Hot Article

Review Kanojo Mo Kanojo mengajarkan poligami

 

an

Review Kanojo Mo Kanojo mengajarkan poligami?

Review Kanojo Mo Kanojo mengajarkan poligami - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul Ajaran Islam di dalam Anime Serial Experiment Lain dan satu lagi topik yang berjudul Anime Islam Record of Ragnarok Shuumatsu no Valkyrie . Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul Ajaran Islam di dalam Anime tentang Poligami serta alasan kenapa Islam memperbolehkan poligami. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan, sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology. Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo-weeaboo barokah di seluruh dunia.
Akhir-akhir ini, jagat perwibuan di Indonesia kembali dihebohkan dengan salah satu judul anime romance comedy yang baru saja dirilis pada juli tahun ini, yaitu anime berjudul Kanojo mo Kanojo.
Anime ini cukup digemari, selain karena tema yang diusung adalah menceritakan tentang kehidupan di sekolah dan ditambah juga dengan bumbu genre harem serta comedy. Ternyata anime ini cukup menghebohkan karena dinilai menyisipkan salah  satu pesan dalam ajaran Islam, yaitu Poligami.
Hal ini lantaran, sang karakter utama dari anime ini yang bernama Mukai Naoya diceritakan mencintai 2 orang heroin yang memiliki sifat dan watak sangat berbeda yaitu yang bernama Saki dan Minase .Dan di ceritakan pula akhirnya Naoya berpacaran dengan keduanya.
Ya, anime ini memang anime Harem. Tak heran bila anime ini memiliki alur cerita yang memperlihatkan sang karakter utama cowok yang dikelilingi 2 dan bahkan 4 heroin sekaligus.
Sekedar info, harem sendiri di ambil dari sejarah Turki Ustmani. Dimana Harem adalah ruangan khusus bagi para permaisuri dan selir-selir Sultan tinggal. Dan,tempat itu sendiri memiliki fasilitas mewah seperti halnya istana kerajaan.
Oke, kita kembali ke masalah poligami, jika dilihat dari alur ceritanya sendiri. Sebenarnya menurut saya anime berjudul Kanojo Mo Kanojo ini tidak bisa dikatakan sebagai anime yang menyisipkan pesan tentang poligami, karena dari ceritanya sendiri sang karakter utama dan para heroin diceritakan memiliki hubungan pacaran. Sebuah status hubungan yang justru di haramkan dalam ajaran agama Islam.

Poligami adalah

Sedangkan poligami sendiri adalah sebuah hubungan pernikahan yang dikatakan telah sah baik secara negara maupun hanya secara agama, baik bagi istri tertua dan juga istri lainnya.

Review Kanojo Mo Kanojo mengajarkan poligami?

Dari segi ceritanya pun menurut saya anime ini sedikit lebay dan tidak masuk akal. Ya mungkin hal itu dikarenakan anime ini bergenre comedy harem. Karena sepengetahuan saya, kebanyakan anime bergenre itu, cuma bisa nonjolin fanservice aja dan secara kualitas cerita memang biasanya gak terlalu di perhatikan dan bukan menjadi sebuah nilai jual dari anime bergenre ini. Namun meski begitu, tetap saja menonton anime ini, yang saya rasakan justru adalah perasaan cringe, alih-alih tertawa karena menonton adegan lucu yang ditampilkannya.
Apalagi setelah saya melihat adegan di akhir dari episode 1 anime ini saja langsung di cerita yang menurut saya cukup aneh dan absurd. Dimana diceritakan akhirnya Naoya, Saki dan Minase tinggal bersama di rumah Naoya, seolah-olah mereka sudah benar-benar sudah menikah. Saki ditampilkan layaknya istri pertama, dan Minase ditampilkan layaknya seperti pembantu mereka. Dan anehnya lagi, Minase mau-mau aja di jadiin pembantu, dan Saki juga mau-mau aja tinggal bersama Naoya. Menonton anime ini, membuat saya merasa seperti layaknya menonton sinetron yang di tayangkan di salah satu tv swasta di Indonesia. Namun, bedanya adalah lebih kepada tingkat kejijikan, mungkin ya. Entah kenapa, ketika saya melihat muka Naoya, ada rasa timbul rasa jijik di hati saya.
Sebuah hal yang wajar jika akhirnya hingga video ini dibuat, anime Kanojo Mo Kanojo hanya mendapatkan rating sebesar 6.62 di situs Myanimelist. 

A Bride's Story Otoyomegatari

Berbicara tentang poligami, sebenarnya ada satu judul serial Manga yang menurut saya lebih pantas untuk bisa dikatakan terdapat pesan Islam tentang poligami di dalamnya, Ya, walaupun serial Manga ini belum diadaptasi menjadi serial anime. Namun, prestasinya dalam hal penjualan dan penerimaan, terbilang sangat sukses. Manga itu berjudul The Bride's Story atau dalam bahasa Jepangnya juga disebut Otoyomegatari.
Ya, manga yang di karang oleh seorang mangaka bernama Kaoru Mori ini,  memang mengambil setting di masa ketika suku-suku Mongol telah memeluk agama Islam.
Dan, seperti yang saya katakan di atas, manga ini cukup sukses secara komersial dan banyak meraih penghargaan diantaranya Prix Intergénérations ("Intergenerational Award") pada tahun 2012 di Angoulême International Comics Festival dan  7th Annual Manga Taishō Award pada tahun 2014.
Manganya sendiri berceritakan tentang seorang karakter bernama Amir, gadis cantik berumur 20 tahun yang berasal dari suku penunggang kuda yang menikahi seorang anak laki-laki berumur 12 tahun. Dari sanalah, kisah mereka di mulai.
Serial ini memiliki banyak sekali karakter pembantu, salah satunya adalah yang bernama Smith Henry yang diceritakan merupakan seorang peneliti budaya dari Inggris.
Di volume ke 7 tepatnya pada Chapter 36, Smith diceritakan sedang pergi meneliti di daerah dataran Persia atau Iran saat ini. Dan ia bertemu seorang penguasa kaya raya di daerah tersebut.
Sang istri dari pengusaha tersebut, yang bernama Anis diilustrasikan sebagai seorang istri yang kesepian dan merasa jenuh dengan semua fasilitas mewah yang memang khusus dipersiapkan oleh sang suami untuknya..
Untuk mengatasi kejenuhannya tersebut, suatu hari ia meminta izin kepada suaminya agar diperbolehkan pergi ke sebuah pemandian umum untuk sekedar mencari teman dan bersosialisasi. Akhirnya, ia pun pergi dengan ditemani pelayan pribadinya.
Disana, ia bertemu dengan seorang janda muda beranak satu yang baru saja ditinggal mati suaminya.
Setelah mendengar kisah dan kondisi yang dialami oleh teman barunya yang bernama Shirin itu. Karena prihatin, dan ditambah dengan keinginannya untuk memiliki teman dalam kehidupannya yang mewah tersebut. Anis pun meminta suaminya agar mau menikahi Shirin dan menjadikannya istri kedua.
Dari cerita Chapter 36-44 di manga volume ke 7 tersebut itu, sudah jelaslah bahwa manga ini menyisipkan pesan ajaran Islam tentang poligami yang benar-benar sesuai dengan apa yang diajarkan dalam agama Islam, tidak seperti apa yang di tampilkan dalam anime berjudul Kanojo Mo Kanojo. Dan yang lebih istimewanya lagi adalah, di alur cerita manga ini yang menyarankan untuk berpoligami justru adalah sang istri tua dari suaminya. Alasannya karena rasa empati dan persahabatan yang erat antara keduanya.
Bahkan di beberapa dialog dari manga inipun,disebutkan dengan jelas bahwa ajaran agama yang mereka anut memperbolehkan para pria untuk berpoligami hingga 4 orang Istri.

Dalil poligami

Ya, hal ini sesuai dengan ajaran Islam yang terkadung dalam Al-Qur’an surat An Nisa ayat 3 yang berbunyi

 Dan jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah perempuan (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Tetapi jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja, atau hamba sahaya perempuan yang kamu miliki. Yang demikian itu lebih dekat agar kamu tidak berbuat zalim.

Poligami membuat wanita bahagia menurut penelitian ilmiah

Ya, jika merujuk dari ilustrasi yang ditampilkan di dalam manga tersebut. Sebenarnya hal ini sangat sesuai dengan salah satu penelitian ilmiah, yang bisa jadi adalah salah satu alasan mengapa Islam memperbolehkan poligami.
Di kutip dari laman Haibunda.com, disebutkan bahwa a perilaku wanita dalam lingkungan bersosialisasi mereka. Wanita lebih suka berbicara, mengobrol dan bergosip di bandingkan pria.
Ya, di sana juga di sebutkan bahwa satu-satunya cara seorang wanita menyingkirkan masalah dari pikirannya adalah dengan membicarakannya. Karena itu, ketika wanita berbicara di penghujung hari, tujuannya untuk menyelesaikan masalah, bukan untuk menemukan kesimpulan atau solusi," tulis Pease dalam bukunya berjudul Why Men Don't Listen and Women Can't Read Maps.
Menurut Pease, membicarakan masalah harian adalah cara wanita untuk melindungi diri dari stres. Terlebih, membutuhkan dukungan dan kasih sayang.

Selain itu, Pease bilang, wanita menganggap waktu berdua dengan suami untuk senang-senang enggak asyik jika cuma duduk nonton TV. Bagi seorang wanita, bicara terus memiliki tujuan yang jelas untuk membangun hubungan dan berteman.
Permasalahannya adalah, menurut penelitian, pria lebih suka berdiam diri dibandingkan berbicara. Bahkan bisa di bilang, kaum pria sangat benci berbicara.
Menurut laman Liputan6.com, Pria hanya mengeluarkan 7000 kata sehari, selebihnya mereka lebih banyak berfikir dan bergumam dalam hati. Itu adalah cara Pria menyelesaikan permasalahannya.
Lalu, jika penelitian ilmiah mengatakan seperti itu, bagaimana cara menyelesaikan dan mencari jalan tengah dari permasalahan  ini. Ya, salah satunya adalah seperti apa yang diilustrasikan di dalam manga A Bride’s Story di atas, yaitu dengan cara berpoligami.

Karena dengan berpoligami, maka wanita akan bebas menyampaikan curhatan dan menyalurkan hobi mereka, yaitu berbicara. Bahkan, hingga pembicaraan yang bersifat privasi sekalipun. Tanpa harus mengusik suami mereka. Alhasil, mereka juga tak harus curhat di luar lingkungan rumah tangga, dan  keluarga. Dengan begitu, sebuah hubungan pernikahan pun akan lebih tentram dan bahagia.
Ya, itulah salah satu alasan mengapa Islam memperbolehkan yang namanya berpoligami.
Karena semua aturan dan ajaran Islam sangat sesuai dengan fakta ilmiah, dan semua itu ditujukan semata-mata untuk kebahagian para umatnya.
Oke, sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul  ajaran Islam di dalam anime tentang alasan mengapa Islam memperbolehkan poligami.
Semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology

Review Kanojo Mo Kanojo mengajarkan poligami

Tidak ada komentar