Hot Article

Ajaran Islam Di Dalam Anime Serial Experiment Lain

 


Ajaran Islam Di Dalam Anime Serial Experiment Lain

Ajaran Islam Di Dalam Anime Serial Experimet Lain - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul ajaran Islam di dalam anime Record of Ragnarok dan satu lagi topik yang berjudul review Record of Ragnarok menghina agama Kristen dan Hindu? Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul ajaran Islam di dalam anime Serial Experiment Lain. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan, sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology. Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo-weeaboo barokah di seluruh dunia
Ya, sesuai judul di atas, hari ini kita akan membahas tentang anime yang berjudul Serial Experiment Lain. Anime ini sendiri memang dikenal sebagai salah satu anime yang cukup sulit dicerna. Selain karena banyaknya istilah istilah asing di dalamnya, alur anime ini sendiri juga dibuat seolah berputar putar, sehingga siapapun yang menonton anime ini mungkin akan sedikit dibuat kebingungan dalam mengikuti dan mencerna alur cerita yang ingin di tampilkan di dalam anime ini.

Serial experiments lain review

Ya, anime Serial Experiment Lain ini sendiri memang bisa dikatakan sebagai salah satu anime jadul, karena anime ini pertama kali mengudara pada tahun 1998 dan diproduksi oleh studio anime bernama Triangle Staff, sehingga bisa dikatakan bahwa anime masih seangkatan dengan beberapa anime legendaris tahun 90-an lainnya seperti misalnya, Pokemon,Neon Evangelion, Coboy Bibop, Dragon Ball, dan lain lain.
Anime yang skenario aslinya ditulis oleh Chiaki J. Konaka dan disutradarai oleh RyÅ«tar Nakamura  ini, ternyata langsung membuat gempar publik Jepang, pada saat pertama kali perilisannya. Selain karena dari alur ceritanya,  anime ini menjadi viral karena menawarkan sebuah genre yang cukup berbeda dari anime- anime lainnya pada saat itu yaitu Psikologikal gelap experimental. Sekedar  info, memang ada juga beberapa anime dengan genre psikologikal yang dirilis pada saat itu,namun kebanyakan dari anime anime tersebut juga justru mengusung genre mecha dan petualangan shounen dibandingkan genre anime experimental. Selain itu, selain karena faktor genre. Anime ini mendapatkan cukup perhatian, juga dikarenakan endingnya yang bisa di bilang mengesankan, sehingga tak heran jika akhirnya, walaupun alur anime ini cukup bikin pusing , namun nyatanya anime ini tetap sukses menarik penonton setia.

Namun tahukah kamu,selain masalah alur yang berputar putar. Ternyata, salah satu alasan mengapa anime cukup membuat kita harus berfikir berat dalam mencernanya adalah karena anime ini banyak sekali menyisipkan beberapa pesan dan ilmu pengetahuan di dalamnya.Bahkan, ilmu yang terkandung di dalamnya pun mencakup dari berbagai bidang ilmu  seperti misalnya ilmu filsafat, agama, teknologi dan bahkan juga teori konspirasi bisa kita temukan di anime ini. Tak mengherankan juga jika akhirnya di dalam anime ini kita juga bisa menemukan beberapa pesan dan ilmu pengetahuan yang ternyata juga sedikit sesuai dengan ajaran Islam.

Ajaran Islam Di Dalam Anime Serial Experiment Lain Deus konsep ketuhanan

Salah satunya pesan yang paling disoroti di dalam anime ini adalah permasalahan tentang konsep ketuhanan dan beberapa pertanyaan dasar seperti misalnya, apakah Tuhan itu ada? dan dimanakah Tuhan berada?
Bahkan, kita juga dapat menemukan istilah-istilah asing seperti misalnya konsep Deus dan nubuat atau dalam bahasa lain juga bisa disebut juga sebagai sebuah ramalan yang berasal dari Tuhan.
Tepatnya di episode 5 dari anime ini, di mana di ceritakan bahwa Lain sedang berusaha menggali jati dirinya sendiri dan ia pun mendengarkan bisikan-bisikan beberapa orang yang berusaha menjelaskan tentang konsep dunia Wired, dimana Lain dilahirkan, juga relevansinya dengan konsep Deus dan nubuat.
Deus sendiri bisa diartikan sebagai Tuhan, Deus dalam konsep filsafat biasanya ditempatkan sebagai pemrogram alam semesta. Dengan kata lain, Tuhan adalah sang pencipta dari segala sistem dan hukum alam semesta. Dalam ilmu sains, sistem atau hukum alam disebut juga “ kausalitas” atau bisa dikatakan juga dengan istilah “hukum sebab akibat”. Kausalitas sendiri bisa dikatakan sebagai dasar dari segala ilmu sains. Sistem kerja kausalitas bisa diilustrasikan sebagai sebuah proses dimana sebuah kejadian bisa terjadi, karena adanya suatu sebab tertentu. 

Kausalitas

Sebagai contoh, jika baju dijemur bisa kering, disebabkan karena sinar matahari yang menguapkan air menjadi uap air.
JIka, sinar matahari tidak ada, maka baju tidak bisa kering.
karena, matahari dalam kasus ini adalah sebuah sebab dan baju yang mengering bisa merupakan contoh dari akibat.
Contoh lainnya misalnya, sebuah pena bisa jatuh ke bawah, disebabkan karena adanya gaya gravitasi bumi. Jika gaya  gravitasi tidak ada, maka pena tak akan jatuh ke bawah.
Dalam hal ini, gaya gravitasi bisa dikatakan sebagai sebuah sebab dan pena yang jatuh ke bawah adalah sebuah akibat.
Ya, hal tersebut di atas bisa di katakan sesuai dengan ajaran Islam tentang kekuasaan Allah dan sunnatullah. Dalam Islam sendiri, kausalitas adalah bagian dari sunnatullah alias ketetapan Allah. Selain, hukum sebab akibat, ada beberapa poin lainnya yang menjadi ketetapan mutlak dari Allah. Misalnya seperti, Allah selalu menciptakan makhluknya berpasang- pasangan,selalu adanya pergantian atau pergerakan dinamis, ada awal ada akhir, adanya keteraturan dan lain- lain.
Selain Deus, seperti yang telah saya katakan di atas. Di dalam anime ini juga sedikit di jelaskan juga tentang yang namanya ramalan dari Allah yaitu nubuat. Di dalam anime, nubuat sendiri dikatakan sebagai kekuatan dari Deus alias Tuhan yang dapat mempengaruhi kehidupan nyata.
Contoh-contoh nubuat dalam Islam adalah misalnya seperti kisah Yajuj dan Majuj,tanda tanda kiamat, kisah setelah kematian dan sebagainya.
Namun dalam Islam, bukan hanya nubuat saja dari kekuasan Allah yang dapat mempengaruhi atau mengintervensi kehidupan manusia. Di beberapa video saya sebelumnya, juga telah saya jelaskan.  Allah juga dapat mengintervensi kehidupan para makhluknya,jika mereka memintanya lewat do’a yang mereka panjatkan.
Allah biasanya akan mengintervensi seseorang lewat hidayah dan hati. Karena, seperti disebutkan dalam beberapa dalil, bahwa Allah berkuasa membolak balikkan hati seseorang.
Selain, do’a dan hidayah.  Allah juga berkuasa mengubah suatu kondisi alam semesta melalui efek domino. Efek ini biasanya akan menghasilkan sesuatu yang diluar kebiasaan, misalnya berupa Mukjizat yang diterima para Nabi-Nabi terdahulu, dan keajaiban- keajaiban alam semesta lainnya yang sulit dijelaskan oleh nalar orang awam.
Sekedar info, Allah hanya mau memberikan intervensinya di beberapa bidang yang telah saya sebutkan diatas saja, hal ini disebabkan karena sejatinya Allah sendiri telah  memberikan kepercayaan dan tanggung jawab kepada manusia. Dengan dikaruniainya mereka sebuah kemampuan yang dinamakan freewill alias kehendak bebas. Sehingga, untuk urusan membuat keputusan dan melangkah kan kaki ke masa depan. Allah tidak memberikan intervensinya, kecuali jika manusia itu sendiri yang meminta intervensi Allah lewat beberapa poin diatas. misalnya seperti hidayah dan do’a. Selebihnya,Allah hanya akan meminta pertanggung jawaban kita di hari akhir nanti terhadap karunia freewill alias kehendak bebas yang telah Allah berikan kepada kita.

 Anime Serial Experiment Lain episode 5

Selain di episode 5 yang membahas tentang Deus dan nubuat, ternyata di episode terakhir dari anime ini, kembali menyinggung tentang pertanyaan dasar tentang adanya keberadaan Tuhan.
Tepatnya di episode final dari anime ini yaitu episode 12, dimana diceritakan bahwa Lain bertanya kepada penciptanya yang mengklaim dirinya sendiri  sebagai Tuhan,yaitu Masami Eiri.
Lain mengatakan bahwa” di dalam dunia Wired, kau adalah Tuhan, tapi bagaimana sebelum wired diciptakan?”

Pertanyaan Lain tersebut seolah sesuai dengan apa yang dikatakan Aristoteles tentang konsep Prima causa. Jika kausalitas adalah prinsip sebab akibat yang membentuk sebuah kondisi. Maka, pasti akan ada sesuatu sebab dari segala sebab, sumber dari segala sumber daya yang mendukung sebab sebab lainnya. Yap, itulah yang dinamakan Prima causa alias sebab utama. Atau dengan kata lain, bisa juga disebut sebagai Tuhan.

Spesifikasi Tuhan

Dan, dari konsep tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa Tuhan haruslah satu. Karena, jika tidak satu, maka dia tidak pantas disebut sebagai Prima causa, sebab dari segala sebab, sumber dari segala sumber, Tuhan yang maha kuasa.
Bahkan dalam beberapa kesempatan juga pernah saya jelaskan bahwa, Tuhan memiliki spesifikasi khusus seperti misalnya Tuhan pastilah tidak memiliki bentuk,ukuran, asal-usul dan pencipta. Karena, yang termasuk di antara point tersebut pastilah hanya fiksi karangan manusia. Karena seperti kita ketahui, sebenarnya semua ciptaan manusia pastilah akan selalu meniru sesuatu yang telah ada sebelumnya. Misalkan, Pesawat terbang yang meniru burung, sepeda motor meniru kuda, kapal selam meniru paus dan lain sebagainya. Begitupun dengan Tuhan, selama Tuhan tidak termasuk dari konsep meniru, dan masuk kedalam spesifikasi Tuhan yang telah saya sebutkan di atas. Maka sangat mustahil untuk di katakan Tuhan itu tidak ada, dan juga sangat mustahil untuk dikatakan bahwa Tuhan adalah fiksi karangan manusia.
Sebaliknya,jika Tuhan menyerupai sesuatu yang telah ada di dunia ini,misalnya menyerupai manusia, setengah manusia setengah hewan dan tumbuhan, tidak maha kuasa dan hanya memiliki kekuasaan di satu bidang saja, apalagi jika Tuhan tersebut memiliki kelemahan. Maka sudah bisa dipastikan bahwa, Tuhan tersebut hanyalah fiksi karangan manusia
Oke, sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul ajaran Islam di dalam anime Serial Experiment Lain.    Semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology

Ajaran Islam Di Dalam Anime Serial Experiment Lain


Tidak ada komentar