Hot Article

Ajaran Islam Anime Jibaku Shounen Hanako kun

 

Ajaran Islam Anime Jibaku Shounen Hanako kun

Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul Ajaran Islam di dalam anime One Punch Man dan satu lagi topik yang berjudul Ajaran Islam Anime Dragon Ball Z. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul Ajaran Islam Anime Jibaku Shounen Hanako-kun. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan, sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology. Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian, agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia.


Jibaku Shounen Hanako-kun atau yang dalam versi bahasa inggrisnya juga disebut Toilet-bound Hanako-kun ini adalah sebuah anime yang diadaptasi dari sebuah manga berjudul sama yang dikarang dan diilustrasikan oleh seorang pengarang manga bernama Iro Aida.
Manganya sendiri pertama kali terbit pada tahun 2014 dan diterbitkan di majalah  manga shōnen Monthly G Fantasy  terbitan Square Enix.
Animenya sendiri diproduksi oleh studio anime bernama Lerche dan pertama kali mengudara pada tahun 2020 kemarin.



Saya sendiri baru mengetahui judul anime ini dari salah satu member dari discord egagology. Dan setelah menonton beberapa episode dari anime ini, saya dibuat cukup terkesan dengan beberapa keunikan dari anime ini yang menurut saya sangat jarang dimiliki anime-anime lain yang telah saya tonton sebelumnya.salah satunya adalah gaya ilustrasi dari anime ini yang mengambil gaya seperti layaknya komik berjalan, seperti apa yang diterapkan dalam film the movie Spiderman Spider Verse.Namun gaya pewarnaannya mengambil gaya seperti lukisan. Menonton anime ini membuat saya seperti sedang memainkan game bertemakan misteri dan alam gaib.Dengan mengambil gaya yang unik seperti ini, tak mengherankan jika anime ini, bisa dikatakan sebagai sebuah revolusi di bidang industri per-anime-an di dunia. Dan sepertinya gaya seperti ini benar benar sangat cocok dengan gaya penceritaan yang sederhana dan bertemakan hantu seperti anime ini.

Sekedar info, Jibaku Shounen Hanako-kun adalah salah serial anime dan manga yang mengambil tema tentang dunia hantu dan dunia ghaib serta mitos mitos dari Jepang. Walaupun anime ini banyak menceritakan tentang dunia hantu. Sejatinya,serial ini justru tak menampilkan sesuatu yang  biasanya ada di dalam serial-serial bertemakan dunia gaib. Misalnya seperti adegan-adegan gore ataupun adegan-adegan jumpscare.Yang biasa kita temui di dalam cerita-cerita bergenre horor dan misteri.
Sebaliknya, anime ini justru lebih banyak menceritakan tentang kisah percintaan dan petualangan dari sang main karakter yang merupakan seorang hantu bersama dengan seorang heroin manusia.

7 misteri sekolah di jibaku shounen hanako-kun

Ya, anime ini sendiri mengambil latar di sebuah sekolah bernama sekolah Kamome yang memiliki berbagai rumor tentang misteri 7 hantu sekolah. Dan diceritakan bahwa, sang heroin dari anime ini yang merupakan seorang siswi baru bernama Nene Yashiro, berusaha memanggil seorang hantu dari misteri ketujuh yang bernama Hanako,dengan harapan agar ia mau mengabulkan segala keinginannya yaitu berpacaran dengan seseorang cowok yang dikaguminya.
Hanako san sendiri dalam cerita cerita mitos Jepang adalah seorang wanita yang tewas di kamar mandi,dan diceritakan bahwa ia akan mengabulkan segala permintaan siapapun yang memanggilnya, dengan cara menukarkan sesuatu yang paling berharga dari sang pemohon permintaan tersebut. Singkat cerita,karena permintaannya itulah, akhirnya Nene dikutuk jadi siluman ikan. Dan ia akhirnya terpaksa menjadi asisten pribadi dari Hanako yang ternyata kisahnya tak sesuai dengan mitos yang menyebar, karena ternyata Hanako adalah seorang laki-laki.

Tapi tahukah kamu, ternyata anime ini juga tak luput dari pesan pesan Islam yang terkandung di dalamnya.
Dan ternyata bukan cuma satu, tapi banyak sekali pesan pesan Islam yang bisa saya tangkap dari anime ini. Apa saja kah itu?

Karakter anime jibaku shounen hanako kun

Salah satunya bisa langsung kita dapatkan di episode ke 1 dari anime ini, yaitu ketika sang heroin utama dari anime ini yang bernama Nene pertama kali bertemu dengan Hanako Kun.
 
Ya seperti yang telah saya jelaskan di atas, bahwa tujuan Nene memanggil Hanako adalah untuk meminta keberuntungan dan dengan harapan bahwa Hanako akan mengabulkan impianmu,walaupun harus mengorbankan sesuatu yang berharga bagi dirinya.

Alhasil, Nene pun terkena batunya sendiri. Karena apa yang terjadi selanjutnya bukanlah apa yang sesuai dengan harapannya. Ia malah berakhir menjadi siluman ikan mas dan menjadi asisten pribadi Hanako, yang tugasnya adalah membersihkan toilet setiap pulang sekolah.

Di episode ke 1 ini, sepertinya kita diajarkan tentang alasannya mengapa Allah sangat melarang kita untuk berbuat syirik alias mempercayai dan meyakini benda dan kekuatan lain selain kepercayaan kita kepada Allah.Selain itu juga diperlihatkan dengan jelas efek samping serta bahayanya perbuatan tersebut.

Ya seperti yang kita ketahui bahwa, dalam ajaran Islam, perbuatan syirik adalah sebuah perbuatan yang sangat tercela dan dihukum sebagai dosa besar.
Seperti yang dijelaskan dalam beberapa dalil yang berbunyi

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi sesiapa yang di kehendaki-Nya”. (Q.S; An Nisa: 48).

Dari dalil diatas dapat disimpulkan bahwa dosa syirik adalah puncak dari segala dosa. Bahkan Allah mengancam tidak akan mengampuni dosa tersebut pada orang yang dengan sadar melakukan dosa tersebut

Selain ajaran tentang bahayanya syirik, anime ini juta ternyata mengajarkan kita tentang haramnya perbuatan bergunjing dan selalu bertabayyun.

Seperti yang kita ketahui, banyaknya kasus kasus misteri yang terjadi di anime ini adalah diawali dari adanya sebuah rumor yang dihembuskan oleh beberapa para siswa dan siswi yang suka bergunjing alias ngerumpi.

teori jibaku shounen hanako-kun

Dari rumor-rumor mitos yang tidak benar itulah yang akhirnya membuat para jin jin yang berada di sekolah tersebut, yang kenyataannya adalah berbentuk imut dan menggemaskan. Akhirnya karena energi negatif dari rumor tersebut,membuat mereka menjadi menyesuaikan diri dengan rumor tersebut.
Alias berubah bentuk menjadi seperti apa yang dirumorkan oleh masyarakat.Dan dari semua itulah permasalahannya di mulai

Yap, walaupun alasannya berbeda. Namun adegan tersebut seolah sesuai dengan ajaran Islam yang sangat melarang para umatnya untuk bergunjing alias ngerumpi.

Seperti dikatakan oleh salah satu dalil AlQuran yang berbunyi :

“Dan apabila mereka mendengar perkataan yang tidak bermanfaat, mereka berpaling dari padanya.” (QS Al-Qashash ayat 55)


Ya, selain bergunjing dan ngerumpi. Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa anime ini juga mengajarkan kita tentang anjuran  untuk selalu bertabayyun.Karena seperti yang telah saya jelaskan juga bahwa, ternyata bentuk asli dari jin penunggu sekolah di anime ini adalah sangat berbeda dari rumor rumor yang dihembuskan, yang mengatakan bahwa bentuk mereka adalah sangat seram. Padahal bentuk mereka sangatlah imut dan menggemaskan.

Hal ini sesuai dengan ajaran Islam tentang bertabayyun .Seperti yang dikatakan dalam dalil AL Qur'an berikut ini

" jika ada seorang faasiq datang kepada kalian dengan membawa suatu berita penting, maka tabayyunlah (telitilah dulu), agar jangan sampai kalian menimpakan suatu bahaya pada suatu kaum atas dasar kebodohan, kemudian akhirnya kalian menjadi menyesal atas perlakuan kalian".Al Qur'an surat Al-Hujurat/49:6.

Dari ayat diatas dapat disimpulkan bahwa, kita sebagai Umat Islam jangan mudah terbawa yang namanya kabar hoax. Dan adu domba oleh pihak-pihak tertentu. Kita diwajibkan untuk selalu bertabayyun dan menyelidiki secara rinci, dari sebuah berita atau kabar yang disebarkan oleh masyarakat

Oke, sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul ajaran Islam di dalam anime Jibaku Shounen Hanako-kun.   Semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian. Agar channel ini bisa menjadi wadah
berkumpulnya bagi para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology



Ajaran Islam Anime Jibaku Shounen Hanako kun

Tidak ada komentar

Translate