Hot Article

Ajaran Islam Di Dalam Anime Spy X Family


Ajaran Islam Di Dalam Anime Spy X Family Yor Forger

Istri sholehah

Ajaran Islam Di Dalam Anime Spy X Family - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul Kenapa Damian tidak memaafkan Anya serta satu lagi topik yang berjudul alasan kenapa Damian jatuh cinta kepada Anya?. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul Belajar menjadi istri sholehah dari Yor Forger. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.

Anime Islam Terbaru

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan, sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas tentang anime Islam dari channel egagology.Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo-weeaboo barokah di seluruh dunia.
Oke, sesuai judul di atas hari ini kita masih akan membahas tentang anime berjudul Spy X Family. Jika di 2 video sebelumnya kita lebih berfokus membahas tentang hubungan unik antara Damian dan juga Anya yang seperti layaknya air dan minyak.
Nah, pada kesempatan kali ini kita akan coba meninggalkan pembahasan dari kedua karakter tersebut. Karena pada kesempatan kali ini karakter anime Spy X Family yang akan kita kulik kali ini adalah salah satu karakter utama di dalam anime ini yaitu Yor Forger alias ibu angkatnya Anya.
Oke, sebelum kita membahas lebih jauh tentang topik kali ini. Mari kita berkenalan terlebih dahulu dan mengenal lebih jauh tentang karakter bernama Yor Forger. Yor Forger alias Yor Briar adalah kakak dari Yuri Briar dan merupakan Istri formalitas dari Loid Forger. Sama seperti adiknya dan suaminya yang memiliki profesi rahasia di samping profesi formal mereka. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa adik Yor yang bernama Yuri juga memiliki profesi sampingan, yaitu ia bekerja di divisi kepolisian rahasia yang menyelidiki dan menangkap para mata-mata di negara tersebut. Sedangkan, suami Yor yaitu Loid Forger meskipun mengaku berprofesi sebagai psikolog. Ia sebenarnya adalah seorang mata-mata yang berpihak pada pihak barat dan bekerja di bawah naungan organisasi bernama Wise.

Siapa itu Yor Forger?

Ya, begitu pula dengan Yor. Yor juga memiliki profesi sampingan, yaitu sebagai seorang pembunuh bayaran yang biasanya selalu diperintahkan oleh bosnya membunuh para pengkhianat-pengkhianat negara.
Ya, Yor Forger memang adalah salah satu karakter utama di anime ini. Dan menurut saya karakter satu ini cukup menarik baik secara watak dan perkembangan karakternya. 

Spy X Family Episode 2

Dimana setelah Yor dan Loid bersepakat menjalin hubungan pernikahan mereka di episode ke 2 dari anime Spy X Family ini.
Di episode-episode selanjutnya dari anime ini, kita bisa menyaksikan sendiri bagaimana perubahan kepribadian seorang Yor yang berusaha semaksimal mungkin menjadi Istri yang baik bagi Loid dan juga Ibu yang baik bagi Anya. Dan dari adegan-adegan yang ditunjukkan oleh Yor di dalam anime ini, ternyata ada juga beberapa hal yang bisa kita jadikan sebagai contoh bagaimana seharusnya sikap seorang Istri dan juga ibu yang baik bagi keluarga. Dan dari adegan-adegan serta sikap-sikap yang ditunjukkan oleh Yor tersebut, hal itu sudah pasti juga sangat sesuai dengan ajaran Islam.
Lalu contoh-contoh seperti apa sajakah yang ditunjukkan oleh Yor tersebut?
Mari kita mulai dari awal mula Yor menjadi pasangan bagi Loid. Tepatnya di episode ke 2 dimana di akhir di dari episode ini terdapat sebuah adegan di mana Yor dilamar oleh Loid untuk mau menjadi Istrinya dan juga sekaligus mengemban tugas menjadi ibu dari Anya.
Dan di adegan inilah ada yang hal unik terjadi disini, di mana cincin kawin yang dipakai oleh Loid untuk melamar Yor bukanlah cincin kawin yang lumrah digunakan oleh para pengantin seperti biasanya.
Yap, Loid melamar Yor menggunakan kunci pengaman granat untuk dijadikan sebagai cincin nikah alias cincin kawin yang diberikan kepada Yor.
Ya, semua hal ini ini diakibatkan karena di episode ini Loid dan Yor diceritakan harus bermain kejar-kejaran dengan musuh mereka yang merupakan sekelompok pencuri perhiasan negara.
Ya, awal mula dari semua kejadian ini sebenarnya adalah, dimana diceritakan Loid beserta kolega informannya yang bernama Franky Franklin ditugaskan menjalankan misi untuk mengambil kembali barang perhiasan yang dicuri tersebut. Lalu singkat cerita, setelah berhasil menyelamatkan diri serta berhasil mengambil kembali perhiasan-perhiasan tersebut. Loid pun akhirnya menyempatkan diri datang ke pesta yang diadakan oleh temannya Yor, meskipun ia datang dengan kondisi terluka.
Dan ketika pulang dari pesta tersebut itulah, Loid dan Yor terpaksa harus bermain kejar-kejaran dengan para pencuri tersebut. Karena mereka berhasil menemukan posisi Loid berada.

Cincin Granat Loid Forger

Ya, perlu di ketahui bahwa sebenarnya, Loid sendiri sebelumnya telah menyimpan cincin khusus yang di persiapkannya untuk melamar Yor. Namun, cincin tersebut terjatuh entah dimana karena kantong tempat ia menyimpan cincin tersebut robek ketika dia sedang menjalankan misinya tersebut. Karena itulah akhirnya ia menggunakan kunci pengaman granat sebagai ganti dari cincin yang dihilangkan untuk dijadikan cincin kawin dan melakukan prosesi pelamaran kepada Yor.
Ya, meskipun hal itu tidak bisa dikatakan sebagai hal yang romantis seperti prosesi lamaran pernikahan orang biasa kita saksikan.
Namun,Yor tidak protes dengan hal tersebut, dan justru merasa moment tersebut adalah momen spesial baginya.
Ya, sikap yang ditunjukkan oleh Yor tersebut mengingatkan kita dengan salah satu ajaran Islam yang mengatakan bahwa mahar alias mas kawin yang terbaik adalah yang termudah.
Anjuran ini disebutkan di dalam salah satu dalil hadist yang berbunyi

“Sebaik-baik mahar adalah yang paling mudah.”
“Sebaik-baik nikah adalah yang paling mudah.”
(HR Abu Daud)

Serta di dalam hadits lainnya juga disebutkan
Dari Amir bin Rabi’ah bahwasanya ada perempuan dari Bani Faza’ah dinikahkan dengan mahar sepasang sandal. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya kepadanya, “Apakah engkau meridhakan dirimu dan apa yang kau miliki dengan sepasang sandal?” perempuan tersebut menjawab, “ya” Rasulullah pun membolehkannya. (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad; shahih).

Dan di dalam salah satu hadits lainnya pun disebutkan
 “Berikanlah kepadanya (mahar) meskipun hanya sebuah cincin besi” (HR. Bukhari – Muslim).

Dengan kata lain, sikap yang ditunjukkan oleh Yor yang menerima dengan bahagia lamaran dari Loid meskipun cincin nikah yang diberikan oleh Loid tersebut tidak berharga karena hanya menggunakan kunci pengaman granat yang ditemukannya di jalan, sangat sesuai dengan anjuran di dalam ajaran agama Islam tentang mudahnya pernikahan dan mahar.
Oke, kita tinggalkan pembahasan tentang mas kawin dan juga mahar. Dan kita beralih ke poin selanjutnya yaitu. Poin selanjutnya adalah  sikap Yor dalam menanggapi prosesi pernikahannya yang sangat sederhana menjadi poin yang perlu pula kita masukkan di dalam daftar ini.

Resepsi Pernikahan Yor Forger dan Loid Forger

Yap, Seperti yang juga telah saya bahas di video saya sebelumnya yang berjudul Kenapa Loid dan Yor langsung menikah? Di sana saya sudah membahas bahwa di episode ke 2 ini tepatnya masih dalam adegan yang sama di perlihatkan bahwa Loid mengajak Yor untuk segera pergi ke kantor catatan sipil negara, guna mencatatkan pernikahan mereka malam itu juga.
Ya, seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa awalnya, Yor kaget dengan ajakan tersebut. Namun Loid meyakinkan Yor untuk segera kesana, karena mencatatkan pernikahan itu lebih baik disegerakan atau di dalam dialognya Loid mengatakan dengan kata-kata “lebih cepat lebih baik”. Karena itulah akhirnya Loid melamar Yor, malam itu juga. Dan segera mencatatkan prosesi pernikahan mereka di catatan sipil negara.
Yang menjadi menarik disini adalah, sikap Yor yang mau-maunya saja dilamar dan langsung menikah tanpa harus dirayakan seperti layaknya pernikahan normal kebanyakan orang.
Lalu kenapa Yor tidak meminta hal tersebut kepada Loid? seperti misalnya sekedar perayaan atau juga bisa berbentuk pesta besar-besaran. Kenapa Yor tidak meminta hal tersebut? karena Yor tau, tujuan ia menikah adalah hanya sekedar untuk berkeluarga dan menciptakan kebahagiaan yang menguntungkan bagi dirinya dan juga Loid bersama keluarga barunya. Dan ia tidak butuh pengakuan sosial dengan membuat pesta-pesta yang mewah yang justru akan berdampak pada pekerjaan, kondisi keuangan dan ekonomi keluarganya.
Ya, jika kita amati prinsip tersebut dengan seksama. Hal ini sesuai dengan ajaran Islam yang menganjurkan kita untuk tidak memaksakan diri bermewah-mewahan dalam melaksanakan pesta pernikahan. Karena sejatinya esensi dan tujuan utama dari adanya pernikahan adalah guna membangun keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah atau dengan kata lain juga bisa dikatakan justru kehidupan selanjutnya setelah terjadinya pernikahan itulah yang paling terpenting didalam membangun keluarga yang menjadi tujuan dari pernikahan. Karena itulah sikap yang ditunjukkan oleh Yor yang bisa dikatakan tidak banyak menuntut tersebut sangat sesuai dengan ajaran Islam.
Ya memang di dalam ajaran Islam kita tetap dianjurkan untuk melaksanakan sedekah atau walimah karena adanya prosesi pernikahan. Namun hal tersebut tidak ditujukan untuk bermewah-mewahan ataupun agar kita menjadi terpandang di antara para tetangga dan keluarga. Dan kita juga tidak dihancurkan untuk bermewah-mewahan melebihi batas kemampuan kita.
Seperti yang ditunjukkan di dalam salah satu kisah yang tercantum di dalam salah satu dalil hadis yang berbunyi

Dari Anas Ibnu Malik Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam pernah melihat bekas kekuningan pada Abdurrahman Ibnu Auf. Lalu beliau bersabda: "Apa ini?". Ia berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku telah menikahi seorang perempuan dengan mas kawin senilai satu biji emas. Beliau bersabda: "Semoga Allah memberkahimu, selenggarakanlah walimah walaupun hanya dengan seekor kambing." (HR Bukhori)

Ya kisah ini sangat sesuai seperti apa yang saya katakan di atas, pernikahan tidak harus mesti harus bermewah mewahan yang menghamburkan uang. Karena hal itu bisa dikategorikan sebagai sesuatu yang mubazir. Dan di dalam ajaran Islam, Islam sangat melarang kita berbuat sesuatu yang mubazir tersebut.
Ya, sedangkan prosesi pesta pernikahan juga hanyalah event satu hari saja. Bukanlah percuma jadinya jika, seseorang menggelar pesta pernikahan yang besar-besaran dan bahkan sampai berhutang kesana kemari hanya demi status sosial. Namun, di kehidupan selanjutnya setelah pesta pernikahan tersebut usai justru keluarga baru tersebut menjadi tidak harmonis, dan tidak ada kebahagiaan. Cita-cita menjadi keluarga bahagia yang diidam-idamkan pun tidak tercapai, dan lebih buruk lagi adalah akhir dari semua itu bisa menjadi berujung perceraian.
Dengan kata lain hal itu sudah sangat jelas bertentangan dengan tujuan awal dari pernikahan yang sebenar-benarnya.
Oke, itulah dua poin awal yang menunjukkan bahwa sikap-sikap serta adegan-adegan yang melibatkan Yor di dalam anime Spy X Family ini sangat sesuai dengan ajaran Islam tentang bagaimana caranya serta jalan menjadi seorang istri yang sholehah.
Masih banyak sebenarnya, pesan-pesan yang sesuai dengan ajaran Islam tentang bagaimana jalan Yor Forger menjadi Istri sholihah. Karena itulah Insya Allah, pembahasan-pembahasan seperti ini akan saya lanjutkan di artikel-artikel berikutnya.
Oke, mungkin sekian dulu pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat. Dan akhir kata, assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology.

Ajaran Islam Di Dalam Anime Spy X Family

 

Tidak ada komentar