Hot Article

Kimi No Nawa : Pacaran Di Dalam Islam | Review Alur Cerita Anime Your Name | Anime Islam

 

Kimi No Nawa Pacaran Di Dalam Islam

Kimi No Nawa Pacaran Di Dalam Islam - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul Doraemon membuktikan teori evolusi Darwin itu hanyalah mitos, dan satu lagi topik yang berjudul Menurut Islam, Zeke Yeager adalah korban kesalahan orang tua . Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang topik yang berjudul Kimi no nawa, membahas Pacaran dalam Islam.Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita  kupas artikelnya.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan,kesempatan dan keceriaan,sehingga masih bisa menikmati suguhan artikel-artikel berkualitas dari channel egagology.Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share topik dari kami ke grup chatting komunitas kalian . Agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para Weeaboo Weeaboo Barokah Di Seluruh Dunia.

Kimi no nawa movie

Kimi no nawa adalah salah satu Anime Movie yang berhasil menyita perhatian para penggemar anime,beberapa tahun yang lalu. Dan sebenarnya kalau boleh jujur,anime ini juga cukup membuat saya terkejut, Karena di awal-awal perilisannya, sekitar tahun 2016 sampai tahun 2017,anime ini langsung mendapatkan rating yang sangat besar di situs MyAnimeList , sehingga bisa menempatkan anime ini di jajaran peringkat kedua sebagai top anime di situs tersebut.Ya walaupun, peringkat tersebut tidak bertahan lama. Namuna hal ini sungguh adalah sesuatu yang sungguh mengejutkan. Karena anime ini sendiri bisa di bilang sebagai  satu-satunya anime bergenre Romance drama,yang nangkring di jajaran top anime di situs tersebut.

Ya, memang dari segi cerita dan Story,anime yang disutradarai oleh Makoto shinkai ini, tidak banyak menampilkan aksi-aksi yang mengejutkan ataupun plot plot Twist seperti yang biasa kita temui di dalam anime anime bergenre Shounen. Dan dari sinopsis awalnya sendiri,jika kita telisik lebih jauh, ide awal dari anime tersebut sebenarnya sudah banyak diterapkan dalam cerita cerita fiksi bergenre romance lainnya.

Kimi no Nawa Sinopsis

 Anime ini sendiri menceritakan tentang dua main karakter  yang berjenis kelamin cewek dan cowok.  Diceritakan mereka saling bertukar tubuh satu sama lainnya.
Si cowok bernama Taki dan ceweknya bernama Mitsuha.
Diceritakan bahwa,mereka bertukar tubuh setiap mereka bangun tidur. Padahal,tempat tinggal mereka sangatlah berbeda jauh, Taki tinggal di Kota, dan Mitsuha tinggal desa. Dan darisitu, mulailah petualangan mereka di dalam keseharian mereka dengan tubuh baru mereka masing masing. Namun suatu hari,semua rutinitas itu terhenti dan pertukaran tubuh itupun juga terhenti.

Merasa ada yang kurang dari dirinya. Taki pun, mencoba mencari tahu di mana tempat tinggal teman pertukaran tubuhnya, yaitu Mitsuha.

Mitsuha ternyata tinggal di sebuah desa terpencil di desa bernama Itomori di daerah pegunungan.

Taki pun berangkat dari tempat tinggalnya yaitu Tokyo menuju pedesaan tersebut.
namun alangkah kagetnya ia,karena ternyata desa tersebut telah hancur dan musnah karena tertimpa sebuah komet yang meluncur menembus atmosfer bumi.

Dan baru diketahui bahwa, ternyata bencana itu terjadi beberapa tahun yang lalu. Dengan kata lain pertukaran tubuh antara Taki dan Mitsuha,terpaut berapa tahun.Dan, di ketahui pula bahwa,semua penduduk desa tersebut termasuk Mitsuha, dinyatakan meninggal dunia.

Dan ketika Taki mendatangai kawah besar yang di hasilkan oleh bencana komet tersebut,tiba-tiba pertukaran tubuh itu pun terjadi lagi dan akhirnya Taki yang berada di tubuh Mitsuha berusaha untuk mengingatkan para warga dan masyarakat desa tersebut, untuk menyelamatkan diri dari bencana komet tersebut.Akhirnya,karena pemberitahuan yang dilakukan oleh Taki,yang berada di dalam tubuh Mitsuha.Bencana itupun bisa terhindarkan, tanpa adanya korban sedikitpun.


Di akhir  cerita akhirnya mereka berdua kembali ke tubuh masing-masing dan ingatan Kenangan antara mereka berdua pun mulai pudar.

setelah beberapa tahun berlalu, Taki dan Mitsuha akhirnya bertemu kembali di Tokyo.Namun karena ingatan mereka berdua telah hilang,mereka hanya teringat pada ingatan samar antara mereka berdua.Dan di adegan tersebut, dialog yang diucapkan oleh mereka berdua adalah kimi no nawa alias Siapa namamu?


Yap,kalau bisa kita review sedikit,poin yang menjadi suatu hal unik dari anime ini justru adalah pada judul Animenya yaitu Kimi no nawa atau dalam bahasa Indonesianya bisa diartikan sebagai Siapa namamu?

Ya, kata kata sepele seperti itu pun, di tangan seorang Makoto Shinkai, bisa menjadi sebuah plot kisah yang unik dan out of the box.

Ya, kalo kita amati, tujuan sang karakter dari kisah ini, selain berusaha menyelamatkan Mitsuha dari bencana komet,Ternyata anime ini juga memiliki  tujuan lain,yaitu kedua main character tersebut berusaha untuk mencari tahu nama mereka masing-masing.

Secara genre,anime ini bisa dikatakan sebagai sesuatu yang unik karena,anime ini seperti membuat sebuah konsep baru dari genre romance itu sendiri. Dimana biasanya film dengan genre romance, tidak lepas dari yang namanya adegan-adegan cinta-cintaan,peluk-pelukan dan bahkan cium-ciuman.Namun di anime ini justru kita tidakdiperlihatkan adegan adegan seperti itu,bahkan di anime ini pun tidak diperlihatkan bergandengan tangan. Ya,adegan bergandengan tangan pun tidak diperlihatkan dalam anime ini,apalagi adegan ciuman.


Ya mungkin dari sisi cerita,hal itulah yang membuat anime ini menjadi meledak di pasaran ,karena selain unik,anime ini juga menjadi lebih terlihat sangat imajinatif dan  dramatis.

Ya,dimana kita di perlihatkan bagaimana perjuangan dari sang main karakter cowok berusaha untuk menemui sang main karakter cewek menempuh perjalanan jauh. lalu menemui kenyataan bahwa sang cewek telah ditimpa dengan bencana meteor.Lalu setelah itu berakhir dengan sebuah pertemuan tanpa kesengajaan,hanya untuk menanyakan sebuah kalimat siapa namamu?. Sungguh sungguh sangat imajinatif.

Iya anime ini sendiri sebenarnya banyak mengambil referensi langsung dari budaya asli Jepang sama sekali tidak mengenal yang namanya Aishiteru atau dalam bahasa Indonesianya berarti aku cinta kamu.Iya menurut info yang saya dapatkan dari anime berjudul Welcome to NHK,Aishiteru atau Aku cinta kamu adalah budaya barat yang diadaptasi dalam bahasa Jepang.budaya Jepang di masa lalu sendiri tidak mengenal adanya pacaran ataupun tunangan,dalam budaya Jepang justru kita lebih mengenal dengan adanya pingitan ataupun perjodohan.

Sedangkan pacaran biasanya identik dengan yang namanya hal-hal yang berhubungan dengan nafsu dunia misalnya berpegangan tangan, berpelukan,berciuman,Lalu setelah itu bertengkar,putus dan begitulah seterusnya.dan biasanya fase tersebut akan terjadi berulang-ulang.

So, itulah Kenapa sebenarnya budaya Timur baik itu budaya Jepang ataupun budaya budaya lainnya seperti Arab dan Melayu sebenarnya sangat sesuai dengan apa yang diajarkan dalam agama Islam.

Jadi tidak mengherankan jika banyak sekali budaya-budaya Jepang yang ternyata juga bisa kita temukan di ajaran Islam.

Definisi Pacaran sendiri bisa di jabarkan sebagai sebuah proses melampiaskan nafsu sesaat ,dengan sesuatu yang berbentuk sentuhan terhadap lawan jenis. Bisa itu bersetuan tangan, berciuman dll. Dengan tanpa adanya ikatan resmi ataupun pernikahan

Hukum pacaran dalam Islam

Lalu, kenapa Islam sangat melarang yang namanya pacaran. Apakah  Islam selalu melarang segala sesuatu yang menyenangkan dan membahagiakan?Apakah Islam sangat membenci jika para umat umatnya bahagia dan senang?
Tentu saja tidak, Islam justru berusaha untuk membuat seluruh dunia untuk merasakan kebahagiaan dan rahmat dari Allah.karena Moto Islam adalah rahmatan lil alamin yang berarti rahmat bagi semesta alam.
lalu apa alasannya?

Selain karena  bertujuan untuk melindungi wanita dari adanya pelecehan seksual,lalu berusaha membuat derajat manusia lebih tinggi daripada hewan dan makhluk-makhluk lainnya, ternyata alasan Islam melarang pacaran adalah karena Islam adalah agama yang logis, maka segala sesuatu aturan di dalamnya pastilah harus berdasarkan logika dan akal sehat.

Secara visi dan misi, pacaran sebenarnya tidak memiliki visi dan misi apapun,tidak ada perencanaan masa depan, dan sifatnya hanya untuk melampiaskan nafsu sesaat saja.Lalu setelah bosan saling melampiaskan nafsu, sang pasangan pun akan dibuang seperti halnya ampas tebu yang telah habis manisnya.Dan,begitulah seterusnya,tidak ada masa depan yang cerah sama sekali.


 Dan, dalam hal story maupun pengalaman hidup pun, Pacaran dan cinta cintaan,justru terkesan biasa saja, tidak bisa dibanggakan dan tak dapat dijadikan sebuah catatan biografi hidup yang bagus.Seperti yang telah saya katakan di atas,Pacaran adalah proses melampiaskan nafsu sesaat ,dengan sesuatu yang berbentuk sentuhan dengan lawan jenis


Jika Proses dalam mendapatkan sentuhan dengan sang lawan jenis tersebut tidak dengan sebuah perjuangan mati matian, maka hal itu akan terasa biasa saja.tidak ada efek dramatis,tidak ada efek perjuangan di dalamnya. Jangankan diangkat menjadi kisah film layar lebar ataupun novel. kisah tersebut diceritakan di warung kopi saja , mungkin tidak akan ada yang mau mendengarkannya

Seperti halnya generasi milenial saat ini.  Mungkin mereka,tak akan pernah merasakan sebuah perjuangan dan tantangan dalam mendapatkan tambatan hati seperti generasi generasi sebelumnya. Berbeda dengan generasi generasi 90-an.  Jika kita biasa  mendengar  lagu-lagu lawas  dari band seperti Band Tipe-x,Sheila On 7 dan lain-lain,  banyak sekali dari mereka yang menceritakan dengan lirik lirik puitis tentang kisah cinta mereka, yang mungkin berdasarkan pengalaman pribadi. karena seperti yang kita ketahui zaman dahulu Kebanyakan orang berkomunikasi menggunakan surat dan telepon umum.

Konsep pacaran dalam islam


Ya kita balik lagi ke anime the movie Kimi no Nawa. So, resep rahasia, mengapa anime tersebut bisa meledak di pasaran dan bahkan hingga bisa mendapatkan berbagai penghargaan sebagai anime terbaik diberbagai ajang penghargaan bagi insan perfilman,adalah karena cerita dan kisah yang ditampilkan dari anime nih melebihi ekspektasi dari kebanyakan orang,tentang sebuah genre bernama romance drama.
Hanya dengan berbekalkan judul yang sebenarnya cukup sepele yaitu Kimi no nawa alias Siapa namamu?dapat membuat sebuah cerita perjuangan dari dua main karakter yang saling berusaha untuk mengenal nama satu sama lainnya ini, menjadi sebuah kisah yang sangat Epic,sangat dramatis dan penuh perjuangan dan disisi lain juga pastinya,dapat menggugah perasaan dan emosi sehingga Mungkin beberapa orang yang menonton anime ini akan terbawa dengan emosi yang disampaikan dalam anime ini.


Oke,Sekian dulu pembahasan kita tentang topik yang berjudul anime Kimi no Nawa membahas pacaran dalam Islam. Semoga topik ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share topik dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah
berkumpulnya bagi para Weeaboo-Weeaboo Barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam hangat egagology

Kimi No Nawa : Pacaran Di Dalam Islam | Review Alur Cerita Anime Your Name | Anime Islam

Tidak ada komentar

Translate