Hot Article

PESAN MORAL ANIME CHAINSAW MAN SESUAI AJARAN ISLAM


PESAN MORAL ANIME CHAINSAW MAN SESUAI AJARAN ISLAM

PESAN MORAL ANIME CHAINSAW MAN SESUAI AJARAN ISLAM - Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh, bertemu lagi bersama saya Egag di channel Egagology tempat berkumpulnya para wibu-wibu barokah diseluruh dunia.

Setelah di video sebelumnya kita telah membuka pembahasan kita tentang ajaran Islam di dalam anime Chainsaw Man. Dan, hari ini kita masih akan melanjutkan pembahasan tentang ajaran Islam di dalam anime Chainsaw Man tersebut.
Karena, ya meskipun anime ini tergolong masuk ke dalam kategori anime laknat, karena banyaknya FS yang bertebaran di dalamnya dan ceritanya juga gak bagus-bagus amat alias di bawah standar.

Namun ternyata memang jika kita jeli dan memperhatikan dengan seksama setiap episode di dalam anime ini. Banyak juga kok pesan-pesan yang bisa kita pelajari dan pastinya juga sesuai dengan ajaran Islam di dalam anime ini.

Pesan dan kesan Anime

Btw, sebelum kita masuk lebih jauh ke inti dari pembahasan ini. Di video sebelumnya, saya banyak melihat komentar - komentar yang mengatakan bahwa intro video saya kepanjangan bahkan bisa sampai 8 menit.
Dalam kesempatan kali ini saya ingin mengklarifikasi bahwa 8 menit awal di video saya berjudul ajaran Islam di dalam Anime Chainsaw Man itu bukanlah Intro bro. Mana ada yang namanya Intro bisa sampai 8 menit, itu sedikit kocak sih.
8 menit awal dari video saya tersebut sebenarnya adalah review dari anime Chainsaw Man ini. Padahal di dalam judul video pun sudah saya tulis bahwa, video tersebut berisikan review anime dan alur cerita anime.
Dan, mungkin ada yang nanya nih “kenapa, reviewnya di buat di video terpisah aja bang?”. Sudah … sudah pernah saya buat begitu. Dan hasilnya, yang nonton cuma sedikit. Padahal, reviewnya sudah saya buat sebaik mungkin lho. Ya, karena itulah, akhirnya konsep video saya balik ke awal lagi, yaitu me review anime sekaligus memberikan list ajaran Islam di dalam anime.

Oke, sekedar info bagi kalian yang sudah lupa atau bahkan sama sekali belum menonton part 1 dari pembahasan ajaran Islam di dalam anime Chainsaw man ini. Di sana saya telah membahas poin pertama dari pembahasan ini, yaitu tentang Riba.
Karena video ini adalah kelanjutan dari video tersebut maka mari kita langsung ke poin ke 2 dari pembahasan ini.

Yap, poin yang kedua dari ajaran Islam di dalam anime Chainsaw Man bisa kita temukan di episode ke 2 dan ke 3 dari anime ini. Dimana diceritakan bahwa, sang main karakter utama dari anime ini yaitu Denji mulai sedikit demi sedikit mempertontonkan karakternya yang bodoh bin konyol di dalam anime ini. Di mana seperti yang kita ketahui bahwa di episode ke 2 Denji diceritakan mulai bisa menentukan cita-cita dan keinginan serta tujuan hidupnya yaitu memegang boobs wanita. Ya, satu cita-cita yang benar-benar cetek bin dangkal sekaligus aneh, absurd dan pastinya juga sangat mencerminkan bagaimana sebenarnya watak dari sang mc anime ini yang dikatakan begitu dah … dan adegan ini juga sangat menggambarkan dengan jelas bagaimana sebenarnya genre dan jalan cerita anime ini di tampilkan.

Yap, benar saja. Di akhir dari episode ke 3 akhirnya bisa mendapatkan apa yang selama ini ia inginkan dan impikan, yaitu memegang boobs wanita. Tepatnya, tumbal yang harus dikorbankan demi memperlihatkan adegan ini adalah Power chan, salah satu karakter Fiend di dalam series ini. Fiend sendiri adalah situasi dimana mayat manusia dirasuki oleh Devil dan diambil alih olehnya.

Ya, seperti yang telah saya katakan sebelumnya. Denji akhirnya berhasil mendapatkan keinginannya dan impiannya di episode ini yaitu memegang boobs wanita, yaitu Power Chan. Walaupun sialnya ternyata boobs Power Chan adalah palsu, karena ternyata ia memakai boobs silicon implan sehingga hal itu membuat boobsnya menjadi terlihat lebih besar.

Amanat Anime

Setelah berhasil mendapatkan dan menuntaskan cita-cita tertinggi yang paling diinginkan oleh Denji tersebut. Bukannya merasa puas dan senang, Denji justru merasa impian dan cita-citanya itu tidak seindah yang selama ini ia bayangkan. Karena, memegang boobs hanya terasa begitu saja, tidak berkesan dan jauh dari harapan yang dibayangkannya selama ini.
Ya, Denji mulai sadar bahwa apa yang ia cita-citakan dan inginkan itu sangatlah konyol, cetek, dan sangatlah aneh sekali serta terasa sangat kekanak-kanakan.
Namun, sebenarnya bukan hanya di episode 3 saja Denji sudah memperlihatkan kekecewaan yang mendalam dari apa yang selama ini ia idam-idamkan, ternyata tidak senikmat apa yang ia bayangkan. Di dalam episode ke 2 pun sebenarnya Denji telah mengeluh kepada dirinya sendiri, karena ia merasa seperti ada yang kurang dari dirinya. Meskipun, ia juga mengakui bahwa ia sudah mendapatkan segalanya yang selama ini hanya bisa ia impikan dan dambakan saya. Yap, memang seperti yang telah saya jelaskan juga di video sebelumnya bahwa,  Denji ini diceritakan sebagai seorang anak ababil yang miskin bin blangsak. Namun karena keberuntungannya yang unlimited, ia akhirnya bisa hidup enak, makan enak, plus diberi pekerjaan oleh pemerintah sebagai seorang Devil Hunter.
Ya, bagi Denji pastinya, hidup seperti itu adalah kehidupan yang selama ini benar-benar ia dambakan dan impikan. Namun, di dalam dialognya di episode 2 ini ia mengatakan bahwa “hidupku sudah 100 persen sempurna, tetapi sepertinya ada yang kurang.”

Lalu, kenapa hal itu bisa terjadi? jawabannya adalah karena tidak adanya ujian, cobaan dan juga ikhtiar.

Yap, saya rasa ketika Denji hidup di bawah garis kemiskinan dan hidup dengan berusaha melunasi hutang-hutangnya. Ia masih bisa tertawa dan bersemangat karena ia masih memiliki tujuan untuk apa dia hidup, yaitu melunasi hutang orang tuanya.

Ketika para rentenir mafia yang memberikan dirinya alasan untuk hidup telah menghilang. Maka Denji yang memang seorang ababil itu pun juga kehilangan arah dan tujuan hidup. Karena itulah, ia berusaha mencari tujuan hidup baru itu dari para kaum wanita yang emang entah kenapa semua cewek di dalam anime ini di tampilkan sebagai cewek murahan.


Namun, lagi-lagi karena tidak adanya perjuangan, ikhtiar dan ujian. Memegang boobsnya Power-Chan pun tidak seindah yang dibayangkan.

Dan untuk masalah memegang boobs, seperti apa yang dikatakan oleh Makima bahwa jika kau ingin merasakan kenikmatan dan keindahan cinta serta kasih sayang tersebut. Maka, kau harus berusaha mengerti lebih dahulu pasanganmu dan saling mengerti perasaan masing-masing. Namun, mengerti dan memahami pasangan itu sangatlah sulit. Namun karena kesulitan dan tantangan itulah, membuat sebuah hubungan menjadi lebih menjanjikan dan lebih harmonis.

Manfaat nonton anime

So, dari sini mungkin kita jadi paham. Jadi inilah alasan kenapa Agama Islam seolah banyak aturan dan banyak larangan di sana sini. Semua itu tak lain dan tak bukan semata-mata karena demi kebahagiaan dan kemaslahatan kita sebagai umat Islam itu sendiri. Misalnya, kita dilarang memegang boobs wanita sebelum menikahinya dan sah sebagai suami istri adalah semata-mata demi memberikan kita tantangan lebih dan kepuasan batin yang lebih pula ketika kita akhirnya mendapatkan wanita yang selama ini kita dambakan dan impikan tersebut. Tidak seperti Denji, yang akhirnya menyesal dan kecewa telah memegang boobs Power-Chan sebelum menikah yang mengakibatkan ia hanya bisa berkata “cuma segitu aja?”.

Ya, selain itu dari sini kita juga jadi paham bahwa, memang benar kalau ada istilah yang mengatakan bahwa jika Allah menguji kita, berarti Allah itu sayang kepada kita. Karena bisa kita lihat dari diri Denji yang merasa ada yang kurang pada dirinya, ketika ia telah mendapatkan segala apapun yang selama ini ia impikan.

Namun, disisi lain Allah sangat membenci dan mengharamkan kita untuk menyakiti diri sendiri seperti misalnya menyiksa diri dengan cara meminjam uang kepada para rentenir. Di samping hukumnya jelas-jelas haram di dalam ajaran Islam. Berhutang kepada rentenir juga bisa dihukumi sebagai sebuah perbuatan menyakiti diri sendiri.

Oke, mungkin sekian dulu pembahasan lanjutan kita hari ini tentang ajaran Islam di dalam anime Chainsaw Man. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk like, subscribe, komen serta follow ig kami di @egagology untuk mendapatkan info-info terbaru tentang dunia anime, wibu dan otaku serta ajaran Islam di dalamnya. Akhir kata assalamu’alikum warahmatullahi wabarokatuh. Insya Allah kita bertemu lagi di video lainnya dan mungkin kita juga masih akan membahas tentang anime Chainsaw Man ini, so jangan lupa subscribe ya.
 

Tidak ada komentar