Hot Article

[Islam Anime]Keutamaan Peran Ibu ft Ousama Ranking

 


[Islam Anime]Keutamaan Peran Ibu ft Ousama Ranking

[Islam Anime]Keutamaan Peran Ibu ft Ousama Ranking - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul Jodoh adalah cerminan diri menurut anime Spy x Family serta satu lagi topik yang berjudul bermaaf-maafan adalah ajaran Islam. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul kenapa Islam memerintahkan kita menghormati ibu menurut anime Ousama Ranking? Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.

Anime Islam Terbaru

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan, sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas tentang anime Islam dari channel egagology.Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo-weeaboo barokah di seluruh dunia.
Sesuai judul di atas, hari ini kita akan kembali membahas tentang anime berjudul Ousama Ranking. Yang dimana di musim kemarin, anime ini menjadi salah satu anime terfavorit karena ceritanya dan visualnya yang cukup unik.
Dan ternyata bukan hanya ceritanya dan visualnya saja yang terbilang unik. Anime ini juga tak kalah banyak menyisipkan pesan-pesan yang sangat sesuai dengan ajaran Islam.
Ya, jika di video sebelumnya, kita juga telah pernah membahas tentang salah satu ajaran Islam di dalam anime ini yaitu belajar berhusnudzon dari anime Ousama Ranking. Nah, pada kesempatan kali ini tema yang akan kita bahas adalah tentang mengapa ajaran Islam mewajibkan kita menghormati ibu kita?

Jika kalian, telah menonton anime ini atau bahkan telah menamatkan season ke 1 nya. Mungkin kalian akan sangat familiar dengan pesan satu ini. Ya, di dalam anime ini hubungan antara anak dan ibu memang benar-benar di tonjolkan. Terlebih lagi, ketika anime ini memasuki episode-episode terakhir. Hubungan antara ibu dan anak pada setiap karakter, baik itu karakter utama maupun karakter Villain serta mantan Villain pun sangat terasa di dalam anime ini.

Ya, anime ini memang penuh pesan moral dan juga plot twist di dalamnya. Sebagaimana kita semua tahu bahwa, ibu dari karakter utama yang bernama Boji di dalam anime ini diceritakan telah lama meninggal. Setelah meninggalnya ibu kandung dari Bojji tersebut, akhirnya Ia diasuh oleh istri muda sang ayah sekaligus ibu sambungnya, yaitu yang bernama Hilling. Seperti yang sudah saya bahas juga di video saya sebelumnya yang membahas tentang anime ini, di awal-awal perkenalannya di dalam cerita. Hilling diceritakan seperti layaknya ibu tiri di dalam film-film dongeng garapan Disney. Dimana ia di perlihatkan seringkali mengejek Bojji karena kekurangannya fisiknya, yaitu menderita tuli, bisu dan bertubuh kerdil. Bahkan di episode - episode selanjutnya yaitu tepatnya di episode ke 3 ia menjadi pencetus awal terhadap pembatalan pengangkatan Bojji menjadi penerus tahta kerajaan tersebut. Dan lebih dari itu, bahkan ia menyodorkan anak kandungnya sendiri yaitu yang bernama Daida sebagai penerus tahta kerajaan. Ya, dari 2 adegan tersebut. Sebuah hal yang wajar jika akhirnya para penonton dari anime ini menganggap Hilling sebagai karakter yang jahat atau bisa dibilang juga sebagai karakter ibu tiri yang sebenar - benarnya. Namun, di episode ke 3 ini pula semua anggapan tersebut runtuh tak bersisa. Dimana di akhir dari episode ini, Hilling diceritakan dengan spontan lompat dari jendela atap menara kerajaan, demi menyelamatkan Bojji yang terjatuh dari gedung tersebut. Dan Hilling pun melompat tanpa pikir panjang serta tanpa mengenakan pengaman apapun, selain hanya bermodalkan naluri keibuan yang dimilikinya. Namun, beruntung dia sempat diselamatkan oleh pengawal pribadinya yang bernama Dorshe. Dan, akhirnya Bojji juga bisa selamat karena diselamatkan oleh Kage. Lalu setelah semua itu, melihat Bojji pingsan karena terbentur dinding menara. Hilling pun berusaha menyembuhkannya hingga ia kehabisan energy dan pingsan seketika.

Kisah Hilling Ousama Ranking

Yap, setelah pengungkapan jati diri Hilling yang sebenarnya di episode ke 3 tersebut. Hari demi hari semakin bertambahnya episode terbaru dari anime ini, semakin terlihat pula bahwa sosok Hilling adalah sosok seorang ibu yang sebenar benarnya ibu. Di mana, seperti yang kita ketahui seorang ibu memang selalu berusaha melindungi anaknya dari segala macam marabahaya, sekalipun hal itu akan membuatnya dibenci oleh semua orang sekalipun.
Sebagai contoh, misalnya seperti di episode 9 diperlihatkan bagaimana Hilling sangat menyayangi anaknya, baik itu anak kandungnya sendiri yang bernama Daida maupun Bojji sebagai anak angkatnya. Ya di adegan terakhir dari episode ini adalah salah satu buktinya, di mana Hilling di perlihatkan berusaha sekuat tenaga melakukan apapun demi menyelamatkan anaknya, meskipun ia harus melawan suaminya sendiri yang di kita ketahui memiliki kekuatan yang sangat luar biasa.
Lalu selain itu di episode-episode selanjutnya hingga episode terakhir season ke 1 dari anime ini. Hal-hal yang diperlihatkan dari seorang Hilling adalah bisa di simpulkan sebagai sosok seorang ibu yang sebenar-benarnya. Dimana seorang ibu biasanya telah mengetahui kelemahan dan kelebihan anaknya masing - masing. Karena itulah dia adalah orang yang paling  keras menentang diangkatnya Bojji menjadi seorang raja. Dan hal ini terbukti dimana di episode terakhir diperlihatkan bahwa Hilling benar-benar mengetahui kesedihan yang di alami oleh anak angkatnya Bojji, setelah ia diangkat menjadi seorang raja. Dan ia pun menasehatinya dengan bijak dari hati ke hati. Sehingga Bojji pun memutuskan lebih mementingkan petualangannya bersama Kage dibandingkan mendapatkan jabatan tertinggi sebagai raja yang diwariskan oleh ayahnya. Selain itu, Hilling juga diperlihatkan berusaha mendidik anaknya kandungnya sendiri, yaitu Daida agar bisa menjadi pelindung bagi Bojji, anak angkatnya. Ya dari sini saja sudah semakin terbukti bahwa Hilling adalah seorang yang benar-benar baik dan care kepada anak - anaknya, baik itu anak angkat maupun anak kandungnya sendiri. Ya. meskipun di beberapa sisi, ia juga tak luput dari berbagai kesalahan manusia.

Selain menceritakan hubungan Ibu dan anak dari para karakter-karakter protagonis, anime ini juga sesekali menceritakan flashback cerita hubungan antara ibu dan anak dari sang villain utama di anime ini yaitu yang bernama Miranjo. Dimana diceritakan bahwa nasehat ibunya ketika ia berada di alam bawah sadar itulah yang mengeluarkannya dari kegelapan hati sehingga ia akhirnya bertobat dari semua kesalahannya.

Dalil tentang Ibu

Ya dari adegan-adegan tersebut, ada sesuatu yang bisa kita pelajari. Yaitu, mungkin inilah alasan kenapa Islam sangat menekankan kita untuk senantiasa menghormati dan menghargai orang tua dan pengasuh kita, meskipun ia adalah orang tua angkat kita sekalipun. Bahkan, kita pastinya sangat familiar dengan satu quotes paling terkenal yang dikatakan Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu.
Hal ini seperti yang tercantum di dalam salah satu hadist yang berbunyi

Dari hadis Mua’awiyah bin Jahimah: sesungguhnya dia datang kepada Nabi kemudian berkata: “Wahai Rasulullah, aku ingin berperang. Maka aku memohon saran darimu. Nabi bertanya, ‘Apakah kamu memiliki seorang ibu?’ Jawab Jahimah, ‘Ya.’ Lantas Nabi pun bersabda, ‘kalau begitu, tetaplah bersamanya karena surga berada di bawah kedua kakinya.” HR An-Nasa’i dan Ibnu Majah.


Yap, alasan Islam sangat menekankan betapa pentingnya kita menghormati dan menghargai ibu kita adalah seperti apa yang di perlihatkan di dalam anime Ousama Ranking, yaitu karena jasa-jasa seorang ibu tidak dapat dibandingkan dengan apapun.
Surga berada di bawah telapak kaki ibu karena dari rahim nyalah kita terlahir di dunia. Orang tua kita adalah guru pertama kita, orang pertama yang mengasuh kita, dan dari air susu ibu lah kita menerima nutrisi pertama sehingga kita dapat tumbuh berkembang seperti saat ini. Itulah jasa seorang ibu. Meskipun, orang tua yang mengasuh kita adalah orang tua angkat, tetap saja wajib kita hormati karena mereka senantiasa memberikan kasih sayang yang tulus kepada kita, seperti yang dicontohkan Hilling terhadap Bojji di dalam anime Ousama Ranking ini.

Namun diluar sana mungkin ada juga beberapa orang tua yang tidak berperilaku seperti layaknya orang tua yang senantiasa mengasuh, mendidik dan melindungi anaknya dan justru menyiksa, menghardik dan menelantarkan anaknya. Namun, untuk kasus seperti ini, kita sebagai anak tetap wajib senantiasa berusaha menghormati dan menyayangi mereka setulus hati. Karena seperti yang telah saya katakan di atas, kita bisa terlahir ke dunia ini tak lepas karena jasa para orang tua kita, terutama ibu kita yang selama 9 bulan mengandung kita dan merasakan rasanya sakit ketika melahirkan.

Seperti yang dikatakan di dalam salah satu hadist yang berbunyi
"Seseorang datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata, 'Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?' Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Dan orang tersebut kembali bertanya, 'Kemudian siapa lagi?' Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi?' Beliau menjawab, 'Ibumu.' Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi,' Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Kemudian ayahmu. (HR. Al Bukhari).


Tafsir dari hadits itu sendiri mengatakan bahwa, kenapa ibu disebut 3 kali? karena seperti yang kita ketahui bahwa ibu telah melewati 3 kesulitan dalam membesarkan anaknya. Yaitu, mengandung, melahirkan dan menyusui.

Oke, mungkin sekian dulu pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat.  Dan akhir kata, assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology

Tidak ada komentar