Hot Article

anime Re Creator dan ajaran Islam yang terkandung di dalamnya

Anime Re Creator dan ajaran Islam yang terkandung di dalamnya

Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul anime Tonikaku Kawaii dan pernikahan dalam Islam dan satu lagi topik yang berjudul anime One punch Man dan Islam sebagai solusi bagi Jepang. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul anime Re-Creator dan ajaran Islam yang terkandung di dalamnya. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan .Sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology. Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian. Agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para Weeaboo Weeaboo Barokah Di Seluruh Dunia.

Re-Creator Anime

Iya seperti yang telah saya katakan di pembukaan di atas, hari ini kita akan membahas tentang anime yang berjudul  Re-Creator. Anime
Recreator sendiri adalah sebuah anime yang pertama kali mengudara pada tahun 2017 dan diproduksi oleh Studio Troyca.
Anime ini adalah sebuah anime yang diadaptasi dari manga berjudul sama yang diciptakan oleh pengarang manga bernama Daiki Kase. Manganya sendiri diterbitkan oleh salah satu perusahaan penerbit manga terbesar di dunia yaitu shogakukan dan telah terbit sebanyak 6 volume buku manga.

Serial ini sendiri bisa dikategorikan sebagai salah satu serial bergenre Isekai. Namun perbedaannya adalah, jika lumrahnya genre Isekai adalah menceritakan tentang sang main karakter yang masuk ke dalam dunia lain, bisa itu dunia game, dunia setelah kematian dan dunia dunia Iainnya. Di serial ini, justru ceritanya adalah sedikit berbeda, karena bukan sang main karakter yang masuk ke dalam dunia lain, melainkan karakter-karakter dari dunia lain itulah yang masuk ke dalam dunia nyata tempat sang mai karakter berasal

Cerita Re-Creator Anime

Ya, plot ceritanya sendiri menceritakan tentang, dimana para karakter-karakter dari serial-serial fiksi seperti komik,light novel, game dan anime, tiba-tiba masuk ke dalam dimensi yang berbeda yaitu dunia nyata manusia. Dan dari para karakter karakter yang masuk kedalam dunia manusia tersebut terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok yang ingin menghancurkan dunia manusia dan satu lagi adalah kelompok yang ingin kembali ke dunia asal mereka masing-masing.

Di anime ini, kita mengikuti dari sang main character sekaligus storyteller alias narator yang menghubungkan kita dengan cerita serial ini yaitu bernama Mizushino Souta. Dia adalah seorang remaja, anak orang yang cukup kaya,sekaligus sebagai siswa SMA yang sangat menggemari yang namanya serial serial anime,manga,light novel dan game.

Dan diceritakan pula bahwa, ia mengetahui hampir semua cerita fiksi dan game populer di dunia, serta segala karakter dan trivia di dalamnya

Ia juga diketahui memiliki minat dalam bidang menggambar, Karena itulah ia diceritakan cukup aktif di dalam sosial media khusus bagi para penggambar doujin, alias para penggambar amatir.

Elemental Symphony of Vogelchevalier,


Di pembukaan dari anime sendiri kita telah diperlihatkan bahwa Mizushino Souta ini sangat menggemari anime yang tayang pada saat itu yaitu anime berjudul Elemental Symphony of Vogelchevalier,

Dan ketika ia sedang memainkan handphonenya dan browsing ke internet untuk mengecek episode terbaru dari anime tersebut. Tiba-tiba, ia masuk ke dalam dunia anime tersebut, dan menyaksikan secara langsung pertarungan antara sang main character dari anime Elemental Symphony of Vogelchevalier, yang bernama Felicia melawan seorang Villain wanita misterius yang tidak dikenal berpakaian seperti seorang prajurit Eropa.

Dan karena ia kaget dengan situasi tersebut. Akhirnya handphone yang dipegangnya pun terjatuh ke lantai dan ia pun tiba-tiba ia kembali sedunia nya seperti semula. Namun selain handphone-nya rusak seketika ternyata kejadian tersebut membawa efek samping yang sangat berbahaya bagi masa depan dunia manusia, yaitu masuknya para karakter karakter fiksi dari berbagai macam dunia serial Franchise ke dalam dunia manusia.

Namun dibalik plot ceritanya yang menurut saya cukup unik dan berbeda dari anime anime isekai lainnya, ternyata anime ini juga banyak menyisipkan pesan-pesan Islam di dalamnya.

Re Creator episode ke-12

Tercatat saya sendiri telah menemukan 4 poin utama yang bisa saya katakan sangat sesuai dengan apa yang diajarkan dalam agama Islam.

Yang pertama, bisa kita lihat di episode ke-12 dari anime  Re Creator ini,yang menceritakan tentang salah satu karakter sampingan dari anime ini yang bernama February Alicetaria.  Diceritakan bahwa akhirnya ia bisa menemui sang pencipta dunia tempatnya berasal alias kreator serialnya yaitu Takarada Gai.
Disana ia mengeluhkan bahwa, Mengapa sang penciptanya tidak menciptakan dunia tempatnya tinggal menjadi dunia yang yang indah tanpa ada pertumpahan darah dan tanpa adanya tragedi,serta permasalahan

Dan sang kreator dari serial tersebut yaitu Takarada Gai menjawab bahwa, ia menciptakan cerita yang penuh dengan tragedi dan kesedihan seperti itu adalah karena itu adalah cerita yang menarik.

Sebuah cerita yang penuh dengan kesedihan dan ujian serta permasalahan, akan berguna untuk menonjolkan sang karakter utama menjadi seorang pahlawan. Jika cerita yang dibuat adalah cerita yang standar dan tidak ada liku-liku serta ujian di dalamnya, maka sang karakter utama tidak akan bisa mencapai pada level yang tinggi sebagai seorang pahlawan yang menonjol dibandingkan karakter-karakter lainnya.

Re Creator episode 10

Dan di episode ke 10 juga dijelaskan bahwa Alicetaria mengeluhkan pada para manusia yang membaca serial nya, bahwa serialnya yang penuh dengan air mata dan pertumpahan darah itu hanyalah dianggap sebagai hiburan bagi mereka. namun Shouta, yaitu karakter utama dari anime ini yang diceritakan telah membaca hampir semua serial-serial populer yang ada di anime ini, mengatakan bahwa tidak ada yang menganggap tragedi, pembunuhan dan segala permasalahan di dunia serial tersebut adalah sebuah hiburan.

Justru karena banyaknya ujian, cobaan tragedi dan permasalahan tersebutlah yang menjadikan Alicetaria layak dianggap sebagai pahlawan. Dan layak dinantikan aksi aksi kepahlawanannya

Aur cerita Re Creator

So,ini sesuai dengan alur cerita kehidupan manusia, dan sebenarnya ini sesuai dengan apa yang diajarkan dalam Islam tentang Mengapa Allah selalu memberi ujian bahkan kepada ada orang-orang yang beriman orang-orang yang yang soleh dan solehah serta orang-orang yang yang selalu beribadah kepada Allah.

Ya hal itu dikarenakan, Allah menginginkan kita menjadi seorang pahlawan. Maka Allah menguji, apakah kita layak menjadi seorang pahlawan ataukah kita malah berputus asa?
Karena itulah dalam banyak dalil Allah mengisyaratkan bahwa Iya sangat membenci orang yang berputus asa.

Seperti dikatakan dalam beberapa dalil Al Quran diantaranya di dalam (Q. S. Al Hijr: 56) yang berbunyi

Ibrahim berkata, “Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhannya, kecuali orang-orang yang sesat”


dan dalam Q. S. Az Zumar: 53 yang berbunyi

“Katakan lah, “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. ”


Oke kita beralih ke point kedua, dari pesan Islam yang terkandung dalam anime ReCreator ini.  tepatnya di anime  Re Creator episode ke 20, dimana diceritakan bahwa villain utama dari serial anime ini sudah tidak dapat dikalahkan sama sekali. Karena villain utama yang bernama Altair tersebut, diceritakan sangatlah op alias overpower.

Satu-satunya jalan untuk mengalahkannya adalah dengan cara menggunakan senjata rahasia yang disembunyikan oleh protagonis dari serial anime ini.

Namun menariknya adalah kebanyakan dari para protagonis, baik itu protagonis sampingan maupun protagonis utama dari serial ini pun merasa ragu dengan kemampuan senjata rahasia mereka tersebut. Apakah senjata tersebut bisa berhasil mengalahkan Altair yang begitu kuat itu atau malah sebaliknya,kekuatan Altair semakin tidak terbendung.



Namun akhirnya mereka semua meyakinkan diri dengan senjata tersebut. Karena tidak ada lagi senjata yang bisa menjadi harapan untuk dapat menyelamatkan dunia dari kekuatan altar yang sangat menakutkan.

Dan disaat saling menyakitkan inilah, salah satu protagonis sampingan dari serial ini yang bernama Oonishi Nishio. Mengucapkan kata-kata di dalam dialognya yang menurut saya sedikit familiar bagi setiap Muslim di dunia, yaitu kata terjadi terjadilah.

Ya kata-kata yang dalam bahasa arabnya juga berbunyi "Kun Fayakun" ini, mungkin sudah menjadi moto tersendiri bagi setiap orang yang mengaku sebagai Muslim.

Kata "Kun Fayakun" juga bahkan pernah dijadikan sebuah judul film The Movie yang dirilis pada tahun 2008.

Ya, kata-kata ini sangat familiar bagi setiap muslim. karena kata-kata ini banyak disebutkan di beberapa ayat dalam Alquran. Salah satunya adalah di dalam surat yang biasa dibaca oleh setiap muslim di Indonesia yaitu Surat Yasin.

Tepatnya di surat Yasin ayat ke 82 yang berbunyi

Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadi lah ia". (QS Yasin ayat 82).


Bisa dikatakan kata Kun Fayakun atau kata terjadi terjadilah adalah sebuah kata sakti dari Allah ketika ia menciptakan atau memerintahkan sesuatu.Kata-kata ini juga bermakna betapa besarnya kekuasaan Allah dimana hanya dengan 2 kata tersebut saja tidak ada yang bisa menghalangi semua kehendak Allah.karena bagi Allah apapun yang ia mau dan apapun yang ia kehendaki semuanya bisa terjadi tanpa ada yang bisa menghalangi.

Ya kata-kata ini juga bisa dimaknai sebagai sebuah kesombongan dari Allah sebagai Tuhan yang maha kuasa. dan kesombongan itu sangatlah pantas disematkan kepada Allah. Karena memang tidak ada satupun yang dapat menandingi kekuasaan dan kekuatannya.


Oke, sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul anime  Re-Creator dan pesan Islam di dalam nya. Karena terbatas durasi,
Insyaallah kelanjutan pembahasan dari pesan Islam di dalam anime  Re-Creator ini, akan saya bahas di video selanjutnya.
Semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para Weeaboo Weeaboo Barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam hangat egagology
anime Re Creator dan ajaran Islam yang terkandung di dalamnya

Tidak ada komentar

Translate