Hot Manga

Pendapat Gue,tentang suara Adzan yang dijadikan soundtrack Anime

Pendapat Gue,tentang suara Adzan yang dijadikan soundtrack Anime
Beberapa hari yang lalu,dunia jagad anime di hebohkan dengan isu adanya suara adzan yang terselip pada soundtrack anime yang sedang booming beberapa bulan yang lalu,yaitu anime Kimetsu no yaiba.Bagaikan api yang membakar kertas,berita itu sontak saja membuat para penggemar Anime di seluruh dunia menjadi gempar.Ada yang bersikap pro dalam menyikapi hal ini.tapi banyak pula yang mengecam serta menyayangkan akan terjadinya hal itu,yang menurut mereka adalah sebagai sebuah penghinaan terhadap suara adzan yang sejatinya adalah sebagaii sebuah panggilan spiritual untuk melaksanakan Sholat dalam agama Islam.Ya,pendapat Gue pribadi sih gak terlalu terbawa suasana dalam menyikapi hal ini.Namun Gue juga gak bisa menyalahkan orang-orang dalam menyikapi masalah ini.

BACA JUGA : Hukum gambar menurut Islam,bolehkah?yuk simak perbandingannya

Noragami Aragoto Adzan

So,yang membuat pembahasan ini menarik adalah skandal permasalahan ini tidak hanya kali ini saja menyeret dunia perindustri Anime.Beberapa tahun lalu juga,pernah ada kasus tentang penggunaan lafadz adzan yang terselip di soundtrack anime berjudul Noragami Aragoto.Dimana di salah satu soundtracknya yang berjudul push button ada suara adzan dalam bentuk remix lagu eletronic dance dan suaranyapun di ubah picthnya menjadi lebih tinggi.Dan saat itu,tentu saja reaksi muslim di seluruh dunia sangat mengecam tindakan sang pembuat soundtrack ini,yaitu Taku Iwasaki.Namun setelah di konfirmasi pada team produser Anime ini.Mereka mengatakan bahwa,mereka tidak mengetahui sama sekali tentang fungsi dan arti dari kalimat adzan bagi Ummat Islam.Dan dalam pernyataan resmi mereka,mereka sama sekali tidak bermaksud untuk menghina ataupun melecehkan agama Islam dan mereka berjanji akan lebih hati hati dan lebih mempelajari lebih dalam tentang Islam.
Okelah,itu terjadi di tahun 2015.Nah,setelah 4 tahun berlalu,kini jagad industri anime di kejutkan lagi dengan isu tentang BGMnya Kimetsu no yaiba ini.
ya,walopun kalo Gue menilai sih.Soundtracknya lebih mendingan sih dibandingkan dengan suara adzan di anime Noragami Aragoto.Kenapa?Karena suara adzannya sendiri itu bentuknya utuh alias gak di remix atau diubah pitch dan temponya.Yang menurut Gue sudah termasuk bagian dari pelecehan dan penghinaan terhadapa suara adzan.Namun,dibandingkan dengan semua itu.Gue lebih tertarik dan penasaran,mengapa kasus ini bisa terulang kembali.Apakah orang Jepang sonoh gak belajar pada kesalahannya ini di masa lalu?Bukankah cukup dengan kasus anime Noragami Aragoto saja telah memberikan cukup pengalaman dan pembelajaran yang berarti terhadap penggunaan simbol-simbol Islam.
Di sisi lain,hal ini justru memberikan sebuah teori baru bahwa "Bisa saja,kasus ini adalah hal yang di sengaja dan di rencanakan untuk menaikkan pamor dan sebagai media promosi gratis anime ini di pasaran?"

Kimetsu no yaiba Adzan

Untuk poin terakhir,menurut Gue kemungkinannya sangatlah kecil.Mengingat anime Kimetsu no yaiba ini sudah menjadi rajanya di season lalu.Dan bahkan,manganya pun sanggup mengalahkan mangan one piece yang sudah berabad abad bertengger di puncak penjualan tertinggi mangan setiap bulannya.So,dengan kata lain.Menciptakan sebuah sensasi juga tak akan ada gunanya juga,karena Anime ini toh sudah laku di pasaran.
Sampai sini sih sudah bisa di simpulkan bahwa,mereka membuat hal seperti itu bukan karena ingin mendapatkan sensasi.Tapi lebih kepada 2 hal,yaitu pelecehan atau bisa jadi karena rasa kekaguman mereka pada suara Adzan.
Namun,dari konferensi pers yang di perlihatan oleh tim produksi dari 2 kasus ini memperlihatkan bahwa,mereka kasus ini hanya murni sebagai kekeliruan akibat ketidaktahuan mereka saja.Hal ini mengindikasikan bahwa,mereka sebenarnya memakai suara Adzan sebagai soundtrack itu karena rasa kekaguman mereka pada suara Adzan yang merupakan elemen penting dalam ritual agama Islam. 


Kagum pada suara Adzan

PAKAIAN TRADISIONAL JEPANG MIRIP HIJAB SYAR'I
Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang orang Jepun sonoh sangat kagum pada suara Adzan.Dari riset yang Gue lakukan,dapat diambil kesimpulan bahwa emang orang Jepang ini sangat- sangat kagum dengan yang namanya suara Adzan. Dikutip dari Siakapkeli dan Gue ambil info ini dari dream.co.id,bahwa pada Rabu 17 Juli 2019 telah di upload sebuah video di channel YouTube Hazizul Masdin,dimana disana terekam seorang turis wanita asal Jepang yang sedang berkunjung ke Masjid Negeri Selangor, Malaysia terlihat sangat terpukau mendengarkan suara Adzan dari sang Muadzin di Masjid itu.Bahkan sang Muadzin yang bernama Ustaz Zoul itu bercerita, awalnya dia melihat serombongan turis asal Jepang sedang berkunjung ke Masjid Negeri Selangor. Mereka sedang merekam gambar masjid tersebut." Setelah saya mengenalkan diri sebagai muazin yang kumandangkan azan mereka lalu meminta saya azan dan mereka akan merekam. Mudah-mudah membuat mereka tertarik pada Islam," kata Ustaz Zoul.Pada video itu, Ustaz Zoul terlihat mengumandangkan azan di hadapan para turis Jepang. Sementara tiap turis merekam azan tersebut menggunakan ponsel mereka.Salah satu turis wanita terlihat mengenakan baju gamis biru dipadu jilbab dengan warna cerah. Dia terlihat takjub dengan lantunan azan tersebut.
Lalu ada lagi cerita dosen asal Jepang yang cinta Indonesia cuma karena suara Adzan.Di kutip dari Cnn Indonesia bahwa Yasuko Morita, seorang dosen Bahasa Jepang yang tinggal di Indonesia.Kenapa mereka bisa kagum dengan suara Adzan?Karena suara Adzan sejatinya adalah sebuah seni yang sangat indah lagi agung.Selain alunan nadanya yang Indah dan berwarna.Suara Adzan di berbagai belahan dunia juga mempunyaii cirihasnya masing-masing.
So,gak mengherankan,kenapa kasus Adzan menjadi suara Adzan bisa terjadi berulang kali dan selalu menjadi kontroversi di kalangan para penikmat anime,Khususnya bagi yang beragama islam.Walaupun begitu,saya pribadi lebih menilai kasus ini sebagai sebuah apresiasi dari industri Anime Jepang terhadap keindahan Adzan.Dan so pasti,saya sangat bangga akan hal itu
walaupun,ya ada beberapa yang berpendapat bahwa Adzan bukanlah sebuah lagu ataupun musik,dan berpedapat bahwa musik itu haram.Ya,saya menghormati dan menghargai pendapat sebagian orang itu.Ya,perbedaan pendapat tak serta merta membuat Islam menjadi saling bermusuhan satu sama lain,bukan?. So, sekian dulu artikel Gue tentang suara Adzan yang dijadikan soundtrack Anime ini. Semoga kita semakin tereahkan dan semakin bangga dengan agama kita sendiri. Karena sejatinya bukan hanya orang Islam saja yang mengagumi keindahannya. Namun, banyak orang di luar sana yang lebih dan lebih mencintai agama islam ini. Bahkan seorang Michale Heart yang seorang Kristen pun, dengan gamblang mengemukakan pendapat dan kekagumannya pada seorang Nabi Muhammad pada bukunya yang berjudul "100 orang paling berpengaruh di dunia". Maurice Bucaille, seorang dokter non-Muslim berekbangsaan Prancis juga demikian. Dia menerbitak sebuah buku tentang keajaiban mukjizat-mukjizat dalam Al-Qur'an yang dikatakannya benar-benar sesuai dengan fakta-fakta dalam ilmu ilmiah. jika  mereka dengan tulus bisa sangat ngefans dan kagum pada Islam. Kenapa kita sebagai penganut yang sudah pasti di wajibkan untuk beriman kepada ketentuan-ketentuan dalam Agama ini. Tidak bisakah kita berbangga dengan agama yang kita anut. Dan,so pasti...Turut membawa agama ini sebagai jati diri kita sendiri, sehingga kita pun bisa membawa kebanggan dan rasa memiliki terhadap Agama ini, baik dalam hal prestasi yang kita raih, jabatan . dansudah pasti juga, dalam hal tingkah laku dan etika kita haruslah mencerminkan kebanggaan kita sebagai bagian dari ummat Islam.

Tidak ada komentar