Hot Article

Fungsi Berdoa Kepada Allah menurut Anime Re Creators

 


Fungsi Berdoa Kepada Allah menurut Anime Re Creators 

Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul anime Tonikaku Kawaii dan pernikahan dalam Islam dan satu lagi topik yang berjudul kenapa puasa ramadhan wajib menurut anime hataraku saibou black? nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul fungsi berdoa kepada Allah menurut anime Re-Creator
oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology. dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia.

Ya, video kali ini sendiri adalah kelanjutan dari video kita sebelumnya yang membahas tentang anime Re-Creator dan pesan-pesan Islam yang terkandung di dalamnya.
Jika sebelumnya kita telah membahas panjang lebar tentang alasan mengapa Allah menguji manusia,ternyata alasannya adalah karena Allah ingin menjadikan manusia sebagai pahlawan di dunia ini. Selain itu juga kita telah membahas tentang salah satu penggalan ayat AlQuran yang disinggung di dalam dialog dari anime Re-Creator ini.
Nah di video kali ini, kita akan berfokus membahas tentang fungsi doa dalam agama islam menurut anime Re-Creator dan satu lagi adalah tentang fungsi takdir Allah menurut anime Re-Creator.

Ya, jika kalian belum menonton video sebelumnya dan juga belum mengetahui sama sekali informasi tentang apa itu anime Re-Creator?

Anime Re Creatoir adalah

Re-Creator sendiri adalah sebuah anime yang pertama kali mengudara pada tahun 2017 dan diproduksi oleh studio troyca.
anime  ini adalah sebuah anime yang diadaptasi dari manga berjudul sama yang diciptakan oleh pengarang manga bernama Daiki Kase.Manganya diterbitkan oleh salah satu perusahaan penerbit manga terbesar di dunia yaitu shogakukan dan telah terbit sebanyak 6 volume buku manga .

Alur cerita anime Re Creator

Ya, ceritanya sendiri menceritakan tentang beberapa karakter komik,anime, game dan light novel populer yang masuk ke dalam dunia manusia.
Lalu hal itu menjadi gawat, karena beberapa dari karakter-karakter yang masuk ke dalam dunia manusia tersebut, berencana untuk menghancurkan dunia manusia dan memilih tinggal di dalamnya. Dan mereka pun tidak mau kembali ke dunia mereka masing-masing.


Ya, seperti yang telah saya sebutkan diatas dan juga telah saya jelaskan di video saya sebelumnya bahwa anime ini ternyata banyak sekali menyisipkan pesan-pesan Islam yang di dalamnya.
Selain permasalahan ujian di dunia dan tentang salah satu ayat AlQuran yang disinggung di dalam anime ini. Ternyata ada beberapa pesan Islam lainnya di dalam anime ini.

Alur cerita anime Re Creator episode18

Salah satunya adalah bisa kita lihat di episode ke-18 di mana Blitz, salah satu karakter anime ini akhirnya bertemu dengan  sang kreator dari dunianya yaitu Suruga Shunma. Dan ia pun mengeluhkan beberapa hal pada penciptanya tersebut. Diantaranya adalah ,mengapa ia menciptakan dunianya penuh dengan pembunuhan dan peperangan, serta yang paling penting adalah mengapa sang kreator dari dunianya tersebut menciptakan cerita di mana ia akhirnya dengan terpaksa harus membunuh anaknya sendiri?

Dan seperti bisa ditebak, sang kreator menjawab pertanyaan tersebut dengan mengatakan bahwa ia menciptakan cerita seperti itu adalah karena  cerita yang menarik.

Namun poin penting dari adegan ini adalah, di mana Suruga sebagai sang kreator dari serial, alias dunia tempat Blitz berasal tersebut.
Akhirnya menghidupkan kembali anak Blitz dari kematiannya.dengan cara, ia menciptakan sebuah cerita plot twist dimana anaknya tersebut bisa dihidupkan kembali dengan bantuan sihir yang dimiliki oleh Meteora. Dan setelah itu,Sugura pun dengan sombongnya mengatakan bahwa akulah penciptamu.

Dan, karena cerita yang dibuatnya tersebutlah, akhirnya Blitz percaya bahwa Suruga memang benar benar punya kuasa untuk mengubah kisah hidupnya.
Dari ilustrasi tersebut, jika kita hubungkan hal itu dengan kehidupan nyata kita. Sebenarnya hal itu sesuai dengan apa yang diajarkan dalam Islam tentang Doa dan takdir kehidupan manusia .

Di adegan ini, sepertinya sang kreator dari serial ini ingin berusaha  menjelaskan tentang, apa sebenarnya fungsi doa yang selama ini kita panjatkan kepada Allah?Ya, fungsi doa adalah untuk mengubah takdir Manusia.  Dimana seperti yang kita ketahui bahwa takdir hanyalah milik Allah. Ya walaupun dalam Islam juga kita mengenal yang namanya Qada alias takdir yang tidak bisa diubah sama sekali.  Dikatakan tidak bisa diubah karena takdir jenis ini sendiri adalah takdir yang telah tercatat jauh sebelum manusia dilahirkan ke dunia ini.Contohnya adalah seperti kematian,jatah rezeki kepada setiap individu dari dia lahir hingga menjelang kematiannya,dan yang terakhir adalah jodoh baik itu di dunia maupun di akhirat.

Namun,selain itu juga kita mengenal yang namanya qadar yaitu takdir yang bisa diubah oleh makhluk.caranya adalah dengan berbagai cara misalnya seperti berikhtiar dan berdoa kepada Allah.

Lalu,bagaimanakah Allah dapat mengabulkan doa-doa manusia padahal di dunia ini telah ada sebuah sistem bernama kausalitas alias hukum sebab akibat atau disebut juga sunnatullah
Ya, semua itu bisa dilakukan,karena Allah maha kuasa.
ya Allah dengan mudah merubah takdir seseorang dengan cara membolak balikan hati seseorang.
Sebagai contoh,Allah dengan sangat mudah bisa mengerakkan seseorang lewat hatinya untuk menolong orang lain yang kesusahan, hanya karena ia berdoa kepada Allah. Namun di balik terkabulnya doa,tentu kita di tuntut untuk menjalankan kewajiban kita sebagai makhluk. Yaitu beribadah,lalu  yakin seyakin-yakinnya atas kuasa Allah dan yakin bahwa doa kita akan terkabul serta yang paling penting adalah kita harus tetap berprasangka baik kepada Allah.karena jika kita tidak yakin dan tidak berprasangka baik kepada Allah maka Allah pun tidak akan mengabulkan doa kita dan tidak akan berprasangka baik kepada kita.hal itu sudah menjadi sistem baku dari sebuah doa.

Alur cerita anime Re Creator episode19

berbicara tentang takdir ternyata  di episode ke-19 dari anime Re-Creator ini juga,anime ini masih berusaha mengajarkan kita tentang apa itu sebenarnya yang dinamakan takdir dan kekuasaan Allah.pesan pesan tersembunyi tersebut bisa kita lihat dalam dialog antara beberapa karakter dari anime ini yang bernama Yuya dan Shou,dimana Shou mengatakan bahwa bukankah yang harusnya kita bunuh adalah sang pencipta tersebut. karena sang pencipta adalah Biang Kerok dari semua permasalahandi dunia ini.namun Yuya mengatakan justru yang harus kita bunuh adalah orang yang menipu kita yaitu sanksi lain utama dari serial mereka.sang pencipta hanyalah seorang yang menciptakan takdir dari serial yang telah dibuatnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan apa yang harus kita hukum dan kita salahkan.
Ya dialog ini sepertinya sedikit menampar argumen orang-orang di luar sana yang banyak sekali mengeluhkan akan adanya takdir yang menurut mereka sangat kejam dan tidak adil.
makan mereka dengan berani dan sombongnya menyalahkan Allah atas semua yang terjadi terhadap nasib mereka.padahal semua yang yang terjadi di dunia ini adalah hasil dan buah dari kesalahan kita sendiri.

Seperti yang disebutkan dalam Al Quran Surat Asyura ayat 30 yang berbunyi:

"Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syura: 30).


Allah hanya menciptakan takdir sebab dan akibat,sedangkan yang menjalankan sebab akibat tersebut adalah kita sendiri.maka, apa yang terjadi dan kesialan yang terjadi kepada kita hanya bisa kita terima dengan dua pilihan yaitu bisa itu sebagai sebuah teguran atau bisa juga itu sebagai sebuah ujian karena selain suka menegur hamba-hambanya, Allah juga sangat suka sekali menguji hamba-hambanya.

Dan sikap yang harus kita ambil dalam menghadapi ujian dan takdir yang tidak sesuai harapan kita adalah dengan cara tidak berputus asa dan bersabar.bersabar dalam hal ini tidak berarti diam menunggu keajaiban Tetapi lebih kepada move on dari kesedihan dan bangkit membuka lembaran baru menuju masa depan yang cerah.
Karena disetiap kesulitan pasti ada kemudahan.dan dibalik orang-orang yang bersabar Allah selalu berpihak kepada mereka

Seperti yang tertulis dalam dalil Alquran yang berbunyi.

Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan."(Al-Insyirah: 5-6).


dan di dalam Alquran QS. Al-Anfal Ayat 46 yang berbunyi

Dan taatilah Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berselisih, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan kekuatanmu hilang dan bersabarlah. Sungguh, Allah beserta orang-orang sabar.


 
oke, sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul fungsi berdoa kepada Allah menurut anime recreator. semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology


Fungsi Berdoa Kepada Allah menurut Anime Re Creators

Tidak ada komentar

Translate