Hot Article

AJARAN ISLAM DI ANIME CHAINSAW MAN


AJARAN ISLAM DI ANIME CHAINSAW MAN PESAN MORAL ANIME

AJARAN ISLAM DI ANIME CHAINSAW MAN - Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Kembali bertemu lagi bersama saya egag di channel egagology, tempat berkumpulnya wibu-wibu barokah di seluruh dunia.

Dan yap, sesuai judul hari ini kita akan membahas tentang anime yang sedang naik daun saat ini ya, yaitu Chainsaw Man. Apalagi anime ini sudah sangat ditunggu tunggu oleh para penggemar anime di seluruh dunia.

Hingga, video ini dirilis, kata Chainsaw Man masih menjadi trending pencarian dalam judul anime. Satu bukti yang membuktikan bahwa, anime menjadi anime yang benar-benar populer dan di antisipasi musim ini.
Namun meski begitu, hingga saat ini saya belum mengetahui dengan pasti alasan, kenapa banyak orang terlebih para penggemarnya yang telah mengikuti seri ini dari manganya benar-benar menggemari judul anime satu ini.
Mungkin, jika kalian bisa memberikan pencerahan kepada saya tentang alasan mengapa series ini sangat populer, boleh lah kalian tambahin di kolom komentar.
Namun, ya seperti yang telah saya katakan di atas. Saya benar - benar kebingungan mencari letak kualitas cerita dari serial ini. Ya, karena setelah saya menonton beberapa episode dari anime ini, yang saya temukan hanyalah adegan-adegan fs yang dipaksakan, dan parade cewek-cewek murahan tanpa adanya suatu alur cerita yang wah ataupun pengenalan karakterisasi yang  mewah.
Yang bikin saya tak habis pikir lagi dari anime ini adalah karakter utamanya. Ya, sang MC yang bernama Denji ini terkesan benar-benar bodoh dan terlihat sangat konyol dan seakan tidak pantas di plot sebagai seorang main character dari salah satu serial populer. Alih-alih diceritakan sebagai seorang pahlawan pembela kebenaran membasmi kejahatan, saya justru melihat Denji tak lebih dari seorang badut ababil mesum yang memiliki tingkat keberuntungan di tas rata-rata.
Dibandingkan, dengan karakter-karakter shounen lainnya yang bisa saya katakan cukup pantas dianggap sebagai pahlawan yang menonjol, Denji sangat jauh dari harapan tersebut.  

Namun, dari pengalaman menonton beberapa episode anime ini, ada satu pelajaran penting yang saya tangkap dan saya menjadi paham mengapa anime ini sangat digemari dan dengan mudah menjadi sebuah seri anime dan manga populer. Ya, memang sesuai dugaan saya, semua itu apa lagi kalau bukan karena adegan-adegan fs yang sudah menjadi rahasia umum selalu digemari oleh para kaum pria, khususnya para wibu laknat di luar sana.

So, jadi bisa dikatakan saya cukup berbangga bisa membuat konten ajaran Islam di dalam anime Chainsaw Man. Mengingat image yang ditampilkan di dalam seri ini.

Oh btw, bagi kalian yang belum mengetahui. Anime Chainsaw man sendiri telah mulai mengudara pada tanggal lalu. Diproduksi oleh studio yang bisa dikatakan sudah sangat dikenal sebagai salah satu studio yang berkecimpung dan dalam bidang spesialisasi anime darah - berdarah yaitu studio Mappa. Sedangkan lagu openingnya sendiri di isi oleh salah satu penyanyi anisong terkenal di Jepang yaitu Yonezu dengan judul Kick Back. Secara kualitas Visual dan Musik, memang kedua nama di atas sudah tidak perlu diragukan kualitasnya, namun ya kembali lagi seperti yang telah saya katakan di atas permasalahan paling besar dari anime ini adalah hanya terdapat pada kualitas ceritanya saja.

Namun, yang kembali lagi itu hanya masalah selera masing - masing sih, hal itu hanya pendapat saya pribadi sebagai salah satu penikmat anime dan manga.

Okelah, but mari kita kembali ke topik tentang pembahasan kita, yaitu ajaran Islam di dalam anime.
Dan dengan bangga saya persembahkan inilah ajaran Islam di dalam anime Chainsaw man.

PESAN MORAL ANIME


Oke, yang pertama adalah bisa kita temukan persis di episode ke 1 dari anime ini. Dimana diceritakan bahwa Denji sebenarnya adalah seorang yatim piatu. Dan sialnya, ia ditinggalkan ayahnya dengan setumpuk warisan yang melimpah. Bukan uang, namun melainkan setumpuk utang yang tercatat di buku-buku pembukuan para rentenir yang menjalankan bisnis gelap di bawah naungan Yakuza.

Dan, seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya. Karena Denji diwarisi hutang yang banyak oleh orang tuanya, mau tak mau ia diberi tanggung jawab berat untuk melunasi hutang-hutangnya tersebut lengkap beserta bunga-bunganya yang telah menumpuk. Denji diceritakan hidup di bawah garis kemiskinan. Sehari-hari ia hanya memakan roti tawar tanpa di tambahin apa-apa dan harus menghemat uang selama sebulan demi bisa bertahan hidup. Ia juga diceritakan bekerja freelance sebagai seorang pemburu Devil. Di mana di dunia Denji hidup, diceritakan bahwa para Devil telah menguasai dunia manusia dan menjadi momok menakutkan bagi para umat manusia. Karena itulah ia bekerja sebagai pemburu Devil dan menjualnya kepada para Yakuza.

Denji juga ditampilkan sebagai seorang karakter  yang rela melakukan apapun hanya demi mendapatkan uang meskipun hal itu dapat menyakiti dirinya sendiri. Hal ini dibuktikan dengan adegan dimana ia diperlihatkan rela memakan seonggok rokok demi mendapatkan 100 yen dari seorang Yakuza.

Ya itulah Denji seorang karakter utama dengan kemiskinan diatas rata-rata disertai keberuntungan yang melebihi segalanya. Untuk lebih membuktikan betapa fakir miskin sekaligus blaksak nya Denji ini,  ia bahkan diceritakan telah menjual beberapa organ dalam tubuhnya, seperti sebagian ginjal, testis dan juga sebelah bola matanya hanya demi menyicil hutang-hutang orang tuanya yang sedemikian banyak itu. Ya, karena itu di awal-awal perkenalannya pada seri ini Ia diperlihatkan, menutup sebelah matanya dengan penutup mata, untuk menyembunyikan sebelah matanya yang telah diambil tersebut.

Lalu, pelajaran apa yang bisa kita ambil dan bisa kita petik dari episode perkenalan anime ini? Yap, riba. Denji bisa menjadi fakir miskin plus blangsak serta beruntung ia masih bisa bertahan hidup adalah disebabkan karena orang tuanya berhutang kepada para rentenir yang menerapkan sistem bunga dan riba di dalamnya.

AJARAN ISLAM DI ANIME CHAINSAW MAN

Ya, bagi kita sebagai umat muslim pastinya sudah sangat mengetahui dengan pasti dan paham bahwa ajaran Islam benar-benar tegas mengharamkan adanya praktek riba di dalam kehidupan sehari-hari.
Bahkan Allah SWT pun beberapa kali mengulang-ulang perkara ini di beberapa ayat di dalam Al-Qur’an, tepatnya terdapat di surat Ar-rum ayat 39, surat An-Nisa Ayat 160-161, surat Ali Imran Ayat 130, dan yang terakhir adalah surat Al Baqarah Ayat 278-280, menunjukkan bahwa perkara riba ini adalah perkara yang benar-benar penting untuk dipahami dan juga dijauhi oleh umat Islam mengingat betapa berbahayanya perkara ini.

Rasulullah SAW pun dalam beberapa hadist mengatakan bahwa, semua yang terlibat dalam urusan Riba, baik yang memberikan, yang menerima, para saksi dan bahkan yang mencatat pun akan mendapatkan dosa yang sama. Dan dalam kesempatan itu pun, Rasul melaknat mereka dan mengatakan mereka sebagai seseorang yang celaka.
Ya, jika kita menyambungkannya dengan apa yang di perlihatkan di dalam anime Chainsaw Man episode ke 1 ini, bisa dikatakan apa yang dikatakan oleh Rasul di dalam hadisnya tersebut yang mengatakan bahwa semua orang yang terlibat dalam kegiatan riba adalah orang yang celaka, memang sangat masuk akal dan bisa dimengerti dengan jelas. Dan, dari anime ini juga kita menjadi belajar bahwa, jika Allah mengharamkan sesuatu perkara, maka semua itu pastilah memiliki dasar dan alasan serta yang pastinya adalah semua itu semata-mata diatur demi kemaslahatan umat dan kebahagiaan serta kelangsungan hidup kita sebagai seorang Muslim. Karena, ya memang sudah jelas Allah jauh lebih mengetahui semua perkara yang baik dan buruk bagi kita. Karena sangat jelas, Allah maha mengetahui segala perkara.

Tidak ada komentar