Hot Article

Ajaran Islam dalam anime Demon Slayer/kimetsu no yaiba

 

 

Ajaran Islam dalam anime Demon Slayer/kimetsu no yaiba

ajaran Islam dalam anime Demon Slayer/kimetsu no yaiba - Di beberapa video Sebelumnya saya telah membahas tentang,  beberapa anime anime yang menyisipkan pesan pesan ajaran Islam dalam ceritanya. misalnya seperti dalam video kami yang berjudul ajaran Islam  dalam anime Attack on Titan dan   satu lagi video yang berjudul ajaran Islam yang terkandung  dalam anime Naruto.
 Nah, masih dalam topik yang sama yaitu ajaran Islam Yang tergantung dalam anime anime terkenal di Jepang dan seluruh dunia.  Kali ini anime yang akan kita bahas dan kupas, adalah mungkin sudah tidak asing bagi kalian yang mengaku sebagai seorang  wibu sejati . Yap ,yang kita bahas adalah ajaran Islam yang terkandung dalam anime berjudul Demon Slayer alias kimetsu no yaiba.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Bagaimana kabar kalian. Semoga masih  diberi kesehatan kesempatan dan kebahagiaan serta keceriaan sehingga masih bisa menyimak serta  menikmati  artikel artikel  berkualitas dari channel egagology.
Dan  tak henti hentinya saya selalu Mengingatkan untuk tetap  setia dan mensupport selalu channel egagology  ini   dengan  cara  like, subscribe dan share selalu video video berkualitas egagology ke grup chatting komunitas kalian.
 Mari kita kembangkan channel ini , agar bisa menjadi sebuah wadah berkumpulnya para wibu   wibu barokah di seluruh dunia.

Oke, seperti yang saya katakan pada pembukaan, di  atas,   hari ini kita akan membahas  tentang ajaran Islam yang terkandung dalam anime Demon Slayer atau dengan bahasa Jepangnya disebut juga kimetsu no Yaiba.
untuk kalian yang belum tahu, kimetsu No Yaiba, .Alias Demon Slayer adalah   sebuah   manga yang di  ditulis dan ilustrasikan oleh seorang Mangaka bernama koyoharu gotouge.
kisahnya sendiri mengikuti dari perjalanan seorang pembasmi iblis bernama kamado tanjirou.
  Diceritakan bahwa ia menjadi pembasmi iblis dikarenakan  sebuah tragedi  di mana keluarganya  dibantai oleh para iblis dan hanya menyisakan adik perempuannya yang telah berubah menjadi setengah manusia setengah iblis  . adiknya tersebut bernama nezuko.

Baca juga FAKTA MENGGEMPARKAN, Karakter Antagonis Anime Yang Sebenarnya Baik

 akhirnya kamado tanjiro yang selalu membawa adiknya kemanapun ia pergi  itu pun menjadi pembasmi iblis  dengan cara bergabung ke sebuah organisasi bawah tanah bernama Demon Slayer. dan dari sinilah petualangannya fi mulai. Di organisasi demon slayer ini pula ia  bertemu dengan teman teman sesama pembasmi iblis lainnya, Dan  di dalam organisasi ini pun juga ternyata ada tingkatan tingkatan atau pangkat tersendiri  yang semua itu dinilai dari tingkat kekuatan mereka menghadapi para iblis.

 Serial ini telah  diterbitkan sejak bulan Februari 2016 di majalah  bulanan weekly shonen Jump. dan  hingga tahun 2020 ini telah diterbitkan sebanyak 20 volume.

Dan serial ini pun telah diangkat menjadi serial anime pada tahun 2019 kemarin dan menjadi salah satu anime terbaik dan terpopuler di tahun 2019

Oke,setelah kalian  mengetahui apa itu yang namanya  serial Demon Slayer atau dengan bahasa Jepangnya juga disebut kimetsu no Yaiba ini, maka kita akan masuk ke dalam inti pembahasan kita kali ini.

Sebelum kita mulai, sebagai peringatan dan penekanan, bahwa fakta fakta tentang masuknya ajaran Islam dalam serial Demon Slayer ini saya dapatkan dari serial animenya,    karena saya sendiri  tidak pernah membaca    manga nya,  jadi saya belum terlalu tahu alur kelanjutan dari cerita serial ini. maka dari itu saya mengumpulkan fakta fakta ini dari serial anime yang telah berjalan sebanyak 26 episode

Oke langsung saja
Yang pertama kita buka dengan fakta bahwa suara Adzan  terselip di BGM atau soundtrack dari anime Demon Slayer alias kimetsu no Yaiba.  sebenarnya pembahasan ini telah  pernah saya mention pada  video saya sebelumnya yaitu video yang berjudul ternyata orang Jepang sangat menyukai yang namanya suara adzan.
  ya di video itu saya  sedikit menceritakan bagaimana  sebuah kasus di awal tahun 2020 ini dimana terdapat sebuah suara adzan  terselip di soundtrack atau BGM dari anime kimetsu no Yaiba ini.  suara adzan itu sendiri terselip tepatnya di BGM berjudul kamado tanjiro next place.
Namun pada akhirnya  kasus itu pun diselesaikan dengan cara yang yang lumayan elegan dan sangat sangat bijaksana. walaupun sebenarnya  kasus BGM ini sendiri banyak Mengundang  yang namanya pro dan kontra dari para penggemar penggemar anime di seluruh dunia.

Baca juga Jepang Bisa Maju,Karena Mabok Agama Lho

 
Yap, sebenarnya  hal ini emang menjadi pro kontra di tengah tengah masyarakat dan pada khususnya penggemar anime. namun tidak ada salahnya juga kan,jika saya memasukkan BGM Adzan ini sebagai bukti bahwa adanya suara adzan di anime kimetsu no Yaiba sebagai salah satu pesan atau   ajaran Islam yang terselip dalam anime Demon Slayer atau kimetsu no yaiba ini.

 yang kedua,Adalah hadis nabi yang disebutkan dalam dialog anime kimetsu no yaiba . Tepatnya pada episode 8 dimana kamado tanjiro bertemu pertama kali dengan  tamayo Dan Yushiro.

Diceritakan  bahwa sebenarnya  mereka berdua ini adalah  seorang iblis yang sedikit memiliki perbedaan dengan iblis pada umumnya. karena mereka  tidak memakan manusia dan sudah terlepas dari kutukan seorang Villain utama dari serial ini yaitu    kibutSuji Muzan.

 dalam serial ini disebutkan bahwa tamayo adalah seorang dokter yang hidup menyendiri di balik tembok jalan buntu persimpangan jalan.  Ia membuka klinik untuk mengobati para korban korban dari adanya tragedi perubahan iblis yang dilakukan oleh kibutSuji Muzan;. sedangkan Yoshiro sendiri adalah seorang iblis yang sebenarnya adalah hasil eksperimen dari seorang tamayo.   jadi disini dikatakan bahwa Tamayolah yang menciptakan Yoshiro sebagai seorang iblis.  Sebelum menjadi iblis,  Yushiro sendiri dikatakan sebagai seorang yang memiliki penyakit kronis sehingga, ia divonis tak akan lama lagi hidup di dunia ini. sehingga Tamayo pun memberikan pilihan agar Yushiro tetap bisa  hidup. Namun hidup dalam kehidupan baru, yaitu sebagai seorang iblis.
 dan diceritakan pula bahwa tamayo serta  Yoshiro bisa hidup tanpa memakan tubuh manusia Padahal mereka adalah seorang iblis karena mereka telah memanipulasi tubuh mereka sendiri sehingga mereka  bisa bertahan hidup tanpa memakan apapun dan tanpa memakan tumbal manusia hidup.Namun. sebagai gantinya mereka hanya diharuskan meminum sedikit saja darah manusia, namun hal itu bisa diakali atau dimanipulasi oleh mereka. mereka membeli darah atau sumbangan  donor darah dari orang orang miskin.
 pada saat itu tanjiro bertanya pada tamayo, Apakah seorang  manusia yang telah berubah menjadi iblis bisa dikembalikan lagi menjadi seorang manusia seutuhnya. atau dengan kata lain  bisa dikatakan, mengembalikan iblis menjadi manusia seperti sedia kala. dan di adegan ini  tamayo mengatakan dalam beberapa dialog, bahwa hal itu sangat mungkin terjadi dan sangat sangat bisa.
 dengan diiringi sebuah BGM yang sangat lembut dan enak didengar, ia  melanjutkan dengan mengatakan bahwa "segala sesuatu penyakit itu pasti ada obatnya .Dan segala sesuatu itu pasti ada cara untuk mengobatinya."

 setelah saya membaca kalimat dialog dialog dari anime kimetsu no Yaiba ini saya menjadi teringat dengan sebuah hadis   rasul yang mengatakan.
 dari Jabir Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda setiap penyakit ada obatnya apabila ditemukan obat yang tepat untuk suatu penyakit akan sembuh penyakit itu dengan izin Allah Azha wa Jalla Hadits Riwayat Bukhari

  dan dalam hadist lain juga Rasulullah bersabda Allah tidak akan menurunkan penyakit melainkan menurunkan Obatnya juga Hadits Riwayat Bukhari

 dan Ditambah lagi dengan sebuah riwayat dari musnad Imam Ahmad dan dari sahabat Usamah bin Zaid   menceritakan bahwa Aku pernah berada di samping Rasulullah, Lalu datanglah serombongan Arab Badui. Mereka bertanya, 'Wahai Rasulullah, bolehkah kami berobat?' Beliau menjawab, 'Iya, wahai para hamba Allah, berobatlah. Sebab, Allah  tidaklah meletakkan sebuah penyakit melainkan meletakkan pula obatnya, kecuali satu penyakit.' Mereka bertanya, 'Penyakit apa itu?' Beliau menjawab, 'Penyakit tua.'" (HR Ahmad).


 dari hadits hadits di atas dan dari  sebuah dialog sederhana  oleh salah  1 karakter penting dari  anime kimetsu no Yaiba, yaitu  tamayo ini.bisa disimpulkan bahwa,  sang kreator dari  serial ini mungkin terinspirasi dari hadis nabi.yang mungkin pernah ia dengar atau lihat sekilas di  Beberapa kesempatan,kali ya

Dan jika kalian mengatakan bahwa kata kata itu adalah kata yang biasa diucapkan oleh banyak orang... no no no no,  tidak. karena kata kata itu adalah kata kata yang  hanya bisa ditemukan dalam hadis hadis nabi, Tidak akan bisa kita temukan di sumber sumber lainnya. Sama halnya dengan sebuah hadis yang mengatakan Belajarlah hingga ke negeri Cina, kata kata Serius Ini bisa kita temukan hanya di hadis nabi dan tidak dapat kita temukan di sumber sumber lainnya.  sama seperti di negara barat sangat terkenal dengan yang namanya sebuah ungkapan yang biasa dikatakan oleh orang orang barat ketika membuat sebuah janji ya itu jika Tuhan menghendaki. kata kata ini berasal dari  ajaran Islam yang  membiasakan kita untuk mengatakan Insya Allah ketika berjanji kepada orang lain.

 karena sejatinya ajaran  ini tidak pernah diajarkan dalam agama agama, selain agama Islam.

Yang ketiga atau bisa dikatakan sebagai poin terakhir dari pembahasan kita  tentang ajaran Islam yang terkandung dalam anime kimetsu no Yaiba. bisa kalian lihat dalam ke 25 dari animenya, yaitu ketika flashback Dari salah satu karakter  sampingan dari anime   di ini ya itu   kanao.

 Diceritakan bahwa  kanao ini adalah seorang budak yang dibeli oleh, kakaknya salah satu   prajurit pilar dari organisasi Demon Slayer yaitu Shinobu kocho.
Ia.ditemukan secara tidak sengaja oleh kakaknya Shinobu kocho yang bernama kanae kocho ini di sebuah jembatan, ketika kanao sedang di jajakkan untuk di jual oleh keluarganya sendiri.
 Dan Karena  kasihan serta merasa tertarik dengan keimutan dari kanao.   akhirnya kanao  pun dibeli oleh kanae kocho, dan dibebaskan   serta diberikan pengarahan menjadi seorang prajurit alias dijadikan murid pribadi oleh  kanae kocho .
Hingga akhirnya kematian merenggut nyawa kanae, kanao pun akhirnya diambil alih oleh shinobu

 lalu Dimana letak  Islamnya, mungkin hal ini harus saya tekankan sedini mungkin  dengan kalian semua ya. Jadi apapun yang berhubungan  dengan pembebasan budak ataupun perbudakan dalam kisah kisah anime pastilah berhubungan  dengan ajaran Islam. Contohnya, tate no yuusha, magi, shoukoku no altair dan masih banyak yang lainnya.
 Kenapa saya bisa meng klaim dan mengatakan hal seperti itu?

 karena pada  sejarahnya, agama yang betul betul getol sekali membahas tentang perbudakan dan pembebasan perbudakan adalah  agama Islam.

 budaya Jepang sendiri hingga Perang Dunia ke 2 Masih menerapkan yang namanya perbudakan,  bahkan   pada perang dunia ke 2 pun. masih menerapkan yang namanya perbudakan seks untuk   para prajurit prajurit Jepang yang bertugas di wilayah wilayah Asia Tenggara dan Cina.


 sedangkan di barat, topik ini akan  sangat sangat tabu untuk dibicarakan . Dan kita tak boleh membicarakan tentang yang topik atau hal yang namanya  perbudakan. karena di barat perbudakan sangat identik dengan yang namanya   eksploitasi atau pemerasan terhadap Suatu kaum . dan juga identik dengan yang namanya penjajahan terhadap suatu negara dan etnis, seperti etnis kulit hitam  dan Indian yang dijadikan sebagai budak bagi orang orang Eropa pada zamannya.

 sedangkan dalam Islam diajarkan  bahwa para budak itu harus dibebaskan dengan cara dibeli dari tuan sebelumnya lalu  bebaskan menjadi manusia Merdeka  sesuai kodrat manusia seutuhnya.

   sejarah mencatat dengan sangat  betul bahwa, ada sebuah dinasti kerajaan yang pada asalnya merupakan sekumpulan para budak budak belian    dari para tuannya ,yang pada akhirnya dinasty tersebut berpindah kepada para budak budak budak budak tersebut
 ya sejarah itu adalah tentang sejarah dinasty Kesultanan  mamluk.


 bahkan sebelum mereka menjadi sebuah dinasti tersendiri, mereka dikenal sebagai tentara tentara tangguh penjaga kekhalifahan Abbasiyah. mereka diberi persenjataan. dan bahkan kekayaan mereka melebihi kekayaan para tuannya. padahal dalam kenyataannya mereka masih berstatus kan budak belian dari para Tuan tuannya.

 inilah alasan mengapa, Islam tidak secara tegas mengatur  untuk menghapuskan yang namanya perbudakan. tetapi   Islam mengatur tentang tata cara bagaimana mengurusi budak yang baik dan.   benar. sebagai contoh adalah Jika kamu memiliki budak, maka kamu harus memberikan makanan  sama dengan yang kamu makan, lalu  pakaian   yang sama dengan yang kamu pakai.
 lalu begitupun dengan harta benda dan yang lainnya. jadi Jika kamu memiliki mobil,  maka kamu pun harus memiliki mobil. Waduh tekor dah tuh?

Ya  mungkin Sekian dulu pembahasan kita tentang artikel yang berjudul berjudul pesan pesan Islam dalam anime kimetsu no Yaiba atau dalam bahasa Inggrisnya bisa  disebut juga dengan anime  Demon Slayer. hingga saat ini baru 3 poin itu saja pesan pesan yang bisa  saya dapatkan dari anime kimetsu no Yaiba,  ya kita berharap saja semoga  anime ini masih berlanjut ke season season berikutnya sehingga  makin banyak lagi  pesan pesan yang kita temukan  tentang ajaran agama Islam dari anime kimetsu no Yaiba ini

  dan terakhir jangan lupa juga like dan subscribe channel, ini, karena  like dan subscribe  kalian  sangat membantu  untuk mengembangkan channel Ini,  sehingga mungkin channel ini bisa menjadi wadah bagi para wibu-wibu barokah  di seluruh dunia.

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Salam hangat egagology

ajaran Islam dalam anime Demon Slayer/kimetsu no yaiba

Tidak ada komentar

Translate