Hot Article

Tonikaku Kawaii dan pernikahan dalam Islam

 


Tonikaku Kawaii dan pernikahan dalam Islam

Tonikaku Kawaii dan pernikahan dalam Islam - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul cara memberantas terorisme menurut anime Naruto dan satu lagi topik yang berjudul anime One punch Man dan Islam sebagai solusi bagi Jepang, Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul anime Tonikaku Kawaii dan pernikahan dalam Islam.
Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology.

Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para Weeaboo Weeaboo Barokah Di Seluruh Dunia.

Tonikaku Kawaii

Anime Tonikaku Kawaii atau yang dalam versi bahasa inggrisnya berjudul Fly Me to the Moon ini adalah sebuah anime yang diproduksi oleh studio anime bernama Seven Arcs. Animenya sendiri merupakan sebuah adaptasi dari manga berjudul sama terbitan salah satu perusahaan penerbit manga terbesar di dunia yaitu Shogakukan. Animenya sendiri bisa dibilang sebagai anime yang masih cukup baru, karena baru dirilis pada tahun 2020 kemarin.
Sekedar info, saya sendiri baru mengetahui judul anime ini beberapa hari yang lalu. Selain karena anime ini masih baru, genre yang ditawarkannya pun sebenarnya bukanlah genre yang cukup populer di kalangan penggemar anime, yaitu genre drama romantis. Ya genre ini, secara popularitas bisa dikatakan kalah, dibandingkan dengan judul judul anime populer bergenre shonen.
Dan setelah saya menonton beberapa episode dari anime ini, saya cukup terkejut dengan konsep ceritanya yang lumayan unik dan mungkin bisa dibilang agak sedikit aneh. Karena di episode pertama saja, kita langsung di buat terkejut dengan adegan sang main character yang bernama Nasa Yuzaki, tiba-tiba melamar seorang cewek yang baru saja ditemuinya di jalanan, bernama Tsukasa. Lalu Tsukasa pun berjanji akan menikahinya Nasa, setelah itu ia pergi berlalu begitu saja. Setelah beberapa tahun kemudian, mereka akhirnya benar-benar menikah. Padahal mereka baru bertemu 2 kali, dan pertemuan itu pun adalah pertemuan kedua mereka, setelah berpisah sekian lama di pertemuan pertama.

tonikaku kawaii eps 1

Setelah kisah pertemuan yang unik di episode ke-1 itu, Di episode episode selanjutnya, anime ini memang lebih banyak dan lebih fokus menceritakan tentang keseharian dan kehidupan lucu antara dua orang pasangan muda yang bahkan belum cukup umur tersebut setelah mereka menikah. Dan bagaimana kisah-kisah kecanggungan mereka sebagai pasangan suami istri yang berusaha untuk membangun rumah tangga yang berkesan dalam kehidupan mereka.
Adegan-adegan lucu banyak terjadi di anime Ini.

Sinopsis Tonikaku Kawaii

Diceritakan bahwa setelah mereka sah menjadi suami istri, sang karakter utama yaitu Nasa Yuzaki merasa malu dan canggung dengan fakta bahwa ia telah memiliki istri sebagai pasangan hidupnya yaitu seorang wanita cantik bernama Yuzaki Tsukasa. sehingga di anime ini seakan-akan mereka berdua terlihat bukan sebagai suami istri seperti biasanya, Tetapi lebih kepada seperti dua orang asing yang tinggal di satu rumah. Dan yang lebih lucu adalah mereka pun tidur di tempat tidur masing-masing.

Konsep PERNIKAHAN dalam Islam

Kalau kita hubungkan adegan-adegan di anime ini dengan ajaran Islam, sepertinya anime ini memang memiliki imajinasi seperti apa yang diajarkan dalam agama Islam tentang konsep pacaran setelah menikah dan konsep pernikahan dalam Islam itu sendiri.
Salah satu yang saya soroti di sini adalah tentang pernikahan yang dilakukan oleh mereka berdua. Di mana, pernikahan yang dilakukan oleh Nasa Yuzaki ini, tidak terlalu dirayakan dengan bermewah-mewahan, resepsi megah ataupun perayaan perayaan lainnya yang banyak menghabiskan biaya, dana dan modal pernikahan.

Sinopsis Tonikaku Kawaii

Namun, justru karena hal itulah. Saya menjadi lebih terkesan dengan anime ini. Dimana diceritakan bahwa  mereka menikah hanya dilakukan di kantor catatan sipil Jepang. Lalu setelah nama mereka tercatat sebagai suami istri dalam pernikahan tersebut. Mereka hanya diberi sebuah bunga kecil sebagai hadiah pernikahan oleh petugas pernikahan tersebut.
Dan setelah itu akhirnya mereka pun kembali ke rumah Yuzaki seperti biasa saja. Namun dibalik itu, mungkin momen tersebut adalah sebuah hal yang sangat berkesan dan berharga bagi mereka. Karena itu adalah pertama kalinya mereka memiliki pengalaman melakukan pernikahan, walaupun hanya sederhana.

Bandingkan dengan pernikahan-pernikahan yang terjadi di sekitar kita. Biasanya pesta pernikahan selalu identik dengan pernikahan yang mewah, menyewa gedung, menyewa tenda ditambah dengan musik-musik yang menggelegar dan ramai. Lalu makanan yang disediakan nya pun biasanya adalah makanan yang spesial dan bahkan tak jarang juga makanan yang di sediakan adalah makanan mewah. Begitulah biasanya yang terjadi ketika seseorang melakukan prosesi pernikahan.

Ya, sebenarnya semua hal itu, tidak menjadi masalah. Jika mereka yang membuat pesta itu, memiliki uang yang cukup atau bahkan lebih, untuk merayakan pernikahan tersebut. Bisa jadi ia juga adalah orang kaya, orang yang berkecukupan ataupun seorang konglomerat.
Namun dilain sisi, ada juga beberapa kasus orang orang diluar sana, yang hanya demi melangsungkan pernikahan yang mewah dan megah. Mereka rela meminjam uang dan menggadaikan segalanya, hanya untuk mendapatkan pengakuan dari para tetangga, keluarga dan kerabat.

Jika dilihat dari sudut pandang mainstream dan anti mainstream, sebenarnya proses pernikahan yang menggunakan adat dan pesta pesta yang meriah serta mewah seperti itu, sebenarnya sedikit terlalu mainstream dan tidak mengikuti zaman.
Menurut saya, sekarang ini adalah zamannya pernikahan dengan sesuatu yang sederhana, tidak terlalu bermewah-mewahan ataupun terlalu meriah. Bukankah, hal yang paling penting dari pernikahan itu justru adalah kesakralan dari proses pernikahan tersebut. Bukan, hal hal lainnya yang hanya bersifat sebagai perayaan yang bertujuan untuk dipamerkan kepada orang lain.

Bahkan di sosial media pun, ada sebuah pernikahan yang viral karena hanya menggunakan mahar sepasang sandal jepit yang diserahkan kepada sang mempelai wanita. hal ini menjadi viral, karena hal itu bisa dikatakan anti mainstream. dan pastinya banyak yang berdecak kagum dengan sang mempelai wanita karena ia rela dan mau memudahkan maharnya demi cintanya kepada sang calon suami yang ingin dinikahinya.


Dalam ajaran islam pun dikatakan seperti itu, itulah mengapa apa yang diilustrasikan dalam anime tonikaku kawaii ini sesuai dengan ajaran Islam tentang pernikahan.
Seperti yang dikatakan dalam dalil hadits yang berbunyi

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


‘Sebaik-baik pernikahan ialah yang paling mudah. ’ (HR. Abu Dawud)

Dan juga dalam Hadits riwayat Ahmad, dikatakan


“Pernikahan yang paling besar keberkahannya ialah yang paling mudah maharnya. ”




Bahkan dalam sejarah pun, pernah sekali terjadi pernikahan di mana seorang mempelai pria menikahi seorang wanita dengan mahar yang tidak terlalu mahal.

dikisahkan pria tersebut menikahi seorang wanita hanya dengan sebuah mahar berupa hafalan ayat Alquran.

Hal ini tercantum dalam sebuah hadis yang berbunyi

Dari Sahl bin Sa'id As-Sai'di, ia berkata: Sesungguhnya aku berada pada suatu kaum di sisi Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam tiba-tiba berdirilah seorang wanita seraya berkata, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya dia telah menghibahkan dirinya untukmu, perhatikanlah dia, bagaimana menurutmu. "

Beliau pun diam dan tidak menjawab sesuatupun. Kemudian berdirilah wanita itu dan berkata, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya dia telah menghibahkan dirinya untukmu, perhatikanlah dia, bagaimana menurutmu. " Beliau pun diam dan tidak menjawab sesuatu pun.

Kemudian ia pun berdiri untuk yang ketiga kalinya dan berkata, "Sesungguhnya ia telah menghibahkan dirinya untukmu, perhatikan dia, bagaimana menurutmu. "

Kemudian berdirilah seorang laki-laki dan berkata, "Ya Rasulullah, nikahkanlah saya dengannya. " Beliau pun menjawab, "Apakah kamu memiliki sesuatu?" Ia berkata, "Tidak. "

Kemudian beliau pun berkata, "Pergilah dan carilah (mahar) walaupun cincin dari besi. "

Kemudian ia pun mencarinya dan datang kembali kepada Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam sambil berkata, "Saya tidak mendapatkan sesuatupun walaupun cincin dari besi. "

Maka Rasulullah bersabda, "Apakah ada bersamamu (hafalan) dari Al-Qur'an?" Ia berkata, "Ada, saya hafal surat ini dan itu. "

Kemudian Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda, "Pergilah, telah aku nikahkan engkau dengan dia dengan mahar berupa Al-Qur'an yang ada padamu. "

Hadits Riwayat Bukhari Muslim




ini menunjukkan bahwa pernikahan dan mahar dalam Islam tidaklah harus membebani sang mempelai pria.

barang sebuah mahar cincin besi pun diperbolehkan dalam Islam yang penting niatnya adalah hal itu sebagai mahar untuk mempersunting wanita yang menjadi pasangan hidup bagi dunia dan semoga juga bisa menjadi pasangan di akhirat kelak.
ya, justru hal yang sederhana dan tidak membebani siapapun itu sangat dianjurkan dalam Islam dan Justru menjadikan sebuah pernikahan lebih berkesan dan lebih terasa kebahagiaannya. Dibandingkan memaksakan sesuatu yang berlebih lebihan dan justru menjadikan prosesi pernikahan, bukanlah sesuatu yang melegakan tetapi malah menjadi beban. 


Adat istiadat perkawinan


Dan dari adat adat dan budaya pernikahan yang ada di Indonesia. Menurut saya, justru ada satu adat istiadat budaya, yang membuat kedua mempelai pengantin merasa tersiksa. Yaitu, duduk seharian di kursi pengantin.

Ya, biasanya budaya ini memperlihatkan seolah-olah kedua pengantin menjadi raja dan ratu dalam sehari. Namun menurut saya,ini  bisa dikatakan sebagai sebuah siksaan. Karena seperti yang kita ketahui, kedua pengantin yang berada di atas panggung, hanya bisa terduduk di singgasana tersebut dari pagi hingga siang hari. Kenapa menyiksa? karena pastinya setiap orang membutuhkan yang namanya kebutuhan hidup seperti makan minum ke kamar mandi dan beribadah.
Dan, dari yang saya amati, sepertinya belum ada dalam sejarah. Seorang pengantin, duduk di pelaminan sambil makan siang ataupun sambil main gadget.

Oke, Sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul anime tonikaku kawaii dan pernikahan dalam Islam. Semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para Weeaboo Weeaboo Barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam hangat egagology


Tonikaku Kawaii dan pernikahan dalam Islam

2 komentar:

Translate