Hot Article

Ajaran Islam Di Anime Lycoris Recoil

 


Ajaran Islam Di Anime Lycoris Recoil

Ajaran Islam Di Anime Lycoris Recoil - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bertemu lagi bersama saya Egag di channel Egagology. Channel yang membahas tentang anime dan dunia per-wibuan dari sudut pandang wibu barokah.
Oke jika sebelumnya kita telah membahas tentang anime yang berjudul Death Note yaitu tepatnya di video ajaran Islam di dalam anime Death Note dan satu lagi video yang berjudul cara membaca manga yang aman di bulan Ramadhan.
Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang anime yang berjudul Lycoris Recoil. Oke, tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas pembahasannya.

Anime Islam terbaru

Anime Lycoris Recoil adalah salah satu anime populer yang pertama kali mengudara pada tahun 2022 kemarin. Anime ini sendiri merupakan serial anime yang di produksi oleh studio A1 Picture yang tayang di layanan streaming Netflix. 

Sinopsis Anime Lycoris Recoil

Anime ini sendiri menceritakan tentang salah satu karakter utama dari anime ini yaitu Takina Ino, seorang anggota satuan tugas pembunuh dan mata-mata yang dimana organisasi mata-mata tersebut semuanya adalah berjenis kelamin perempuan. Satuan tugas ini terdiri dari anak-anak yatim piatu yang dikenal sebagai Lycoris dan disponsori oleh pemerintah.
Mereka diperkenalkan sebagai agen dibalik layar yang dapat menghancurkan para teroris dan juga para penjahat di Tokyo di balik penyamaran mereka sebagai para anak-anak siswi sekolah menengah atas.
Hal tersebut demi menjaga perdamaian melawan perang dunia ke-3 yang akan terjadi di Jepang dengan akar yang sedang direncanakan dan dicetuskan oleh kelompok Meiji fiksi bernama Higanbana.
Tetapi diceritakan bahwa selama operasi untuk mencegat pertukaran besar senjata api, Takina Ino mulai menembaki tanpa pandang bulu pada musuh-musuh secara berurutan. Hal ini ia lakukan demi menyelamatkan rekannya yang disandera, namun membahayakan keselamatan Lycoris lain.

Akhirnya agensi memecatnya karena ia tidak mematuhi perintah , dan kemudian ia dipindahkan untuk bekerja dengan agen Lycoris elite bernama Chisato Nishikigi. Dalam misinya ia bertekad kembali ke agensi dan berusaha keras bekerjasama dengan Chisato menghadapi serangan teroris yang dipimpin oleh Majima.

Ya, itulah sinopsis singkat tentang anime berjudul Lycoris ini.
Ya, seperti yang telah saya katakan di atas. Anime Ini pertama kali mengudara pada tahun 2022 tepatnya di bulan November tahun kemarin. Anime ini bisa dikatakan cukup populer karena serial ini mendapatkan rating sebesar 8,21 di situs-situs penggemar anime. Ceritanya yang lumayan seru dan juga karena genre yang ditampilkan adalah action membuat anime ini cukup populer tidak hanya di Jepang namun juga di seluruh dunia.

Anime Lycoris Recoil buatan A1 Picture

Walaupun sejatinya anime ini adalah anime original yang dibuat oleh studio A1 Picture. Saya sendiri bisa dikatakan salah satu penggemar dari studio satu ini. Karena ada beberapa anime produksi studio ini yang benar-benar saya sukai yaitu salah satunya adalah anime berjudul Occultic;Nine.
Lalu ada juga anime music video yang berjudul Shelter yang merupakan video klip dari lagu yang diciptakan oleh DJ asal Amerika yaitu Porter Robinson.
Selain itu studio anime ini juga terkenal memproduksi anime-anime terkenal seperti misalnya Sword Art Online, Nanatsu No Tanzai, Fairy Tail hingga Magi the Labirin of Magic juga semuanya diproduksi oleh studio A1 Picture ini yang merupakan anak perusahaan dari Aniplex bagian dari perusahaan Sony Music Entertainment.

Kelebihan Anime-Anime Buatan A1 Picture

Ciri khas dari studio A1 Picture sendiri yang benar-benar jelas menurut saya adalah pemilihan warnanya yang benar-benar cerah dan memanjakan mata. Di mana mereka biasanya menggunakan warna-warna yang benar-benar menyala seperti misalnya warna merah, warna pink menyala, warna biru langit ataupun warna kuning yang bisa kita lihat di anime berjudul Occultic;Nine yang benar-benar terlihat sangat cerah. Sedangkan di anime Lycoris Recoil ini sendiri juga sangat mencerminkan apa yang selama ini menjadi image dari studio A1 Picture tersebut yaitu pemilihan warna yang sangat-sangat cerah dan memanjakan mata.

Selain karena anime yang cukup ciamik dan pemilihan warnanya yang cukup cerah dan memanjakan mata. Ternyata anime ini juga tak luput dari memasukkan pesan-pesan dan juga ajaran Islam di dalamnya.

Chisato Nishikigi

Salah satunya bisa kita temukan pada beberapa fakta di dalam anime ini seperti misalnya, tahukah kamu di dalam anime Lycoris Recoil diperlihatkan bahwa Chisato ini sebagai sang karakter utama di dalam anime ini selalu menggunakan stun gun alias senjata pistol listrik berpeluru karet yang digunakannya untuk melumpuhkan para penjahat-penjahat yang mereka perangi. Hal ini dimaksudkan agar Chisato dapat mengumpulkan mereka tanpa membunuh mereka ataupun menyakiti mereka.

Chisato menggunakan Stungun

Dan di dalam adegan-adegan tersebut juga diperlihatkan bahwa Chisato selalu berusaha untuk mengobati dan juga menolong para penjahat-penjahat yang sebenarnya adalah musuh mereka dan juga antagonis di dalam anime ini. Meskipun mereka semua adalah musuh yang harus diperangi oleh Chitato, namun Chisato tetap memberikan pertolongan dan mengobati luka-luka dari para penjahat-penjahat tersebut. Dan tindakan yang dilakukan oleh Chisato tersebut tak jarang membuat para penjahat-penjahat tersebut menjadi tergugah dan juga akhirnya balik menolong dan membantu misi-misi yang dilakukan oleh Chisato dan teman-temannya.

Sesuai ajaran Islam

Hal ini jelas bisa dikatakan sangat sesuai dengan ajaran Islam yang mengatakan bahwa semua tujuan dan peperangan yang dilakukan oleh Islam dilakukan hanya demi semata-mata untuk membela diri dari segala sesuatu serangan yang dilakukan oleh musuh. Di dalam segala peperangan yang dilakukan oleh Islam selalu ditekankan agar umat muslim tidak melampaui batas dan juga tidak menyerang lebih lanjut orang-orang atau musuh-musuh Islam tersebut, ketika mereka telah menyerah. Dan juga sangat jelas di dalam Islam, peperangan dilakukan hanya demi membela diri dan juga hanya jika umat Islam diperangi lebih dulu oleh para musuh-musuh Islam ataupun jika para negara-negara lain yang non muslim tersebut tidak mau bekerjasama ataupun tidak mau berdamai dengan negara Islam. Maka karena itulah Islam akhirnya terpaksa memasuki negara-negara yang tidak mau berdamai dan juga tidak mau bekerja sama tersebut dengan menggenggam sebuah senjata yang dimaksudkan untuk melindungi diri mereka sendiri dari hal-hal yang tidak diinginkan yang dilakukan oleh negara-negara tersebut.
Namun di sisi lain Islam sama sekali tidak ada niatan untuk memerangi mereka ataupun menyerang mereka. Hal ini dimaksudkan demi untuk melindungi para pendakwah-pendakwah Islam di dalam negara-negara tersebut. Jika negara-negara tersebut welcome dengan pendakwah-pendakwah Islam dan juga ulama-ulama Islam yang bisa dikatakan bebas keluar masuk dari negara Islam ke negara tersebut tanpa adanya gangguan sedikitpun. Maka hal itu bagi Islam bisa dikatakan sebuah sinyal persahabatan dan juga Islam tidak berhak untuk memasuki negara mereka dengan menggenggam senjata ataupun memeranginya.

Kisah Saladin dan Richard The Lionheart

Bahkan di dalam salah satu sejarah Islam pun pernah tercatat bahwa salah satu Panglima Islam yaitu Salahuddin Al Ayyubi alias Saladin beberapa kali mengirimkan dokter terbaiknya kepada musuh abadinya yaitu Richard The Lionheart yang merupakan Panglima Besar Kerajaan Inggris yang pada saat itu tengah mati-matian membela para pasukan salib memerangi para umat muslim dalam memperebutkan negara atau kota Yerusalem yang merupakan kota suci dari 3 agama yaitu Yahudi, Kristen dan juga Islam. Selain itu ada juga beberapa cerita dan kisah yang mengatakan bahwa Saladin dengan gentlemen dan juga dengan sikap ksatrianya menghentikan sejenak pertarungannya antara ia dengan Richard karena ia melihat pedang Richard tumpul dan juga tidak diasah dengan baik. Ia pun rela menunggu Richard mengganti pedangnya untuk melakukan duel yang adil antara ia dan juga Richard.

Chisato mengajarkan ilmu ikhlas

Oke, kita ke point kedua dari pembahasan kita tentang ajaran Islam di dalam anime Licoris Recoil. Ya yang kedua adalah, tahukah kamu di dalam anime Licoris Recoil diperlihatkan bahwa anime ini mengajarkan tentang salah satu ajaran Islam yaitu ikhlas.

Ikhlas adalah

Ikhlas, bagi kalian yang muslim pastinya mengetahui bahwa Ikhlas adalah salah satu ajaran Islam yang sangat penting ditekankan di dalam ajaran agama ini. Ikhlas secara bahasa berasal dari bahasa Arab yang berarti murni, tidak bercampur, bersih dan jernih. Dalam kamus bahasa Indonesia, Ikhlas sendiri diartikan sebagai sesuatu hati yang bersih, ketulusan hati dan kerelaan atas segala sesuatu takdir yang menimpa kita sebagai umat manusia. Dan di dalam anime ini sendiri ajaran ikhlas di tampakkan di dalam adegan di episode ke-9 dari anime ini di mana diceritakan bahwa Chitato akhirnya divonis akan meninggal 2 bulan lagi. Darena di episode sebelumnya telah diperlihatkan bahwa jantung buatan yang ditanamkan di dalam Chisato telah diserang oleh seorang agen mata-mata yang dikirim oleh organisasi agency Allan.

Lycoris Recoil Episode 9

Dan di episode ke-9 ini diperlihatkan bahwa Takina mengajak Chisato berjalan-jalan ke kota untuk mengenang dan juga menghabiskan waktu bersama dengan Chisato, sebelum ia diterima lagi ke dalam organisasi DA. Dan di sini diceritakan bahwa Takina merencanakan segala sesuatunya dengan sangat detail dan juga sangat terperinci, di mana di pukul 9 malam ia merencanakan bahwa di taman yang ia kunjungi bersama Chisato akan turun salju yang diterangi cahaya lampu-lampu taman. Namun ternyata apa yang ia rencanakan tersebut tidak sesuai ekspektasi dan tidak sesuai dengan apa yang ia rencanakan, karena tepat pada pukul 9 salju pun tidak kunjung turun. Dan diadakan inilah Chisato diperlihatkan mengatakan sebuah quotes menarik tentang apa yang terjadi saat itu dan juga seolah mengomentari apa yang dilakukan oleh Takina. 

 

Ia mengatakan bahwa “tidak ada gunanya memikirkan hal yang tidak bisa kita ubah sendiri. Lebih baik menerimanya dan mengerahkan apa yang kamu bisa. Dengan begitu hal baik pasti akan terjadi. Dan di adegan sebelumnya juga ketika mereka sedang di lokasi kolam pemancingan Chisato juga mengatakan bahwa “menikmati masa-masa sulit adalah gaya aliran Chisato”. Dan ketika Takina menanyakan kepada Chisato, apakah ia senang? Chisato mengatakan “aku senang”.
 

Dari dialog-dialog tersebut sudah jelas bahwa Chisato seolah mengajari kita untuk selalu menikmati hari-hari kita sebagai umat manusia dan juga selalu berusaha untuk ikhlas dan juga tidak terlalu memikirkan hal-hal yang bukan menjadi kewajiban kita dan juga bukan menjadi tugas kita.
Ini bisa dikatakan sangat sesuai dengan apa yang diajarkan di dalam ajaran agama Islam.

Dan setelah itu di adegan selanjutnya di episode ini. Ini menjadi menarik ketika salju tidak kunjung turun dan akhirnya Takina menuruti apa yang dikatakan oleh Chisato yaitu mengikhlaskan diri dan juga tidak terlalu memaksakan diri untuk merencanakan sesuatu yang bukan menjadi tanggung jawabnya/. Akhirnya beberapa menit kemudian salju pun turun.

Oke Mungkin itu saja pembahasan kita kali ini tentang ajaran Islam di dalam anime Lycoris Recoil. Semoga bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup Chatting komunitas kalian agar channel ini bisa berkembang dan juga menjadi wadah bagi para Wibu-Wibu Barokah di seluruh dunia.
Dan Sebagai penutup Saya mengucapkan terima kasih telah menonton video kami, akhir kata assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam hangat Eggology.


Ajaran Islam Di Anime Lycoris Recoil

Tidak ada komentar