Hot Article

Anime Hataraku Maou menghina Kristen dan meenyisipkan ajaran Islam

Anime Hataraku Maou menghina Kristen dan meenyisipkan ajaran Islam

Anime Hataraku Maou menghina Kristen dan meenyisipkan ajaran Islam - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang topik yang berjudul Welcome to NHK dan cara Islam mengatasi Hikikomori dan satu lagi topik yang berjudul, alasan Islam memperbolehkan poligami. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang berjudul ajaran Islam di dalam anime hataraku Maou Sama. Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita kupas artikelnya.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kalian? semoga masih diberi kesehatan, kesempatan dan keceriaan, sehingga masih bisa menikmati suguhan video artikel-artikel berkualitas dari channel egagology. Dan jangan lupa juga untuk like, subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para weeaboo-weeaboo barokah di seluruh dunia.

Anime Islam Terbaru

Ya, sesuai dengan judul,hari ini kita akan membahas tentang anime yang berjudul Hataraku Maou sama. Ya, anime ini terbilang cukup unik karena, walaupun mengusung anime bergenre isekai, namun anime ini justru menghadirkan cerita yang bisa di bilang  sama sekali berbeda dari anime anime bergenre sama. Konsepnya sendiri, menurut saya anime ini hampir sama dengan anime yang juga sudah pernah saya bahas di video saya sebelumnya, yang berjudul Re Creator. Karena baik anime ini maupun anime Re Creator sama-sama menciritakan tentang para karakter dari dunia Isekai yang terjebak ke dalam dunia nyata manusia. Walaupun dari segi alur ceritanya sangatlah berbeda.
Karena anime ini sendiri menceritakan tentang 2 makhluk setan yang masuk ke dunia manusia atau lebih tepatnya adalah kabur ke dunia manusia setelah kerajaan mereka di dunia isekai mengalami kekalahan telak karena diserang oleh  kaum manusia yang dipimpin oleh seorang pahlawan bernama Emilia dan didukung oleh pihak gereja.

Review anime Hataraku Maou Sama

Btw, saya sendiri mendapatkan rekomendasi anime setelah saya menelusuri beberapa kata kunci di pencarian, tentang anime yang menceritakan tentang karakter utamanya miskin. Dari beberapa rekomendasi, hanya anime ini yang menurut saya paling menarik.
Ya,memang sang karakter utama dari anime ini yang bernama Sadao Maou diceritakan cukup miskin, karena ia masuk ke dalam dunia manusia tanpa membawa apa apa. Dan kemampuan sihir yang dimilikinya pun juga ikut lenyap. Sehingga ia terpaksa memenuhi kebutuhannya dengan cara bekerja di sebuah restoran cepat saji bernama MgRonald alias plesetan kata dari franchise restoran terkenal asal Amerika yaitu McDonald.
Dan, setelah saya menonton anime ini, ternyata bukan hanya konsep dan plot ceritanya saja yang terlihat aneh. Di beberapa episode sangat terlihat bahwa anime ini mengusung genre comedy, dan menurut saya konsep komedi di dalam anime ini sangat sangat konyol dan berbeda, sehingga tak jarang membuat saya benar benar tertawa karena menonton adegan konyol yang ditampilkan.
Ah sekedar info, anime ini sendiri adalah sebuah anime yang diadaptasi dari light novel karya seorang kreator bernama Satoshi Wagahara dan diilustrasikan oleh Oniku serta pertama kali diterbitkan pada tahun 2011. Sedangkan animenya sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2013, diproduksi oleh studio White Fox. Studio yang berpengalaman memproduksi anime-anime terkenal seperti Steins;gate dan Re zero. Anime ini juga sudah direncanakan akan dibuatkan season ke 2 tahun ini.

Ajaran Islam di dalam anime Hataraku Maou Sama

Oke, setelah kita membahas panjang lebar dan mereview bagaimana menariknya anime ini. Sekarang mari kita melangkah ke point utama dari pembahasan kita di video ini, yaitu pesan pesan Islam yang terkandung di dalam anime ini.
Ya, salah satunya bisa kita dapatkan alur ceritanya sendiri, tepatnya adalah bisa kita amati dari perubahan watak sang karakter utama. Di mana di episode ke satu di perlihatkan bahwa Maou Sadao yang merupakan setan alias raja iblis, santa jelas di ilustrasikan sebagai raja iblis yang sebenarnya, Karena wataknya yang sangat ambisius dan penuh dengan kejahatan. Namun di episode-episode selanjutnya, yaitu misalnya di episode 3, di mana diceritakan bahwa Maou Sadao yang sejatinya adalah seorang Iblis alias Setan, namun justru ia berusaha menyelamatkan dunia dari serangan musuh musuhnya dari dunia Isekai yang sejatinya merupakan mantan anak buahnya, yaitu Lucifer, yang bekerja sama dengan salah satu petinggi dari gereja, yaitu Orba.Maou Sadao bahkan di perlihatkan menyelamatkan umat manusia dan juga memperbaiki kerusakan kota dengan kemampuan sihirnya yang tersisa.

Ya, pesan Islam yang bisa kita dapatkan dari adegan-adegan tersebut adalah,bagaimana sang karakter utama yang di ceritakan sebagai makhluk setan. Namun, ternyata setan juga bisa tobat dan berbuat baik. Ya, walaupun beberapa mantan musuhnya masih menaruh dendam atas perbuatannya di masa lalui, namun di episode 4, ia secara gentleman meminta maaf atas perbuatannya tersebut.
Hal ini mengingatkan saya pada satu kisah tentang seorang pembunuh yang telah membunuh 100 orang dan ia akhirnya ingin taubat, namun tiba-tiba ajal menjemputnya, Dan ia pun dimasukkan ke dalam surga. Kisah itu sendiri tercantum panjang lebar di dalam hadits riwayat Muslim.
Dalam ajaran Islam sendiri dikatakan bahwa  kita sebagai makhluk ciptaan Allah, tidak luput akan dosa dan kesalahan, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Kewajiban yang mesti kita lakukan adalah meminta ampunan Allah dan meminta maaf atas semua kesalahan tersebut.

Bertaubat adalah ajaran Islam

Ya, meminta maaf atas kesalahan yang diperbuat adalah salah satu  ajaran original agama Islam. Ajaran ini telah diajarkan, jauh ketika Nabi Adam pertama kali melakukan kesalahan, yaitu memakan buah terlarang. Hal yang pertama dilakukan Nabi oleh Nabi Adam, bukanlah mencari cari alasan, tetapi justru meminta maaf dan memohon ampun kepada Allah SWT.
Ya, hal ini  tercantum dengan jelas di dalam salah satu ayat Al Quran yang berbunyi.

 Keduanya berkata, “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.” (QS Al A'raf ayat 23)

Selain itu,ajaran islam yang mewajibkan kita untuk melakukan ibadah Sholat sebanyak lima kali dalam sehari, selain sebagai media berdoa, dan mendekatkan diri kepada Allah. Fungsi paling penting lainnya dari sholat adalah untuk mensucikan diri dari dosa dosa yang diperbuat di antara waktu antara satu sholat ke shalat lainnya.
Dan didalam Islam, di sebutkan juga bahwa jika kedua berjabat tangan, maka dosa-dosanya akan diampuni. Seperti yang tertulis di dalam hadist yang berbunyi
"Tidaklah dua orang Muslim saling bertemu kemudian berjabat tangan, kecuali akan diampuni (dosa-dosa) mereka berdua sebelum mereka berpisah (HR Abu Dawud)

Sebaliknya, memaafkan kesalahan orang lain sangatlah dianjurkan dalam ajaran Islam. Seperti apa yang dikatakan dalam dalil Al-Qur'an yang berbunyi
(yaitu) orang yang berinfak, baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” (QS Ali Imran: 134).

Surga yang membosankan

Oke, selanjutnya kita beralih ke poin yang kedua tentang pesan Islam di dalam anime berjudul Hataraku Maou-sama. Tepatnya di episode 12, dimana diceritakan bahwa Lucifer yang telah tobat dan menjadi hikikomori ditawari Orba, seorang pastor jahat agar mau membantunya mengalahkan Maou. Orba pun menanyakan kepada Lucifer, bahwa ia akan diterima kembali di dalam surga.
Lucifer pun sepakat,namun akhirnya ia menghianati Orba. Dan ia mengatakan dalam dialognya bahwa “Surga itu ada di bumi, letaknya di apartemen lantai 2 berukuran 6 tatami”. Ya, dari dialog itu, seolah-olah sang kreator ingin mengatakan bahwa ajaran surga yang ada di dalam ajaran Kristen sangatlah membosankan.
Sedangkan surga yang banyak di idam-idamkan oleh para hikikomori dan para wibu otaku, biasanya adalah surga seperti apa di tampilkan di dalam anime-anime isekai. Dimana karakter utama akan dikelilingi wanita-wanita cantik yang melayaninya.
Ya, bisa dibilang seperti apa yang diajarkan di dalam agama Islam, dimana di dalam ajaran Islam dikatakan bahwa para penghuni-penghuni surga akan ditemani para bidadari-bidadari cantik yang mengelilinginya. Bahkan di katakan, bidadari-bidadari tersebut bisa mencapai 72 bidadari.
Selain itu, bisa dibilang anime ini memang sangat samar telah menghina ajaran agama Kristen, dengan cara menampilkan dialog Lucifer dan memperlihatkan gereja sebagai antagonis utama. Selain agama Kristen, anime ini juga mengejek agama Yahudi dengan cara menampilkan Sariel sebagai malaikat yang mesum dan menjijikkan.

Sariel adalah malaikat dalam tradisi Yahudi

Sariel sendiri adalah salah satu nama malaikat dalam kepercayaan agama Yahudi. Dalam tradisi Yahudi, diceritakan bahwa Sariel adalah salah satu malaikat yang jatuh ke bumi dan akhirnya menjadi leluhur bagi para raksasa-raksasa yang mendiami bumi, sebelum terjadinya peristiwa air bah di zaman Nabi Nuh.
Oke, sekian dulu pembahasan kita tentang video yang berjudul  ajaran Islam di dalam anime Hataraku Maou-Sama. Semoga video ini bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk like subscribe dan share video dari kami ke grup chatting komunitas kalian agar channel ini bisa menjadi wadah berkumpulnya bagi para weeaboo weeaboo barokah di seluruh dunia akhir kata assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam hangat egagology

Tidak ada komentar