Hot Article

Ajaran Islam Di Anime Oshi no Ko tentang Hamil Diluar Nikah

Ajaran Islam Di Anime Oshi no Ko tentang Hamil Diluar Nikah Dan Hukum Menonton Anime

Anime Oshi no Ko: Ajaran Islam Di Dalamnya - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bertemu lagi bersama saya Egag di channel Egagology, channel yang membahas tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan wibu dan otaku dari sudut pandang wibu barokah.

Anime Islam

Oke seperti biasa, saya kembali lagi dengan membawakan fakta-fakta tentang ajaran-ajaran di dalam anime yang sudah pasti sangat sesuai dengan ajaran Islam.
Dan pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah anime berjudul Oshi No Ko. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas pembahasan kita kali ini.

Anime Oshi No Ko adalah salah satu anime yang cukup populer di season ini. Ya anime ini sendiri intinya adalah bercerita tentang seorang Idol, dan menceritakan tentang bagaimana sebuah industri hiburan berjalan di belakang layar. Dan juga bagaimana kejamnya industri hiburan yang kita selama ini saksikan hanya di depan layar kaca saja, ternyata industri ini lebih kompleks daripada yang kita kira.
 
Ya anime ini sendiri memang cukup banyak sekali menyisipkan pesan-pesan yang sesuai dengan apa yang terjadi di kehidupan nyata. Dan juga benar-benar bisa dikatakan mengambil referensi dari kehidupan nyata di Jepang, khususnya di dunia hiburan.
Karakter utama di dalam anime ini adalah dua kakak beradik yaitu yang bernama Ruby dan juga Aqua.
Namun di flashback alias prolog dari anime ini, yang menjadi karakter utama adalah yang bernama Ai Hoshino yaitu seorang Idol dari sebuah grup paling terkenal di Jepang pada saat itu.

Oshi no Ko: Anime Tentang Dokter yang Reinkarnasi Jadi Anak Idola Populer

Namun walaupun tajuk dari video kali ini adalah pesan-pesan yang sesuai dengan ajaran Islam. Ya anime ini sendiri justru dibuka dengan sebuah clue yang sama sekali sangat tidak sesuai dengan ajaran Islam yaitu hamil diluar nikah dan juga reinkarnasi.
Ya kedua hal tersebut sangat-sangat bertentangan dengan ajaran Islam namun dibalik semua adegan itu justru kita dapat mengambil pelajaran di adegan selanjutnya yang juga masih ada di dalam episode yang sama yaitu episode pembuka alias episode prolog di anime ini.
Ya animenya sendiri bercerita tentang sang karakter utama yaitu hoshino yang diceritakan hamil diluar nikah dan melahirkan dua orang anak. Karena ia seorang Idol akhirnya dia merahasiakan kehamilannya tersebut dan mengisolasi diri ke sebuah rumah sakit di pedalaman desa dan bertemu seorang dokter pribadi yaitu yang bernama Gouro Amamiya.
Singkat cerita akhirnya Ai Hoshino pun melahirkan dua orang anak yang bernama Aqua dan juga Ruby, yang ternyata dua anak tersebut adalah dalam tanda kutip “sebuah reinkarnasi dari sang dokter yang merawat Ai hoshino ketika ia hamil”.

Dari sinilah permulaan penceritaan anime Oshi No Ko pun dimulai. Iya seperti yang telah saya katakan di pembukaan di atas bahwa anime ini bisa dikatakan cukup banyak menyisipkan ajaran-ajaran dan pesan-pesan yang sesuai dengan kehidupan nyata yang bisa dikatakan, bisa kita ambil juga sebagai pelajaran yang sesuai dengan ajaran Islam.


Salah satunya bisa kita temukan di episode ke-1 dari anime Oshi No Ko ini. Dimana diceritakan bahwa Ai Hoshino seperti yang telah saya katakan juga sebelumnya bahwa ia hamil diluar nikah dan melahirkan dua orang anak yaitu Aqua dan Ruby.
Dan episode ini menceritakan tentang asal usul dari Ruby dan juga Aqua yang merupakan anak hasil hubungan gelap Ai Hoshino dengan pria yang tidak diketahui ini sangat sangatlah tragis dan ironis.
Bisa dikatakan inilah alasan kenapa Islam melarang kita untuk melakukan hubungan di luar nikah. Ya bagaimana tidak, di anime ini diceritakan bahwa Ai Hoshino harus banting tulang untuk mengurusi kedua orang anaknya tersebut dengan susah payah dan mati-matian.
Lalu selain itu juga Ia yang masih di bawah umur, sama sekali tidak memiliki pengalaman sebagai seorang ibu sehingga anaknya sendiri pun yaitu Aqua berkata bahwa Ai Hoshino adalah contoh ibu yang buruk karena ia tidak bisa mengurusi anak-anaknya sendiri.
Lalu di sisi lain anak-anaknya pun, baik itu Aqua dan Ruby sama sekali tidak mengenal sosok seorang ayah. Bahkan di akhir dari episode ke-1 ini, diceritakan bahwa Aqua justru sangat sangat membenci ayahnya dan bersumpah akan mencari jejak ayahnya tersebut untuk membalaskan dendam kematian ibunya yang dibunuh oleh seorang penggemar yang tidak diketahui asal-usulnya. Namun yang anehnya Ia memiliki akses informasi terhadap tempat tinggal sang Ibu dari Aqua dan Ruby tersebut.

Oshi no Ko: Kisah Seorang Idola yang Hamil di Luar Nikah

Ya pesan yang bisa didapatkan dari kisah ini adalah sangat banyak sekali. Bisa dikatakan jika seseorang hidup sebagai orang tua yang membesarkan anak-anaknya dari hasil hubungan terlarang, sebuah keadaan keluarga broken home adalah keniscayaan.
Ya bukan hanya tentang perekonomian ataupun fasilitas dan juga kemewahan. Bisa jadi letak broken home tersebut terletak pada kasih sayang dari kedua orang tuanya yang sangatlah terbatas.
Ya bisa dikatakan jika kedua orang tua mereka tidak terikat dalam jalinan ikatan pernikahan, sudah pasti salah satu dari kedua orang tuanya baik itu ibu maupun ayah tidak tinggal di dalam satu rumah dan besar kemungkinan bisa jadi sang anak pun seperti apa yang dikisahkan di dalam anime ini yaitu Ruby dan Aqua, sama sekali tidak mengenal salah satu dari orang tua mereka yaitu ayah mereka.

Yang terjadi justru Aqua dan Ruby merasa mereka tidak membutuhkan ayah mereka dan justru membenci ayah mereka sebagai seorang penghianat yang telah mengganggu keluarga mereka dan juga Ibu mereka. Padahal sejatinya kalau kita menyelisik tentang hubungan keluarga yang utuh pastinya sosok Ayah adalah salah satu komponen terpenting di dalam keluarga.
Karena seorang ayah adalah seorang pemimpin dan juga seorang ayah adalah salah satu panutan bagi anak-anaknya maka sudah pasti bisa dikatakan sangat aneh jika seorang anak tidak mengenal ayahnya dan juga bahkan membenci sangat-sangat membenci sosok seorang ayah. Tanpa seorang ayah pastinya sang anak tidak akan lahir ke dunia ini.
 Dari alur cerita Aqua dan juga Ruby serta Ibu mereka yaitu Ai Hoshino, saya menjadi teringat dengan kisah Picky Peeks, seorang youtuber yang pernah diundang ke dalam podcastnya Deddy Corbuzier yang diceritakan, sama persis dengan kisah dari Aqua dan juga Ruby di dalam anime ini yaitu di mana ia tidak mengenal sama sekali siapa ayah biologisnya. Dan bahkan yang paling penting dan yang perlu digarisbawahi adalah ia merasa tidak membutuhkan ayahnya dan ia juga sangat membenci ayahnya.
Bahkan ia mengatakan bahwa, jika ayahnya datang dan mengakui ia sebagai anaknya ia akan dengan serta-merta mengusir ayahnya tersebut dan tidak mengakui ayahnya sebagai ayahnya.

Ini sangat-sangat ironis menurut saya, sebuah keegoisan dan juga hawa nafsu yang diumbar oleh kedua orang tua mereka menjadikan masa depan anak-anak hasil dari hubungan terlarang mereka tersebut hancur dan terjebak dalam lingkungan broken home dan juga lingkungan keluarga yang penuh dengan kemarahan serta kebencian terhadap salah satu dari orang tua mereka. Padahal dalam definisinya sebuah keluarga adalah tempat seorang anak mendapatkan limpahan kasih sayang dari kedua orang tua mereka, itulah esensi dari keluarga yang sebenarnya tanpa hal tersebut saya bisa mengatakannya hal tersebut bukanlah keluarga, tapi lebih kepada hubungan antara manusia yang lebih muda dan juga manusia yang lebih tua. Itulah efek buruk dari perilaku mengumbar nafsu dan melakukan seks bebas yang mengakibatkan terjadinya hamil di luar nikah. Yang di dalam Islam memang sangat ditekankan perilaku tersebut ataupun perbuatan tersebut adalah sebuah keharaman dan siapapun melakukan perbuatan tersebut akan diganjar dengan dosa yang sangat besar dan di dalam Islam perilaku tersebut diistilahkan dengan istilah zina alias perzinahan.
Dan bahkan jika kita tinggal di Arab Saudi para pelaku-pelaku zina akan dihukum dengan hukuman yang bernama hukuman rajam, karena betapa dilarangnya perbuatan tersebut.

Oke, mari kita kembali ke anime Oshi No Ko. Apa yang diperbuat oleh Aqua di anime ini terhadap Ayah biologisnya sangatlah luar biasa. Dimana diceritakan bahwa Aqua menganalisis kejadian tragis pembunuhan ibunya dengan sangat rinci. Dan bahkan ia mengerahkan segala energinya selama setelah kematian Ai Hoshino hingga ia memasuki masa remaja hanya demi untuk mencari keberadaan dari ayah biologisnya, dan bahkan ia pun rela membuang semua emosinya dan juga rasa kasih sayangnya hanya demi untuk rasa balas dendam. Hal itu dikarenakan ia menyimpulkan bahwa kematian ibunya yaitu Ai Hoshino disebabkan karena sang Ayah biologisnya tersebut memberitahu letak atau lokasi Ai Hoshino kepada sang pembunuh.
Karena pada saat itu Diceritakan bahwa ioshina baru saja pindah ke apartemen barunya

Bisa dikatakan ini adalah pelajaran untuk kita bahwa jangan sampai para wanita-wanita muda yang kita kenal melakukan hubungan diluar nikah dan bahkan sampai hamil diluar nikah. Hal yang menjadi permasalahan adalah kita harus memperhatikan bagaimana jadinya masa depan dari sang Ibu dan juga anak-anak yang dilahirkan oleh ibu tersebut.

Dimana ketika sang anak dilahirkan mereka sama sekali tidak memiliki hubungan seorang ayah.
Ya karena dari awal hubungan tersebut bukanlah hubungan yang sehat dan positif, akhirnya masa depan dari sang anak juga menjadi sangat suram dan tidak membahagiakan.
Itulah yang terjadi pada seorang Aqua di dalam anime Oshi noco ini di mana dia menjadi seseorang yang pendendam dan juga memiliki ambisi penuh amarah untuk mencari sang ayah kandung mereka alias ayah biologis dari Aqua dan juga Ruby.

 

Anime Oshi no Ko: Ajaran Islam Di Dalamnya

 

Tidak ada komentar