Hot Article

Ajaran Islam di dalam Anime Arslan Senki : Sejarah Yerusalem

 

 

Ajaran Islam di dalam Anime Arslan Senki : Sejarah Yerusalem

Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul Ajaran Islam di dalam anime Jibaku Shounen Hanako-kun dan satu lagi topik yang berjudul Ajaran Islam Anime Dragon Ball Z. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul Ajaran Islam Anime Arslan Senki. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan, sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology. Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia.


Arslan Senki adalah sebuah serial anime yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul The Heroic Legend of Arslan. karangan seorang kreator novel bernama Yoshiki Tanaka. Novel ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1986 oleh sebuah perusahaan penerbit novel bernama Kadokawa Shoten dan
telah diadaptasi menjadi sebuah serial manga yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1991.

Arslan Senki Movie

Adaptasi animenya sendiri pertama kali mengudara pada tahun 2015 dan diproduksi oleh studio bernama Liden Films dan Sanzigen.


Serial ini sendiri merupakan sebuah serial yang terinspirasi langsung dari sebuah judul sastra yang diciptakan oleh seorang sastrawan asal Iran pada abad ke 19 yang bernama Nasreddin Shah.Kisah itu sendiri berjudul Amir Arsalān-i Nāmdār.


Hal itu dibuktikan dengan banyaknya nama-nama karakter di  serial Anime ini yang mirip dengan nama-nama karakter di sastra kuno tersebut. Setting kisahnya pun hampir sama,yaitu menceritakan seorang pangeran dari sebuah kerajaan di timur tengah.

Arslan Senki Sinopsis

Bagi kalian yang belum tau, anime Arslan Senki sendiri bercerita tentang kisah seorang pangeran muda dari sebuah kerajaan bernama Pars,yang bernama Arslan. Dalam kisahnya sendiri, Arslan diceritakan sebagai seorang pangeran yang diremehkan.Hal itu disebabkan karena pada saat itu ia masih berusia 14 tahun. Usia yang terbilang sangat belia untuk mengemban tugas sebagai Raja. dari kerajaan besar seperti Pars.


Di kisahkan pula bahwa Kerajaan Pars tengah berperang melawan sebuah kerajaan bernama Lusitania. Lusitania sendiri adalah sebuah kerajaan yang memiliki misi untuk menyebarkan agama mereka, lewat jalan peperangan dan penaklukkan ke negara-negara lain di sekitarnya.


Sekedar info, pada peperangan-peperangan sebelumnya, Kerajaan Pars diceritakan selalu menang melawan Lusitania. Namun di peperangan terakhir yang menjadi alur dari cerita anime ini, sekaligus peperangan pertama yang diikuti oleh Arslan, ternyata membawa petaka bagi dirinya sendiri dan negaranya. Karena di peperangan tersebut,Kekaisaran Pars mengalami kekalahan telak dari Kerajaan Lusitania.


Namun, Arslan berhasil menyelamatkan diri, walaupun ayahnya yang merupakan Raja dari Kerajaan Pars tewas terbunuh oleh pasukan Kerajaan Lusitania.


Dan akhirnya Arslan berusaha mengumpulkan sisa-sisa pasukan pengikut setia Ayahnya dan berusaha untuk mengambil kembali tahtanya yang direbut oleh Kerajaan Lusitania.


Ya, dari beberapa sumber yang saya dapatkan bahwa, serial ini memang didasarkan pada sejarah nyata tentang perang salib yang terjadi pada rentang waktu sekitar 11 sampai abad ke-17 M.
Perang ini sendiri, jika ditelusuri dari latar belakangnya sendiri adalah perang yang dideklarasikan oleh orang-orang Kristen untuk memperebutkan kota suci Yerusalem yang pada saat itu masih dikuasai oleh Pemerintahan kekhalifahan Islam.


Ya seperti yang diketahui, Yerusalem sendiri pertama kali dikuasai oleh Islam pada saat Pemerintahan Khalifah Umar Bin Khattab.
tepatnya pada tahun 637 Masehi,dimana pada saat itu Palestina dan Yerusalem masih dikuasai oleh kekaisaran Bizantium Roma.dan seperti yang kita ketahui bahwa Islam pada saat itu Tengah berperang melawan kekaisaran Bizantium,hal itu disebabkan karena terbunuhnya utusan perdamaian yang dikirimkan oleh Rasulullah Shalallahu Wassalam sebelumnya.


dikisahkan dalam catatan sejarah bahwa,pada saat itu Yerusalem telah terkepung oleh pasukan muslim selama berbulan-bulan.dan akhirnya Uskup Sophronius Sebagai pemegang kunci dari kota Yerusalem memutuskan untuk menyerahkan kota tersebut kepada pasukan khalifah Islam.namun ia meminta sang khalifah langsung yang menerima kunci penyerahan tersebut,sebagai syarat penyerahan kota tersebut.
akhirnya Khalifah Umar Bin Khattab untuk memenuhi permintaan tersebut.dengan segera ya berangkat dari Madinah menuju ke Yerusalem dengan menggunakan unta dan ditemani seorang pengawal pribadinya yang bernama Aslam.
Sesampainya Umar Bin Khattab di kota Yerusalem. Alangkah terkejutnya Uskup Sophronius karena setelah ia melihat Khalifah Umar Bin Khattab. Tidak seperti apa yang dibayangkannya dari penampilan seorang khalifahyang menguasai sebuah negara yang besar
karena yang dilihatnya hanyalah seseorang yang yang memakai pakaian sederhana yang berjalan dengan menuntun untanya. Dan bahkan ia hanya didampingi oleh seorang pengawal pribadi yang bernama Aslam.
Dikutip dari tulisan Mustafa Murrad dalam Kisah Hidup Umar ibn Khattab yang terbit pada tahun (2009), khalifah kedua setelah wafatnya Nabi Muhammad itu memang datang ke Yerusalem tanpa iring-iringan pasukan. Uskup Sophronius semakin takjub lantaran Umar berjalan kaki, bersama seekor unta yang justru dinaiki oleh pengawalnya.


Sama seperti Sophronius, orang-orang Kristiani yang turut menyaksikan kedatangan Umar ikut terperangah. Di depan umatnya itu, Sophronius berucap dengan suara gemetar penuh takzim, “Lihatlah, sungguh ini adalah kesahajaan dan kegetiran yang telah dikabarkan oleh Danial Sang Nabi ketika ia datang ke tempat ini." (hlm. 95).


akhirnya sang Uskup pun menyerahkan kunci kota tersebut kepada sang khalifah.ya Bahkan mempersilakan Khalifah Umar Bin Khattab untuk melakukan salat zuhur di dalam gereja Yerusalem.tetapi Umar Bin Khattab menolak hal tersebut karena ia khawatir di masa yang akan datang gereja tersebut akan dihancurkan dan diubah menjadi masjid.maka ia pun melakukan salat di halaman luar dari gereja tersebut.dan halaman tersebut pun kini telah dibangun menjadi masjid bernama masjid kubah batu.


ya singkat cerita Uskup menyerahkan kunci tersebut kepada Khalifah Umar Bin Khattab dan mulai dari situ kehidupan di Yerusalem berubah menjadi kehidupan yang damai tanpa adanya peperangan dan perpecahan. Selama berabad abad berabad-abad lamanya suara azan bercampur dengan suara lonceng gereja dan nyanyian orang-orang Yahudi Ortodoks.Semua itu damai, hingga masa perang salib ke 1 terjadi.


Iya seperti yang diketahui sebelum Islam menguasai Palestina kota tersebut selalu menjadi di kota yang ramai akan perang dan pengusiran para penduduknya.
tercatat Kekaisaran Byzantium,Kekaisaran Persia, Kerajaan Yahudi Dan Kekaisaran Babilonia, pernah menguasai kota tersebut.dan pengusiran demi pengusiran para penduduk dari kota tersebut selalu terjadi selama berabad-abad.dan orang-orang Yahudi adalah suku yang paling sering diusir oleh berbagai Pemerintahan diantaranya Pemerintahan Babilonia yang pertama kali mengusir para orang-orang Yahudi keluar dari kota tersebut Lalu dilanjutkan oleh kekaisaran Bizantium yang juga akhirnya mengusir mereka ke seluruh penjuru dunia.


dan petaka pun terjadi, akhirnya pada tahun 1096 M terjadilah perang salib yang bersumber dari perintah Paus Urbanus IImendeklarasikan perang Suci melawan kaum muslim dalam memperebutkan kota suci Yerusalem.



perang ini sendiri sebenarnya dilatarbelakangi oleh beberapa kabar hoax yang dihembuskan oleh para peziarah peziarah dari negara-negara Eropa.
Dikutip dari laman kelasips.com dan hukamnas.com
Bahwa pada masa saat Yerusalem masih dikuasai oleh Pemerintahan Islam di bawah kekuasaan Bani Turki Seljuk.
saat itu umat Kristen dipimpin oleh seorang Paus yang bernama Paus Urbanus II.dan Paus itu pun membuat sebuah peraturan di mana Bagi siapapun yang ingin mendapatkan pengampunan dosa maka ia diwajibkan untuk mengunjungi dan berziarah ke Yerusalem.
karena perintah tersebut akhirnya banyak sekali orang-orang Eropa yang merasa berdosa dan bahkan kebanyakan dari mereka adalah para kriminal -kriminal yang biasa berbuat kejahatan, akhirnya nekat pergi ke Yerusalem untuk mensucikan diri dari dosa.
Namun karena kebanyakan dari para peziarah peziarah tersebut diisi oleh para gerombolan penjahat dan kriminal kriminal dari berbagai kelas.
tak mengherankan jika kebanyakan dari mereka,pergi ke Yerusalem dengan membawa barang-barang yang yang berbahaya seperti senjata tajam, obor, garpu rumput dan sebagainya.
dan karena mereka semua adalah mantan penjahat,Mereka pun seringkali berkelahi di antara mereka sendiri dan tak jarang mereka juga seringkali berbuat keonaran terhadap para penduduk penduduk lokal.


Hal itu membuat Pemerintahan Islam di bawah Bani Turki Seljuk membuat sebuah peraturan di mana para orang-orang kristen tidak diperbolehkan untuk membawa senjata-senjata tajam dan barang-barang yang tidak wajar ke dalam kota Yerusalem.
namun pelarangan tersebut dimaknai berbeda oleh para orang-orang Kristen dan khususnya oleh Paus Urbanus II yang sudah terlalu Iri hati dan dendam kepada Pemerintahan Islam yang pada saat itu Tengah memasuki masa kejayaannya.
akhirnya karena sebuah propaganda-propaganda yang di disebarkan oleh Gereja akhirnya banyak dari umat-umat Kristen yang yang bergabung dengan pasukan salib untuk menyerang Yerusalem dan merebut kota tersebut dari Pemerintahan Islam.


perang salib ke-1 pun meletus pada tahun 1095 dan kota tersebut akhirnya jatuh pada Juli 1099.dan memakan korban ratusan ribu korban jiwa, baik dari kalangan muslim maupun Yahudi.


namun akhirnya Yerusalem dapat diambil alih kembali pada Perang Salib kedua yang terjadi pada tahun 1145 M yang bertahan hingga masa Pemerintahan kekhalifahan Turki Utsmani.
pada masa pemerintahan Kekhalifahan Turki Utsmani masih berkuasa, tepatnya pada masa Pemerintahan Sultan Abdul Hamid 2, kota ini pernah ingin dibeli oleh pemimpin dari Zionis Israel yang bernama Theodore Herzl.


namun permintaan itu ditolak mentah-mentah karena Abdul Hamid 2, dan ia mengatakan, kota ini diperjuangkan dengan tumpah darah perjuangan para Umat Muslim,tidak akan menghianati semua perjuangan tersebut.


Namun pada zaman setelah kekhalifahan Turki Utsmani runtuh pada akhir Perang Dunia ke-1.
kota ini akhirnya dikuasai oleh kerajaan Inggris Raya,dan Inggris Raya memperbolehkan sisa-sisa kaum Yahudi yang selamat dari pembantaian Hitler di Eropa untuk tinggal di Yerusalem bersama dengan orang-orang lokal Palestina.namun kebaikan dibalas dengan keburukan karena akhirnya orang-orang Israel tersebut mendeklarasikan negara Israel merdeka dan akhirnya hingga saat ini negara Israel masih eksis sebagai negara yang menjajah Palestina.
Dan hingga detik ini pun, peperangan dan pertumpahan darah masih terjadi di kota suci tersebut. Karena saat ini, kota suci tersebut dikuasai oleh negara bernama Israel

Akhir cerita Arslan Senki

So,kesimpulannya.Pemerintahan Islam yang dapat menciptakan kedamaian dan toleransi beragama di kota suci bagi 3 agama ini.
tak mengherankan pula jika akhirnya sejarah penaklukan Yerusalem yang dilakukan oleh Salahuddin Al-Ayyubi pernah dibuatkan menjadi sebuah film garapan Hollywood pada tahun 2005 yang berjudul Kingdom of Heaven.Dimana disana juga disebutkan bahwa hanya Islam yang bisa menciptakan perdamaian di kota Yerusalem yang bisa di disebut juga dengan julukan kerajaan surga alias Kingdom of Heaven.


Oke, sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul ajaran Islam yang terkandung di dalam anime Arslan Senki.   Semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah
berkumpulnya bagi para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology


Ajaran Islam di dalam Anime Arslan Senki : Sejarah Yerusalem

1 komentar:

Translate