Hot Article

Anime One Piece dan sejarah Islam tentang Andalusia

Anime One Piece dan sejarah Islam tentang Andalusia


Anime One Piece dan sejarah Islam tentang Andalusia - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul ajaran Islam di dalam Anime Fate series tentang sejarah Hassan-i Sabbah dan Assassin serta satu lagi topik yang berjudul Iskandar Anime Fate Zero dan hubungannya dengan Al Qur’an. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul Sejarah Islam di dalam Anime One Piece tentang penaklukan Andalusia. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.

Anime Islam terbaru


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan, sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology.Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo-weeaboo barokah di seluruh dunia.

Moment sedih di anime One Piece

Serial One Piece selain dikenal sebagai salah satu anime yang memiliki alur cerita imajinatif. Anime ini juga dikenal karena selalu sukses mempermainkan perasaan dan emosi para penggemar penggemarnya.
Tak jarang, sang kreator dari serial ini yaitu Eiichiro Oda tak segan-segan membunuh beberapa karakter penting di dalam alur cerita serial ini, hanya untuk menciptakan adegan yang emosional.
Bahkan jika kita menulis kata kunci di laman Google tentang momen-momen paling emosional dan paling ingat yang terdapat di dalam serial One Piece.
Sudah bisa dipastikan kalian akan menemukan artikel-artikel dengan judul yang sama dan identik yang membahas tentang hal tersebut.
Selain banyaknya adegan-adegan kematian, di dalam serial ini juga kita dapat menemukan kan banyak sekali adegan-adegan persahabatan atau bisa dibilang juga dengan istilah nakama power, yang juga memang biasa bisa kita temukan di serial serial anime dan manga bergenre shounen.

Nakama Power

Ya jika kalian belum mengetahui apa itu istilah nakama power. Istilah nakama power sendiri sebenarnya adalah sebuah istilah ejekan di Internet dari para penggemar-penggemar anime dan manga tentang sebuah adegan di mana sang karakter utama ataupun para heroin di dalam anime atau manga yang bisa mendapatkan kekuatan lebih karena adanya sebuah ikatan persahabatan.
Di dalam adegan-adegan yang emosional, biasanya diceritakan sang karakter utama berusaha untuk menyelamatkan teman-temannya dari marabahaya,jalan yang sesat, apapun dari gangguan-gangguan para Villain Villain dari serial tersebut.
Dan biasanya di adegan-adegan nakama power seperti ini, ada adegan dimana sang karakter utama akan rela berkorban untuk menyelamatkan para teman-temannya.
Dan ya, karena serial One Piece adalah salah satu serial yang mengusung genre shounen, maka tidak mengherankan jika serial One Piece selalu penuh dengan adegan-adegan nakama power, walaupun serial ini memang mengusung tema tentang bajak laut.
Ya, bagi sebagian orang yang menggemari genre Shounen, memang momen-momen tentang adegan nakama power ini. Selalu akan menjadi momen yang sangat emosional dan di tunggu-tunggu.
Lalu selain adegan-adegan emosional nakama power, serial One Piece juga seringkali menghadirkan momen-momen perpisahan yang emosional, baik perpisahan dengan para karakter-karakter dari anime ini maupun dengan benda-benda yang bisa dikatakan telah menemani petualangan mereka selama beberapa chapter dan episode.

Ya salah satu contohnya adalah adegan dimana Luffy dan kawan-kawan harus rela berpisah dengan kapal mereka yang bernama Going Merry.
Iya,Going Merry adalah kapal pertama yang digunakan oleh kelompok bajak laut topi jerami pimpinan Luffy.
Kapal ini dirancang oleh salah satu karakter yang bernama Merry, salah satu pelayan dari Kaya. Kaya sendiri adalah teman dekatnya Usopp.
Karena Usopp bergabung dengan an kelompok bajak laut topi jerami akhirnya kapal tersebut diberikan kaya kepada Usopp dan kelompok bajak laut topi jerami sebagai hadiah.
Dan Sejak saat itu akhirnya,untuk pertama kalinya kelompok bajak laut topi jerami memiliki kapal mereka sendiri, untuk dijadikan kendaraan yang layak dalam mengarungi petualangan-petualangan besar mereka.
Dan faktanya,walaupun kapal ini adalah sebuah benda mati. Namun para anggota anggota dari bajak laut topi jerami telah menganggap kapal ini sebagai salah satu dari teman dan juga dianggap sebagai salah satu kru dari bajak laut topi jerami.
Yap, namun setelah melakukan perjalanan yang panjang menggunakan kapal tersebut dan telah melalui berbagai arc dan juga perjalanan lautan yang sangat jauh.
Akhirnya kapal tersebut mengalami kerusakan yang sangat parah dan tidak layak lagi mendampingi petualangan petualangan berbahaya yang dilalui oleh para kelompok bajak laut topi jerami.

Anime One Piece episode 312

Tepatnya di episode 312 dari anime nya dimana, diceritakan bahwa,
Saat kru bajak laut topi jerami kembali ke Water 7 , mereka bertemu dengan Galley-La Company , Iceburg dan semuanya, yang sedang berlayar untuk menyambut mereka. Sesampainya di Water 7, Luffy pun meminta mereka untuk memperbaiki kapalnya yang mengalami kerusakan. Namun kapal mereka yaitu Going Merry yang telah rusak parah tiba tiba retak dan tidak dapat digunakan lagi. Setelah berbagai pertimbangan akhirnya para kru bajak laut topi jerami memutuskan untuk memensiunkan kapal tersebut dengan cara membakar kapal itu sendiri dan menenggelamkannya ke bawah dasar laut. Sebagai pemberian penghormatan seperti layaknya pemakaman para Viking.
Ya itulah akhir dari petualangan going Merry di serial One Piece, Usopp sendiri diceritakan tidak terima dengan keputusan tersebut. Karena kapal tersebut adalah kapal yang diberikan oleh teman baiknya.Namun setelah beberapa lama akhirnya menyadari kesalahannya dan mengikhlaskan kapal tersebut tenggelam di bawah lautan.

Pembakaran kapal di anime One Piece

Ya proses atau tradisi pembakaran kapal sendiri sebenarnya adalah sebuah tradisi dari suku Viking yang pernah menguasai Inggris pada sekitar tahun 700 hingga 800 Masehi.
Tradisi ini dimaksudkan untuk sebuah ritual pemakaman bagi para raja-raja dan dan orang-orang penting di dalam kepercayaan orang-orang Viking yang menganut agama Pagan.

Tariq bin Ziyad membakar kapal

Namun selain tradisi bangsa Viking, proses pembakaran kapal alias membakar kapal sendiri, juga mengingatkan saya dengan salah satu sejarah penting dalam agama Islam dan juga menjadi salah satu tonggak penting lahirnya zaman abad pencerahan bagi negara-negara Eropa dan juga awal dimulainya peradaban keemasan Islam.
Momen itu tempatnya terjadi pada tanggal 29 April 711 M. Dimana tercatat dalam sejarah bahwa Thariq Bin Ziyad mendaratkan kapal-kapal yang penuh dengan para pasukan-pasukan nya di daerah bernama Gibraltar.
Btw Gibraltar sendiri adalah diambil dari bahasa Arab, yaitu Jabal Thariq.
Ya nama itu diberikan untuk menghormati Thariq bin Ziyad, atas prestasinya berhasil membebaskan Andalusia dari masa-masa kegelapan di bawah kekuasaan Kerajaan VIsigoth
Yap, Gibraltar sendiri juga seringkali dijadikan nama-nama karakter di dalam budaya populer seperti misalnya game ataupun anime. Misalnya contohnya seperti adalah di dalam anime berjudul Witch Craft Works yang menceritakan tentang petualangan para penyihir. Dimana Gibraltar diceritakan sebagai salah satu villain di dalam anime ini.
Selain di dalam anime, Gibraltar juga menjadi nama dari karakter salah satu game yang berjudul Apex Legend yang di kembangkan dan di terbitkan oleh studio terkenal yaitu Electronic Arts.
Gibraltar sendiri di dunia nyata masih eksis sebagai nama suatu wilayah seberang seberang seberang seberang laut Britania yang juga secara langsung berbatasan dengan Andalusia.
Hal ini dikarenakan nama tempat tersebut telah menjadi legenda tersendiri,  juga telah melekat selama berabad-abad ketika Islam masih berkuasa di tanah Spanyol.

Latar belakang Penaklukkan Andalusia oleh Umat Islam

Sekedar informasi, asal mula atau latar belakang terjadinya penaklukan daratan Spanyol oleh pasukan Islam. Sebenarnya semua itu berawal dari adanya sebuah kerjasama penandatanganan perjanjian perdamaian yang terjadi antara kekhalifahan Bani Umayyah dengan orang penguasa daratan Ceuta,yang bernama Julian. Ceuta sendiri adalah sebuah wilayah yang termasuk  dalam daratan Spanyol yang berbatasan dengan Afrika utara.
Selain memiliki hubungan baik dengan Kekhalifahan Umayyah, Pangeran Julian Sang Penguasa Ceuta juga memiliki hubungan baik dengan raja dari Kerajaan Visigoth penguasa Hispania yaitu yang bernama Roderick.
Untuk membuktikan kesetiaannya kepada Kerajaan Visigoth Julian akhirnya  menitipkan putrinya yang bernama Florida La Ceva  kepada Roderick untuk diberikan pendidikan di wilayah Kerajaan Visigoth.
Namun petaka terjadi karena ternyata Roderick jatuh cinta kepada Florida. Tetapi Florida menolak cintanya tersebut.
Gelap mata, Roderick  pun akhirnya memperkosa Florida hingga ia hamil dan berusaha mengancamnya agar tidak memberitahukan hal tersebut kepada siapa-siapa.
Namun disaat waktu Farida berhasil menyelundupkan sebuah surat dan melaporkan semua fakta yang terjadi kepada ayahnya yaitu Julian.
Mengetahui hal tersebut Julian sangat marah kepada Roderick dan bersumpah akan menghancurkan kerajaannya.
Iya lalu menemui Roderick dan mengarang cerita bahwa ibunya Florida sedang sakit keras, sehingga ia ingin mengambil kembali Florida untuk mengurus ibunya yang sedang sakit.
Mendengar alasan tersebut produk pun mengizinkannya.
Setelah berhasil mengamankan Florida Julian langsung mengambil langkah cepat yaitu menemui salah satu gubernur dari wilayah bernama Ifriqiyah,  Afrika Utara yang berada di wilayah kekuasaan Kekhalifahan Umayyah, bernama Musa bin Nusayr.
Julian meminta Musa agar Ia bersedia untuk menyerang Kerajaan Visigoth di Hispania Spanyol.
Awal mulanya, Musa menolak permintaan tersebut. Karena pada saat itu Muslim belum mengenal sama sekali daerah tersebut. Namun karena desakan Julian dan juga kesediaannya untuk menjadi penunjuk jalan bagi para pasukan Muslim. Akhirnya dengan terpaksa Musa mengabulkan keinginan Julian tersebut.
Untuk langkah awal, Musa menyuruh Julian untuk menciptakan serangan dadakan ke daerah Semenanjung Iberia dengan pasukan kecil. Hal ini dimaksudkan untuk menguji keseriusan Julian.
Dan, akhirnya Julian menuruti perintah tersebut. Ia pun menyerang daerah bernama Algeciras dan kembali menemui Musa dengan membawa banyak sekali harta rampasan perang. Musa pun mempercayai Julian.
Setelah itu, Musa pun mengirimkan surat kepada Khalifah Umayyah, yaitu yang bernama Al Walid.
Namun, Khalifah memerintahkan agar jangan terburu-buru bertindak. Ia pun memerintahkan Musa untuk mengirimkan pasukan ekspedisi kecil ke daratan tersebut.
Musa pun menuruti perintah tersebut, ia pun mengirimkan 500 tentara yang dipimpin oleh Tharif bin Malik. Pasukan ini mendarat di sebuah pulau, yang saat ini dikenal dengan nama kota Tarifa.
Nama tersebut diberikan untuk mengenang sang panglima perang dari pasukan ekspedisi tersebut, yaitu Tharif bin Malik.
Setelah para pasukan ekspedisi kembali dengan selamat dan memberikan informasi detail tentang daerah Semenanjung Iberia tersebut.
Pada tanggal 29 april 711 M, dikirimlah 12 ribu pasukan yang dipimpin oleh Thariq bin Ziyad alias El Tuerto dengan menggunakan kapal Julian sebagai penyamaran, sedangkan Julian sendiri bertugas sebagai mata mata. Dan seperti yang telah saya katakan di atas, pasukan ini mendarat di daerah bernama Gibraltar.
Menurut P.De Gayanos seorang sejarawan barat dari Spanyol, ia mengatakan bahwa setelah Thariq dan para  pasukannya mendarat. Thariq lalu memerintahkan para pasukannya untuk membakar kapal-kapal mereka, Ia pun berpidato dihadapan pasukannya bahwa “tidak ada lagi tempat untuk lari, karena di depan mereka adalah musuh, sedangkan di belakang mereka adalah lautan luas”
Ya, karena pidato tersebut dan perintah pembakaran kapal tersebut lah yang membuat pasukan Muslim menjadi memiliki motivasi lebih, hingga akhirnya sepenuhnya berhasil menguasai Spanyol dan Portugal.
Singkat sejarah, setelah Spanyol dan Portugal berhasil sepenuhnya dikuasai oleh Kekhalifahan Islam, Ceuta tetap dipimpin oleh Julian sebagai daerah berstatuskan kerajaan Vassal. Sedangkan Thariq sendiri akhirnya diangkat menjadi gubernur sementara dari daerah Al Andalus alias Andalusia. Dan ia menerapkan dengan baik hukum Islam di daerah tersebut. Banyak dari rakyat Andalusia yang puas dengan kepemimpinan Thariq.
Karena di zaman ketika Visigoth masih berkuasa, banyak dari hak-hak rakyat yang dirampas oleh Roderick. Dan bahkan keberhasilan Islam menaklukkan Andalusia, juga tak lepas karena adanya bantuan dari para rakyat yang tidak puas dengan kepemimpinan Kerajaan Visigoth.

Kesimpulan

Ya, itulah hubungan antara pembakaran kapal yang ada di dalam serial One Piece dengan sejarah Islam, yang juga sangat identik dengan sejarah penaklukkan Andalusia. Dimana Thariq sang panglima Islam yang memimpin pasukan tersebut juga melakukan pembakaran terhadap kapal-kapal mereka, dengan cara memerintahkan para pasukan nya sendiri untuk membakar kapal-kapal mereka sendiri. Dengan tujuan untuk lebih memotivasi para pasukan yang dipimpinnya tersebut.
Oke, mungkin sekian dulu pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat.  Dan akhir kata, assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology

Anime One Piece dan sejarah Islam tentang Andalusia


Tidak ada komentar