Hot Article

Cara baca manga yang aman di bulan puasa


Cara baca manga yang aman di bulan puasa

Cara baca manga yang aman di bulan puasa - Assalamualaikum bertemu lagi bersama saya Egag di channel Egagology. Channel yang membahas tentang anime manga dan jejepangan lainnya dari sudut pandang wibu barokah. Setelah sebelumnya kita telah membahas Shinigami adalah salah satu ajaran Islam di anime Death Note dan juga satu lagi artikel yang berjudul PESAN MORAL ANIME CHAINSAW MAN SESUAI AJARAN ISLAM

Manga anti batal puasa

Oke, hari ini kita akan membahas tentang rekomendasi situs-situs atau website-website yang berfungsi sebagai tempat pembaca anime yang yang aman dikunjungi dan juga dibaca ketika bulan Ramadhan telah tiba. Di mana kita di bulan tersebut akan melaksanakan ibadah puasa yang dimana ketika kita berpuasa, so pasti kita harus menahan nafsu dan juga segala sesuatu yang membatalkan puasa termasuk juga dalam hal pandangan mata serta juga tontonan bacaan yang mungkin saja mengandung hal-hal yang dilarang di dalam agama. Misalnya seperti hal-hal pornografi syahwat dan lain sebagainya. Dan seperti yang kita ketahui juga bahwa di anime dan manga, sudah menjadi rahasia umum bahwa anime dan manga itu banyak sekali mengandung fan service dan juga hal-hal yang berbau-bau erotis untuk menarik pelanggan yang cukup penonton dari kalangan remaja maupun dewasa.

Manga adalah

So sebelum kita masuk ke pembahasan dan juga rekomendasi website atau situs-situs apa saja yang aman untuk kita kunjungi untuk membaca manga sebagai hiburan kita untuk menjalani puasa kita di bulan Ramadhan. Perlu diketahui, manga sendiri adalah sebuah komik atau novel grafik yang dibuat di Jepang atau menggunakan bahasa Jepang sesuai dengan gaya yang dikembangkan di sana pada akhir abad ke-19. Manga memiliki sejarah awal yang panjang dan kompleks dalam seni Jepang terdahulu dan manga juga biasanya diadaptasi menjadi anime .Dan anime sendiri sebenarnya juga sejarahnya terinspirasi dari animasi-animasi buatan barat khususnya Amerika. Karena di dalam sebuah wawancara pada sebuah film dokumenter berjudul enter the anime dikatakan bahwa Toei animation yang merupakan salah satu studio animasi tertua di Jepang mengatakan bahwa mereka terinspirasi dari animasi-animasi yang pada saat itu terkenal dibuat oleh Walt Disney bersaudara pada awal-awal sebelum Perang Dunia ke-2. Oke itulah, sekilas info dan juga pengetahuan umum tentang apa yang kita sebut dengan manga dan juga anime.

Oke tanpa berlama-lama lagi Mari langsung saja kita list beberapa rekomendasi situs-situs dan website baca manga yang aman dikunjungi dan juga dibaca ketika kita sedang berpuasa di bulan Ramadhan

Manga Up dari Square Enix

Yang pertama adalah aplikasi Manga Up dari Square Enix yang dirilis pada Tahun 2022 kemarin. Ya Manga Up adalah sebuah platform manga terbaru di wilayah Global yang dikembangkan dan diproduksi serta didistribusikan oleh perusahaan Jepang bernama Square Enix yang terkenal dengan game-game playstation-nya yaitu seperti Final Fantasy, Dragon Quest dan Kingdom Heart kali ini Square Enix mencoba peruntungannya dengan merilis aplikasi baca manga pada bulan Juli Tahun 2022 kemarin. Namun baru saja juga dirilis aplikasi ini dikritik secara masif oleh para penggemar penggemar manga di seluruh dunia. Salah satu yang menjadi kritikan dari aplikasi yang dirilis di platform Android dan juga iPhone ini adalah ditujukan pada sistem monetisasi platform-nya, yaitu di mana mereka menarik bayaran dari para pelanggan-pelanggannya dan menerapkan harga 1 Dolar untuk setiap chapter yang ingin dibaca di setiap chapter manga yang mereka rilis. Tidak hanya itu, kritik atas aplikasi ini juga tidak berhenti di situ saja. Meskipun aplikasi ini dirilis dengan menghadirkan keunggulan keunggulan dengan banyak yang judul-judul manga populer seperti misalnya Sono Bisque Doll wa Koi o Suru, Vanitas no Carte dan lain-lain. Mereka banyak menghadirkan berbagai genre-genre menarik seperti misalnya komedi Romance, Gender Bender, Shoujo ai dan lain sebagainya, namun tetap saja hal yang banyak dikritik dari aplikasi penerbit manga ini adalah karena penerapan sensor yang diterapkan oleh Square Enix yang memang oleh kebanyakan orang mungkin cukup patut dipertanyakan karena ada banyak panel-panel yang diberi sensor pada bagian yang sudah tertutup. Di mana penyensoran-penyensoran tersebut diberlakukan di wilayah-wilayah yang mungkin menurut sebagian orang masih cukup aman dan benar-benar tertutup dan tidak terbuka sedikitpun. Ya meskipun begitu menurut saya ini cukup wajar diperlakukan oleh Square Enix dalam penyensoran dan juga pemberlakuan kebijakan ini, karena hal-hal yang disensor di dalam aplikasi ini terbilang cukup vulgar dan juga cukup mengundang syahwat bagi para pembaca dan penonton setia dari aplikasi ini.
So karena itulah saya bisa mengatakan aplikasi ini adalah salah satu pilihan tepat untuk kalian yang ingin membaca manga ketika kalian sedang berpuasa di bulan Ramadhan karena kebijakan-kebijakan penyensoran yang cukup ketat diperlakukan di dalam aplikasi ini, termasuk juga penyensoran terhadap hal-hal yang dianggap erotis . Walaupun meskipun mungkin bisa dikatakan memang tidak terlalu terbuka, namun cukup menonjolkan aurat dari sang karakter yang ditampilkan.
Ya Meskipun memang aplikasi ini tidak benar-benar gratis karena memang walaupun ada juga beberapa chapter-chapter awal yang bisa dikatakan mungkin seperti layaknya trailer di film dimana kalian bisa membaca chapter chapter awal dari manga manga tersebut. Namun ketika kalian ingin membuka atau membaca chapter selanjutnya kalian harus membayar sejumlah uang karena ternyata aplikasi Manga Up ini menerapkan opsi mikro transaction seperti misalnya pengumpulan koin dan XP yang bisa dibeli terpisah. Jika kalian ingin mendownload ataupun sekedar icip-icip aplikasi Manga Up ini, silahkan cari saja di Apple store ataupun Google Play. Ketikan saja Manga Up lalu download dan install.


Kwikku, tempatnya Komik dan Novel

Oke kita ke poin selanjutnya. Poin selanjutnya dari pembahasan kita tentang website dan situs-situs baca komik dan manga yang bisa kalian baca ketika kalian sedang berpuasa di bulan Ramadha. Oke yang kedua ini adalah situs Kwikku.com. Bisa dikatakan ini adalah salah satu situs membaca komik asli asal Indonesia diciptakan oleh 5 mahasiswa dari Universitas Islam Negeri. Aplikasi ini sejatinya pada awalnya adalah sebuah situs jejaring sosial asal Indonesia yang sejatinya awalnya untuk menyaingi Facebook dan media-media sosial yang eksis pada saat website ini berdiri yaitu pada tahun 2013. Namun seiring berjalannya waktu dan juga sering bertambahnya umur dari situs media sosial ini, Visi mereka pun lambat lawan berubah dan akhirnya situs ini berubah menjadi publisher novel dan komik, khususnya novel-novel dan komik-komik asli asal Indonesia dan bukan dari Jepang yang terkenal dengan hal-hal yang bisa dikatakan sangat dekat dengan istilah fans service, genre Ecchi dan sebagainya. Dan selain itu juga di situs ini, ketika saya beberapa kali menoba mempublish karya saya di situs ini yaitu light novel berjudul kisah Si Mansyur. Mereka bisa dikatakan cukup ketat menerapkan yang namanya sensor yang dilakukan oleh para kurator-korator yang menjadi staff di website atau situs ini.
Dalam salah satu syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh Kwikku ditekankan dengan jelas bahwa ada beberapa cerita yang dilarang dipublikasikan di dalam platform mereka yaitu salah satunya adalah ketelanjangan terbuka ,dimana di poin tersebut dikatakan bahwa “kami masih memaklumi jenis cerita dewasa yang tidak bertujuan untuk menjerumuskan pembaca. Tapi kami sangat melarang cerita yang secara ekspresif menunjukkan keterbukaan” begitu tulisannya. Dan jika kita melihat daftar-daftar komik yang ada di situs ini, bisa dikatakan cukup banyak dan cukup beragam juga meskipun memang semua itu adalah karya-karya anak-anak lokal. Namun secara cerita dan juga kisah tidak kalah dengan karya manga yang berasal dari Jepang maupun negara-negara Asia lainnya. Jika kalian ingin mencoba ataupun membaca komik-komik lokal yang seru yang terdapat di situs ini silahkan ketikkan saja di browser dengan alamat www.Kwikku.com

Egagology Komik

Oke kita ke poin ketiga dari rekomendasi situs atau website membaca manga yang aman dikunjungi ketika kita sedang berpuasa di bulan Ramadhan. Oke untuk ke poin ketiga ini adalah situs Egagology komik, dimana situs ini sendiri bisa dikatakan adalah situs yang cukup baru mengudara beberapa tahun belakangan ini. Dimana konsep dari Egagology komik ini sendiri adalah seperti layaknya situs atau website baca komik gratis yang tersebar di seluruh penjuru internet seperti misalnya Mangarider, mangaku, baca manga dan lain-lain sebagainya. Namun yang membedakan antara Egagology komik dengan situs-situs lainnya tersebut adalah situs ini memberlakukan sensor ketat terhadap setiap chapter dan visual yang ditampilkan di dalam situs baca manga ini. Selain itu yang membedakan antara situs Egagology komik dengan situs-situs lainnya adalah situs ini tidak memberlakukan tombol download alias kalian tidak bisa mendownload tiap manga-manga yang diterbitkan di dalam situs ini. Dan untuk daftar judul komik yang diterbitkan di situs ini sendiri memang masih cukup terbatas dan juga masih cukup sedikit jika dibandingkan situs-situs baca manga gratis yang telah terkenal lainnya. Namun ini bisa dikatakan sebuah gebrakan baru bagi kalian yang mungkin ingin membaca manga tanpa harus khawatir dengan yang namanya visual-visual Ecchi dan visual-visual vulgar yang memang biasa kita temukan di karya-karya fiksi bernama manga dan juga anime. Jika kalian ingin mengunjungi situs ini silahkan ketikan di browser dengan alamat komik.egagology.web.id.

Perbandingan

Perbedaan paling mencolok antara Egagology Komik, Manga Up dan juga Kwikku adalah jika Manga Up adalah situs publisher manga terkenal yang diterbitkan oleh Square Enix. Di mana mereka menerbitkan beberapa judul-judul manga terkenal, namun untuk membuka chapter chapter di dalam manga manga tersebut kalian harus membayar sejumlah uang dan juga membeli beberapa token eksklusif yang terdapat di aplikasi ini alias bisa dikatakan aplikasi ini berbayar. Dan untuk Kwikku, memang situs ini menyediakan komik-komik gratis namun yang diterbitkan dan dipublikasikan di situs ini adalah hanya komik-komik lokal terbitan karya anak-anak bangsa saja dan mereka juga sama sekali tidak memperbolehkan adanya publikasi publikasi manga Jepang yang diterbitkan oleh para user-usernya. Berbeda dengan Egagology Komik. Dimana Egagology Komik menerbitkan manga-manga berbahasa Indonesia secara gratis di situs mereka, namun seperti tema bahasan kita kali ini. Situs ini menerapkan yang namanya sensor ketat terhadap visual-visual yang ditampilkan di setiap manga yang mereka publikasikan, sehingga manga-manga tersebut terkesan lebih aman bagi kalian yang ingin tetap membaca manga dan mencari hiburan tanpa harus melihat yang namanya nsfw alias No Safe For Work.

Oke mungkin sekian dulu pembahasan kita tentang rekomendasi situs-situs dan website yang menerbitkan manga-manga yang pastinya sangat aman bagi kalian yang sedang berpuasa di bulan Ramadhan semoga video kali ini bisa bermanfaat untuk kalian dan juga jangan lupa untuk like subscribe dan share video dari kami ke dalam grup komunitas-komunitas kalian Akhir kata assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh insya Allah kita bertemu lagi di video-video selanjutnya


Cara baca manga yang aman di bulan puasa

Tidak ada komentar