Hot Article

Ajaran Islam Anime Magic Kaito Joker



Ajaran Islam Anime Magic Kaito Joker 

Nasihat Sang Pencuri

Ajaran Islam Anime Magic Kaito Joker - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul ajaran Islam dalam anime tentang Ya'jud dan Ma'jud dan satu lagi topik yang berjudul ajaran Islam di dalam anime tentang cara berta'aruf yang benar menurut Islam. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul ajaran Islam di dalam anime Kaitou Joker dan Magic Kaito. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan, sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology. Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo-weeaboo barokah di seluruh dunia.
Sesuai judul di atas, hari ini kita akan membahas tentang beberapa anime bertemakan kaito dan pesan Islam yang ada di dalamnya.
Seperti yang kita ketahui, anime anime bertemakan kaito alias pencuri misterius sebenarnya memang berakar dan terinspirasi dari sebuah sastra novel berjudul Arsene Lupin yang diciptakan oleh penulis yang berasal Prancis,bernama Maurice Leblanc.

Ya,dari asal usulnya sendiri Karakter Lupin pertama kali diperkenalkan dalam sebuah cerita pendek "L'Arrestation d'Arsène Lupin" yang pertama kali diterbitkan di dalam majalah serial Je Sais Tout, No 6, pada tanggal 15 Juli 1905. Pada mulanya, nama awal dari karakter fiksi ini adalah Arsene Lopin, namin seorang politikus lokal memprotes hal tersebut, karena ia memiliki nama yang sama dengannya. Karena itulah akhirnya  Arsene Lopin pun diganti namanya menjadi  Arsène Lupin.
Ya, seperti yang telah saya katakan. Kebanyakan Anime Anime bertemakan Kaito, memang banyak terinspirasi dari sastra Arsene Lupin, contohnya adalah seperti anime yang berjudul Magic Kaito, lalu ada juga Anime berjudul Kaitou Joker, dan Lupin the III, yang sama sama memiliki konsep  sama.
Salah satu ciri khas paling mudah yang bisa kita temukan dalam anime bertemakan ini adalah, biasanya sang karakter utama yang berprofesi sebagai pencuri misterius tersebut pastilah memiliki kemampuan dasar yang dimilikinya, yaitu kemampuan ahli menyamar.
selain itu juga biasanya anime dengan tema-tema seperti ini menampilkan sang protagonis yang memiliki kemampuan bermain sulap dan pandai membuat ilusi.
kedua kemampuan dasar itulah yang membuat para protagonis protagonis dari anime Kaito ini menjadi leluasa dalam melancarkan aksinya yaitu mencuri barang-barang berharga.
Namun ternyata dibalik aksinya yang bisa kita lihat sebagai sebuah perbuatan kriminal.
Ternyata banyak juga pesan-pesan kebaikan yang sedikit sesuai dengan apa yang diajarkan dalam ajaran agama Islam.
Maka dari itu, mari kita kupas satu persatu.Apa saja pesan pesan Islam yang terkandung di dalam anime bertemakan Kaito tersebut
yang pertama adalah mungkin jika kita lihat pola dari alur cerita kebanyakan anime anime bertema ini. Biasanya selalu diceritakan dengan mengikuti pola.bahwa protagonis melakukan ancaman untuk mencuri suatu barang yang dianggapnya berharga lalu sang pemilik barang tersebut akhirnya meminta pengamanan dari polisi dan membuat sebuah jebakan jebakan yang sangat ketat sehingga tidak ada satupun celah yang dapat dilalui oleh sang pencuri misterius untuk mencuri barang berharga yang dimiliki sang pemilik barang tersebut.
namun bagaimanapun sang pemilik barang tersebut melakukan pengamanan yang luar biasa ketat dan sampai tidak memiliki celah sama sekali.namun akhirnya sang protagonis itu,yaitu Kaito alias pencuri misterius tersebut tetap saja bisa mencuri barang yang dijaga ketat tersebut dengan sangat mulus dan mudah tanpa tertangkap ataupun dicurigai oleh siapapun.

Iya ini sesuai dengan apa yang diajarkan Islam dalam masalah takdir dan ikhtiar.
umat Islam diwajibkan untuk berikhtiar semaksimal mungkin, namun seketat ataupun sekuat apapun pengamanan dan ikhtiar yang kita lakukan. jika Allah menghendaki,maka semua ikhtiar itu akan sia-sia dan tidak berguna sama sekali.
Karena itulah, di samping sebuah ikhtiar yang sangat kuat dan ketat, tidak lupa juga kita harus menyertakan di dalamnya adalah sebuah doa. Di mana doa akan menjadi sebuah puzzle penting yang dapat memuluskan semua rencana dan ikhtiar yang kita lakukan.
sebagai contoh, misalnya jika kita sedang berusaha mengamankan sebuah barang berharga dengan,pengamanan yang sangat luar biasa dan ikhtiar yang sudah sangat maksimal, seperti apa yang diilustrasikan di dalam anime-anime bergenre Kaito.
jika hal tersebut disertai dengan doa, maka bisa saja sang pencuri yang tadinya berniat Ingin mencuri barang berharga yang kita amankan, akan tergerak hatinya untuk mengurungkan niatnya karena efek dari doa yang kita panjatkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
Karena dalam hal ini, hanya Allah lah yang bisa membolak-balikkan hati seseorang.
Sehingga sebuah ikhtiar yang telah sangat maksimal, akan semakin kuat karena Allah terlibat dalam segala ikhtiar yang kita lakukan secara maksimal tersebut.
Oke, sekarang fakta yang kedua dari pesan-pesan Islam yang ada di dalam anime bertemakan Kaito tersebut. Bisa kita lihat di anime berjudul Kaitou Joker, di mana di episode-episode terakhir, diperlihatkan bahwa musuh utama dari Kaitou Joker tersebut ternyata adalah seorang yang berperawakan seperti Joker tetapi memiliki mata yang buta sebelah.
ini mengingatkan saya dengan salah satu tokoh paling fenomenal yang ada dalam ajaran Islam yaitu Dajjal.ya dalam beberapa hadits memang dikatakan secara rinci bahwa Dajjal di Identifikasikan sebagai seorang pria yang memiliki mata buta sebelah dan juga memiliki kaki pincang sebelah.
dan sekedar info, sebenarnya bukan hanya anime ini saja yang menghadirkan Villain bermata satu seperti layaknya Dajjal dalam ajaran Islam.seperti yang telah saya katakan di video saya sebelumnya yang berjudul Mengapa Dajjal selalu menjadi Villain anime? di sana saya telah menyebutkan beberapa judul anime yang sangat-sangat jelas menunjukkan kan seorang villain yang perawakannya sangat mirip dengan tampilan yang diidentifikasikan sebagai Dajjal dalam ajaran Islam.ya bisa jadi mungkin memang orang-orang Jepang juga mengidentifikasikan Dajjal, sebagai musuh besar umat manusia,sebagai dalang dari bencana besar bagi umat manusia di akhir zaman nanti.

Oke, kita beralih ke poin yang ketiga yaitu tepatnya di anime berjudul Magic Kaito, di mana anime ini adalah anime yang diadaptasi dari manga ciptaan seorang kreator bernama Aoyama Gosho. Yang juga menciptakan salah satu serial paling terkenal di dunia yaitu serial Detektif Conan.
Sama halnya seperti di dalam serial Detektif Conan, dalam anime Magic Kaito ini juga kita banyak sekali menemukan quotes-quotes inspiratif yang dikemukakan oleh protagonis di dalam anime ini
Dan beberapa dari quotes quotes tersebut ternyata sesuai dengan apa yang diajarkan dalam ajaran islam.
salah satunya adalah quotes yang dikemukakan oleh ayahnya sang protagonis utama, yang juga berprofesi sebagai seorang pencuri sekaligus pesulap yaitu yang bernama toichi kuroba. Tepatnya  di episode-episode awal dari anime berjudul Magic Kaito 1412 ini
Ya, Toichi Kuroba mengatakan kepada Kaito bahwa
Kaito, kau tahu poker face? Dalam poker misalnya kau dapat kartu bagus, atau kartu jelek sekalipun, tak boleh tunjukkan di wajahmu... Sulap juga sama, walaupun seorang pesulap gagal, tapi, penonton tidak boleh sampai tahu!! (Toichi Kuroba)
iya ini jika kita menghubungkan dengan ajaran Islam.ini
 sesuai dengan ajaran agama Islam yang melarang kita  untuk berkeluh kesah dan menyebarkan aib kepada orang lain.
karena segala sesuatu kegagalan ataupun kebahagiaan yang kita terima.semua hal itu harus ditanggapi dengan bijak dan tidak berlebihan. sedangkan hanya Allah lah yang bisa kita jadikan sebagai tempat curhat terbaik.seperti apa yang dikatakan dalam salah satu dalil Alquran yang berbunyi
Ya’qub menjawab: “Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku, dan aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tiada mengetahuinya”. (QS. Yusuf: 86)
Iya melihat sang protagonis dari anime ini yang berprofesi sebagai pencuri mengemukakan quotes-quotes inspiratif yang dapat diterima oleh semua kalangan.membuat saya jadi teringat dengan kisah Salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah Islam. yaitu yang bernama Imam Al Ghazali.
Imam Al Ghazali pernah bercerita bahwa pada saat ia masih menjadi santri. Ia merupakan orang yang sangat rajin belajar. Ia mencatat semuanya yang diajarkan oleh gurunya di dalam kertas. Semuanya dilakukan hanya agar saya tidak lupa dengan semua pelajaran yang telah ia pelajari di sekolah tersebut. .Karena itulah banyak sekali catatan-catatan yang dikumpulkannya.
Suatu hari ketika ia telah lulus dari sekolahnya dan berniat untuk kembali pulang ke daerahnya.Catatan-catatan yang telah ia kumpulkan tersebut akhirnya dibawa pulang dan dimasukkan ke dalam tas.
Namun di tengah perjalanan ia dicegat oleh sekawanan penyamun alias perampok. Dan semua barang bawaannya pun di rampas oleh perampok tersebut.
perampok tersebut berusaha merampas tas dari Imam Al Ghazali. Imam al-ghazali dengan sekuat tenaga mempertahankan tasnya tersebut.Namun sayang, ia tidak berhasil mempertahankannya, dan tas tersebut pun akhirnya direbut oleh sang perampok alias Penyamun lalu para perampok perampok tersebut penasaran dan bertanya-tanya, apa sebenarnya isi dari tas tersebut sehingga Imam al-ghazali dengan sekuat tenaga mempertahankan tas tersebut agar tidak dicuri.Ternyata setelah di buka,di dalam tas tersebut hanyalah berisi lembaran-lembaran kertas dan buku yang telah dikumpulkan oleh Imam Al Ghazali.Kemudian para Penyamun tersebut pun bertanya kepada Imam Al Ghazali, “buat apa semua ini?”
dan Imam al-ghazali pun menjawab “ini bermanfaat bagi ku tetapi tidak ada gunanya bagimu.”
lalu sang Penyamun pun kembali bertanya “apa manfaatnya lembaran-lembaran kertas ini bagimu?”
dan Imam Al Ghazali pun menjawab “ini adalah hasil jerih payahku selama bertahun-tahun menuntut ilmu.Jika kamu ambil barang ini, akan lenyap lah semua pengetahuanku dan akan sia-sia lah hasil usaha aku sama ini.”

“Apakah benar semua yang kamu pelajari ini tertulis di dalam kertas-kertas ini tanya sang perampok”
“benar”
lalu sang Penyamun pun menyampaikan sebuah quotes menarik yang berbunyi “ilmu yang dapa
Lalu, sang perampok pun kembali bertanyat dicuri bukanlah ilmu”

kata-kata dari Penyamun alias perampok itu akhirnya menyadarkan Imam al-ghazali bahwa selama ini ia tak berbeda dengan seorang burung beo yang hanya menangkap semua yang diperoleh dari gurunya ke dalam kertas. Setelah kejadian itu, Imam al-ghazali pun berusaha untuk menanamkan ilmunya kepada dirinya sendiri agar tidak dicuri oleh seseorang dengan cara menghafal dan mengamalkan ilmunya tersebut.

ya dari kisah tersebut kita bisa  bisa mengambil kesimpulan bahwa sebuah hikmah alias nasehat kehidupan bisa berasal dari siapapun dan dimanapun orangnya.
nasehat kehidupan dan motivasi tidak harus selalu berasal dari orang-orang bijak motivator maupun para pemuka agama dan tokoh masyarakat.
kata-kata yang terucap dari kata-kata orang yang mungkin bagi kita,orang tersebut  tidak pantas untuk menasehati seseorang . Namun jika ucapannya atau perkataannya itu benar dan bermanfaat untuk kehidupan,  maka tidak ada salahnya bagi kita untuk mengambil pesan tersebut sebagai motivasi kita untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi di masa depan.



Oke, sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul  ajaran Islam di dalam anime Kaitou Joker dan Magic Kaito.Semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah
berkumpulnya bagi para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology







Ajaran Islam Anime Magic Kaito Joker

Tidak ada komentar

Translate