Hot Article

ORANG JEPANG SUKA SEKALI SUARA ADZAN - egagology

 

 

ORANG JEPANG SUKA SEKALI SUARA ADZAN - egagology

ORANG JEPANG SUKA SEKALI SUARA ADZAN - Awal tahun 2020 ini, Jagat dunia  perwibuan Indonesia dan seluruh dunia dikejutkan dengan sebuah kasus terselip nya suara adzan di dalam musik latar atau  dalam bahasa lainnya juga disebut BGM  anime berjudul kimetsu no Yaiba. Jika kita runtut,Ternyata bukan kali ini saja kasus suara adzan terselip di musik latar  anime Jepang ini terjadi. Entah,Ada apa dengan Jepang dan ada apa dengan suara adzan? Sehingga, para komposer Anime bisa terinspirasi untuk  menambahkan suara ini dalam beberapa BGM Anime tersebut?maka dari itu kali ini saya akan    membeberkan beberapa fakta mengenai bahwa orang Jepang ternyata sangat menyukai suara adzan.

Seperti yang saya katakan pada pembukaan diatas. Faktanya, orang Jepang  seolah olah sangat menyukai yang namanya suara adzan.Banyak sekali kasus yang melibatkan orang Jepang dan suara Adzan.

Dalam dunia anime aja, hingga artikel ini diterbitkan.telah 2 kali tercatat, kasus terselipnya suara suara Adzan terdengar dalam BGM atau musik latar Anime. Selain anime Kimetsu no Yaiba atau yang dalam bahasa inggrisnya disebut dengan nama "demon slayer". Sebelumnya juga ada anime yang memakai Suara Adzan sebagai Musik latarnya. Anime itu berjudul Noragami Aragoto.

baca juga : Wanita Jepang,ternyata lebih Islami Daripada Yang Kita Kira

Walaupun, dalam BGM ini sebenarnya terasa sedikit parah dalam hal penyisipannya. Karena,suara adzan tersebut dibuat dengan cara  di mixing sedemikian rupa.Lalu pitchnya diganti menjadi lebih melengking layaknya suara vokal dalam musik Nightcore. Sehingga pada saat itu kasus ini dianggap sebagai sebuah pelecehan terhadap simbol agama Islam. Namun, yang membuat saya kagum adalah.Hal itu cepat-cepat diredam oleh  rumah produksi Yang menaungi anime ini.  dengan  cara mereka langsung menghapus  salah satu bagian dari BGM tersebut dan menariknya  penjualan dvd soundtracknya dari pasaran. Mereka juga dengan hati tulus Meminta maaf kepada pihak-pihak yang merasa tersinggung atas ketidaktahuan dan  kesalahpahaman yang terjadi tersebut.
ORANG JEPANG SUKA SEKALI SUARA ADZAN - egagology


 Lalu yang kedua seperti yang telah saya katakan sebelumnya, suara adzan terdengar dalam BGM atau musik latar dari anime kimetsu no Yaiba atau dalam bahasa Inggrisnya yang berarti Demon Slayer. Namun kali ini, suara adzan tidak di edit sama sekali tetapi justru lebih kepada dipotong-potong di beberapa bagian. Memang sebenarnya dalam animenya sendiri, Kita tidak akan dapat mendengar satu suara apapun yang menyerupai suara adzan. karena ternyata  BBM ini terpotong ke bagian tengahnya saja sebagai bagian dari pengiring  salah satu  anime populer ini.
 
 kasusnya sendiri terjadi ketika DVD soundtrack lengkap dari anime ini dijual di pasaran. dan hasilnya nya, BGM berjudul Kamado tanjiro to  next place  itu  diperlihatkan dalam versi fullnya. ternyata  di bagian intronya baru diketahui bahwa ada suara azan dalam bagian tersebut yang  dimuat secara terpotong-potong.

 Ya dari kasus pertama,Jepang mungkin telah sedikit belajar  untuk lebih baik dari sebelumnya. Karena seperti yang saya katakan di atas, dalam kasus BGM kedua.Mereka tidak mengeditnya sama sekali suara Adzan tersebut,hanya  saja Suara adzan itu terpotong potong di beberapa bagian. Hal ini menandakan, bahwa sebenarnya mereka sangat menginginkan BGM anime dimasukkan suara Adzan di dalamnya. Karena itulah, dalam kasus kedua, suara Adzannya tidak di mixing.Tetapi dibiarkan utuh apa adanya.Namun  hal ini ternyata tetap menjadi polemik dan tentu saja pro kontra di di tengah masyarakat, khususnya masyarakat negara-negara muslim penggemar anime alias dengan kata lain bisa dikatakan sebagai wibu Barokah. Mereka banyak  sekali mengecam BGM anime tersebut.

baca juga : Ajaran Islam yang tersembunyi dalam anime Attack On Titan | egagology


Namun,agi-lagi yang membuat  Saya   harus memberi aplaus kepada mereka adalah, mereka dengan gerak cepat langsung menarik semua DVD DVD BGM tersebut dan meminta maaf kepada seluruh umat Islam di seluruh dunia.

Pertanyaannya, Kenapa harus adzan? apakah masyarakat Jepang sangat begitu penasarannya dan sangat mengagumi suara adzan?Atau, malahan hal itu dilakukan hanya untuk meraih keuntungan? Atau malah tujuannya untuk menghina Islam?

  Akhirnya saya mencoba mencari dan meriset beberapa kata kunci di Google, Apakah benar orang-orang Jepang, sangat suka sekali dengan suara adzan? dan  hasil yang saya dapatkan cukup mengejutkan dan   sedikit di luar ekspektasi.

 Fakta riset mengatakan bahwa, ternyata ada beberapa kasus kasus yang dapat dijadikan bukti dan   kunci penting bahwa   klaim-klaim saya   tentang  kemungkinan bahwa orang Jepang  ternyata sangat suka sekali dengan suara azan bisa dikatakan terbukti benar.

 Misalnya nya, seperti dikutip dalam salah satu channel Creator YouTube bernama  Hazizul masdin . Ia menceritakan bahwa pada saat itu ada beberapa turis dari Jepang yang mengunjungi sebuah masjid di Malaysia.Beberapa turis itu terlihat sangat terpukau dengan lantunan suara Adzan yang memecah keheningan. Hingga  sesuatu yang menarik terjadi,   salah satu dari turis yang berasal dari Jepang itu  terlihat sangat terpukau dan sampai-sampai membuka mulutnya lebar-lebar, Karena rasa kekagumannya dengan suara adzan.

Di channel YouTube juga saya menemukan banyak sekali orang-orang yang mencoba melakukan sosial eksperimen kepada orang-orang Jepang dengan cara memperdengarkan suara adzan kepada mereka. dan tak jarang dari mereka juga yang mengatakan suara itu sangatlah indah dan menyentuh hati.

 Ya kalau kita membicarakan tentang adzan Emang sebenarnya, suara azan ini  selalu  membuat menarik perhatian bagi para orang-orang yang tidak terbiasa mendengarkannya. seperti dalam kasus   seorang anak perempuan non muslim yang berjalan-jalan ke Dubai. ketika siang hari, terdengar suara azan dari masjid masjid di Dubai. Dia yang mendengarkan itu seperti kebingungan dan merasa takjub dengan suara tersebut. Itu adalah suatu hal yang lumrah terjadi di pada orang-orang non muslim yang pertama kali mendengarkan adzan. Karena frekuensi adzan itu,  menurut saya sangatlah indah dan merdu.

 Kembali ke topik, satu kasus  yang bisa menjadi sebuah bukti bahwa sebenarnya orang-orang Jepang itu sangat menyukai yang namanya suara azan adalah. bisa dilihat dalam berita salah satu media daring bernama CNN indonesia.com.  Dikutip dari CNN indonesia.com dikatakan bahwa  seorang  wanita  Jepang bernama yasuko Morita   adalah seseorang yang sangat mencintai Indonesia dan telah tinggal di Indonesia selama 30 tahun.  Dan sekarang ia bekerja sebagai seorang guru bahasa Jepang di sebuah universitas di Jakarta.   Karena kecintaan yang luar biasa terhadap Indonesia, Ia diberi penghargaan sebagai seorang yang memperkuat hubungan antara kedua negara. Ketika diwawancara,dia mengatakan bahwa "pertama kali saya datang ke Indonesia Saya kagum sekali ketika mendengar kumandang adzan. Seketika itu saya jatuh cinta pada Indonesia “ kata  Morita kepada  CNN  Indonesia.

 Morita sendiri mengaku bahwa ia pertama kali ke Indonesia karena mengikuti suaminya nya .Dan saat ini  ia masih bekerja mengajar bahasa Jepang di Universitas Darma Persada.  kecintaannya dan kesetiaannya hingga saat ini terhadap Indonesia itu, ternyata Berawal dari  teriakan  suara adzan.

  Oke mungkin segitu saja dulu pembahasan kita tentang orang Jepang yang ternyata sangat menyukai suara adzan. semoga pembahasan ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga selalu  pantengin terus  pembahasan pembahasan menarik tentang  segala hal tentang anime,otaku dan wibu barokah hanya di  channel egagology. Dan jangan lupa juga untuk subscribe dan like video ini

 Akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh  Salam hangat egagology


 

Tidak ada komentar

Translate