Hot Article

Islam mengatasi Hikikomori

 


Islam mengatasi Hikikomori

Islam mengatasi Hikikomori - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul alasan Islam memperbolehkan poligami dan satu lagi topik yang berjudul ajaran Islam di dalam anime serial experiment Lain. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul Welcome to NHK: ajaran Islam menyembuhkan Hikikomori. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan, sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology. Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo-weeaboo barokah di seluruh dunia.

Welcome to the NHK novel

Oke, sesuai judul. Hari ini kita akan membahas tentang anime yang berjudul Welcome to NHK.Ya, anime ini  bisa dibilang masih termasuk sebagai anime yang cukup jadul ,karena Anime ini pertama kali mengudara pada tahun 2006.
Anime ini cukup unik, karena jika biasanya serial anime merupakan adaptasi dari serial  manga ataupun light novel. Namun berbeda dengan anime ini, anime ini justru merupakan anime yang diadaptasi dari sebuah novel karangan seorang novelis bernama Takimoto Tatsuhiko.

NHK ni Youkoso sinopsis

Ya,sesuai judul video ini, anime ini memang menceritakan tentang kehidupan seorang hikikomori berumur 22 tahun bernama Tatsuhiro Satou. Namun kehidupannya berubah ketika ia bertemu seorang remaja wanita berumur 17 tahun bernama Nakahara Misaki. Diceritakan bahwa Misaki bertekad menyelamatkan Sato dari lembah jurang hikikomori. Namun, Sato yang telah terjerumus dalam kenikmatan kehidupan sebagai hikikomori menolak ajakan Misaki tersebut dan justru membuat buat alasan bahwa ia adalah seorang programmer game yang bekerja di rumah. Karena alasan itu pulalah, Misaki akhirnya meminta bukti hasil game buatan Sato. Maka pada akhirnya Sato pun akhirnya terpaksa berusaha belajar membuat game.
Yap, menurut laman Fandom, tepatnya di bagian trivia, Novel ini memang terinspirasi langsung dari kehidupan nyata sang pengarang yang diketahui pernah terjebak di dalam kehidupan seorang hikikomori.
Setelah saya menonton 24 episode dari anime ini. Saya menjadi paham, mengapa anime ini mendapatkan rating sebesar 8.32 di situs MAL, sebuah rating yang luar biasa untuk sebuah anime yang merupakan adaptasi Novel.
Ya, menurut saya anime ini cukup sempurna. Karena dari segi cerita,karakter, musik dan kualitas gambar pun sangatlah bagus. Bahkan mungkin jika saya tidak meriset terlebih dahulu tentang anime ini, mungkin saya akan salah kira bahwa anime ini adalah anime baru.

Review Welcome to the NHK

Dari segi emosi dan konflik serta unsur komedinya pun sangat pas. Dan hal yang paling penting dari semua itu adalah, konflik dan jokes yang ditampilkan sangat relate dengan kehidupan orang dewasa di zaman sekarang.
Misalnya, seperti di salah satu episode dimana Sato yang putus asa dengan game online malah terjebak dengan iming-iming perusahaan MLM, hal ini sangat relate dengan kehidupan di zaman sekarang dimana banyak perusahaan yang menggaet pelanggannya dengan menggunakan sistem MLM.
Lalu, selain itu di salah satu episode, reaksi ketakutan Sato karena mengetahui bahwa ibunya akan berkunjung ke kontrakannya yang berantakan. Bener bener sangat relate dengan kehidupan anak kos, khususnya cowok, ketika mengetahui bahwa ibu mereka akan berkunjung. Endingnya juga bisa dikatakan sangat anti klimaks, namun walaupun begitu tujuan awal plot dari anime ini yaitu, keluarnya Sato dari penyakit hikikomori bisa dikatakan tercapai. So, kesimpulannya bisa dikatakan anime ini adalah anime paling nyata yang pernah saya tonton hingga saat ini.

Islam mengatasi Hikikomori dengan Sholat

Oke, kita kembali ke topik pembahasan kita yaitu tentang hikikomori. Jika kalian belum tau apa itu hikikomori hikikomori sendiri adalah sebuah penyakit mental dimana seseorang, karena alasan tertentu. Tidak berani untuk keluar dari rumah dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.
Dikutip dari laman Wikipedia, Menurut Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, definisi hikikomori adalah orang yang menolak untuk keluar dari rumah, dan mengisolasi diri mereka dari masyarakat dengan terus menerus berada di dalam rumah untuk satu periode yang melebihi enam bulan.
Namun, Menurut psikiater Tamaki Saitō, hikikomori  adalah "Sebuah keadaan yang menjadi masalah pada usia 20-an akhir, berupa mengurung diri sendiri di dalam rumah sendiri dan tidak ikut serta di dalam masyarakat selama enam bulan atau lebih, tetapi perilaku tersebut tampaknya tidak berasal dari masalah psikologis lainnya sebagai sumber utama.

Dalam sebuah jurnal digital bernama japantimes.co.jp, dikatakan bahwa sebanyak 13 ribu  jiwa penduduk Jepang saat ini mengalami yang namanya  hikikomori.
Menurut survei Kementerian Kesehatan di Jepang, 1,2 % penduduk Jepang pernah mengalami yang namanya hikikomori, 2,4%nya adalah berumur sekitar 20 hingga 40 tahun.
Dan, faktanya lagi adalah jumlah hikikomori dari kalangan pria 4 kali lebih besar dibandingkan jumlah hikikomori dari kalangan wanita.. Kebanyakan dari mereka juga adalah para pria lajang. Penelitian juga menemukan fakta bahwa, kebanyakan penderita hikikomori berasal dari kalangan berpendidikan tinggi.
Ya, fakta-fakta di atas menjadikan fenomena hikikomori menjadi   salah satu fenomena paling mengkhawatirkan di negara Jepang, selain  fenomena bunuh diri yang semakin meluas di negara tersebut.
Dan, fenomena hikikomori ini juga kini mulai menjangkiti beberapa kalangan remaja di Indonesia. Selain karena fasilitas saat ini yang serba dipermudah dengan adanya platform online berbasis internet, efek banyaknya serial serial anime, light Novel dan manga yang memuat tema tentang kehidupan seorang hikikomori juga  menjadi salah satu penyebab terjadinya tren tersebut.

Ya, bagi negara Jepang, permasalahan hikikomori bukan sebuah masalah sepele. Hikikomori menjadi salah satu di antara beberapa sisi gelap dan permasalah sosial di negara sakura tersebut, selain adanya permasalahan krisis SDM dan bunuh diri.
Namun jika negara Jepang adalah negara Islam yang menerapkan hukum Syariat Islam. Saya yakin, permasalahan ini akan sangat mudah teratasi. Karena Islam adalah solusi bagi segala permasalahan di alam semesta.
Ya, salah satu solusi yang bisa diterapkan untuk mengatasi permasalahan ini adalah aturan Islam tentang kewajiban pria sholat berjamaah di masjid.
Jika kalian pernah mendengar ceramah, kajian ataupun khotbah yang membahas tentang kewajiban shalat berjamaah bagi kaum pria Muslim.

contohnya seperti terdapat dalam dalil hadits berikut ini
“Demi jiwaku yang ada pada tangan-Nya, aku telah bermaksud memerintahkan untuk mengumpulkan kayu bakar, lalu dikumpulkan, kemudian aku memerintahkan adzan shalat untuk dikumandangkan. Lalu aku memerintahkan seseorang untuk mengimami orang-orang berjama’ah, kemudian aku mendatangi orang-orang yang tidak shalat berjama’ah lalu aku membakar rumah mereka.” (HR. Bukhari, no. 644 dan Muslim, no. 651)

Ya, dari dalil di atas telah jelaslah bahwa, Shalat berjamaah di Masjid bagi kaum pria bisa dihukumi sunnah muakkad, alias sunnah yang mendekati wajib alias harus dilakukan jika tidak ada halangan. Dengan kata lain, seorang pria Muslim diwajibkan keluar rumah sebanyak lima kali. Karena umat Muslim diwajibkan melakukan ritual sholat sebanyak 5 waktu.
Selain shalat berjamaah, seorang Muslim juga diwajibkan mencari nafkah, seperti apa yang dikatakan dalam salah satu dalil hadist yang berbunyi
Dari abu Hurairah, ia berkata: Pada saat kami bersama Rasulullah SAW, tiba-tiba muncul di hadapan kami, seorang pemuda dari lembah. Ketika kami terfokus kepadanya, kami berkata, “Semoga pemuda itu menjadikan kerajinannya, kepemudaanya, dan kekuatannya di jalan Allah. Rasulullah mendengar ucapan kami, lalu beliau bersabda: Apakah yang dinilai syahid hanya orang yang wafat di medan perang? Barangsiapa yang bekerja untuk kedua orang tuanya, maka dia dijalan Allah, barangsiapa yang bekerja untuk keluarganya maka ia di jalan Allah, barangsiapa bekerja hanya untuk memperbanyak harta maka dia di jalan syaitan.  Sungguh mulianya orang yang bekerja untuk memenuhi kehidupan keluarganya, jika ia mati dalam bekerja maka ia dinilai syahid.


Lalu pertanyaannya adalah , apa hubungannya dengan hikikomori di negara Jepang? dikutip dari detikhealth, hikikomori adalah penyakit mental yang dipicu karena sebuah gangguan kecemasan, depresi dan rasa trauma berbaur dengan kehidupan sosial dan kerumunan.
Hal ini bisa jadi terjadi karena dipengaruhi  gaya hidup orang Jepang yang terlalu individualistik dan eksklusif terhadap orang asing di sekitarnya.
Namun jika kita menonton anime welcome to NHK. Tepatnya di episode 23, justru bisa ditarik kesimpulan bahwa seseorang tidak akan menjadi hikikomori jika ia diberikan sebuah kewajiban yang mengharuskan ia keluar rumah dan bersosialisasi.

Di episode 23 ini sendiri diceritakan bahwa Sato akhirnya bisa sembuh dari penyakit hikikomorinya karena ada sesuatu keadaan yang memaksanya keluar rumah dan bekerja.

So, bisa ditarik kesimpulan bahwa, jika seseorang beragama Islam dan ia taat menjalankan ajaran tersebut. Maka Insya Allah, tidak akan ada yang namanya penyakit aneh seperti halnya hikikomori, ataupun permasalahan sosial lainnya seperti krisis sdm, bunuh diri dll.
Karena, semua permasalahan tersebut terjadi karena kebanyakan orang tidak menjalankan ajaran Islam dengan sebenar-benarnya.
Dari pemaparan di atas, hal ini menjadi masuk akal mengapa ajaran Islam tentang kewajiban bekerja dan sholat berjamaah menjadi solusi bagi permasalahan hikikomori. Karena dengan adanya sebuah kewajiban yang mengharuskan seseorang untuk keluar dan bersosialisasi di lingkungan sekitarnya. Hal itu secara tidak langsung akan memaksa seseorang untuk sembuh dari penyakit mental yang disebut hikikomori tersebut
Oke, sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul  ajaran Islam dapat mengatasi hikikomori ft welcome to NHK.Semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology

Tidak ada komentar