Hot Article

Kenapa Puasa Ramadhan Wajib Menurut Anime Hataraku Saibou Black?

 

Kenapa Puasa Ramadhan Wajib Menurut Anime Hataraku Saibou Black

Kenapa Puasa Ramadhan Wajib Menurut Anime Hataraku Saibou Black? - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul anime anime Re Creator dan ajaran Islam yang terkandung di dalamnya dan satu lagi topik yang berjudul anime Tonikaku Kawaii dan pernikahan dalam Islam. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul kenapa puasa Ramadhan wajib menurut anime Hataraku Saibou Black. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan . Sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology.

Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian. Agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia.

Anime Hataraku Saibou Black emang bisa dikatakan sebagai salah satu anime yang penuh dengan pesan moral dan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pengetahuan di bidang kesehatan dan sistem kerja tubuh manusia,

Ya bisa dikatakan ini adalah cara termudah untuk mempelajari bidang ilmu kedokteran. Semua dapat dipelajari dengan mudah dan menyenangkan hanya dengan menonton anime ini.

Hataraku Saibou Black

Anime ini sendiri merupakan sebuah anime yang diadaptasi dari manga berjudul sama ciptaan akane shimizu. Manga ini sendiri adalah spin-off dari judul manga aslinya yang berjudul Hataraku Saibou.

Serial Hataraku Saibou Black ini menceritakan tentang kehidupan para sel-sel di dalam tubuh manusia yang memiliki pola hidup yang tidak sehat dan selalu berfoya-foya serta tidak memperdulikan kesehatannya. Maka tak mengherankan jika banyak sekali pesan-pesan moral dan beberapa tamparan keras tentang hal-hal yang berkaitan dengan menjaga kesehatan tubuh di dalam anime ini

Kenapa umat Islam harus berpuasa Ramadhan

Jika kita berbicara tentang menjaga kesehatan tubuh sudah pasti hal ini sangat relevan jika kita hubung hubungkan dengan ajaran Islam. Karena dalam ajaran Islam sendiri kita mengenal yang namanya standarisasi kesehatan yang terbagi menjadi dua jenis hukum yaitu hukum halal dan haram
karena seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa, sesuatu yang haram, pastilah tidak baik untuk kesehatan dan sesuatu yang halal pastinya sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Sebagai contoh, di video sebelumnya kita telah membahas tentang topik ajaran Islam yang berjudul anime Hataraku Saibou Black dan kenapa Islam mengharamkan miras.
Di sana, saya telah menjelaskan bahwa anime Hataraku Saibou Black ini ternyata memuat informasi detail bagaimana dan mengapa Islam sangat melarang dan mengharamkan yang namanya mirasalias khamr, karena hal itu berhubungan dengan kesehatan tubuh manusia dan kesehatan hati alias liver. Ya, semua itu disebabkan karena racun racun yang terkandung dalam khamr, terus menerus dimasukkan dan menumpuk di tubuh manusia. Dan sudah pasti hal itu akan membebani kerja liver sebagai alat penyaring racun racun yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, jika kita menelusuri lebih lanjut pesan pesan lainnya yang ada di dalam anime ini. Ternyata anime ini juga menjelaskan tentang alasan mengapa Islam sangat mewajibkan kita sebagai umat Muslim untuk menjalankan ritual ibadah bernama puasa Ramadhan selama sebulan penuh setiap tahunnya?

Karena, menurut anime Hataraku Saibou Black puasa sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kesehatan pencernaan dan mencegah sakit maag akut. Bagi para penderita sakit maag

Mengapa kita Harus berpuasa di bulan Ramadhan

Ya seperti yang diceritakan di episode 1 dari anime Hataraku Saibou Black, dimana diceritakan bahwa sel darah merah yang bernama AA2153 baru saja menjalani proses orientasi pekerjaannya sebagai kurir oksigen. Lalu di video perkenalan orientasi tersebut, kita diperlihatkan sekilas bagaimana menyenangkannya lingkungan kerja di tubuh tersebut. Dan diperkenalkan pula seorang sel berwujud orang tua berotot, yang ternyata ia bernama sel utama lambung. Di video tersebut, ia diperlihatkan sebagai bapak-bapak yang ramah. Namun ketika AA2153 mulai menjalankan tugasnya sebagai sel darah merah. Ia pun melihat kenyataan bahwa apa yang diperlihatkan video tersebut jika dibandingkan dengan kenyataan yang terjadi di lingkungan kerja tubuh tersebut, sangatlah berbeda. Sikap seorang sel utama lambung pun juga berbeda, dimana di dalam video orientasi, ia diperlihatkan sangat ramah, namun dalam kenyataannya, ia sangatlah galak kepada anak baru. Dan di sana, sel utama lambung pun Mengemukakan alasan, mengapa ia dan lingkungan kerja tubuh tersebut sangat berbeda? hal itu tak lain dan tak lain dan tak bukan dikarenakan video orientasi tersebut dibuat telah lama sekali, ketika tubuh tersebut masih sehat. Sedangkan saat kondisi tubuh tersebut saat ini sangat berbeda dan justru sangat memprihatinkan. Semua itu di dikarenakan, kebiasaan buruk sang pemilik tubuh, halo selain itu juga iya memiliki kebiasaan suka minum minuman keras, merokok dan suka makan berlebihan. Hal itu membuat tubuh menjadi terbeban dan mengalami obesitas serta tingkat stres yang berat.

Dan di anime dan juga diperlihatkan bahwa para sel-sel yang bekerja didalam tubuh ini mengalami over pekerjaan. Dan para sel-sel yang bekerja di dalam tubuh tersebut tidak memiliki kesempatan untuk beristirahat sejenak, terutama dalam sistem pencernaan, hati dan paru-paru serta sel-sel yang bekerja di tempat-tempat tersebut. Hal itu disebabkan karena kebiasaan sang pemilik tubuh yang buruk

Iya karena hal-hal di atas lah yang membuat kondisi dari lingkungan kerja di dalam tubuh tersebut menjadi tidak sehat dan sangat berbahaya bagi para sel-sel yang yang bekerja di tubuh tersebut.

Namun, jika tubuh manusia tersebut mengikuti pedoman apa yang diajarkan dalam Islam. Saya yakin , kondisi tubuh tersebut tidak akan separah itu.

Karena dalam Islam sangat diwajibkan yang namanya berpuasa

Mengapa kita wajib berpuasa di bulan Ramadhan

Ya shaum Ramadhan alias puasa Ramadhan memang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. karena menurut penelitian kesehatan membuktikan bahwa, dengan kita berpuasa, maka pola makan akan terkontrol sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat dan sistem pencernaan bisa diistirahatkan sejenak. Bukan nanya itu ketika seseorang berpuasa, maka sangat jelas ya tidak diperbolehkan merokok di siang hari. Hal ini akan mengistirahatkan paru-paru dari asap asap beracun yang terdapat dalam rokok.
Lalu selain itu juga sudah pasti umat Islam sangat dilarang untuk meminum minuman keras alias khamr. Karena khamr mengandung racun yang sangat berbahaya bagi tubuh, karena dalam Islam kita dilarang untuk menyakiti dan menyiksa setiap makhluk hidup di dunia ini termasuk para sel-sel yang ada di dalam tubuh.
Seperti yang dikatakan dalam sebuah hadits qudsi yang berbunyi

"Wahai para hamba-ku, sesungguhnya telah aku haramkan atas diri-ku perbuatan zhalim dan aku jadikan ia diharamkan di antara kamu; maka janganlah kalian saling berbuat zhalim. ” (HR Muslim)

Orang yang diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan

Oke sekarang kita menuju ke poin selanjutnya dimana, seperti yang telah saya katakan diatas bahwa menurut anime Hataraku Saibou Black, ternyata puasa Ramadhan ternyata bisa menyembuhkan penyakit maag.

Di mana di episode ke-10 dari anime Hataraku Saibou Black ini, diceritakan bahwa tubuh manusia tersebut sedang mengalami yang namanya penyakit maag akut. Dan sang protagonis dari anime yaitu sel darah merah diperintahkan untuk terus mengirimkan oksigen ke dalam lambung yang sedang berusaha untuk memperbaiki permasalahan penyakit maag tersebut.
Dan disini sel utama lambung mengatakan bahwa kejadian tersebut yaitu penyakit maag seperti itu telah menjadi rutinitas di dalam lambung tubuh tersebut. Dan ia juga mengatakan bahwa mengkonsumsi alkohol stres yang berlebihan dan makan makanan yang berminyak secara berlebihan menjadi penyebab paling utama dari penyakit maag tersebut.

Manfaat puasa Menurut Islam

So, jika kita menghubungkannya dengan ajaran Islam dan aturan Islam tentang kewajiban berpuasa di Bulan Ramadhan. Kesimpulannya adalah bagi orang-orang yang memiliki riwayat penyakit maag, penyakit tersebut bukanlah halangan bagi kita untuk menjalankan kewajiban berpuasa di Bulan Ramadhan. Justru sebaliknya dengan kita berpuasa, justru hal itu membuat sistem pencernaan khususnya lambung menjadi terkontrol cari makan makanan yang berlebihan terutama makanan yang berminyak. Dan hal itu membuat penyakit maag, menjadi lebih mudah untuk sembuh dan tidak kambuh lagi.

Selain itu dengan kegiatan kegiatan ibadah seperti membaca Alquran, sholat tarawih dan mendengarkan ceramah yang biasanya menjadi rutinitas di Bulan Ramadhan, akan berdampak pada penurunan tingkat stres, sehingga hal ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh serta kesehatan mental kita.

Sehingga hal itu membuat para sel-sel didalam tubuh menjadi nyaman dalam melakukan tugasnya di dalam tubuh. Karena mereka melakukan tugasnya di lingkungan tubuh yang sehat dan bugar serta bebas dari stres, racun-racun yang tidak berguna dan makanan-makanan yang berlebihan.

So kesimpulannya menurut anime Hataraku Saibou Black kewajiban berpuasa di Bulan Ramadhan sangatlah baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa manusia.


Saya rasa sel-sel di dalam tubuh akan sangat bersyukur, tubuh tempatnya bekerja adalah seorang Muslim. Karena tubuh seorang Muslim sudah pasti adalah lingkungan kerja yang sehat dan dan nyaman bagi para sel-sel dalam tubuh.

Sebaliknya seperti dalam anime Hataraku Saibou Black ini para sel-sel yang bekerja di dalam tubuh seorang Non Muslim akan sangat kesusahan dan sangat tersiksa bekerja di dalam tubuh manusia tersebut, karena tidak adanya aturan dan hukum-hukum yang terkandung dalam agama mereka yang mengatur tentang bagaimana memperlakukan tubuh dengan baik dan pastinya adalah sehat dan seimbang, antara kejiwaan, dunia dan keberlangsungan hidup.

Ya semua manfaat dan kebaikan  didapatkan dari ritual ibadah bernama puasa Ramadhan ini bisa didapatkan kanjita kita berpuasa dengan cara yang benar. Ketika berbuka puasa pun tidak dengan berbuka yang berlebih-lebihan, dan tetap berpedoman pada sunnah-sunah yang diajarkan oleh rasul tentang tata cara berbuka puasa yang benar. Jika hal itu tidak dilakukan dan justru kita menuruti hawa nafsu dengan berbuka yang berlebih-lebihan seolah-olah berbalas dendam karena tidak makan seharian. Maka semua manfaat-manfaat dari berpuasa tersebut, tidak akan menjadi maksimal dan mungkin tidak akan didapatkan sama sekali untuk kesehatan tubuh.


Oke, sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul kenapa puasa Ramadhan wajib menurut anime Hataraku Saibou Black? semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology


Kenapa Puasa Ramadhan Wajib Menurut Anime Hataraku Saibou Black?

Tidak ada komentar

Translate