutan nomor satu sebagai anime paling top di situs tersebut.

Fullmetal Alchemist Brotherhood Sinopsis

anime ini diangkat dari manga berjudul sama diciptakan oleh Hiromu Arakawa.

Fullmetall Alchemist sendiri diterbitkan di dalam majalah manga bernama Monthly Shonen Gangan sejak tahun 2002
ceritanya mengikuti dari 2 main character kita yang bernama Alphonse Elric dan Edward Elric. diceritakan bahwa mereka berdua kehilangan sebagian anggota tubuh mereka dan bahkan Alphonse sampai kehilangan seluruh tubuhnya Karena melakukan suatu praktek transmutasi jiwa demi menghidupkan kembali ibunya yang telah lama meninggal.
dalam ilmu alkemis diketahui bahwa praktik tersebut adalah sebuah hal yang tabu untuk dilakukan oleh manusia.

Alchemist adalah

alkemis sendiri adalah sebuah ilmu yang yang digunakan dengan prinsip hukum termodinamika.yaitu suatu benda dapat diubah menjadi benda lainnya dengan pertukaran yang sama.dengan kata lain sebuah materi yg bisa diubah menjadi bentuk materi lainnya dengan cara memasukkan ilmu Alchemy di dalamnya.

dan dalam hal ini 2 bersaudara tersebut menukarkan bagian tubuh mereka untuk menghidupkan Ibu mereka kembali.Tapi sayangnya semua itu gagal.

fullmetal alchemist brotherhood religion

tapi Tahukah kamu bahwa dalam anime ini ternyata banyak sekali pesan-pesan agama yang terkandung di dalamnya dan bukan hanya agama Islam saja tetapi seluruh agama populer di dunia.
Emang sih sang kreator dari anime dan manga ini bisa dikatakan sebagai orang yang serakah karena kalo kita amati baik baik, ternyata di dalam anime ini kita dapat menemukan banyal.sekali ciri ciri identitas dari semua agama-agama di dunia.diantaranya adalah agama Islam Kristen Yahudi Budha dan Hindu serta kelompok ateis.

oke kita mulai dari agama Islam terlebih dahulu,

karena agama Islam adalah agama nomor satu di dunia.
jika kalian perhatikan judul dari anime ini yaitu  Fullmetal Alchemist.ternyata alkemis sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu alkimia, yang berarti "mencetak bersama", Di masa lalu alkemis atau alkimia identik dengan seseorang yang mencampurkan sesuatu yang bersifat ritual-ritual mistis dengan sesuatu yang ilmiah.dalam perkembangannya ilmu-ilmu alkimia lebih mendekati kepada ilmu yang mengulas tentang hal-hal yang bersifat ilmiah dan filsafat serta mempengaruhi terhadap penemuan-penemuan zat-zat kimiawi.

maka tak heran jika di zaman dulu ada juga beberapa ulama-ulama zaman dahulu yang mengharamkan ilmu kimia karena di zaman dahulu ilmu kimia identik dengan ilmu sihir dan sebangsanya.

namun dengan bergulirnya waktu dan zaman,saat ini ilmu kimia tidak lagi  berakar pada ilmu yang terkait  yang ilmu gaib dan sihir, lebih tepatnya sekarang ilmu kimia lebih kepada ilmu yang mempelajari sesuatu material secara ilmiah.

Fullmetal Alchemist: Brotherhood Karakter Villain

Oke selanjutnya 

ada salah satu karakter dari anime Fullmetal Alchemist Brotherhood Ini yang merupakan anak dari King Bradley.la bernama Selim Bradley.seperti dikutip dalam laman Fandom Fullmetal Alchemist dikatakan bahwa nama Selim berasal dari Sultan dari kekhalifahan Turki Utsmani yang bernama Selim 1.Selam I sendiri berkuasa pada tahun 1512 hingga tahun 1520.yang merupakan Sultan ke-9 dari kekhalifahan Turki Usmani dan dia sangat dikenal sebagai seorang sultan yang berwatak keras dan tegas sehingga ia dijuluki sebagai yavuz Sultan atau berarti juga sultan yang keras.

selain itu juga di episode ke-40 dari anime ini,

diceritakan kisah flashback dari ayahnya Edward dan Alphonse tentang masa mudanya ketika iya baru mempelajari alkemis dari gurunya.Di sini diceritakan pula asal usul dari makhluk bernama homunculus pertama yang memiliki bentuk bulat dan bermata satu.Ya seperti yang telah saya katakan di video saya sebelumnya yang berjudul Kenapa Dajjal selalu menjadi Villain Anime?.homunculus pertama ini merupakan dalang dari semua kejahatan yang terjadi di dunia Fullmetal Alchemist alias Dajjal,karena selain berpenampilan seperti Dajjal,yaitu bermata satu. Ia juga memiliki visi yang sama dengab Dajjal, yaitu ingin menjadi Tuhan di dunia.

Selanjutnya kita beralih ke agama Yahudi Anime Fullmetal Alchemist

.di episode lainnya tepatnya di episode ke-26.Diceritakan  Edward,lim dan Envy terjebak dalam perutnya gluttony.  lalu Edward mendapatkan ide untuk keluar dari perut tersebut yaitu dengan cara membuka gerbang kebenaran dan men teleportasi dirinya dan yang lainnya untuk keluar dari tempat tersebut. Dan ketika masuk ke gerbang kebenaran terlihat pintu gerbang tersebut tertulis dengan jelas kata-kata adonai.adonai sendiri Merupakan salah satu nama dari tuhan Agama Yahudi.

menurut laman Wikipedia Kata "Adonai" adalah bentuk jamak dari kata "adon" yang berarti tuan, pemilik, penguasa dan junjungan. Dalam hubungannya dengan nama Allah, kata ini digunakan dalam bentuk jamak dengan diberi akhiran pemilik orang pertama tunggal dan secara harfiah berarti tuanku-tuanku. YHWH diucapkan adonai, yang berarti TUHAN.

 oke selanjutnya kita beralih kepembahasan agama Kristen

.tepatnya di episode ke-3 dari anime Fullmetal Alchemist Brotherhood diceritakan bahwa 2 main character kita yaitu Edward dan Alphonse tengah Mengunjungi sebuah daerah yang bernama Liore.di sana sedang berkembang yang namanya kepercayaan kepada pendeta Agung yang mengklaim diri bisa menghidupkan orang yang sudah mati.setelah ditelusuri ternyata ia hanyalah seorang penipu yang bekerjasama dengan villain utama dari anime ini itu homunculus.


yang kedua adalah Karakter Fullmetal Alchemist

di episode 42 dimana disebutkan bahwa nama-nama dari homonkulus yang merupakan villain utama dari anime ini ternyata diambil dari ajaran Kristen tentang 7 dosa besar manusia.ya itu sombong atau Pride,lalu nafsu atau Lust,Greed atau tamak,malas atau sloth,Rakus atau gluttony,. iri atau envy, dan wrath atau marah.
ini merupakan ajaran pokok dari aturan ajaran paus Katolik yang selalu diajarkan dalam khotbah khotbah gereja hingga saat ini.

lalu Selain itu juga 

ada agama Hindu yang disimbolkan oleh suku Ishval atau Ishvalan.ya gaya berbusana mereka dan penampilan dari pemuka agama mereka sangat mirip dengan orang-orang agama Hindu zaman dulu seperti halnya yang digambarkan kepada pribadi Mahatma Gandhi.lalu Mengapa orang-orang ishval bisa ditekan tinggal di sebuah gurun pasir yang tampak lebih mirip seperti daratan Arab pada dunia nyata.jika kita menilik dari sejarah lahirnya agama Hindu di dunia,agama Hindu sebenarnya adalah agama yang dibuat oleh suku Arya yang merupakan suku yang berasal dari daratan Iran dan sekitarnya.

Selanjutnya agama Buddha 

bisa disimbolkan pada Kerajaan xing yang berasal dari Cina.Ya walaupun simbol-simbol agamanya tidak terlalu dinampakkan dengan jelas,tetapi tujuan orang-orang asing ke daratan barat melewati gurun pasir yang dalam kehidupan nyata juga disebut jalur sutra yang melewati daratan Timur Tengah untuk mencari Keabadian.bisa disimpulkan merupakan akar dari kepercayaan mereka tentang reinkarnasi .ya reinkarnasi adalah sebuah kepercayaan bahwa manusia setelah mereka meninggal hidup kembali di di dunia sesuai dengan perbuatan mereka di kehidupan sebelumnya.jika di kehidupan sebelumnya mereka melakukan banyak dosa dan kesalahan.maka di kehidupan selanjutnya mereka akan terlahir sebagai sesuatu yang buruk seperti misalnya hewan atau tumbuhan.sedangkan,jika di kehidupan sebelumnya mereka melakukan perbuatan baik.maka di kehidupan selanjutnya mereka akan terlahir sebagai sesuatu yang baik Misalnya manusia atau bahkan bisa menjadi seorang Dewa. namun jelas orang-orang kaya seperti raja ataupun para penguasa bisa mengakali hukum tersebut dengan cara mencari kehidupan abadi di dunia.kan kata lain mereka tidak akan mati dan hidup kembali dalam kehidupan yang tak diduga tersebut

Tokoh Fullmetal Alchemist

Lalu bagaimana dengan sang karakter utama dari serial ini? Apakah mereka beragama? tidak.Iya mereka telah mengakui di beberapa episode bahwa mereka tidak mempercayai adanya Tuhan atau bisa disebut juga mereka ragu-ragu akan adanya eksistensi Tuhan.tetapi lucunya adalah di episode 11 dari anime ini,ketika mereka berkunjung di sebuah rumah yang merupakan rumah seorang mekanik terkenal Di daerah bernama rush Valley.di sana sang istri dari mekanik tersebut akan melahirkan bayi.dan karena elric bersaudara tersebut merasa cemas dengan keadaan genting tersebut,mereka pun berdoa kepada Tuhan agar memberi kelancaran kepada proses persalinan dari sang istri dari mekanik tersebut.

ya mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan Kesimpulannya adalah sang kreator dari anime fullmetal akan bisa ini sungguh sangat serakah karena dia memasukkan semua simbol-simbol agama dalam anime tersebut walaupun begitu senimannya sangat relevan dan sangat direkomendasikan untuk ditonton bagi kalian yang sangat suka dengan anime anime berat yang kaya akan pesan-pesan moral serta pesan pesan tersembunyi di dalamnya.

 oke sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul Fullmetal Alchemist Brotherhood dan perang seluruh agama di dunia semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para wibu-wibu Barokah di seluruh dunia berkat assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam hangat egagology

Fullmetal Alchemist adalah Perang Agama Seluruh Dunia | Review Alur Cerita Anime

Tidak ada komentar

Translate